cover
Contact Name
Zaenal Abidin, S.Kom., M.T.
Contact Email
teknokompak@teknokrat.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
teknokompak@tekokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Tekno Kompak
ISSN : 14129663     EISSN : 26563525     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Tekno Kompak adalah jurnal Sistem Informasi dan Komputer Akuntansi yang menerbitkan artikel-artikel ilmiah secara berkala enam bulanan setiap bulan Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2019): Agustus" : 7 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SMK MA’ARIF KALIREJO LAMPUNG TENGAH) Yuri Rahmanto; Yusra Fernando
Jurnal Tekno Kompak Vol 13, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v13i2.339

Abstract

Ekstrakurikuler dalam pendidikan dimaksudkan sebagai jawaban atas tuntutan dari kebutuhan didik, membantu mereka yang kurang memperkaya lingkungan belajar dan memberikan stimulasi kepada mereka agar lebih kreatif. Suatu kenyataan bahwa banyak kegiatan pendidikan yang tidak selalu dapat dilakukan dalam jam-jam sekolah yang terbatas itu, sehinga terbentuklah perkumpulan anak-anak diluar jam sekolah yang dianggap dapat menampung dan memenuhi kebutuhan serta minat mereka.Pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler pada SMK Ma’rif Kalirejo Lampung Tengah memiliki kendala, siswa yang mendaftar ekstrakurikuler mengumpulkan formulir pendaftaran sehingga menyebabkan penumpukan berkas. Penyampaian informasi ekstrakurikuler dengan cara ketua kelas menyampaikan kemasing-masing kelas, hal tersebut tentu akan menyita banyak waktu.Dari permasalahan diatas maka penulis membuat sebuah sistem informasi manajemen kegiatan ekstrakurikuler berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML). Sistem ini diuji menggunakan metode pengujian ISO 9126 mengunakan aspek functionality dan usability.Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat membantu Pembina ekstrakurikuler dalam mengelola kegiatan ekstrakurikuler dan ketua ekstrakurikuler dalam mengelola informasi kegiatan ekstrakurikuler secara mudah.
GAME EDUKASI AKUNTANSI SEBAGAI SARANA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA (STUDI KASUS : SMK NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG) Yohana Tri Utami
Jurnal Tekno Kompak Vol 13, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v13i2.355

Abstract

The learning process will be a matter of accounting requirements. The subject of accounting adjusting journal entries is a subject that is very difficult to understand for student class X because in the learning there are abstract calculation elements and do not have a formula as well as lessons that use other calculations and students feel bored with conventional learning. The purpose of this study was to design and build educational game applications as a means of increasing student learning interest.Data collection techniques in this research is to use interviews, questionnaires, and review of the literature. Sources of data / subjects are students of SMK N 8 Bandar Lampung. Methods of testing conducted on aspects ie Usability, Functionality, Efficiency, and Portability. Accounting application development educational game built using Construct 2 software that will run on android platform.The results of testing the quality of game applications obtained values from usability aspects obtained 96%, 99% aspect functionality, efficiency aspects showed no memory shortages and CPU usage by applications by 47%, and the portability aspect of the application can only be installed and run on the device with Android version of Jelly Bean and above.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENCARIAN DAN PEMESANAN RUMAH KOS BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG) Arief Budiman; Lara Sri Wahyuni; Suharsono Bantun
Jurnal Tekno Kompak Vol 13, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v13i2.356

Abstract

Rumah kost merupakan sebuah usaha rumahan yang menyediakan tempat atau kamar untuk disewakan kepada yang membutuhkan. Daerah Bandar Lampung ditemukan sekitar 71 (tujuh puluh satu) lebih rumah kost baik yang berupa kamar bedengan dan kamar yang berada di dalam rumah pemilik kost serta variasi harga yang berbeda-beda berdasarkan bentuk dan fasilitas yang ada didalam kamar kost.Pada saat ini di daerah Bandar Lampung, masih ada masyarakat yang belum memanfaatkan teknologi informasi untuk pencarian dan pemesanan rumah kost. Sistem yang sering dipakai, mereka masih harus bertanya kepada teman atau bertanya langsung kepada pemilik rumah kost untuk membandingkan letak, fasilitas maupun harga. Bagi pemilik rumah kost masih mempromosikan rumah kostnya dengan memasang pamflet atau tulisan “Terima kost” di sebuah papan. Dari permasalahan di atas maka penulis merancang sebuah sistem informasi pencarian dan pemesanan rumah kost berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara (interview), pengamatan (observasi), studi literatur, dan dokumentasi. Hasil pengujian kualitas menggunakan ISO 9126 aspek fungsionality yang menunjukkan bahwa sistem melakukan 100% fungsinya dengan benar dan hasil pengujian kebutuhan user menggunakan ISO 9126 aspek usability diperoleh nilai persentase sebesar 88.36%.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PENCARIAN LOKASI BENGKEL MOBIL DI WILAYAH KOTA BANDAR LAMPUNG A. Ferico Octaviansyah Pasaribu; Dedi Darwis; Agus Irawan; Ade Surahman
Jurnal Tekno Kompak Vol 13, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v13i2.323

