cover
Contact Name
Robi Yanto
Contact Email
wrtech30@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
uppm@e-journal.stmik-bnj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya
ISSN : 23391138     EISSN : 26572117     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal ini menghadirkan naskah-naskah kreatif dan inovatif di bidang Sistem Informasi, sistem Pendukung Keputusan, Data Mining, GIS, Mobile, Kecerdasan Buatan. Jurnal ini menerbitkan berbagai hasil penelitian (penelitian dasar dan terapan) serta kajian pada berbagai bidang ilmu. Media ini diperuntukkan secara luas kepada para peneliti di lembaga-lembaga penelitian dan perguruan tinggi bidang ilmu komputer.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya" : 17 Documents clear
Evaluasi Usability pada Aplikasi DANA dengan Menggunakan Metode Usability Testing Kanero Juniar; Agil Dwi Anugra; Nurul Huda
Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya
Publisher : STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52303/jb.v5i2.103

Abstract

Aplikasi DANA merupakan salah satu aplikasi dompet elektronik yang dikenal dan digunakan oleh masyarakat dan negara. Aplikasi DANA memberikan kemudahan kepada pengguna untuk melakukan transaksi apapun, seperti transfer uang, melakukan pembayaran, Top-Up game, dan lainnya. Aplikasi DANA dalam Google PlayStore saat ini (29/5/2023) mendapatkan rating 4.3 dari skala 5 dan telah diunduh oleh pengguna sebanyak 50 juta lebih. Dari rating 4.3, terdapat sejumlah pengguna yang memberikan rating 1 pada aplikasi DANA yang artinya aplikasi DANA dinilai oleh pengguna masih sangat kurang. Oleh karena itu, dilakukan pengujian penggunaan metode Usability Testing. Dari hasil pengujian didapatkan nilai learnability 1,06 yang menunjukkan bahwa sistem dapat cepat dipelajari oleh pengguna baru. Untuk kriteria efficiency didapatkan nilai 93,82% artinya tingkat efisiensi pada sistem sangat tinggi. Sedangkan kriteria memorability menunjukkan rata-rata perbandingan jumlah klik dan langkah yang tidak terlalu jauh dari pengujian pertama dan kedua sebesar yang awalnya 28 dan 26,67 menjadi 25,33 dan 23,67 sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi DANA dapat diingat oleh pengguna pada saat pengguna tidak menggunakan sistem lagi dalam jangka waktu lama. Untuk kriteria error didapatkan nilai 2% yang artinya untuk kriteria ini dapat dikategorikan rendah. Sedangkan untuk satisfaction didapatkan skor 68,6 dari kuesioner SUS dan hasilnya berada diatas rata-rata skor penilaian.
Sentiment Analysis pada Review Pengguna Aplikasi Snapchat dengan Vader dan Algoritma Machine Learning Padel Mohammad Agam; Muhammad Idzha Adhitya Ranius; Tata Sutabri; A. Yani Ranius
Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya
Publisher : STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52303/jb.v5i2.105

