cover
Contact Name
Alvi Nur Yudistira
Contact Email
maz.wie@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
redaksi@jppik.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan
ISSN : 19786514     EISSN : 26848651     DOI : -
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan kelautan menerima artikel yang memuat hasil penelitian dalam bidang perikanan dalam arti luas. Topik yang dapat dipublikasikan melalui jurnal ini antara lain : penyuluhan perikanan; pemberdayaan masyarakat perikanan; konservasi dan sumberdaya perikanan; sosial dan ekonomi perikanan; budidaya perikanan; pengolahan ikan; pemanfaatan sumberdaya perikanan; penangkapan ikan.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2016)" : 5 Documents clear
Pengaruh Perbedaan Padat Tebar terhadap Performa Pertumbuhan Ikan Patin (Pangasionodon hypophthalmus) dan Kualitas air, pada Media Pemeliharaan Sistem Zero Exchange Water Yuke Eliyani; Hendria Suhrawardhan; Sujono Sujono
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Vol 10, No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Penyuluhan Perikanan Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33378/jppik.v10i3.74

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaaan padat tebar benih patin pada media pemeliharaan sistem zero exchange water yang ditambahkan probiotik Bacillussp ,terhadap pertumbuhan, profil kualitas air serta sintasan benih ikan patin. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu kontrol (padat tebar 1350 ekor per-bak terpal) serta dua perlakuan yang terdiri padat tebar 800 ekor per bak terpal serta 1100 ekor per-bak terpal. Tingkat pertumbuhan harian bobot (%) menunjukkan hasil berbeda nyata antara kontrol dengan perlakuan, namun tidak berbeda nyata antar perlakuan 1 dan 2. Nilai pertumbuhan harian bobot (%) untuk kontrol, perlakuan 1 dan perlakuan 2 berturut-turut adalah 0,14 ± 0,01a, 0,18 ± 0,01 b, dan 0,19 ± 0,01 b. Nilai sintasan menunjukkan nilai antara 85,26 – 93,85 %. Parameter. kualitas air yang terdiri dari DO, suhu serta pH pada semua perlakuan selama masa pemeliharaan masih berada dalam kisaran toleransi ikan uji.
Kinerja Penyuluh Perikanan Swadaya di Kabupaten Bogor Noor Piito Sari Nio Lita; Azam Bachur Zaidy
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Vol 10, No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Penyuluhan Perikanan Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33378/jppik.v10i3.75

Abstract

Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kinerja Penyuluh Perikanan Swadaya dalam melaksanakan tugasnya, dan untuk menganalisis faktor yang terkait dengan kinerja Penyuluh Perikanan Swadaya Penelitian menggunakan metode pendekatan deskriptif. Metode Pendekatan dekskriptif yang digunakan bersifat kualitatif dan kuantitatif dengan analisis Regresi berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kinerja Penyuluh Perikanan Swadaya di Kabupaten Bogor secara keseluruhan berada dalam kategori relatif baik. Hal ini disebabkan tingginya beberapa aspek kinerja, yaitu: kegiatan penyuluhan, pelaporan dan menyampaikan informasi teknologi. Faktor karakteristik internal Penyuluh Perikanan Swadaya yang mempengaruhi kinerja adalah: tingkat pendidikan formal dan pengalaman usaha, sementara yang tidak mempengaruhi adalah usia dan motivasi. Faktor karakteristik eksternal Penyuluh Perikanan Swadaya yang mempengaruhi kinerja adalah: pemanfaatan sarana dan prasarana, serta dukungan biaya, yang tidak mempengaruhi adalah penghargaan dan jarak tempat tinggal/keterjangkauan. Faktor kompetensi yang berpengaruh terhadap kinerja Penyuluh Perikanan Swadaya adalah kemampuan penguasaan teknologi dan kemampuan bekerjasama, sedangkan pengelolaan program dan kegiatan penyuluhan, serta kemampuan komunikasi tidak mempengaruhi.
Analisis Perbandingan Keuntungan Usaha Pembenihan dan Pendederan Ikan Patin (Pangasius sp.) dengan Perolehan Bunga Deposito Bank Iskandar Musa
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Vol 10, No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Penyuluhan Perikanan Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33378/jppik.v10i3.76

