Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5 No 1 (2021): METIK Jurnal"
:
11 Documents
clear
Penerapan Algoritma Greedy Dalam Pencarian Jalur Terpendek Pada Masjid–Masjid Di Kota Samarinda
Fariszal Nova Arviantino;
Windu Gata;
Laela Kurniawati;
Yusuf Arif Setiawan;
Dedi Priansyah
METIK JURNAL Vol 5 No 1 (2021): METIK Jurnal
Publisher : LP3M Universitas Mulia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47002/metik.v5i1.188
Pencarian jalur terpendek pada masjid – masjid di kota Samarinda sangat diperlukan oleh ustadz, kyai maupun ulama yang ingin mengadakan safari dakwah. Selain itu juga diperlukan oleh instansi terkait seperti kementerian agama yang ingin melakukan kunjungan dengan tujuan pendataan masjid. Algoritma greedy bekerja dengan menccari titik bobot yang terkecil dengan menghitung jalur yang dilewati dan tergantung dari bobot tahapan yang telah dilewati serta bobot pada tahap itu sendiri. Penelitian ini menguji algoritma greedy pada 7 masjid di tengah kota Samarinda yang sering dikunjungi untuk safari dakwah maupun aktivitas lainya.
Panduan Navigasi Virtual Tour Pulau Kumala Kutai Kartanegara
Muhammad Bambang Firdaus;
Andi Tejawati;
M Syauqi Hafizh;
M Khairul Anam
METIK JURNAL Vol 5 No 1 (2021): METIK Jurnal
Publisher : LP3M Universitas Mulia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47002/metik.v5i1.201
Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi video panduan navigasi virtual berkeliling Pulau Kumala, Kutai Kartanegara sebagai media promosi, mengenalkan Pulau Kumala dan memberikan panduan jalur wisata Pulau Kumala. Tujuan dari penelitian ini dapat dicapai melalui perpaduan antara teknologi Video Virtual Reality (VR) dan teknologi mobile Android yang dimiliki oleh hampir semua lapisan masyarakat sehingga memungkinkan pengguna aplikasi untuk melihat video dalam 360 °. Hasil pengujian pada perangkat Android menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan cocok digunakan pada versi Android 5.1 ke atas dengan aspek rasio layar 16: 9, 18: 9 dan 19: 9. Sedangkan hasil pengujian aplikasi berdasarkan kuesioner menggunakan simple random sampling dengan jumlah 60 responden yang disebarkan menunjukkan bahwa setiap pertanyaan dari kuesioner mendapat jawaban setuju dan sangat setuju yang menandakan respon positif tentang aplikasi yang penulis rancang dari pengguna aplikasi.
Penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi dan Pengukuran Maturity Level Menggunakan Domain MEA (Monitor, Evaluate Dan Assess) Dengan Framework COBIT (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik AIKOM
Junaidi Sabtu
METIK JURNAL Vol 5 No 1 (2021): METIK Jurnal
Publisher : LP3M Universitas Mulia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47002/metik.v5i1.204
The Academy of Computer Science (AIKOM) Ternate has implemented information technology in the Academic Information System (SIAK) section, which is an important part of connecting management with all stakeholders. Formulation of the problems raised in this study includes how to classify problems into statements that are in accordance with COBIT 5 framework and how to determine and measure the maturity level of IT governance at AIKOM Ternate by using the MEA (Monitor, Evaluate and Assess) domain. The researcher used a questionnaire instrument to measure the maturity level of IT governance at AIKOM Ternate. The sample used was 13 people including the leadership and several staff. Based on the calculation of the maturity level of IT governance, a value for MEA01 (Performance and Conformance) is obtained at 3.2, MEA02 (The System of Internal Control) of 3.3, and MEA03 (Compliance With External Requirements) of 3.3, which means that each subdomain is at level 3, which means Established Process, so that the average MEA maturity level is 3.3, which is in the Established Process status. The results of the recommendations of this study are for MEA01 subdomains need to establish guidelines and SOPs for the implementation of monitoring and evaluation of SIAK, there needs to be monitoring from the leadership of the duties of each stakeholder and set the standard reporting process from data collection, time and feedback from report results. The recommendation for the MEA02 subdomain is that AIKOM Ternate must develop a mechanism for controlling SIAK, develop SIAK quality assurance standards and carry out periodic evaluations of quality assurance. And recommendations for the MEA03 subdomain carry out periodic reviews and make guidelines and SOPs related to SIAK changes based on external changes.