Abstract

Perkembangan teknologi hampir di setiap aspek kehidupan, salah satunya pada aspek sosial yang saat ini sangat dipengaruhi dengan perkembangan teknologi digital berupa media sosial untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara online. Terdapat sejumlah media sosial yang digunakan oleh generasi muda saat ini salah satunya media sosial Snapchat yang merupakan sebuah aplikasi media sosial yang digunakan untuk berbagi foto dan video ke daftar penerima dengan pengiriman pesan yang sementara waktu dan cerita yang dapat dilihat dalam jangka waktu terbatas serta fitur unik lainnya yang terus berkembang. Perkembangan sejumlah fitur-fitur pada Snapchat tentunya membutuhkan review dari penggunanya dengan beragam ulasan dan umpan balik dari pengguna sehingga perlu dilakukannya analisis sentimen pada review pengguna aplikasi Snapchat menggunakan pendekatan VADER dan algoritma machine learning. Pada tahap awal penelitian, kumpulan data review berupa Dataset review pengguna aplikasi snapchat hingga labelling data yang kemudian dilakukan tahapan data training dan data testing menggunakan algoritma SVM (Support Vector Machines) sehingga hasil penelitian dapat mengidentifikasi sentimen yang positif, negatif, atau netral dari review pengguna dalam membantu pengembang aplikasi dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan mengatasi masalah yang mungkin muncul pada aplikasi Snapchat.
Analisis Kesadaran Keamanan Siber pada Pengguna Aplikasi E-Court di Lingkungan Pengadilan faliandy; M Yonandio Lazuardi; Tata Sutabri
Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya
Publisher : STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52303/jb.v5i2.106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesadaran pegawai dan stakeholder terhadap keamanan siber dalam penggunaan aplikasi E-Court di Pengadilan Tata Usaha Negara Palembang. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesadaran responden dalam penggunaan aplikasi E-Court tergolong kurang baik, dengan persentase sebesar 42%. Lebih lanjut, ditemukan bahwa sebagian besar responden jarang melakukan penggantian kata sandi aplikasi (73%), bahkan 24% responden tidak pernah melakukannya. Meskipun demikian, kesadaran responden terhadap penggunaan email (68%) dan kejahatan internet (63%) tergolong cukup baik. Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pemahaman responden terkait keamanan siber, pengadilan perlu melakukan upaya pendampingan dan edukasi. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya menjaga keamanan siber, termasuk penggunaan aplikasi E-Court, penggantian kata sandi secara berkala, penggunaan email yang aman, serta upaya pencegahan terhadap kejahatan internet. Dengan adanya upaya pendampingan dan edukasi yang efektif, diharapkan tingkat kesadaran dan pemahaman responden dalam penggunaan aplikasi E-Court dan keamanan siber dapat ditingkatkan. Hal ini akan berkontribusi pada perlindungan data dan informasi perkara yang lebih efektif di Pengadilan Tata Usaha Negara Palembang
Aplikasi Handling Problem Unit IT Infrastruktur Divisi Teknologi Dan Sistem Informasi Pada Bpd Sumsel Babel Berbasis Website Darmawan Susilo; Faradillah; Hendra Di Kesuma
Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya
Publisher : STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52303/jb.v5i2.109

Abstract

The Regional Development Bank (BPD) of South Sumatra and Bangka Belitung (Sumsel Babel) is a financial institution with a complex and important IT infrastructure system in its operations. The purpose of this research is to develop an application that can help in handling these problems. The method used in this research is the waterfall method which consists of requirements analysis, design, implementation, testing, and maintenance. The proposed solution design is a website-based problem handling application. This application will provide access to the IT Infrastructure Team to submit problem reports and monitor repair status in real-time. Additionally, this application will also be equipped with user management features, access rights management, and notification systems that will inform users of repair status. It is hoped that with this application, the efficiency and effectiveness of IT infrastructure problem handling can be better, thus speeding up response time in problem solving and increasing customer satisfaction. In conclusion, the use of website-based problem handling applications at the Regional Development Bank (BPD) of South Sumatra and Bangka Belitung (Sumsel Babel) can help improve the performance of the IT infrastructure unit of the Technology and Information Systems Division, thereby expected to better meet user needs.
Sistem Informasi e-Library Pada SMP Negeri 5 Palembang LUTHFIYAH
Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya
Publisher : STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52303/jb.v5i2.110

Abstract

Pada proses pengelolaan Perpustakaan SMP N 5 Palembang saat ini masih memiliki beberapa kendala, dimana anggota perpustakaan harus datang langsung ke perpustakaan untuk melihat koleksi buku yang ada, hal ini menyebabkan ketika hendak meminjam buku tertentu, namun stok buku tersebut tidak ada atau sedang dipinjam oleh orang lain. Sementara itu pendataan penyewaan buku yang masih menggunakan tulisan tangan, sering mengakibatkan terjadi kesalahan baik salah tulis maupun salah baca atau bahkan lupa mencatat sehingga menyebabkan kekeliruan dalam proses pendataan. Untuk proses pengelolaan data stok buku juga belum tertata dengan baik, banyak terjadi stok buku yang tidak diperbaharui misalnya buku yang hilang atau rusak sehingga stok buku tidak akurat dan tidak tertata dengan baik. Juga pada proses pembuatan laporan masih kesulitan khususnya dalam pembuatan laporan stok buku yang harus mengecek satu-persatu ditambah lagi catatan yang kurang rapi sehingga mempersulit ketika membuat laporan bulanan. Penelitian ini bertujuan membangun Sistem Informasi e-Library Pada SMP Negeri 5 Palembang sebagai sarana agar mempermudah bagi anggota perpustakaan untuk dapat mengakses daftar koleksi perpustakaan secara online sehingga memudahkan dalam melihat informasi daftar katalog buku, serta mempermudah bagi pihak pengelola Perpustakaan SMP Negeri 5 Palembang dalam mengelola dan membuat serta mencetak laporan secara lebih mudah dan cepat. Penelitian menggunakan metode Prototype dan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta database MySQL. Kata Kunci : Sistem Informasi, e-Library, Website, PHP, MySQL.
Sistem Informasi Laporan Kinerja Pegawai Non PNSD Menggunakan Metode Management By Objectives (MBO) Widelya Annisa
Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya
Publisher : STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52303/jb.v5i2.111