Abstract

Perkembangan dunia otomotif di wilayah kota Bandar Lampung berkembang dengan pesat, dengan banyaknya lokasi bengkel di wilayah ini terkadang masih membuat bingung para pengguna layanan bengkel dalam menemukan lokasi bengkel terdekat atau bengkel yang akan dicari karena pada umumnya bengkel hanya mencantumkan nama bengkel dan alamatnya saja terutama bagi bengkel resmi. Hal ini akan menyebabkan permasalahan bagi pengguna layanan bengkel yang tidak semuanya mengetahui nama bengkel dan alamat yang tercantum pada buku panduan, terutama bagi pengguna layanan bengkel yang berdomisili di luar kota Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi sistem informasi geografis dengan memanfaatkan Google Maps API untuk pemetaan bengkel mobil di wilayah Kota Bandar Lampung untuk mencari lokasi bengkel terdekat atau bengkel yang akan dicari oleh pengguna layanan bengkel dengan harapan dapat mempermudah dan membantu dalam proses pencarian lokasi dan meningkatnya penggunaan jasa layanan bengkel di kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil dari dua proses pengujian yang dilakukan yaitu black box testing dan user acceptance testing membuktikan bahwa aplikasi ini secara fungsionalitas dapat berfungsi dengan baik dan menghasilkan nilai 84,04 % dengan skor aktual sangat baik untuk pengujian user acceptance testing.Kata kunci: Bengkel Mobil, Google Maps API, Sistem Informasi Geografis
SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK PENGELOLAAN PENERIMA DANA ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH Agus Wantoro
Jurnal Tekno Kompak Vol 13, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v13i2.338

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan akan adanya suatu sistem pengelolaan data penerima dana zakat, infaq dan sedekah yang dapat digunakan untuk mengelola data bagian pendayagunaan (PDG) pada Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Lampung. Dalam pembangunan sistem ini menggunakan metode model waterfall, serta analis sistem yang berjalan menggunakan analisis PIECES. Sistem pengelolaan data ini dirancang dengan alat pengembangan sistem UML (Unified Modeling Language) yang terdiri dari use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Dalam membuat sistem ini menggunakan database MySQL dan text editor sublime text 3 dengan menggunakan framework laravel dan bahasa pemrograman PHP. Pada sistem ini terdapat system penginputan data, pencarian data, edit data, update data serta pembutan laporan yang memudahkan user dalam mencari data, mengubah data serta memperbaharui data yang diinginkan. Penerapan dari system ini memberikan kemudahan saat proses pengelolaan penginputan data penerima dana zakat, infaq dan sedekah serta pencarian data dan juga pembuatan laporan nya. Bagian bidang PDG tidak harus mengirim data kepada pimpinan, karena data sudah ada di database, sehingga pimpinan bisa melihat informasi data kapan saja dan di mana saja menggunakan smartphone atau komputer
PENGARUH MEDIA RICHNESS DAN FREQUENTLY UPDATE TERHADAP LOYALI TAS CIVITAS AKADEMIKA PERGURUAN TINGGI Priliyani Hana; Rusliyawati Rusliyawati; Damayanti Damayanti
Jurnal Tekno Kompak Vol 13, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v13i2.328

Abstract

Persaingan antar institusi pendidikan semakin ketat. Pemberian pelayanan yang berkualitas pada pelanggan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan apabila perguruan tinggi ingin mencapai keberhasilan. Kualitas pelayanan yang bermutu tinggi tersebut dapat dilakukan dengan cara penyediaan fasilitas berbasis media sosial untuk mempermudah proses pelayanan. Universitas Teknokrat Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi yang menggunakan sosial media sebagai sarana branding. Sarana branding adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komponen social customer relationship management terhadap loyalitas civitas akademika.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa aktif prodi S1 Sistem Informasi angkatan 2016, 2017, dan 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji F, uji T, dan Uji R. Penelitian ini menggunakan 2 Variabel media sosial yaitu media richness, dan frequently update content. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel media richness yang berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas civitas akademika. Sedangkan variable frequently update content tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas civitas akademika.
APLIKASI GO-WORK (APLIKASI LAYANAN INFORMASI BAGI TUNAKARYA) Yeni Agus Nurhuda
Jurnal Tekno Kompak Vol 13, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v13i2.378

Abstract

Makalah ini menyajikan produk hasil penelitian pengembangan dan implementasi aplikasi layanan bagi tunakarya pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Provinsi Lampung. Penelitian dilatarbelakangi oleh minimnya media untuk deseminasi informasi layanan kepada tunakarya.Aplikasi layanan bagi tunakarya di kembangkan untuk dapat diakses secara online dan mudah menggunakan smartphone berbasis sistem operasi android.  Pengguna aplikasi adalah para pencari kerja (tunakarya), relawan yang dapat perorangan maupun instansi terkait, dan admin selaku pengelola system informasi.  Materi yang disajikan dalam aplikasi meliputi informasi lowongan kerja dan  informasi kegiatan pelatihan. Aplikasi juga dilengkapi dengan fasilitas tanya jawab antara pengguna tunakarya dan para relawan yang terdaftar.lowongan kerja dan  informasi kegiatan pelatihan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7