cover
Contact Name
Zaenal Abidin, S.Kom., M.T.
Contact Email
teknokompak@teknokrat.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
teknokompak@tekokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Tekno Kompak
ISSN : 14129663     EISSN : 26563525     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Tekno Kompak adalah jurnal Sistem Informasi dan Komputer Akuntansi yang menerbitkan artikel-artikel ilmiah secara berkala enam bulanan setiap bulan Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2017): Februari" : 7 Documents clear
SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BAHAN HABIS PAKAI (STUDI KASUS : PT INDOKOM SAMUDRA PERSADA) Addin Aditya; Septi Oktafia Efendi; Fikri Hamidy
Jurnal Tekno Kompak Vol 11, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v11i1.169

Abstract

PT Indokom berdiri sejak tahun 1996 yang terdiri dari cabang PT Indokom Citra Persada, PT Indokom Samudra Persada, dan PT Indo American Seafood. PT Indokom Samudra Persada bergerak dalam bidang pengolahan pembekuan udang sejak tahun 2001 sampai sekarang. Dimana dalam proses pencatatan persediaan barang di logistik masih menggunakan lembar kerja spreadsheet, meskipun hasilnya sudah cukup baik namun dalam pengerjaannya masih memiliki beberapa kelemahan diantaranya dalam perhitungan biaya untuk penerimaan dan pengeluaran barang yang harus dihitung menggunakan rumus dilembar kerja spreadsheet. Dalam mengembangkan sistem penulis menggunakan metode pendekatan berorientasi objek yaitu metode waterfall, untuk metode pengembangan menggunakan metode pendekatan berorientasi objek dengan beberapa alat bantu dan teknik pengerjaan menggunakan UML yang terdiri dari use case, activity, class diagram, dan sequence. Bahasa pemograman yang digunakan adalah java dan database yang digunakan adalah MySQL. Tujuan dengan dibangunnya sistem pengendalian internal dapat membantu dalam mengontrol persediaan bahan habis pakai sehingga tidak terjadi kekurangan stok barang saat departemen lain membutuhkan barang tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pengendalian internal yang dapat membantu dalam penginputan data, pencarian data serta membantu untuk mengetahui jumlah stok minimal.
AUDIT KINERJA SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA PADA PENGADILAN AGAMA TANJUNG KARANG KELAS I A BANDAR LAMPUNG yusra fernando; Rayin Biilmilah; Dedi Darwis
Jurnal Tekno Kompak Vol 11, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v11i1.178

Abstract

Pengadilan Agama Tanjung Karang Kelas I A Bandar Lampung merupakan Pengadilan Agama (PA) tingkat pertama yang berkedudukan di kota Bandar Lampung dengan wilayah hukum meliputi kota Bandar Lampung dan sekitarnya, berwenang dalam perkara perdata tertentu bagi orang-orang muslim serta sebagian non muslim. PA Tanjung Karang dalam proses pengolahan data perkaranya sudah menggunakan teknologi informasi yaitu Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). COBIT 5 merupakan sebuah kerangka yang dapat membantu organisasi atau perusahaan dalam tata pengelolaan dan manajemen TI. Audit kinerja sistem informasi menggunakan 5 domain yaitu EDM (Evaluate, Direct and Monitor), APO (Align, Plan and Organise), BAI (Build, Acqiure and Implement), DSS (Deliver, Service and Support), MEA (Monitor, Evaluate and Asses) dengan 11 proses dan 64 aktivitas yang digunakan. Kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan pengukuran tingkat kematangan kinerja sistem informasi yaitu Maturity Level. Audit kinerja sistem informasi memperolah hasil yaitu nilai rata-rata 3,7 dari nilai 0 sampai 5 pada domain EDM03, APO01, APO011, APO012, BAI06, DSS01, DSS02, DSS03, DSS05, MEA01 dan MEA02, artinya Pengadilan Agama Tanjung Karang Kelas I A Bandar Lampung telah memiliki sejumlah indikator atau ukuran kuantitatif yang dijadikan sebagai sasaran ataupun obyektif kinerja pada penerapan aplikasi teknologi informasi yang ada, karena organisasi memiliki kendali terhadap proses teknologi informasi untuk mengurangi variasi kinerja proses sehingga proses pengembangan dapat ditentukan dengan limit yang dapat diukur, namun harus dilakukan secara berhati-hati.
Rancang Bangun Sistem Infromasi Pengukuran Kesehatan Laporan Keuangan pada Perusahaan Jasa (Studi Kasus Perusahaan Jasa yang Terdaftar di BEI) Prita Dellia; Tazul Tazul Antoni; Heni Sulistiani
Jurnal Tekno Kompak Vol 11, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v11i1.179