Abstract

In carrying out government activities, Sako District is supported by elements of the Civil Servant Apparatus and Non PNSD (Honorary) Employees who are arranged in various positions with different duties and authorities. Currently, the process for managing PNS performance data already has a special system that refers to the assessment system from the central government, while non-PNS honorary employees still do not have a separate system and only rely on records in the performance report book. This causes several deficiencies, namely, the potential for errors in the process of recording performance data, also the potential for damage and loss of data (notebooks), as well as the potential for fraudulent practices because these data cannot be accessed or seen widely. Through this research, the authors see a solution, namely by building an Information System for Non PNSD Employee Performance Reports at the Sako District Office, Palembang City using the Management by Objectives (MBO) method where each employee will be assessed based on daily work achievements which will later be accumulated at each end. year, with the aim of assessing if employees achieve certain work targets they will still be retained as temporary employees in Sako Palembang District.
Perancangan Konseptual Sistem Inventory untuk Produk Tembakau pada Toko Alta Tobacco Baturaja Selta Trisandela; Muhammad Soekarno Saputra
Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya
Publisher : STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52303/jb.v5i2.114

Abstract

Sistem inventory berarti sesuatu kegiatan pengolahan data-data pada barang didalam suatu ruangan. Sistem Inventory juga penting bagi suatu perusahaan dalam pengolahan data untuk mengoptimaisasilkan suatu penyimpanan barang atau produk. Sistem pengolahan Inventory Barang di Alta Tabbaco Baturaja khususnya Produk Tembakau masih mengunakan system manual sehingga data belum termonitoring secara optimal. Dengan pengolahan Analisis dan Perancangan Database Inventory Barang pada produk Tembakau dapat dipermudah dengan untuk memonitoring setiap barang yang tersedia. Metode perancangan sistem ini mengunakan metode air terjun (waterfall) dimana dalam proses perancanga nya menggunakan Data Flow diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Sistem inventory dihasilkan adalah suatu sistem yang dapat memberikan data yang akurat tentang Analisis dan Perancangan Sistem Inventory produk Tembakau padaAlta Tobacco Baturaja.
Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Algoritma C5 Untuk Menentukan Penerima Bantuan Sosial Febi Solifiah Batubara; Abdul Halim Hasugian; Heri Santoso
Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya
Publisher : STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52303/jb.v5i2.115

Abstract

Poverty is one of the development problems in various fields which is characterized by high unemployment, underdevelopment and deterioration caused by change. Most of the residents of Setia village, Pahae Jae sub-district, still have many poor people, the poverty rate is still high and they have implemented a social assistance system for the poor or underprivileged to reduce poverty. However, it turns out that the selection of social assistance recipients in the Setia Village area, Pahae Jae District is still using a manual system. the selection process is carried out by observing the residents' files from the start of the process to who can receive assistance based on the criteria that have been determined in the social section. So that the settlement process in determining the prospective recipients of social assistance does not occur systematically and sometimes is not on target, the decision tree algorithm c5.0 method was chosen by the author to speed up and facilitate the selection of eligible citizens to receive social assistance. the criteria are processed so that and obtain a value that will be compared with the training data, this research is an application of the classification of eligible and unworthy social assistance recipients. building this program or application can help make it easier for the village to determine recipients of the social assistance program for underprivile ged families.
Rekayasa Web Engineering Sistem Layanan Publik pada Kantor Camat Rawas Ilir Kabupaten Muratara Putri Purnama Sari; Devi Udariansyah
Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya
Publisher : STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52303/jb.v5i2.116