Abstract

Setiap kegiatan perekonomian mengharapkan efesiensi dan efektifitas dalam penggunaan faktorfaktor produksi. Kegiatan pembenihan ikan patin merupakan salah satu kegiatan produksi yang menggunakan sumber daya modal finansial. Modal merupakan faktor produksi yang harus dikelola secara efisien dan efektif dalam penggunaannya seperti faktor produksi lain berupa bahan atau barang, karena biaya akan terus dikeluarkan seiring dengan berjalannya waktu. Penggunaan faktor produksi harus tepat agar tidakterjadi pemborosan. Analisis data dari hasil uji/penelitian yang didasarkan pada variable-variable input dan output dapat diperoleh suatu perbandingan antara penyertaan modal pada usaha pembenihan ikan patin dengan penempatkan dana dalam bentuk deposito pada bank. Dari rencana penyertaan dan penempatan modal tersebut; 1) manakah yang lebih menguntungkan, investasi pada usaha pembenihan dan pendederan ikan patin (Pangasius sp.) ? atau 2) mendepositokan modal senilai investasi tersebut pada bank? Analisis ini menunjukkan Usaha pembenihan ikan patin dengan penggunaan dua ekor induk betina yang menghasilkan larva sebanyak 1.288.000 ekor per tahun dengan harga jual per ekor Rp 5,-, tidak layak.Sedangkan sekuen pendederan, dari hasil analisis kelayakan usaha yang terdiri atas Laba/Rugi, R/C, BEP dan PP, menunjukkan nilai yang memenuhi syarat kelayakan. Kesimpulannya usaha ini bisa dipertimbangkan untuk dipilih sebagai alternatif investasi, karena perolehan keuntungannya melebihi perolehan bunga deposito bank.
Analisis Pengelolaan Penangkapan Ikan kembung Lelaki (Rastrelliger kanagurta) secara Berkelanjutan di Perairan Selat Lombok Bunyamin, Bunyamin; Hadi, Wahono; Hasan, Otie DS
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Vol 10, No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Penyuluhan Perikanan Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33378/jppik.v10i3.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa parameter aspek biologi reproduksi ikan kembung, menentukan status keberlanjutan pengelolaan ikan kembung berdasarkan dimensi ekologi, ekonomi, sosial, teknologi, dan etika serta menentukan strategi pengelolaan ikan kembung.Waktu penelitan mulai dari bulan Januari sampai Maret 2016, dilakukan melalui metode pendekatan survey. Pengambilan sampel ikan dilakukan secara random sampling. sedangkan penentuan respoden nelayan dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menujukkan Pola pertumbuhan ikan kembung lelaki baik yang jantan maupun betina bersifat allometrik negatif. Nisbah kelamin menunjukkan kondisi seimbang dengan perbandingan 1:1.Tingkat kematangan gonadnya yang dominan ditemukan TKG 4 sebanyak 31,66%, TKG III sebanyak 30%, ini diduga bahwa ikan kembung pada bulan tersebut sedang dalam proes pemijahan. Status keberlanjutan pengelolaan ikan kembung hasil MDS- RAPFISH sebesar 52 dengan status cukup berkelanjutan pada skala sustainabilitas 0-100. Nilai indeks keberlanjutan menunjukkan bahwa apabila pegelolaan dan pemanfaatan tetap seperti saat ini maka kegiatan penangkapan ikan kembung akan tetap berkelanjutan.Strategi pengelolaan diantaranya mengatur pembuangan limbah atau sampah pencemaran, mengatur daerah penangkapan, membatasi upaya penangkapan, meningkatkan pendidikan dan pegetahuan nelayan terhadap kelestarian lingkungan, revitalisasi aturan pengelolaan berdasarkan kearifan lokal, dan meningkatkan peranan penyuluhan perikanan.
Analisis Marjin Tata Niaga Ikan Lemadang dan Ikan Terisi di TPI Mina Fajar Sidik, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat M Harja Supena
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Vol 10, No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Penyuluhan Perikanan Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33378/jppik.v10i3.78

Abstract

Dari sekian banyak jenis ikan hasil perikanan tangkap di TPI Mina Fajar Sidik, ternyata Ikan Lemadang dan Terisi termasuk jenis ikan yang hasil tangkapannya cukup banyak. Disamping itu, kedua jenis komoditas inipun mempunyai nilai yang cukup ekonomis. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dikaji fungsi-fungsi tataniaga seperti: fungsi pertukaran (exchanged function), fungsi fisik (fhysical function), dan fungsi penunjang (facilitating function) agar kondisi ikan tersebut sampai kepada konsumen dalam kondisi segar dan harga yang sesuai. Penelitian dilakukan di Tempat Pelelangan IKan (TPI) Mina Fajar Sidik Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Ruang lingkup penelitian di fokuskan kepada kedua jenis ikan tersebut yaitu Ikan Lemadang dan Terisi. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Analisis efisiensi tataniaga dilakukan dengan megetahui marjin tataniaga dari kedua jenis ikan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi tataniaga Ikan Lemadang dan Terisi di TPI Mina Fajar Sidik Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tataniaga kedua jenis komoditas ini adalah “tidak efisien”.

Page 1 of 1 | Total Record : 5