cover
Contact Name
Zaenal Abidin, S.Kom., M.T.
Contact Email
teknokompak@teknokrat.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
teknokompak@tekokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Tekno Kompak
ISSN : 14129663     EISSN : 26563525     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Tekno Kompak adalah jurnal Sistem Informasi dan Komputer Akuntansi yang menerbitkan artikel-artikel ilmiah secara berkala enam bulanan setiap bulan Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 2 (2021): Agustus" : 15 Documents clear
Analisa Kualitas Layanan Website PT. Masusskita United Menggunakan Metode Webqual Audina Faza; Agus Prasetyo Utomo
Jurnal Tekno Kompak Vol 15, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v15i2.1155

Abstract

Abstrak - PT MASUSSKITA UNITED adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Heavy Duty Industry. Peningkatan informasi melalui pemanfaatan website selaras perkembangan teknologi saat ini. Website perusahaan yang telah diimplementasikan menjadi pendorong dalam upaya meningkatkan informasi produk, namun seiring perkembangan kebutuhan perusahaan yang bertambah, dibutuhkan analisa untuk mengukur kualitas layanan website yang diharapkan mampu mendongkrak pelayanan dan penjualan secara maksimal kepada pengunjung website. Metode webqual digunakan untuk mengukur kualitas layanan website yang berdomain www.masusskita.co.id dengan menggunakan metode Webqual, dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kepuasan layanan website PT Masusskita United. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan memperoleh 161 responden. Pengolahan data statistik menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil dari uji hipotesis yang menunjukan bahwa dari 5 hipotesis hanya 4 yang memiliki pengaruh yang signifikan dan 1 tidak signifikan. Secara bersama-sama Variable Usability, User Interface, Service Interaction berpengaruh terhadap variabel E-Cutomer Satisfaction, dan Pengaruh positif dan adanya pengaruh signifikan Variabel E-Customer  terhadap variabel E-Customer Loyalty. Namun pengaruh variable Information Quality tidak signifikan terhadap variable E-Customer Satisfaction.
IMPLEMENTASI METODE INCREMENTAL PADA SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DESA JAMBUWER Evi Dwi Wahyuni
Jurnal Tekno Kompak Vol 15, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v15i2.1187

Abstract

Desa Jambuwer adalah sebuah desa yang membutuhkan sistem informasi administrasi kependudukan yang dapat melakukan pengolahan data terkait proses pemberian layanan informasi tentang Desa Jambuwer seperti mencetak surat keteranganan, surat pernyataan, surat pengajuan dan pengolahan data RT dan RW. Dalam pelayanan dan informasi ke publik masih dilakukan secara manual, semua data dicatat ke dalam buku. Untuk pembuatan surat keterangan tidak mampu, surat keterangan penerimaan pensiun , surat pernyataan ahli waris harus mencari data terlebih dahulu di buku-buku penduduk induk. Sedangkan untuk mendapatkan informasi, masyarakat diharuskan untuk meluangkan waktu datang ke kantor. Hambatan yang dihadapi dalam proses mendapatkan informasi tersebut adalah aktivitas yang memakan waktu ketika masyarakat harus hadir ke kantor Desa dan risiko kesalahan petugas dalam pencatatan data. Hal ini bisa diatasi dengan membangun sistem baru yang lebih efektif yaitu sistem informasi administrasi Desa Jambuwer. Analisis pada sistem ini menggunakan analisis Elisitasi tahap 1, dan elisitasi tahap 2, dan MDI (Mandatory, Desirable, and Inessential). Untuk teknik pengembangan sistem menggunakan metode Incremental. Software yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah Laravel dan XAMPP sebagai koneksi ke database MySQL. Setelah melakukan implementasi menggunakan metode incremental, peneliti melakukan tahapan pengujian menggunakan metode UAT untuk mengetahui penerimaan pengguna terhadap sistem informasi administrasi Desa Jambuwer. Dari hasil yang didapatkan pada pengujian UAT mendapatkan hasil yang baik dan dapat diterima oleh pengguna sistem. Kata Kunci: Laravel, Sistem Informasi administrasi, Web, Xampp, PHP 
Model Machine Learning untuk Klasifikasi Keluarga Sejahtera Study Kasus : Kecamatan Kota Palembang Ilsa Palingga Ninditama
Jurnal Tekno Kompak Vol 15, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v15i2.1156

