cover
Contact Name
Zaenal Abidin, S.Kom., M.T.
Contact Email
teknokompak@teknokrat.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
teknokompak@tekokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Tekno Kompak
ISSN : 14129663     EISSN : 26563525     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Tekno Kompak adalah jurnal Sistem Informasi dan Komputer Akuntansi yang menerbitkan artikel-artikel ilmiah secara berkala enam bulanan setiap bulan Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2020): AGUSTUS" : 9 Documents clear
PENERAPAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS TERHADAP PENILAIAN KINERJA GURU Adjie Alfarizky Akbar
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i2.775

Abstract

Sistem pendukung keputusan merupakan sistem berbasis komputer interaktif, yang membantu para pengambil keputusan untuk menggunakan data dan model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur. Penilaian kinerja guru adalah proses analisis dalam rangka menghasilkan pengajar yang baik, dikhawatirkan akan adanya penilaian bersifat subjektif yang dapat menilmbulkan kecemburuan sosial bagi guru yang tidak mendapatkan nilai yang baik. Maka, dirancanglah sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP). FAHP adalah penggabungan dari algoritma Fuzzy Logic dengan algoritma Analytic Hierarchy Process.
IMPLEMENTASI ALGORITMA MULTICLASS SVM PADA OPINI PUBLIK BERBAHASA INDONESIA DI TWITTER Debby Alita; Yusra Fernando; Heni Sulistiani
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i2.792

Abstract

Klasifikasi pada proses text mining dapat dikerjakan dengan menggunakan berbagai jenis metode klasifikasi yang salah satunya yaitu metode SVM. SVM merupakan singkatan dari Support Vector Machine, SVM bekerja dengan membagi dua kelompok kelas data menggunakan fungsi linear dalam sebuah ruang fitur berdimensi tinggi dengan proses menemukan garis pemisah (hyperplane) terbaik sehingga dapat menemukan ukuran margin yang maksimal antara ruang input dengan ruang ciri menggunakan kaidah kernel. SVM telah dikembangkan dengan menggabungkan semua data yang terdiri dari beberapa kelas kedalam sebuah bentuk optimasi untuk memecahkan permasalahan yang terdapat pada penelitian ini dengan jumlah kelas yang melebihi dari dua kelas dan akan diuji dengan berbagai jenis pendekatan multiclass yaitu SVM One Against One dan One Against Rest. Data merupakan opini publik berbahasa Indonesia yang didapatkan dari twitter berjumlah 2000 dataset mengenai jaringan telekomunikasi seluler dan layanan BPJS. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa untuk penilaian kinerja metode multiclass SVM dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi didapatkan dari kinerja metode SVM One Against Rest dengan nilai perbedaan sebesar 0,06 untuk proses klasifikasi tiga kelas yaitu positif, negatif dan netral. Dapat disimpulkan bahwa dalam proses klasifikasi yang memiliki lebih dari dua kelas dapat dilakukan dengan menggunakan metode klasifikasi SVM melalui pendekatan SVM One Against One dan One Against Rest dengan nilai akurasi yang lebih baik.
APLIKASI PEMBELAJARAN AUDIT SISTEM INFORMASI DAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS MOBILE Yuri Rahmanto; Faruk Ulum; Bentar Priyopradono
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i2.723

Abstract

Audit sistem informasi merupakan salah satu matakuliah yang diajarkan di dalam jurusan sistem informasi pada fakultas teknik dan ilmu komputer, matakuliah ini memberikan pemahaman dan pelaksanaan audit untuk sistem informasi berbasis komputer, sehingga pada akhirnya diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan audit berbasis komputer, baik untuk hardware, software, maupun brainware, secara umum pada perusahaan.Penting sekali bagi mahasiswa jurusan sistem informasi mempelajari matakuliah audit sistem informasi untuk dapat memahami dan mengerti setidaknya dasar dari materi tata kelola teknologi informasi, karena pada umumnya mahasiswa mempelajari materi ini melalui manual book dan proses belajar di kelas, sehingga dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat memudahkan mahasiswa dalam mempelajari matakuliah audit sistem informasi terkhusus pada materi IT Governance atau tata kelola teknologi informasi secara mandiri.Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan interface Aplikasi pembelajaran audit sistem informasi dan tata kelola teknologi informasi berbasis mobile, dan sebuah instrumen penelitian yang telah diuji menggunakan uji statistik. Berdasarkan pengujian persepsi kemudahan didapatkan hasil bahwa rancangan interface aplikasi yang dibuat kurang memudahkan pengguna dalam pengoperasian dengan persentase 78% responden ragu terhadap aplikasi pembelajaran audit sistem informasi dan tata kelola teknologi informasi berbasis mobile ini.Kata kunci: Audit Sistem Informasi, Aplikasi Pembelajaran, E-Learning, M-Learning
RANCANG BANGUN SISTEM PENGUKURAN KESELARASAN TEKNOLOGI DAN BISNIS UNTUK PROSES AUDITING Damayanti Damayanti
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i2.727

