cover
Contact Name
Alvi Nur Yudistira
Contact Email
maz.wie@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
redaksi@jppik.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan
ISSN : 19786514     EISSN : 26848651     DOI : -
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan kelautan menerima artikel yang memuat hasil penelitian dalam bidang perikanan dalam arti luas. Topik yang dapat dipublikasikan melalui jurnal ini antara lain : penyuluhan perikanan; pemberdayaan masyarakat perikanan; konservasi dan sumberdaya perikanan; sosial dan ekonomi perikanan; budidaya perikanan; pengolahan ikan; pemanfaatan sumberdaya perikanan; penangkapan ikan.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 3 (2017)" : 5 Documents clear
Persepsi dan Tingkat Kepuasan Taruna terhadap Pelayanan pada Proses Pendidikan Abdul Hanan; Walson H Sinaga
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Vol 11, No 3 (2017)
Publisher : Program Studi Penyuluhan Perikanan Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33378/jppik.v11i3.95

Abstract

Hasil penelitian memperlihatkan berdasarkan 14 unsur pelayanan pendidikan kelompok dosen labo teknologi kepada taruna IKP optimal 3,000 namun range indek kepuasan taruna pada pendidikan yang diberikan dosen labo teknologi terendah 2,12 dan tertinggi 2,700. Sedangkan bagi responden taruni range IKPi yang diberikan terendah 2,200 dan tertinggi 3,00. Pada Kelompok dosen labo ekonomi pelayanan unsur terendah oleh taruna 2,15 dan tertinggi 2,700, sedangkan persepsi yang diberikan oleh taruni unsur terendah dengan nilai 2,15 dan tertinggi 3,00. Pada Kelompok Dosen labo penyuluhan persepsi taruna unsur terendah dengan nilai 2,200 dan tetinggi 3,00, sedangkan yang diberikan oleh taruni unsur terendah dengan nilai 2,300 dan unsur tertinggi dengan nilai 3,00. Nilai Indek Kepuasan Taruna (IKTa) bagi kelompok dosen labo teknologi diperoleh nilai sebesar 62,214, dengan kriteria kinerja Baik, sedangkan untuk Nilai Indek Kepuasan Tarunai (IKTi) sebesar 69,58, dengan kriteria kinerja Sangat Baik. Nilai Indek Kepuasan Taruna (IKTa) bagi kelompok dosen labo ekonomi sebesar 61,53, dengan kriteria kinerja Baik, sedangkan untuk Nilai Indek Kepuasan Taruni (IKTi) sebesar 68,865, dengan kriteria kinerja Sangat Baik. Nilai Indek Kepuasan Taruna (IKTa) bagi kelompok dosen labo penyuluhan sebesar 64,60, dengan kriteria kinerja sangat Baik,sedangkan untuk Nilai Indek Kepuasan Tarunai (IKTi) sebesar 70,025, dengan kriteria kinerja Sangat Baik.
Partisipasi Pembudidaya Ikan dalam Kegiatan Penyuluhan Perikanan di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda Irma Yuliana; Muhammad Syafril; Mohamad Ma’ruf
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Vol 11, No 3 (2017)
Publisher : Program Studi Penyuluhan Perikanan Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33378/jppik.v11i3.91

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengukur jumlah pendapatan petani ikan. 2) Mengukur tingkat partisipasi petani ikan dalam kegiatan penyuluhan. 3) Menentukan hubungan antara faktor internal dan eksternal terhadap tingkat partisipasi, 4) Mengetahui faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi tingkat partisipasi petani ikan. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan empat metode yaitu analisis pendapatan, analisis tingkat partisipasi, analisis korelasi rank spearman dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pendapatan petani ikan sekitar Rp 86.142,86-Rp 7.030.753,97 /responden/bulan dengan rata-rata sebesar Rp 1.646.550,60, 2) tingkat partisipasi dalam kegiatan penyuluhan perikanan adalah tingkat sedang (57,50%). 3) Hubungan antara faktor internal dan eksternal terhadap tingkat partisipasi dalam kegiatan penyuluhan perikanan adalah: a) faktor internal (pendapatan, jumlah tanggungan dan aktivitas kelompok) dan faktor eksternal (hubungan dengan konsultan perikanan, hubungan dengan pedagang, ketersediaan pasar informasi dan ketersediaan sains dan teknologi budidaya) memiliki korelasi yang signifikan dengan tingkat partisipasi dalam tahap perencanaan kegiatan penyuluhan, b) faktor internal (jumlah tanggungan dan aktivitas kelompok) dan faktor eksternal (hubungan dengan konselor perikanan, hubungan dengan pedagang, ketersediaan informasi pasar dan ketersediaan sains dan teknologi budidaya) memiliki korelasi yang signifikan tingkat partisipasi pada tahap implementasi, pemanfaatan fase manfaat dan tahap evaluasi. 4) Secara bersamaan, faktor internal dan eksternal berpengaruh signifikan terhadap tingkat partisipasi kegiatan penyuluhan perikanan, sementara hanya faktor eksternal yang mempengaruhinya.
Diversitas Plankton dan Kualitas Perairan Waduk Darma Kabupaten Kuningan Jawa Barat OD Soebhakti Hasan; Dinno Sudinno; Sopiyan Danapraja; Endang Suhaedy; Iin Siti Djunaidah
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Vol 11, No 3 (2017)
Publisher : Program Studi Penyuluhan Perikanan Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33378/jppik.v11i3.92