Abstract

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk memperkuat program keluarga berencana terintegrasi melalui 4 (empat) pendekatan pilar program, yaitu Program Keluarga Berencana (KB), Keluarga Sejahtera (KS), Kesehatan Reproduksi (KR) dan Pemberdayaan Keluarga (PK) bagi seluruh penduduk Indonesia.. Pada artikel ini penulis membahas pilar Keluarga Sejahtera dan telah mengumpulkan data penduduk di Kota Palembang yang terdaftar sebagai Keluarga Sejahtera. Menggunakan metode Data mining atau data science yang terdiri dari kombinasi statistic, matematika dan kecerdasan buatan dengan k-NN dan Naïve bayes sebagai algorthim untuk mengolah data. Data fokus pada rentang tahun 2015 hingga 2020 dengan 10.187 record, penulis menggunakan Rapidminer sebagai alat untuk menganalisis data dari tahap preprocessing, data pelatihan dan mengklasifikasikan variabel menggunakan k-NN dan Naïve bayes untuk membuat model dan menentukan kriteria yang akan membantu BKKBN dalam menentukan keluarga sejahtera guna mempermudah penyuluh lapangan KB dalam melaksanakan konseling KB. . Dari hasil analisis data didapatkan bahwa penggunaan naïve bayes 93,99% lebih akurat dibandingkan k-NN dengan akurasi 87,28%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa klasifikasi keluarga sejahtera telah mencapai tujuan visi Pemerintah.
Pengembangan Sistem Informasi Keberadaan Dosen Menggunakan Model Prototype Evi Dwi Wahyuni
Jurnal Tekno Kompak Vol 15, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v15i2.1135

Abstract

Masalah yang dihadapi di jurusan Informatika Universitas Muhammadiyah Malang, mahasiswa sering kali menanyakan keberadaan dosen kepada staff administrasi sebelum dilihat diruangannya. Hal ini cukup menyita waktu dan mengganggu pekerjaan. Penelitian terdahulu telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dan hanya sampai pada perancangan prototype. Tetapi, prototype yang telah dibuat, sudah pernah ada sistem serupa yang diterapkan di jurusan namun tidak berjalan lancar karena tidak semua dosen mau untuk menginputkan data ke sistem. penelitian ini memberikan solusi agar sistem yang dibuat dapat diterima dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan pengguna. Penelitian ini telah berhasil menerapkan metode pengembangan prototype untuk pengembangan sistem informasi keberadaan dosen. Dengan tahapan pengembangan dimulai dari inisialisasi, perancangan prototype, production, evaluasi pengguna dan pengujian. Pengujian sistem terhadap 11 poin kebutuhan fungsional juga telah berhasil dilakukan, diperoleh hasil yang baik sebesar 100%.
Sistem Informasi Monitoring dan Pemeliharaan Penggunaan SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) Arief Budiman; Sunariyo Sunariyo; Jupriyadi Jupriyadi
Jurnal Tekno Kompak Vol 15, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v15i2.1159