Abstract

Pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam beberapa waktu terakhir masuk ke dalam peringkat ketiga tertinggi di dunia di bawah China dan India.  Setiap jenis usaha yang tetap dan terus menerus yang didirikan untuk bekerja dan berdudukan dalam Negara Republik Indonesia ber tujuan memperoleh keuntungan atau laba. Untuk mengetahui keuntungan atau laba setiap perusahaan dibutuhkan laporan keuangan.Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu aplikasi perhitungan laporan keuangan perbankan yang memiliki fitur manajemen user yang dapat menampilkan output berupa laporan keuangan, daftar bank yang digunakan untuk menampilkan hasil perhitungan dan juga dapat menampilkan grafik tingkat kesehatan keuangan berdasarkan perhitungan sebelumnya.Metode yang digunakan dalam pengukuran kinerja laporan keuangan adalah metode RGEC (Risk Profile, Earnings, Capital) yang terdiri dari rasio, % rasio, peringkat dan kriteria. Dengan bahasa pemrograman PHP, Java Script, HTML dan pengujian sistem menggunakan Black-Box Testing, hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil analisis laporan keuangan dan grafik tingkat kesehatan laporan keuangan perusahaan.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PUBLIK BERBASIS WEB (STUDI KASUS : DESA DURIAN KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN) Mia Melinda; Rohmat Indra Borman; Erliyan Redy Susanto
Jurnal Tekno Kompak Vol 11, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v11i1.63

Abstract

Pelayanan publik pada dasarnya adalah upaya sebuah organisasi baik  langsung maupun tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan dengan layanan yang baik. Informasi yang dapat diakses oleh publik dibutuhkan informasi yang cepat dan tepat waktu, tidak terkecuali pelayanan informasi di desa. Di kantor desa Durian Kecamatan Padang cermin Kabupaten Pesawaran mempunyai banyak informasi publik diantaranya mengenai kegiatan desa, bantuan atau hanya sekedar memberikan informasi kepada masyarakat. Salah satu dari pelayanan publik yang bersifat pembuatan surat salah satu contohnya penerbitan (SKTM) Surat Keterangan Tidak Mampu. Proses dalam pelayanan surat-surat yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui proses yang panjang. Hal ini dapat membuat proses untuk mengurus surat-surat tersebut terasa berat oleh masyarakat. Selain itu informasi desa hanya melalui mading dan informasi melalui ketua RT. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi publik berbasis web yang dapat mepermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SISWA SMA N 1 SIDOMULYO MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB yusra fernando; Senna Fernanda
Jurnal Tekno Kompak Vol 11, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v11i1.181

Abstract

Menurut Peraturan Mendiknas nomor 69 Tahun 2009, BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Adapun permasalahan yang terjadi saat ini dalam melakukan penentuan penerimaan siswa penerima bantuan operasiobal sekolah berupa beasiswa yang terjadi saat ini pada SMAN 1 Sidomulyo, Lampung Selatan adalah masih belum tercapainya standar penilaian kelayakan agar dapat dan wajib menerima bantuan operasional sekolah tersebut,  Aplikasi yang dirancang dan yang akan diimplementasikan ini didukung dengan Metode TOPSIS, menggunakan metode pengembangan waterfall dan diimplementasikan dengan Flowchart, Diagram Konteks, Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, Relasi Tabel,  Spesifikasi Tabel, dan menggunakan aplikasi Adobe serta Basis Data MySQL, sebagai database yang dirancang menjadi lebih baik
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGUNAAN DANA KEGIATAN PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN PESAWARAN Dian Widiarti; Rezka Nurisda; Irna Puspasari
Jurnal Tekno Kompak Vol 11, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v11i1.167