Prototipe Media Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android
Andi Tejawati;
Muhammad Bambang Firdaus;
Muhammad Nur Ihwan;
Faza Alameka;
M Khairul Anam
METIK JURNAL Vol 5 No 1 (2021): METIK Jurnal
Publisher : LP3M Universitas Mulia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47002/metik.v5i1.210
This study is motivated by motorists' lack of knowledge and discipline when it comes to traffic signs, which leads to frequent traffic accidents, congestion, and other issues on the road. The problem formulation is how to design and develop an Android-based traffic learning media application. The goal of this research is to provide motorists with information about road signs. The purpose of this research is to examine the literature on the theory of instructional media and the various types of android-based application development. The black box method was used to test this application. This study yielded an android-based traffic learning media application. Based on the test results, it is possible to conclude that this application was created to assist motorists in locating traffic signs on the highway
Implementasi Algoritma Djikstra untuk Menentukan Lokasi dan Jarak Tempuh Terpendek Bank Syariah di Samarinda
Yusuf Arif Setiawan;
Windu Gata;
Sidik;
Fariszal Nova Arviantino
METIK JURNAL Vol 5 No 1 (2021): METIK Jurnal
Publisher : LP3M Universitas Mulia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47002/metik.v5i1.212
Bank Syariah menjadi prefrensi utama bagi sebagian penganut agama Islam saat bertransaksi atau menyimpan uangnya. Walaupun sudah lama konsep Bank Syariah ada di Indonesia, namun hingga saat ini keberadaan Bank Syariah belum banyak diketahui masyarakat. Hal ini dapat dipahami karena jumlah Bank Syariah masih dapat dihitung dengan jari. Hal lainnya, lokasi Bank Syariah juga jarang menempati jalan protokol, sehingga sulit ditemukan. Oleh karena itu dibutuhkan informasi rute terdekat yang dapat dilalui menuju kantor Bank Syariah. Untuk penentuan rute terdekat digunakan Algoritma yang biasa dipakai untuk pencarian rute terpendek yaitu Algoritma Dijkstra. Dengan adanya informasi rute terdekat dari pasar menuju kantor Bank Syariah, maka ketika dalam keadaan mendesak nasabah tidak lagi kesulitan mencari jalur yang paling dekat menuju kantor Bank Syariah
Analisis Perbandingan Algoritma ID3 dan KNN Pada Klasifikasi Emosi Teks Berita Berbahasa Indonesia
Pramudya Insan;
Kusrini
METIK JURNAL Vol 5 No 1 (2021): METIK Jurnal
Publisher : LP3M Universitas Mulia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47002/metik.v5i1.213
Penggunaan algoritma pada pembuktian proses klasifikasi berbasis teks atau text mining sangat jarang dilakukan perbandingan khususnya untuk sebuah klasifikasi emosi. Banyak yang melakukan penelitian dalam klasifikasi tanpa unsur perbandingan didalamnya serta tidak terdapat penggunaan sistem yang dibangun secara mandiri. Pada penelitian ini perbandingan dilakukan untuk mengukur kemampuan algoritma dalam perolehan tingkat akurasi pada proses klasifikasi menggunana ID3 dan KNN. Data yang digunakan sebanyak 220 data berbasis teks berita yang diambil pada sistus warta media online yaitu viva.co.id, proses pelatihan data dilakukan dengan perbedaan proses pembobotan pada masing-masing algoritma yaitu dengan term weighting tf-idf untuk ID3 sedangkan KNN dengan similarity dan vector space model. Klasifikasi yang dilakukan untuk memperoleh data berkategori emosi dengan hasil akurasi yang didapatkan dari klasifikasi testing dengan data perbandingan yang beragam didapatkan akurasi paling tinggi yaitu 71.25 yaitu dengan perbandingan data latih dengan data uji 75%- 25%. Demikian penggunaan algoritma ID3 lebih baik dalam pengklasifikasian emosi berbahasa Indonesia dimana sebuah metode yang sangat efisien dalam pengelompokkan data berdasarkan kategori baik secara manual ataupun sistem.
Penerapan Metode MOORA pada Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Karyawan Magang Keluar Negeri (Studi Kasus: PT Hinai Daiki)
Teuku Mufizar;
Ade Taopik Hidayatuloh;
Nanang Suciyono;
Alma Husna Hanifah
METIK JURNAL Vol 5 No 1 (2021): METIK Jurnal
Publisher : LP3M Universitas Mulia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47002/metik.v5i1.214
Abstract In an organization or company, employees as Human Resources (HR) are seen as a person's ability to do work within the company, especially when viewed from the portion to help the company achieve its goals. One form of good Human Resources (HR) management is to provide training for employees in the company in order to improve the knowledge and skills of employees. PT Hinai Daiki as a company engaged in the export garment sector in Tasikmalaya conducts training in the form of sending apprentices abroad. Problems that occur So far, the determination of prospective overseas internships at this company is not as expected, because the selection is direct without using a decision support system, causing inaccurate assessments and not on target. This study aims to apply the MOORA (Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis) method in assisting the selection of employees who will be sent for internships abroad at PT Hinai Daiki. The MOORA method is used in the calculation process that produces output in the form of alternative employees who will be sent for internships abroad. The criteria used in this study include activeness in work, mastery of work, discipline, knowledge, teamwork, personality, mastery of language and health. Based on the research results, the MOORA method can be well applied to the decision support system for the selection of interns at PT Hinai Daiki.
