cover
Contact Name
Rini Alfatiyah ST, MT
Contact Email
dosen00347@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jitmi@unpam.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri)
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26205793     EISSN : 26856123     DOI : -
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri), bertujuan untuk menyediakan forum komunikasi dan sarana publikasi bagi peneliti, pendidik, praktisi dan mahasiswa yang memeiliki minat dibidang ilmu Teknik industri dan Manajemen. JITMI memuat hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Teknik Industri seperti, produksi, persediaan dan logistik, ergonomi dan keselamatan kerja, pengendalian kulaitas, statistik industri, simulasi, otomatisasi, perancangan produk, perencanaan dan tata letak pabrik, penelitian operasional dan Manajemen perusahaan.
Arjuna Subject : -
Articles 127 Documents
Analisa Efektifitas Kinerja Mesin Turning Star SB-16 dengan Metode Total Productive Maintenance (TPM) Di PT.Mitsuba Indonesia Aceng Abdul Hamid; Sewaka Sewaka; Anggun Purnomo
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol 1, No 1 (2018): JITM
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.99 KB) | DOI: 10.32493/jitmi.v1i1.y2018.p%p

Abstract

ABSTRAK PT. Mitsuba Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufakur electrical yang tidak terlepas dari masalah yang berakaitan dengan efektivitas mesin dan peralatan yang diakibatkan oleh big losses. Total Productive Maintenance (TPM) adalah suatu prinsip manajemen untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi perusahaan dengan menggunakan mesin secara efektif. Kesimpulan yang dapat diambil pada mesin turning star sb-16 bahwa nilai OEE untuk periode Januari–Desember 2015  berkisar antara 69,97%-70,68%. Kondisi ini menunjukan bahwa kemampuan Mesin turning Star sb-16 dalam pencapaian efektivitas penggunaan mesin belum cukup, karena karena masih dibawah kondisi yang ideal (>85%), untuk mencapai nilai yang ideal perlu dilakukan tindakan perbaikan. Adapun yang mempengaruhi nilai OEE dan menjadi proiritas utama adalah faktor Idling&minor stopages sebesar 52,51% dan Reduce Speed Loss sebesar 40,66%. Kata Kunci: Total Productive Maintenance, OEE, Big Losses.
Analisa Persediaan Kapas Sintetik Dalam Proses Produksi Benang RHTO65Q12 47,2 Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (Studi Kasus PT. Kurabo Manunggal Textile Industries) Ade Irawan
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol 1, No 1 (2018): JITM
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.831 KB) | DOI: 10.32493/jitmi.v1i1.y2018.p%p

Abstract

ABSTRAKDalam memenuhi permintaan konsumen, perusahaan dituntut untuk dapat terus meningkatkan kualitas produk dengan biaya yang rendah serta selesai tepat pada waktunya demi kepuasan pelanggan. Oleh karena itu perusahaan harus merencanakan dan membuat suatu pengendalian persediaan yang baik. Pengendalian persediaan merupakan salah satu masalah fenomenal yang bersifat fundamental dalam perusahaan karena bila persediaan dilebihkan maka biaya penyimpanan dan modal yang diperlukan akan bertambah. Bila persediaan dikurangi maka suatu ketika bisa mengalami kehabisan barang. Metode analisis data dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Penggunaan metode Economic Order Quantity dapat menentukan kuantitas dan frekuensi pemesanan bahan baku kapas sintetik yang optimal sehingga biaya persediaan bahan baku dapat lebih efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian bahan baku kapas sintetik menurut metode Economic Order Quantity selama periode April 2011 s/d Maret 2012 menujukan biaya penyimpanan persediaan bahan baku dari kebijakan perusahaan sebesar Rp.81.567.980,-/tahun lebih besar sedangkan biaya penyimpanan menurut metode EOQ sebesar Rp.49.849.937,-/tahun. Hal ini menunjukan bahwa perusahan sebenarnya bisa menghemat sebesar Rp.31.732.730,-/tahun dengan pemesanan bahan baku optimal sebesar 698,56 Bale, persediaan pengaman (SS) sebesar 114,77 Bale, titik pemesanan kembali (ROP) sebesar 185,15 Bale dan frekuensi pembelian sebanyak 12 kali. Kata Kunci: Kepuasan pelanggan, Pengendalian persediaan, Kapas sintetik, Metode EOQ
Analisis Pengendalian Kualitas Proses Stamping Part 16334SF dengan Penerapan Metode Taguchi di PT. Surya Toto Indonesia, Tbk Ade Irawan; M. Mualif M. Mualif; Rahman Nurhakim
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol 1, No 1 (2018): JITM
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.498 KB) | DOI: 10.32493/jitmi.v1i1.y2018.p%p