Abstract

Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) merupakan fasilitas yang digunakan dalam pengawasan, pengontrolan dan pengumpulan data. Pengelolaan pemeliharaan penggunaan alat SCADA di PT PLN (Persero) Unit induk Pelaksana Pengatur Distribusi Lampung dirasa masih belum optimal. Dalam melaksanakan kegiatan pemeliharaan alat SCADA mulai dari pengisian  perintah kerja, pengisian form pemeliharaan alat SCADA sampai dengan penyusunan laporan masih menggunakan buku dan google doc. Hal tersebut menyebabkan timbulnya beberapa permasalahan, seperti membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pencatatan dan pencarian data pemeliharaan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membangun sistem informasi manajemen monitoring pemeliharaan penggunaan alat SCADA berbasis web menggunakan framework codeigniter pada PT PLN (Persero) Unit Induk Pelaksana Pengatur Distribusi Lampung. Perancangan sistem informasi dilakukan menggunakan metode pengembangan sistem Web Engineering. Model tersebut dipilih karena sistem informasi ini berbasis web, sehingga pendekatan penelitian yang digunakan akan lebih tepat. Kerangka kerja yang digunakan web engineering menggunakan kerangka kerja umum rekayasa perangkat lunak yang aktivitasnya meliputi komunikasi, perencanaan, pemodelan, pembangunan dan deployment. Sistem akan dibangun menggunakan framework codeigniter dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis datanya. Hasil dari pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem informasi manajemen monitoring pemeliharaan penggunaan alat SCADA dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan, dengan dukungan library yang lengkap pada framework codeigniter dapat mempercepat pembangunan sistem informasi manajemen monitoring dan pemeliharaan penggunaan alat SCADA. Implementasi sistem ini diperuntukan bagi empat aktor yang terlibat. Keempat aktor tersebut adalah admin, Petugas Pelaksana, Supervisi dan Manager Bagian. Pengujian sistem menunjukkan bahwa rancangan secara fungsional menghasilkan nilai sebesar 79,74% dengan kriteria baik, dan dinilai layak untuk diterapkan.
Implementasi Metode SAW Dan TOPSIS Dalam Pemilihan Rumah Hunian Di Wilayah Semarang Barat imam husni al amin
Jurnal Tekno Kompak Vol 15, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v15i2.1173

Abstract

Dalam berumah tangga memiliki tempat tinggal merupakan suatu kebutuhan yang wajib terpenuhi. Disayangkan banyak masyarakat yang kesulitan untuk menentukan rumah hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan saat akan membeli tempat tinggal berupa perumahan. Hal tersebut karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang seluk beluk perumahan yang tidak sebanding dengan banyaknya pilihan rumah yang ditawarkan. Sehingga dari permasalahan tersebut dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu masyarakat dalam menentukan rumah hunian yang akan dibeli dan tinggali. Sistem yang dibuat dapat membantu masyarakat untuk menentukan pilihan rumah hunian berdasarkan kriteria yang sudah disediakan oleh sistem dan ditentukan oleh pengguna. Kriteria yang digunakan meliputi type rumah dengan luas tanah, harga, material bangunan, fasilitas rumah dan akses jalan. Perancangan sistem pendukung keputusan ini mengadopsi dua metode yaitu hybrid SAW (Simple Additive Weighting) dan TOPSIS (Technique for Order Performance of Similarity to Idea Solution). Metode SAW digunakan untuk tahap pembobotan sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk proses perangkingan. Masyarakat dapat menggunakan sistem ini dengan mudah karena berbasis website dimana pembuatannya menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL
DESAIN GAMIFIKASI ADAPTIF UNTUK LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MENGGUNAKAN GAMING ACHIEVEMENT GOAL Lukmannul Hakim Firdaus
Jurnal Tekno Kompak Vol 15, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v15i2.1170

