cover
Contact Name
Muhammad Badri
Contact Email
negeribadri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
negeribadri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Komunikasi
ISSN : 26150875     EISSN : 26150948     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM) Print ISSN 2615-0875 | Online ISSN 2615-0948 is a scientific journal published by Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Riau Region. JURKOM focuses on communication issues in general including communication science, journalism, Public Relations, communication management, development communication, new media, strategic communication, broadcasting, and etc.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2019): Agustus 2019" : 8 Documents clear
HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INFO COMMUTER LINE PT KAI DAN SIKAP PENUMPANG DI STASIUN BOJONG GEDE TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN PERJALANAN KERETA COMMUTER LINE JABODETABEK Siap Bangun Negara; Mulharnetti Syas
Jurnal Riset Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komuniasi (ASPIKOM) Wilayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24329/jurkom.v2i2.54

Abstract

Permasalahan kemacetan lalu lintas merupakan masalah besar yang dihadapi oleh sebagian penduduk Indonesia, terutama bagi mereka yang tinggal di Ibu kota Jakarta dan kota-kota yang berbatasan langsung dengan Jakarta seperti: Tangerang, Bogor, Depok, dan Bekasi. Kereta api terutama PT KCJ merupakan alternatif untuk masalah angkutan jalan raya bagi Masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara penggunaan media sosial Twitter Info Commuter line PT KAI Indonesia dan sikap penumpang di Stasiun Bojong Gede terhadap kepuasan pelayanan perjalanan kereta commuter line Jabodetabek. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, yaitu hanya penumpang kereta commuter line yang memperoleh informasi jadwal dan pelayanan kereta commuter line dari media sosial Twitter Info Commuter Line. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelayanan, dan sikap penumpang.
PENGARUH DIGITAL CAMPAIGN WEB SERIES SORE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS TROPICANA SLIM STEVIA DI KALANGAN REMAJA-DEWASA MUDA Rosyifa Ulya Masitha; Elisabeth Ananda Eka Bonita
Jurnal Riset Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komuniasi (ASPIKOM) Wilayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24329/jurkom.v2i2.61

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pengaruh digital campaign webseries sore terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness produk Tropicana Slim Stevia dikalangan remaja hingga dewasa muda.Hal ini dilandasi oleh ketertarikan peneliti akan webseries SORE yang digunakan oleh Tropicana Slim untuk mengenalkan produk baru mereka yang sasarannya untuk kaum muda.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode kuesioner sebagai teknik dalam pengumpulan datanya yang disebarkan melalui kuesioner online kepada 100 responden.Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan,adanya pengaruh variabel digital campaign terhadap keputusan pembelian,keputusan pembelian terhadap brand awareness dan pengaruh digital campaign serta keputusan pembelian terhadap brand awareness.
ANALISIS FRAMING MEDIA: STUDI KOMPARATIF MEDIA ONLINE “CNN” DAN “KOMPAS” TERKAIT FENOMENA KEMANUSIAAN DI AL-AQSA PERIODE 20 - 23 JULI 2017 Netty Siswanti
Jurnal Riset Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komuniasi (ASPIKOM) Wilayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24329/jurkom.v2i2.62

Abstract

Artikel ini fokus pada analisis perbedaan framing berita yang dilakukan oleh media massa nasional Indonesia dan media massa internasional yakni media online cnnindonesia.com dan kompas.com. Pemberitaan yang diambil terkait fenomena kemanusiaan di Al-Aqsa. Peneliti berusaha melihat bagaimana kedua media tersebut memainkan perannya sebagai media massa di dalam dinamika politik dunia. Dasar teori yang digunakan adalah ekonomi politik internasional dan analisis framing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis framing yang telah mengumpulkan data dari berita-berita pada periode 20 – 23 Juli 2017 dari cnnindonesia.com dan kompas.com. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dua media online cnnindonesia.com dan kompas.com memiliki pandangan yang berbeda mengenai fenomena kemanusiaan di Al-Aqsa dan memrepresentasikan bahwa setiap media massa memiliki keberpihakan tertentu dengan Negara asal media tersebut. Pemberitan ini banyak dipengaruhi oleh ekonomi politik internasional dan kepentingan media massa tersebut.
PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI BIRO HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN Risky Anis Safitri; Baby Taszya Risaldi; Malinda Oktaviani
Jurnal Riset Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komuniasi (ASPIKOM) Wilayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24329/jurkom.v2i2.63

Abstract

Komunikasi diperlukan di dalam suatu organisasi. Untuk membangun motivasi kerja pegawai harus dimulai dengan menciptakan komunikasi internal yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh komunikasi internal tehadap motivasi kerja pegawai Biro Humas Kementerian Perindustrian dan seberapa besar pengaruh komunikasi internal tehadap motivasi kerja pegawai Biro Humas Kementerian Perindustrian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 57 responden dengan 21 pertanyaan pada kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi internal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja pegawai. Persamaan yang didapat adalah Y = 0,509 + 0,922 X . Variable X mengacu pada komunikasi internal dan variable Y mengacu pada motivasi kerja. Setelah diolah, dihasilkan nilai (r) sebesar 0,748 menunjukan adanya hubungan positif yang kuat. Kontribusi pengaruh komunikasi internal terhadap motivasi kerja pegawai sebesar 56% sisanya 44% dipengaruhi oleh variable yang tidak diteliti.
MEDIA DAN KRITIK SOSIAL (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PEDAGANG KAKI LIMA CIHIDEUNG KOTA TASIKMALAYA PADA HARIAN UMUM KABAR PRIANGAN GRUP PIKIRAN RAKYAT PERIODE APRIL-SEPTEMBER 2017) Fazrian Noor Romadhon
Jurnal Riset Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komuniasi (ASPIKOM) Wilayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24329/jurkom.v2i2.64