Abstract

Teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat dan merambah dalam berbagai bidang terutama dalam perusahaan. Pada saat ini teknologi memiliki peran penting dalam pengelolaan bisnis dalam perusahaan sehingga perlu dilakukan penyelarasan terhadap penerapan teknologi dan bisnis. Penyelarasan strategi teknologi dan bisnis merupakan strategi yang digunakan untuk memastikan bahwa adanya kesesuaian antara penerapan tekologi dengan tujuan bisnis yang telah direncanakan. Pengukuran keselarasan teknologi dan bisnis yang dilakukan auditor masih dilakukan secara manual yaitu perhitungan hasil kuisioner dari jawaban responden dihitung satu persatu menggunakan kalkulator sehingga perhitungan rentan terjadi kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun sistem pengukuran keselarasan teknologi dan bisnis menggunakan model Lufman yang diharapkan dapat mempermudah proses auditing dalam organisasi karena perhitungan hasil kuisinoner dari jawaban responden dapat dilakukan secara otomatis.
KLASIFIKASI SENTIMEN SARA, HOAKS DAN RADIKAL PADA POSTINGAN MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES MULTINOMIAL TEXT Febry Eka Purwiantono; Addin Aditya
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i2.709

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sebuah algoritma klasifikasi yang dapat menjustifikasi sentimen pada kumpulan cuitan Twitter yang diposting oleh masyarakat Indonesia. Penerapan algoritma ini nantinya akan mengklasifikasikan cuitan mana yang mengandung unsur pelanggaran yang diatur dalam UU-ITE. Dengan adanya penerapan algoritma klasifikasi ini diharapkan dapat membantu pemerintah khususnya Kepolisian Republik Indonesia dan Badan Intelijen Negara dalam merumuskan kebijakan mengenai tindakan pencegahan pelanggaran UU-ITE serta mencegah penyebaran paham radikalisme, informasi palsu dan isu SARA di Negara Indonesia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan Twitter API (Application Programming Interface). Sedangkan algoritma klasifikasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu Naive Bayes Multinomial Text. Algoritma ini dipilih karena mampu mengklasifikasikan dokumen dengan memperhitungkan jumlah kemunculan kata. Dari hasil kompilasi dan data yang diolah, algoritma ini mampu menjustifikasi sentimen secara akurat kurang lebih 99,62%.
SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA MENGGUNAKAN WEBSITE Dyah Ayu Megawaty
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i2.756

Abstract

Pendidikan merupakan sarana untuk memajukan sumber daya manusia. Mewujudkan kemajuan pendidikan, memerlukan suatu alat untuk mengelola data seperti data kurikulum, siswa maupun nilai. Setiap kegiatan siswa di sekolah perlu diinformasikan kepada orang tua atau wali murid sebagai bahan pertimbangan untuk mendidik anak dirumah. Kegiatan akademik siswa merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan oleh berbagai pihak, terutama orang tua atau wali murid. Proses pembelajaran yang dilakukan siswa umumnya akan dievaluasi dan hasilnya akan dilaporkan kepada orang tua secara periodik namun ada beberapa kelemahan dari pelaporan secara periodik tersebut seperti orang tua atau wali murid tidak dapat mengakses informasi secara penuh perihal kegiatan siswa dalam kesehariannya di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah aplikasi menggunakan metode prototype dan berbasis web yang dapat membantu orang tua atau wali murid dalam proses monitoring kegiatan siswa dan memudahkan pihak sekolah dalam melaporkan kegiatan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus dengan objek penelitian SMK 1 Mutiara Natar menggunakan metode pengembangan sistem prototyping dengan tahapan yang dimulai dari studi literatur sampai dengan hasil dan evaluasi menggunakan penilaian model ISO 25010. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem monitoring akademik siswa yang secara fungsionalitas berjalan dengan baik sehingga memudahkan orang tua dalam mencari informasi akademik secara online.
PERBANDINGAN KINERJA WORD EMBEDDING WORD2VEC, GLOVE, DAN FASTTEXT PADA KLASIFIKASI TEKS Arliyanti Nurdin; Bernadus Anggo Seno Aji; Anugrayani Bustamin; Zaenal Abidin
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i2.732