Abstract

Penelitian tentang “Diversitas Plankton dan Kualitas Perairan Waduk Darma” telah dilaksanakan pada Bulan Agustus 2017. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui diversitas plankton dan kualitas air waduk Darma. Sampel diambil dari 3 stasiun pengamatan. Titik pengambilan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan, Genera fitoplankton yang ditemukan di Waduk Darma sebanyak 19-32 genera yang mewakili 5 kelas, yaitu Chlorophyceae, Cyanophyceae, Bacillariophyceae, Dinophyceae dan Euglenaphyceae. Serta Genera Zooplankton yang ditemukan di Waduk Darma sebanyak 12-15 genera yang mewakili 3 kelas, yaitu Rotifera, Ciliata dan Malacostraca. Indeks diversitas fitoplankton berkisar antara 0,367 – 1,376 dan diversitas zooplankton berkisar antara 1,379 – 2,023. Hal ini menunjukkan bahwa waduk Darma memiliki tingkat keanekaragaman rendah.
Persepsi Nelayan terhadap Larangan Penggunaan Alat Tangkap Dogol di Kelurahan Manggar Baru Kecamatan Balikpapan Timur Lilis Tiani; Elly Purnamasari; Said Abdusysyahid
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Vol 11, No 3 (2017)
Publisher : Program Studi Penyuluhan Perikanan Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33378/jppik.v11i3.94

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan sikap terhadap larangan penggunaan alat menangkap nelaya Dogol (Trawl Hela). Penelitian ini dilakukan selama lima bulan mulai bulan Desember 2016 sampai Juni 2017 di Kabupaten Manggar New Sub Balikpapan Timur. Sampel yang diambil berdasarkan metode proportional random sampling Proportionate ditentukan oleh rumus slovin. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi nelayan terhadap peraturan menteri tentang larangan penggunaan alat tangkap Dogol (Trawl Hela) dan indikator pengetahuan menempati kategori tinggi (skor 424), indikator kesadaran akan kategori tersebut adalah ( skor 327) dan ketertarikan pada indikator kategori rendah (skor 264) dan sikap nelayan mengambil tindakan terhadap peraturan yang melarang penggunaan alat tangkap nelayan Dogol tidak mau beralih ke alat seperti penangkapan lainnya Trammel net Perikanan, Jaring Gill, rawai dan Departemen Kelautan akan menyarankan pengganti alat penangkapan Dogol. Hal ini karena nelayan menganggap alat pengganti alat tangkap ini dianggap sebagai alat tangkapan musiman sehingga membawa hasil jauh lebih bermanfaat untuk menggunakan alat tangkap Dogol.
Kapasitas dan Kinerja Pengelolaan Usaha Akuakultur Anggota Kelompok Pembudidaya Ikan di Kabupaten Tasikmalaya Hermawan, Aan
Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan Vol 11, No 3 (2017)
Publisher : Program Studi Penyuluhan Perikanan Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33378/jppik.v11i3.93

Abstract

Penelitian ini menganalisis kapasitas dan kinerja pengelolaan usaha akuakultur anggota kelompok pembudidaya ikan, dan menganalisis faktor-faktor dominan yang memengaruhinya. Penelitian survey dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya, pada bulan Januari sampai Februari 2016, dengan responden penelitian sejumlah 105 orang anggota kelompok pembudidaya ikan yang dipilih secara acak kelompok. Hasil penelitian menunjukkan kapasitas anggota kelompok pembudidaya, yang mencakup kemampuannya mengakses input produksi, mengelola proses produksi (on farm), dan memasarkan hasil produksi tergolong pada kategori sedang sampai tinggi. Kinerja usaha menguntungkan dan layak dari variabel pendapatan, namun keberadaan kelompok bagi anggota belum mampu meningkatkan produktivitas usaha budidaya ikan. Hasil analisis SEM menunjukkan karakteristik pembudidaya ikan, dukungan kondisi kelompok, dukungan layanan penyuluhan, dan keterlibatan pembudidaya dalam kelompok, positif signifikan memengaruhi kapasitas pembudidaya ikan dalam pengelolaan usaha. Hanya variabel dukungan kelompok yang berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat produktivitas usaha dan berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pendapatan pembudidaya ikan, yang mengindikasikan perlu adanya perbaikan manajemen kelompok pembudidaya ikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5