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh polemik PKL Cihideung Kota Tasikmalaya yang menimbulkan beberapa permasalahan seperti kemacetan, mengganggu hak pejalan kaki di trotoar, pedagang rumah toko yang terhalang oleh PKL, serta mengganggu pengguna kendaraan karena jalannya digunakan hampir setengah jalan untuk berjualan. Objek penelitian ini yaitu empat berita tentang PKL Cihideung yang diterbitkan Harian Umum Kabar Priangan pada periode April-September 2017. Penulis mengkajinya dengan menggunakan metode penelitian kualitatif interpretatif didukung pendekatan konstruksionis dengan menggunakan analisis data model framing Robert N. Entman. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kajian dokumen (berita) dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa HU Kabar Priangan menempatkan keempat berita tersebut di halaman awal yang dinilai penting, menarik, berarti, juga untuk mudah mengingat. HU Kabar Priangan pula menempatkan PKL sebagai penyebab masalah secara kesepakatan, sedangkan pemerintah penyebab masalah secara peraturan yang dikritik melalui judul hingga kutipan-kutipan wawancara narasumber yang ditonjolkan sebagai bentuk kritik kepada pemerintah yang lambat dalam menangani dan menata PKL Cihideung
PEMETAAN MEDIA MASSA DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI POLITIK PADA PILKADA KOTA TANJUNGPINANG 2018 Uly Sophia; Noviwinarti Noviwinarti
Jurnal Riset Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komuniasi (ASPIKOM) Wilayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24329/jurkom.v2i2.66

Abstract

Dalam penyelenggaraan pemilihan walikota Tanjungpinag 2018 terdapat media komunikasi politik (kampanye) yang digunakan oleh kandidat. Seiring dengan berkembangnya globalisasi, penggunaan media sosial semakin tinggi. Bagaimana pemetaan media massa dan media sosial sebagai saluran komunikasi politik pada Pilkada Kota Tanjungpinang 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pemetaan media massa dan media sosial sebagai saluran komunikasi politik pada Pilkada tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang menjadi populasi di dalam penelitian ini yaitu seluruh DPS Pilkada Kota Tanjungpinang. Pengambilan sampel menggunakan teknik multi-stage stratified sample. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan wawancara, Hasil jawaban kuesioner kemudian disusun, dianalisa dan disajikan untuk memperoleh gambaran sistematis tentang kondisi dan situasi yang ada. Hasil penelitian sementara menunjukkan bahwa untuk kategori media Elektronik di dominasi oleh TanjungpinangTV sebesar 51%, untuk kategori media Cetak maka Tanjungpinang Pos mendominasi dengan persentase sebesar 54%. Kategori media Sosial di dominasi oleh Facebook dengan persentase 60%.
MAKNA KERJA KERAS DALAM FILM “LALA LAND” Eva Triana Sidabutar
Jurnal Riset Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komuniasi (ASPIKOM) Wilayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24329/jurkom.v2i2.68

Abstract

Film Lala Land merupakan film bergenre drama musikal memenangkan banyak penghargaan dan nominasi dalam berbagai festival film internasional. Lala Land berhasil memenangkan penghargaan sebagai aktor dan aktris terbaik, sutradara terbaik, musik terbaik, sinematografi terbaik, dan produksi terbaik. Hal ini merupakan alasan mengapa film ini adalah film yang kuat akan simbol-simbol nya. Dengan pendekatan kualitatif dan metode penelitian semiotik Chritsian Metz, penelitian dilakukan dengan merelasikan tanda-tanda dari unsur sinematik mise-en-scene. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa tanda-tanda yang direlasikan dan memberikan makna kerja keras yang ada pada adegan-adegan dalam film ini. Adegan yang paling memberikan makna kerja keras dalam film ini yaitu ada pada adegan satu dan tiga
Analyses Public Relations Strategic Micheleanne Clinic In Order To Build Brand Awareness of Stem Cell Treatment Rachella Andalia Kencanawaty; Eka Gustyani Putri
Jurnal Riset Komunikasi Vol 2 No 2 (2019): Agustus 2019
Publisher : Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komuniasi (ASPIKOM) Wilayah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24329/jurkom.v2i2.71

Abstract

Artikel ini berfokus untuk menganalisis strategi Public Relations yang digunakan klinik micheleane dalam membangun awareness perawatan stem cell. Artikel ini memperlihatkan bagaimana cara klinik MicheleAnne membangun kesadaran masyarakat akan perawatan yang disediakannya. Penelitian ini menggunakan teori Public Relations. Konsep utama yang digunakan dalam pembahasan artikel adalah Strategi Public Relations oleh Firsan Nova, yaitu publications, event, news, coorporate identity, community involvement, lobbying and negotiation, dan social responsibility. Metode yang digunakan, menggunakan metodelogi kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data diperoleh melalui empat narasumber dari internal dan eksternal yang bersangkutan dengan klinik MicheleAnne. Hasil penelitian yang didapat adalah klinik micheleanne berhasil membangun awareness perawatan stem cell melalui empat dari tujuh strategi Public Relations oleh Firsan Nova, yaitu, mempublikasi lewat online media dan media massa, membuat acara bertemakan seminar, membuat liputan dengan media TV, serta membangun identitas yang baik bagi klinik MicheleAnne.

Page 1 of 1 | Total Record : 8