Abstract

Penerapan gamifikasi pada Learning Management System (LMS) tidak hanya digunakan untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, tetapi juga harus mampu mengubah perilaku, motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu diketahui orientasi siswa dalam belajar, agar penerapan unsur gamifikasi dapat disesuaikan dengan tujuan belajar siswa. Setiap siswa memiliki motivasi dan tujuan belajar yang beragam. Banyak penelitian sebelumnya yang telah membahas metode pembelajaran adaptif dengan memanfaatkan gamifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah desain gamifikasi yang adaptif untuk pembelajaran dalam jaringan dengan tahapan: menentukan tipe siswa, menentukan elemen gamifikasi, membuat model gamifikasi dan membuat desain gamifikasi. Metode penentuan siswa pada penelitian ini menggunakan gaming achievement goal, dimana terdapat 4 tipe siswa, yaitu super-achiever, mastery-only, performance-only dan non-achiever. Untuk menentukan tipenya, siswa harus mengisi kuesioner Achievement Goal Questionnaire Revised (AGQ-R) yang telah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia. Selanjutnya, metode penentuan elemen gamifikasi dimulai dengan melakukan perancangan gamifikasi berdasarkan metode Werbach dan Hunter. Elemen tersebut kemudian dipetakan berdasarkan karakteristik masing-masing tipe pada gaming achievement goal. Agar lebih memaknai penerapan elemen gamifikasi pada desain, dibuatlah model gamifikasi. Model gamifikasi inilah yang akan menjadi dasar dalam pembuatan desain gamifikasi. Terakhir, untuk menguji desain yang telah dibuat, maka desain gamifikasi tersebut diterapkan pada sistem pembelajaran tergamifikasi yang disebut G-Learning. Pengujian dilakukan untuk mengukur kualitas hasil belajar siswa serta kinerja dari fungsional sistem. Pengujian dilakukan terhadap 100 orang siswa SMK yang dibagi kedalam dua grup, yaitu 50 orang siswa yang mengguankan G-Learning dan 50 orang siswa menggunakan Moodle. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang sigifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan G-Learning dengan siswa yang menggunakan Moodle. Namun, sebanyak 64.58% siswa yang menggunakan G-Learning memberikan penilaian yang positif terhadap aksesibilitas sistem, kualitas desain gamifikasi dan efek gamifikasi terhadap motivasi belajar. Hasil tersebut menunjukkan desain gamifikasi adaptif yang diajukan dapat dijadikan pilihan untuk diterapkan pada LMS sebagai model pembelajaran adaptif.
Sistem Informasi Monitoring dan Reporting Quality Control Proses Laminating Berbasis Web Framework Laravel Arief Herdiansah; Rohmat Indra Borman; Sonia Maylinda
Jurnal Tekno Kompak Vol 15, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v15i2.1091

Abstract

PT Victory Chingluh Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri manufacture yang memproduksi sepatu olahraga merk global, karena itu hasil proses produksi yang berjalan di setiap proses produksi harus merupakan hasil yang sesuai dengan standard kualitas yang sudah ditetapkan Perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang dilakukan di bagian Quality Control (QC) PT Victory Chingluh Indonesia khususnya monitoring dan reporting proses laminating. Saat ini proses cek kualitas hasil produksi dan proses pembuatan laporan  QC belum dilakukan menggunakan sebuah sistem informasi berbasis komputer, sehingga peneliti merasa perlu untuk membantu mengembangkan sistem informasi monitoring dan reporting quality control. Dalam proses pengumpulan data, peneliti melakukan metode survey dan wawancana kepada staf terkait dibagian QC proses laminating. Peneliti menggunakan UML (Unified Modeling Language) dalam proses perancangan sistem informasi dan peneliti menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework laravel dalam tahap pengembangan sistem. berbasis database dan web. Pada tahapan akhir pengembangan, sistem yang dihasilkan diuji dengan menggunakan metode pengujian black box. Sistem yang dihasilkan telah dapat membantu staf QC me-monitoring hasil pekerjaan QC dan membuat laporan QC hasil proses produksi dengan cepat dan tepat, sistem yang dihasilkan juga menghasilkan sebuah laporan dalam bentuk dashboard (grafik) yang dapat mempermudah manajemen untuk melakukan analisa laporan hasil produksi QC di PT Victory Chingluh Indonesia
Penambahan Fitur Laporan Pengerjaan Sholat Dan Hapalan Al-Qur’an Pada Aplikasi Media Komunikasi Siswa SDIT Desi Windi Sari; Abdul Haris Dalimunthe; Melia Sari
Jurnal Tekno Kompak Vol 15, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v15i2.1172