Identifikasi Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia: A Systematic Literature Review
Fardiansyah Ibrahim;
Thami Rusdi Agus;
Nariza Wanti Wulan Sari
METIK JURNAL Vol 5 No 1 (2021): METIK Jurnal
Publisher : LP3M Universitas Mulia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47002/metik.v5i1.215
Sistem informasi merupakan sekumpulan komponen yang saling mendukung dan berhubungan untuk mencapai suatu tujuan. Terdapat dua metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan sistem informasi, yaitu metode berorientasi objek dan metode terstruktur. Pada tahun 2020 ini, belum diketahui berapa banyak sistem atau aplikasi yang telah dirancang dan dibangun atau dikembangkan oleh kedua metode tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dua metode pengembangan sistem yang digunakan dalam kerangka waktu 2020. Data diperoleh dari Google Scholar dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish dengan kata kunci “Perancangan sistem informasi” selama periode tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengidentifikasi, menganalisis dan membahas semua data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Diperoleh kesimpulan bahwa pada tahun 2020 publikasi mengenai pengembangan sistem informasi di dominasi oleh metode terstruktur, yaitu 67 publikasi dari 83 publikasi yang telah diperoleh.
Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru
M.Andi Rohmat;
Kusrini
METIK JURNAL Vol 5 No 1 (2021): METIK Jurnal
Publisher : LP3M Universitas Mulia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47002/metik.v5i1.217
Sistem penilaian kinerja guru di SMK Airlangga Balikpapan dilakukan sebagai formalitas namun tidak ada suatu usaha perbaikan apapun dari pihak sekolah. Sehingga dibutuhkan suatu rancangan sistem penilaian kinerja yang dapat memotivasi kinerja guru SMK Airlangga Balikpapan. Untuk itu dirancang sistem penilaian kinerja guru berbasis kompetensi, khususnya Kompetensi Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang dipadukan dengan Kompetensi Gomes. Tahap awal dilakukan perhitungan bobot pada tiap kompetensi menggunakan kuesioner pembanding berpasangan yakni dengan metode AHP. Selanjutnya dilakukan penilaian dengan menggunakan kuesioner menggunakan metode penilaian Rating Scale. Hasil dari penilaian tersebut diolah sehingga didapat prestasi kerja dari masing-masing guru. Adapun dalam penelitian ini menggunakan 4 kriteria dan 8 sub kriteria. Dalam penelitian ini alat bantu pembuatan aplikasinya menggunakan bahasa pemrograman PHP, sedangkan basisdata nya menggunakan MySQL. Hasil akhir dari penelitian ini didapatkan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode AHP mampu mengatasi permasalahan dalam melakukan penilaian kinerja guru di SMK Airlangga Balikpapan.
Rancang Bangun Aplikasi Administrasi Perbaikan Kendaraan Pada Vehicle Operation Management Berbasis Web di PT Altrak 1978 Samarinda
Renaldi Anwar;
Fahrullah Fahrullah;
Dedi Mirwansyah
METIK JURNAL Vol 5 No 1 (2021): METIK Jurnal
Publisher : LP3M Universitas Mulia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47002/metik.v5i1.218
PT ALTRAK 1978 Samarinda is a large branch that has several departments, including HR&GA, FA, Marketing, Part, Rebuild Center, Service and VOM (Vehicle Operation Management). The task of VOM is to maintain, repair and manage all operational vehicle assets owned by PT. ALTRAK 1978 at 10 Depos in the Kalimantan area, and one of the tasks of VOM is to create reports for all processes carried out at VOM and everything related to company operational vehicles, but many reports are made that require data from vehicle repairs such as operational vehicle repair history . When retrieving data from the repair history, we always experience difficulties because the data is incomplete and not integrated between several parts at PT. ALTRAK 1978 Samarinda and until now, if there are complaints about damage to operational vehicles, vehicle users still experience problems when they want to report damage to these vehicles because there is no administration system in every vehicle repair administration process. The formulation of the problem is how to make it easier for VOM to report vehicle repairs with a data source or repair history that can be seen and retrieved easily by several parties involved in the vehicle repair administration process with the aim of making it easier for VOM and vehicle users to receive and report vehicle damage quickly and in an integrated manner. each other between several departments.