Abstract

Kantor Camat Kecamatan Rawas Ilir selama ini dalam melakukan pengolahan data layanan publik pada masyarakat masih dilakukan secara manual dalam hal ini masih dilakukan dengan mengisi formulir yang sudah disediakan oleh petugas kantor kecamatan. Adapun layanan masyarakat yang ada di Kantor Camat Kecamatan Rawas Ilir antara lain: pengurusan Kartu Keluarga (KK), pengurusan KTP, pengurusan izin pemasangan reklame, pengurusan izin usaha mikro dan kecil, dan pengurusan IMB. Seluruh berkas pendukung pengajuan layanan publik yang ada di Kantor Camat Kecamatan Rawas Ilir masih berbentuk hardcopy yang di berikan kepada petugas Kantor Camat Kecamatan Rawas Ilir. Hal ini juga yang menyebabkan berkas pengajuan yang ada di Kantor Camat Kecamatan Rawas Ilir jadi menumpuk sehingga datanya belum tertata dengan rapih. Solusi yang efektif dari permasalahan yang ada adalah dengan membangun sistem layanan publik yang berbasis web sehingga masyarakat dapat melakukan pengajuan perizinan atau hanya ingin sekedar mencari informasi prosedur layanan di Kantor Camat Kecamatan Rawas Ilir dapat dilakukan dimana saja. Sistem informasi layanan publik berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database untuk menyimpan datanya
Website Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Gigi Pada UPT Puskesmas Babat Toman Dwi Indah Lestari; Popy Prima Sakti; Hengki Juliansa
Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya
Publisher : STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52303/jb.v5i2.120

Abstract

Abstract The application to various fields and even has a positive impact on the health sector. Utilization of information technology in the health sector can be used to improve better health services, one of which is to diagnose dental disease. The prevalence of dental and oral health problems in Indonesia is still very high. Of the 57.6% of the population who have dental and oral health problems, it turns out that only 10.2% access dental health services [1]. To overcome these limitations, it’s necessary to make a tool in the form of an expert system to assist the community in making an early diagnosis and preventing more severe diseases. This designed system is based on a website that is used by expert and users, built using the PHP programming language and using MySQL database storage. With the waterfall methodology used in system development, it produces more structured and clear stages. The expert system built results in the process of diagnosing dental and oral diseases using the Forward Chaining method. The research was conducted in the dental field at UPT Puskesmas Babat Toman using a qualitative descriptive method. Research produces a website to help people diagnose dental disease as soon as the symptoms are experienced. Keywords: website, expert system, dental disease, forward chaining Abstrak Penerapan ilmu komputer telah semakin meluas ke berbagai bidang bahkan memberikan dampak positif pula pada bidang kesehatan. Pemanfaatan teknologi informasi pada bidang kesehatan dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik, salah satunya adalah untuk melakukan diagnosa penyakit gigi. Prevalensi permasalahan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia terbilang masih sangat tinggi. Dari 57,6 % penduduk bermasalah kesehatan gigi dan mulut ternyata yang mengakses pelayanan kesehatan gigi hanya 10,2 % [1]. Untuk mengatasi keterbatasan itu perlu dibuat alat bantu berupa sistem pakar untuk membantu kalangan masyarakat dalam mendiagnosa awal pencegahan penyakit yang lebih parah. Sistem yang dirancang ini berbasis website yang digunakan oleh pakar dan masyarakat, dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan penyimpanan database MySQL. Dengan metodologi waterfall yang digunakan dalam pengembangan sistem, menghasilkan tahap-tahap yang lebih terstruktur dan jelas. Sistem Pakar yang dibangun menghasilkan proses diagnosis penyakit gigi dan mulut menggunakan metode Forward Chaining. Penelitian dilakukan di Bidang Poli Gigi pada UPT Puskesmas Babat Toman menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian menghasilkan suatu website untuk membantu masyarakat dalam mendiagnosa penyakit gigi secepat atas gejala yang dialami. Kata kunci: website, sistem pakar, penyakit gigi, forward chaining

Page 1 of 2 | Total Record : 17