Abstract

ABSTRAK PT. Surya Toto Indonesia, Tbk adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri manufaktur sanitary, plumbing fitting, dan juga kitchen set. Salah satu produk PT. Surya Toto Indonesia, Tbk adalah part 16334SF (Double Hook) Dengan banyaknya permintaan pasar akan produk tersebut banyak pula cacat yang ditimbulkan. Oleh karena itu untuk mengurangi jumlah cacat perlu adanya pengendalian kualitas. Penelitian tugas akhir yang berjudul Analisis Pengendalian Kualitas Proses Stamping Part 16334SF Dengan Penerapan Metode Taguchi ini bertujuan meminimalisasi cacat yang terjadi pada proses stamping untuk part 16334SF. Agar tujuan tersebut dapat tercapai dan dapat diaplikasikan oleh perusahaan maka dari hasil pemikiran, analisa dan juga referensi penulis mencoba menggunakan metode taguchi, dengan menganalisa faktor penyebab terjadinya cacat, dan melakukan eksperimen, berharap hasil dari analisa, produk yang dihasilkan konsisten sesuai standar yang ditetapkan oleh pelanggan. Dari hasil penelitian dan perhitungan yang dilakukan faktor A memberikan kontribusi terhadap cacat retak sebesar 26% dan Faktor B sebesar 51%. Hasil perhitungan Confidence Interval apabila menggunakan kombinasi optimum maka rata-rata cacat retak yang didapatkan sekitar 3 pcs sampai 5 pcs dari 204 pcs, atau sekitar 1,5% sampai dengan 2,5%. Kata kunci: Pengendalian kualitas, Produk cacat, Metode Taguchi.
Analisis Pengendalian Bahan Baku pada Produk Tas dengan Menggunakan Metode Material Requirements Planning (MRP) untuk Meminimalkan Biaya Penyimpanan di Home Industry Amel Collection Dadang Kurnia; Sofian Bastuti; Bena Nuragustina Istiqomah
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol 1, No 1 (2018): JITM
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.754 KB) | DOI: 10.32493/jitmi.v1i1.y2018.p%p

Abstract

ABSTRAK Sebuah perusahaan harus melakukan pengendalian persediaan untuk menjamin tersedianya material, item atau komponen pada saat dibutuhkan untuk memenuhi jadwal produksi, dan menjamin tersedianya produk jadi bagi konsumen dan menjaga persediaan pada kondisi minimum, salah satu metode yang bisa digunakan yaitu  MRP. Sebagai objek penelitian adalah home industry Amel Collection Tangerang yang bergerak dalam pembuatan tas wanita, pada kenyataannya pengendalian persediaan bahan baku belum optimal. Dari penelitian ini diperoleh bahwa teknik Algoritma Wagner Whitin menghasilkan biaya yang paling minimum yaitu untuk bahan LV sebesar Rp.162.436,9, untuk kobe/lapisan dalam tas sebesar Rp. 81.659, kain amtex sebesar Rp.93.580 untuk resleting sebesar Rp. 85.756,9, untuk benang sebesar Rp.64.880 dan untuk aksesoris sebesar Rp.192.280.  Kata Kunci: Persediaan, Material Requirements Planning (MRP), Algoritma Wagner 
Analisis Konfigurasi Proses Produksi Cokelat Stick Coverture Menggunakan Metode Design of Experiments (DOE) di PT. Gandum Mas Kencana Teguh Sulistyo Budi; Edi Supriyadi; Marjuki Zulziar
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol 1, No 1 (2018): JITM
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.854 KB) | DOI: 10.32493/jitmi.v1i1.y2018.p%p

Abstract

ABSTRAK             PT. Gandum Mas Kencana merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak pada bidang industri makanan berbahan dasar cokelat dengan merk Colatta. Penelitian ini penulis menganalisa pada bagian proses produksi pembuatan cokelat Stick Coverture menggunakan metode Design Of Experiments (DOE) untuk menentukan kondisi ideal sebuah proses produksi dengan tingkat kerusakan minimal. Metode DOE merupakan sebuah teknik eksperimental yang membantu untuk menyelidiki kombinasi terbaik dari parameter proses, kuantitas yang berubah, tingkat dan kombinasi dalam rangka mendapatkan hasil yang optimal. Dengan penerapan metode DOE, didapatkan hasil setting level optimal dari 3 faktor yang ada, yaitu Komposisi Material Hardener 1,5 Kg, Suhu Cokelat 29oC, dan Speed Conveyor Belt 12Hz. Hasil dari perhitungan Anova dengan nilai F-Ratio (4,587), (3,999), (3,966) F-Tabel (3,37), dengan diikuti penurunan jumlah persentase cacat komulatif yang sebelumnya sebesar 23,27% menjadi 15,16%. Kata Kunci: Proses Produksi, Cacat Produk, DOE, ANOVA
Analisa Sistem Penjaminan Mutu Internal Pembiayaan Perguruan Tinggi dengan Pendekatan Gap Analysis (Studi Kasus : Perguruan Tinggi X) Supriyono Supriyono
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol 1, No 1 (2018): JITM
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219 KB) | DOI: 10.32493/jitmi.v1i1.y2018.p%p