Abstract

Karakteristik teks yang tidak terstruktur menjadi tantangan dalam ekstraksi fitur pada bidang pemrosesan teks. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja dari word embedding  seperti Word2Vec, GloVe dan FastText dan diklasifikasikan dengan algoritma Convolutional Neural Network. Ketiga metode ini dipilih karena dapat menangkap makna semantik, sintatik, dan urutan bahkan konteks di sekitar kata jika dibandingkan dengan feature engineering tradisional seperti Bag of Words. Proses word embedding dari metode tersebut akan dibandingkan kinerjanya pada klasifikasi berita dari dataset 20 newsgroup dan Reuters Newswire. Evaluasi kinerja diukur menggunakan F-measure. Performa terbaik menunjukkan FastText unggul dibanding dua metode word embedding lainnya dengan nilai F-Measure  sebesar 0.979 untuk dataset 20 Newsgroup dan 0.715 untuk Reuters. Namun, perbedaan kinerja yang tidak begitu signifikan antar ketiga word embedding tersebut menunjukkan bahwa ketiga word embedding ini memiliki kinerja yang kompetitif. Penggunaannya sangat bergantung pada dataset yang digunakan dan permasalahan yang ingin diselesaikan.Kata kunci: word embedding, word2vec, glove, fasttext, klasfikasi teks, convolutional neural network, cnn.
IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN RUMAH BERBASIS ANDROID Admi Syarif; Qory Aprilarita; Muhammad Rizki; Favorisen R Lumbanraja
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i2.796

Abstract

The process of selecting house is a difficult thing to do, because there are many alternatives offered by developers. The purpose of this research is to build an Android-based decision support system that can help selection process involving ten criteria. The criteria used in this research are house prices, building area, land area, electricity, water sources, distance from market, distance from university, number of bedrooms, number of bathrooms, and number of floors. The system built applies Simple Additive Weighting (SAW) method. SAW is one of the well-known methods and is often used for multiple attribute decision making because of its simplicity in providing alternatives during the decision making process. Based on system performance testing, the results of accuracy is 85,7%, which at this time has been categorized as very good. Based on the results of alpha testing and beta testing, it can be concluded that application has worked and meets the level of user satisfaction, with value that is categorized as very good
Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Piutang Usaha Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL Khairunnisa Fauzia
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 2 (2020): AGUSTUS
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i2.746

Abstract

Piutang usaha adalah salah satu komponen yang penting dalam laporan keuangan. Adanya piutang usaha yang timbul akan mempengaruhi kondisi keuangan suatu badan usaha, karena jika pengelolaan piutang usaha sampai tidak sesuai ketentuan yang ada maka akan menimbulkan semakin besarnya resiko yang harus dihadapi oleh badan usaha. Untuk memastikan kewajaran saldo piutang usaha dalam laporan keuangan, maka perlu dilakukan audit atas piutang usaha sehingga diharapkan dapat memberikan informasi mengenai perlakuan akuntansi yang tepat dan bagaimana pengendalian internal yang baik terhadap piutang usaha.Dalam proses pengumpulan dan pengolahan data, tahapan yang harus ditempuh adalah mengunjungi PT. Kereta Api Daop 2 Bandung dan melakukan survei dengan tujuan untuk memperoleh gambaran umum mengenai kondisi dan kegiatan badan usaha agar mengetahui permasalahan yang berkaitan dengan piutang usaha. Setelah itu mengumpulkan data melalui kuisioner, wawancara, dan observasi. Dari hasil evaluasi terhadap sistem pengendalian internal atas piutang usaha diketahui bahwa PT. Kereta Api Daop 2 Bandung cukup baik dan memadai, walaupun dalam pelaksanaanya masih terdapat sedikit permasalahan yang timbul dan masih perlu untuk dilakukan perbaikan.Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa selisih yang terjadi antara saldo yang dicatat oleh PT. Kereta Api Daop 2 Bandung dengan saldo yang dicatat pelanggan dikarenakan masih sering terjadi kelalaian dalam proses pencatatan. Adanya perangkapan fungsi pada PT Kereta Api Daop 2 Bandung juga ikut memicu timbulnya masalah-masalah yang menimbulkan perbedaan saldo piutang.PT. Kereta Api Daop 2 Bandung perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut, meliputi pemeriksaan dokumen-dokumen pendukung dan melakukan konfirmasi saldo piutang agar meningkatkan keandalan informasi yang ada pada laporan keuangan serta didasari oleh instruksi tertulis dari pimpinan badan usaha agar pertanggungjawabannya menjadi lebih jelas.Kata kunci: Sistem Informasi, Akuntansi, Piutang Usaha.

Page 1 of 1 | Total Record : 9