Abstract

BAPPEDA Kabupaten Pesawaran dalam kegiatan sehari-harinya memiliki banyak program kegiatan yang menunjang kemajuan Kabupaten Pesawaran. Hal ini tentunya membutuhkan pembiyaan disetiap kegiatannya, penggunaan dana kegiatan meliputi belanja atk, perjalanan dinas, uang lembur, makan minum rapat kegiatan, belanja alat listrik, belanja spanduk, fotocopy, belanja matrai dan benda pos lainnya, belanja sewa gedung/tempat, belanja alat kebersihan, danhonorarium kegiatan. Namun masalah yang terjadi dalam pembuatan laporan penggunaan dana kegiatan sering terjadi kesalahan dalam perhitungan rincian biaya dan pencatatan kode rekening belanja yang dikeluarkan. Dari permasalahan tersebut, diperlukan sarana yang dapat meringankan tugas bagian bendahara pengeluaran,dalam menyelesaikan suatu masalah terutama masalah pengolahan dana kegiatan khususnya di pengajuan dana kegiatan, bukti kas pengeluaran dan bukti kas umum. Sistem pembuatan laporan penggunaan dana kegiatan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menggunakan Netbeans 8.0.1 dan database MySQL, untuk memudahkan bagian terkait dalam melakukan penginputan data pengajuan dana, bukti pengeluaran kas, bukti kas umum dan jurnal pengeluaran kas. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan didapatkan hasil kepuasan responden terhadap sistem penggunaan dana kegiatan dengan pilihan jawaban sangat baik, baik, kurang baik, tidak baik kuesioner terdiri dari 12 pernyataan dan 30 orang pengguna. Dari hasil pengujian menunjukkan presentase yang di dapat sebesar 91,81 %.
PENGEMBANGAN SISTEM PERHITUNGAN SHU (SISA HASIL USAHA) UNTUK MENINGKATKAN PENGHASILAN ANGGOTA PADA KOPERASI MANUNGGAL KARYA Nurfitria Ningsih; Fatmawati Isnaini; Nurlia Handayani; Neneng Neneng
Jurnal Tekno Kompak Vol 11, No 1 (2017): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v11i1.168

Abstract

Pada suatu perusahaan khususnya Koperasi sangat diperlukan alat pengelolaan data secara cepat dan akurat terutama dalam pengelolaan Sisa Hasil Usaha (SHU). Sisa Hasil Usaha merupakan pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya, penyusutan, dan kewajiban lainnya termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan. Pada Koperasi Manunggal Karya kesulitan dalam perhitungan sisa hasil usaha dan penyimpanan data anggota dapat dikatakan masih kurang efisien dan efektif, karena belum menggunakan database, dan  proses pencatatan masih menggunakan buku khusus untuk melakukan pencatatan sehingga sering terjadi kesalahan berupa kerangkapan dan kehilangan data dalam melakukan pencatatan data pada Koperasi Manunggal Karya. Salah satu bentuk penyelesaian dalam mencari solusi terkait permasalahan yang dihadapi oleh koperasi adalah dibuatkannya suatu aplikasi peminjaman dan perhitungan pada Koperasi Manunggal Karya. Sistem usulan ini mampu menghasilkan laporan sisa hasil usaha pada KSU Manunggal Karya. Pada tahap proses penginputan data dan perhitungan dapat dilakukan dengan lebih cepat, tepat, akurat dan efisien serta dapat disimpan dengan teratur, karena sudah ada sistem basis data (database) untuk menjaga keamanan dari data yang sudah dimasukkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7