Abstract

ABSTRAK Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengindentifikasi penerapan sistem penjaminan mutu internal  keuangan di PT X. Dan Untuk mengukur sejauhmana pencapaian sistem penjaminan mutu keuangan di PT X berdasarkan standar Nasional Pendidikan dan BAN-PT.Penelitian ini merupakan penelitian survey. Penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sampel dari populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data (Singarimbun, 1995). Selain mengguanakan kuesioner dalam penelitian ini juga melakukan wawancara sebagai alat untuk mengevaluasi pencapaian yang telah dilakukan dengan melakukan assesment lapangan.Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan skunder.Data Primer, data yang dikumpulkan dari kuesioner yang disebarkan, serta data yang didapat melalui assesmen atau penilaian langsung terhadap sistem yang digunakan.Data skunder, yaitu data yang diperoleh dari data yang sudah ada, berupa dokumen-dokumen, SOP, buku panduan dan sejarah dari institusi objek penelitian.Hasil dari penelitian ini didapat dari identifikasi penerapan tentang sistem penjaminan mutu pengelolaan keuangan  di PT X ditemukan ada 18 butir item pertanyaan yang disusun berdasarkan standar pengelolaan dan pembiayaan PP 19 tahun 2005, lebih 50% responden sudah menerapkan dan ada 12 butir item  lainnya lebih dari 50% reponden yang belum menerapkannya.Dalam mengukur sejauhmana penerapan sistem penjaminan mutu pengelolaan keuangan berdasarkan Standar Pembiayaan, Sarana dan Prasarana  serta Sistem Informasi dari BAN PT ada 10 butir dari 24 item penilaian yang memiliki Gap 20% hingga  40% antara yang telah dicapai oleh PT X terhadapi standar yang telah ditetapkan oleh BAN PT. Kata kunci , Sistim, penjaminan mutu internal, penjaminan mutu eksternal, Standar Nasional Pendidikan, Akreditasi
Corporate Rebranding tokobagus.com Menjadi olx.co.id Laily Maknin Zubaedah
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol 1, No 1 (2018): JITM
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.345 KB) | DOI: 10.32493/jitmi.v1i1.y2018.p%p

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana corporate branding melalui promotional tools yang dilakukan oleh tokobagus.com. Tokobagus.com yang melakukan corporate rebranding menjadi OLX.co.id merupakan e-commerce jual beli online yang digemari di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan observasi, studi pustaka serta wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dalam mengenalkan atau menginformasikan kepada masyarakat mengenai corporate rebranding yang dilakukan oleh tokobagus.com menjadi OLX.co.id digunakan promotional tools. Dari hasil analisis yang diperoleh, salah satu promotional tools yang paling banyak digunakan dalam mengenalkan dan menginformasikan rebranding yang dilakukan yaitu melalui internet. Kata kunci: corporate branding, promotional tools, e-commerce, tokobagus.com, olx.co.id
Simulasi Perbaikan Alur Pelayanan Pasien Rawat Jalan dengan Pendekatan Lean Hospital pada Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang Yulizar Widiatama
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol 1, No 1 (2018): JITM
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.748 KB) | DOI: 10.32493/jitmi.v1i1.y2018.p%p

Abstract

ABSTRAKDalam kehidupan manusia aspek kesehatan merupakan salah satu faktor yang paling utama yang harus diperhatikan. Salah satu fasilitas kesehatan untuk melayani kesehatan masyarakat adalah Rumah Sakit Umum (RSU). Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang merupakan rumah sakit yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk pasien wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. Hasil simulasi model pada kondisi eksisting menunjukkan waktu rata-rata pasien berada di dalam sistem aktivitas rawat jalan di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang yaitu selama 4942,342 detik. Rancangan perbaikan yang dibuat terhadap sistem eksisting terdiri dari skenario 1, skenario 2, skenario 3 dan skenario 4 yang menggabungkan skenario 1, skenario 2 dan skenario 3. Dari keempat skenario tersebut terpilih skenario terbaik yaitu pada skenario 4  yang menggabungkan skenario 1, skenario 2, dan skenario 3, sehingga menghasilkan rata-rata pasien berada di dalam sistem aktivitas rawat jalan di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang yaitu selama 4391,742 detik. Berdasarkan hasil perhitungan persentase Process Cycle Efficiency (PCE), maka diketahui bahwa efisiensi waktu aktivitas rawat jalan Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang mengalami peningkatan sebesar 1,614% dari sistem eksisting. Kata Kunci :   Waste, Lean Hospital, VSM (Value Stream Mapping), PAM (Process Activity Mapping).
Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Statistical Proses Control (SPC) Di PT. Surya Toto Indonesia, Tbk Edi Supriyadi
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol 1, No 1 (2018): JITM
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.21 KB) | DOI: 10.32493/jitmi.v1i1.y2018.p%p