Abstract

Abstrak−Penelitian dengan judul “Perancangan Aplikasi Mobile Sebagai Media Komunikasi Dan Penyebaran Informasi Untuk Sekolah Dasar Berbasis Android” telah dilakukan pada tahun 2019. Penelitian tersebut menghasilkan aplikasi mobile yang dapat diimplementasikan di sekolah dasar. Namun khusus pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) terdapat suatu kegiatan yang mewajibkan para siswa untuk melaporkan pengerjaan sholat sehari-hari melalui pemantauan guru beserta orang tua dan juga hapalan Al-Qur’an terutama surat pendek sebagai syarat kelulusan. Sehingga penambahan fitur laporan pengerjaan sholat dan hapalan Al-Qur’an siswa pada aplikasi mobile tersebut sangatlah membantu dan bermanfaat untuk SDIT. Fitur tersebut diharapkan kepada guru beserta orang tua dapat membimbing dan memantau siswa dalam kegiatan menjalankan sholat sehari-hari dan menghapal Al-Qur’an guna pembentukan karakter religius. Aplikasi mobile ini berbasis Android dan dirancang dengan menggunakan metodologi Agile Extreme Programming (XP). Aplikasi pengembangan dengan memanfaatkan software Ionic, Personal Home Page (PHP), data base MySQL, serta pengujian sistem mengunakan metode pengujian black box..
Analisa Hasil Pengelompokan Wilayah Kejadian Non-Kebakaran Menggunakan Agglomerative Hierachical Clustering di Semarang Desy Exasanti; Arief Jananto
Jurnal Tekno Kompak Vol 15, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v15i2.1166

Abstract

Abstrak−Klasterisasi merupakan metode pengelompokan dari data yang sudah diketahui label kelasnya untuk menemukan klaster baru dari hasil observasi. Dalam klasterisasi banyak metode yaitu metode terpusat, hirarki, kepadatan dan berbasis kisi, namun dalam penelitian yang dilakukan ini dipilih metode berbasis hirarki. Metode hirarki ini bekerja melakukan pengelompokan objek dengan membentuk hirarki klaster namun bukan berarti selalu digambarkan dengan hirarki dalam organsasi. Dipilihnya Agglomerative Hierarchical Clustering dimana merupakan jenis dari bawah ke atas atau biasa disebut (bottom-up) dalam metode ini objek yang akan diuji dianggap sebagai objek tunggal sebagai klaster dan lalu dilakukan iterasi untuk menemukan klaster-klaster yang lebih besar. Data yang akan digunakan adalah data non-kebakaran pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang ynng mana akan dilakukan pengelompokan wilayah penanganan non-kebakaran. Dinas Pemadam Kebakaran melakukan penanganan bukan hanya kebakaran saja namun ada banyak hal yang sebenarnya dapat ditangani oleh petugas pemadam kebakaran, kejadian non-kebakaran ada beberapa seperti evakuasi reptil, evakuasi kucing, penyelamatan korban kecelakaan dan lain sebagainya. Dari data non-kebakaran dari 16 kecamatan di Kota Semarang pada tahun 2019 akan dilakukan uji menggunakan tiga algoritma yaitu Single Lingkage, Average Linkage dan Complete Linkage . Adapun dari algoritma Single Linkage dilakukan prosedur pemusatan dari jarak terkecil antar objek data, algoritma Average Linkage dilakukan prosedur dari jarak rata-rata objek data, sedangkan jika algoritma Complete Linkage dilakukan prosedur pemusatan dari jarak yang terbesar. Implementasi dan visualiasi dari data uji coba yang dilakukan di penilitian ini menggunakan tools WEKA 3.8.4, Wakaito Environment Analysis for Knowledge atau yang biasa dikenal dengan WEKA ini merupakan software yang menggunakan bahasa pemrograman java. Dari dataset 380 data diambil sampel 100 data untuk diuji mengunakan WEKA menggunakan metode perhtungan jarak Manhattan Distance dengan 3 cluster. Hasil dari data uji coba dapat divisualisasikan dengan visualisasi dendogram pada fitur visualize tree  dan jika dilakukan visualisasi dalam bentuk grafik dapat dilakukan menggunakan fitur visualize clusters assignment.

Page 1 of 2 | Total Record : 15