cover
Contact Name
suprapto
Contact Email
atoenurse@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppmakpersk@akper-sandikarsa.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL ILMIAH KESEHATAN SANDI HUSADA
ISSN : 23546093     EISSN : 26544563     DOI : -
Core Subject : Health,
Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada bertujuan untuk memberikan akses publikasi hasil penelitian maupun studi kasus para dosen dan mahasiswa dalam mempublikasikan artikelnya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada adalah akses terbuka, jurnal peer-review yang mencakup semua aspek dari ilmu Kesehatan dan Ilmu Keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada didedikasikan untuk menerbitkan penelitian asli dan mengulas artikel yang mencakup semua aspek dalam Kesehatan dan Keperawatan.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue " Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH KESEHATAN SANDI HUSADA" : 1 Documents clear
Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Lanjut Usia Di Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar Suprapto, Ns.
JURNAL ILMIAH KESEHATAN SANDI HUSADA Vol 5 No 2 (2017): JURNAL ILMIAH KESEHATAN SANDI HUSADA
Publisher : LP2M Akademi Keperawatan Sandi Karsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Diare adalah suatu penyakit dengan adanya tanda-tanda perubahan pada tinja yang lembek sampaimencair dan bertambahnya frekuensi BAB (buang air besar) 3 kali atau lebih dalam satu hari. Faktor yangmempengaruhi diare adalah lingkungan, gizi, kependudukan, pendidikan, sosial ekonomi dan perilakumasyarakat.Tujuan penelitian ini adalah menambah wawasan dan pengetahuan peneliti tentang hubungan sanitasilingkungan dengan kejadian diare pada lanjut usia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptifdengan metode cross sectional. Populasi semua lanjut usia yang di RW 04 Kelurahan BarombongKecamatan Tamalate Kota Makassar berjumlah 43 0rang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknikpurposive sampling, di dapatkan 30 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan observasilangsung.Data diolah dan dianalisa dengan menggunakan komputer program microsoft excel dan programstatistik (SPSS) versi 16.0. Analisa data mencakup analisa univariat dengan mencari distribusi frekuensi,analisa bivariat dengan uji chi-square (α=0,05). Hasil analisa bivariat didapatkan ada hubungan antarapenyediaan air bersih dengan kejadian diare (ρ<0.045), ada hubungan antara pengolahan sampah rumahtangga dengan kejadian diare (ρ<0,049) terdapat hubungan antara penggunaan jamban dengan kejadian diare(ρ<0,045), dan terdapat hubungan antara penggunaan SPAL dengan kejadiaan diare(ρ<0,049).Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara penyediaan air bersih, pengelolaansampah rumah tangga,penggunaan jamban keluarga,dan penggunaan SPAL dengan kejadian diare padalanjut usia di Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Page 1 of 1 | Total Record : 1