Abstract

ABSTRAK PT. Surya Toto Indonesia, Tbk adalah perusahaan yang bergerak dibidang fittings, sanitary wares dan kitchen set. Keran merupakan produk andalan divisi fittings. Dalam produksinya, selalu berupaya menghasilkan produk yang baik. Akan tetapi, dilapangan tingkat cacat fluktuatif, sehingga menjadi perhatian utama bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian kualitas menekan tingkat produk cacat menggunakan alat bantu statistik berupa check sheet, peta kendali X dan R, diagram sebab-akibat dan metode ANOVA. Check sheet digunakan untuk menyajikan data agar memudahkan dalam analisis, kemudian dilakukan pengukuran dengan peta kendali X dan R, selanjutnya mencari faktor-faktor penyebab cacat dengan pendekatan ANOVA dan diagram sebab-akibat untuk menyusun rekomendasi usulan perbaikan kualitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa proses produksi berada dalam batas kendali tetapi terjadi pergerakan titik-titik yang tidak beraturan yang signifikan, dengan kapabilitas proses pengukuran ketebalan lapisan Plating rendah, nilainya hanya 70% dari target yang ingin dicapai. Dari analisis diagram sebab akibat diketahui faktor penyebab cacat ukihage berasal dari faktor manusia disebabkan karena tidak disiplin, kurang terampil, kurang konsentrasi dan motivasi yang menurun. Penyebab kedua metode kerja yang tidak sesuai prosedur dan salah. Ketiga kualitas material kurang baik dan kotor. Penyebab terakhir mesin yang kurang optimal, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan untuk menekan tingkat cacat ukihage dan meningkatkan kualitas produk. Kata Kunci: Pengendalian Kulitas, Peta Kendali X dan R, ANOVA, Diagram Sebab Akibat, Cacat
Analisis Kualitas Jasa Periklanan dengan Kombinasi Metode Servqual dan Quality Function Deployment (QFD) untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Rini Alfatiyah
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri) Vol 1, No 1 (2018): JITM
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.916 KB) | DOI: 10.32493/jitmi.v1i1.y2018.p%p

Abstract

ABSTRAK       Kualitas pelayanan pelanggan merupakan ukuran keberhasilan bagi setiap perusahaan. Perusahaan di bidang jasa periklanan, peningkatan kualitas dan proses pelayanan harus berorientasi kepada pelanggan (pemasang iklan). Karena output berupa media cetak yang pemasukan utamanya dari para pemasang iklan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan, diperlukan metode analisis kualitas jasa periklanan. Metode analisis kualitas jasa periklanan yang efektif yaitu dengan mengkombinasikan antara Metode Quality Function Deployment (QFD) yang menggunakan Model House Of Quality dan berpedoman pada Metode SERVQUAL. Penerapan Metode SERVQUAL untuk mengidentifikasi kekuatan atau kelebihan pada industri jasa, sedangkan Metode QFD lebih menjamin pelayanan jasa yang akan diberikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Metode QFD menggunakan Model House Of Quality adalah kumpulan matriks yang berisi keinginan pelanggan (voice of customer) dan karakteristik kualitas jasa periklanan (substitute quality characteristics) yang seluruhnya dihasilkan dari pengolahan kuesioner.       Berdasarkan hasil survey terhadap pelanggan pemasang iklan diketahui bahwa keinginan pelanggan pemasang iklan (voice of customer) terdapat 18 variabel dan karakteristik kualitas jasa periklanan (substitute quality characteristics) terdapat 24 variabel. Cara meningkatkan kualitas pelayanan jasa periklanan adalah berdasarkan Model House Of Quality dengan menentukan tingkat kepentingan masing-masing variabel yang ditentukan oleh nilai target dan pendekatan benchmarking. Sehingga diperoleh nilai persentase dan bobot nilai. Perbaikan kualitas dimulai dari variabel yang tingkat kepentingan persentase terendah hingga tertinggi.  Kata Kunci : Jasa Periklanan, Majalah, Service Quality (SERVQUAL) dan House Of Quality (HOQ) 

Page 1 of 13 | Total Record : 127