cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Economic and Education Journal (Ecoducation)
Published by IKIP Budi Utomo Malang
ISSN : 26846993     EISSN : 26565234     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
ECODUCATION : is an open access journal that aims to help researchers publish their work to readers more broadly. The coverage contained in this journal includes: Economics Education, Economics, Management, Entrepreneurship.
Arjuna Subject : -
Articles 69 Documents
PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU DI KECAMATAN ARJASA KEPULAUAN KANGEAN Ach. Sugianto
Economics and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 1 (2019): (ECODUCATION) Economic & Education Journal
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP Budi Utomo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.25 KB) | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i1.375

Abstract

Tujuan dari penelitian ini 1.Untuk mengetahui kinerja guru sebelum menerima sertifikasi di kecamatan arjasa kepulauan kangean. 2. Untuk mengetahui kinerja guru sesudah menerima sertifikasi di kecamatan arjasa kepulauan kangean. 3. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerimaan sertifikasi guru terhadap kinerja guru di kecamatan arjasa kepulauan kangean. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berfukus pada perbandingan antar variable yaitu variable X dan variable Y. Populasi penelitian ini adalah guru di kecamatan arjasa. Sedangkan sampel gugu-guru yang memiliki sertifikasi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu dengan tahap editing, tahap analisis data dengan rumus regresi sedehana menggunanakan spss, dan terakhir dengan tahap interpretasi. Pada penghitungan hipotesis diperoleh nilai pada t table = signifikan 5% df = N-1 (30-1) yaitu 29 dengan nilai t hitung = 10.800 dan t table sebesar = 2.045 dengan nilai signifikan (10.800>2.045). hal ini berarti hipotesis yang diajukan peneliti diterima yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penelitian yang berjudul “Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di Kecamatan Arjasa Kepulauan Kangean” dapat teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sertifikasi sangat berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru. Dalam artian bahwa penelitian ini mampu menjawab kebenaran hipotesis yang diajukan.
ANALISIS POTENSI MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA AKHIR PRODI PENDIDIKAN EKONOMI DI STKIP PGRI LUMAJANG Fidyah Jayatri
Economics and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 1 (2019): (ECODUCATION) Economic & Education Journal
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP Budi Utomo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.7 KB) | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i1.376

Abstract

Karakter wirausaha merupakan salah satu komponen penting untuk dikembangkan saat ini. Para alumni perguruan tinggi perlu untuk mengembangkan jiwa wirausaha mereka di lingkungan kampus sebagai salah satu keterampilan yang diperlukan saat lulus nantinya. Lulusan kelompok terdidik inilah yang diharapkan mampu menyerap tenaga kerja di lingkungan sekitar mereka melalui penciptaan usaha baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam potensi minat mahasiswa untuk bisa berwirausaha. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya tingkat literasi ekonomi yang baik dapat memberikan kematangan berpikir utamanya dalam membuat keputusan, memecahkan masalah- masalah dalam kegiatan ekonomi. Mahasiswa yang memiliki tingkat literasi baik umumnya memiliki arah berpikir yang rasional dalam bentuk pemilihan sumber daya di dalam melakukan kegiatan ekonomi. Literasi ekonomi yang baik juga memacu mahasiswa untuk memiliki daya kreativitas dan inovasi
ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI (DOSEN) DI IKIP BUDI UTOMO MALANG Miftah Rakhma Dian
Economics and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 1 (2019): (ECODUCATION) Economic & Education Journal
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP Budi Utomo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.911 KB) | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i1.377

Abstract

Sistem informasi akademik merupakan suatu kebutuhan bagi setiap perguruan tinggi untuk mengelola administrasi kampus dengan baik. Sistem informasi akademik juga dibuat untuk memudahkan dosen dalam mengelola kelas dan melaporkan nilai kepada institusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem informasi akademik terhadap kepuasan pemakai (dosen) di IKIP Budi Utomo Malang. Populasi penelitian ini adalah dosen IKIP Budi Utomo Malang yang menggunakan sistem informasi akademik, Teknik sampling yang digunakan dengan menggunakan Probability Sampling dengan cara Simple Random Sampling, ukuran sampel diambil dengan menggunakan rumus Slovin, Pengambilan data dengan menggunakan data primer dan data sekunder, serta teknik analisis data yang digunakan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas sistem informasi akademik berpengaruh terhadap kepuasan pemakai (dosen) di IKIP Budi Utomo Malang.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR MANAJEMEN UKM BERBASIS EKONOMI KERAKYATAN BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI Melisa Wahyu FandyanSari
Economics and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 1 (2019): (ECODUCATION) Economic & Education Journal
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP Budi Utomo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.682 KB) | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i1.378

Abstract

Penelitian merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisa, desain, mengembangkan, implementasi dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menyusun buku ajar Matakuliah Manajemen UKM Berbasis Ekonomi Kerakyatan bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 2) menjadikan buku ajar Matakuliah Manajemen UKM Berbasis Ekonomi Kerakyatan menjadi buku ajar yang membantu pemahaman mahasiswa tentang materi Manajemen UKM, dan 3) menjadikan buku ajar Manajemen UKM Berbasis Ekonomi Kerakyatan menjadi buku ajar yang inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan. Buku ajar ini terdiri dari 6 pembahasan dan memuat tentang ekonomi kerakyatan. Uji skala kecil dilakukan pada 40 mahasiswa dan uji skala besar buku ajar ini diujicobakan pada 70 mahasiswa dan mendapat nilai 87,78% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil penilaian dari ahli materi mendapat nilai 3,95 dengan kategori Layak dan hasil penilaian ahli media mendapatkan nilai 3,9 dengan kategori Layak.
PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI DI SMA KOTA MALANG Putri Vina Sefaverdiana
Economics and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 1 (2019): (ECODUCATION) Economic & Education Journal
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP Budi Utomo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.351 KB) | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i1.379

Abstract

Peran dan tanggung jawab seorang guru sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Guru adalah salah satu penentu tinggi rendahnya mutu pendidikan. Kinerja professional guru sangat berpengaruh terhadap kelangsungan seluruh proses pembelajaran di dalam kelas pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas lulusan.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh status sosial ekonomi terhadap kinerja guru ekonomi di SMA Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berfokus pada perbandingan antar variable yaitu variable X dan variable Y. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Subjek penelitian ini adalah guru Ekonomi di SMA Kota Malang yang berjumlah 82 guru di 10 SMA Negeri dan 34 SMA Swasta. Teknik pengumpulan data dengan angket. Teknik pengolahan data menggunakan spss Uji t yaitu untuk mencari korelasi antara variabel X dan Y. Pada penghitungan hipotesis didapatkan nilai Sig 0,031. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig lebih kecil dari 0,05 (0,031 kurang dari 0,05). Hal ini berarti hipotesis yang diajukan peneliti diterima yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penelitian yang berjudul “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Kinerja Guru Ekonomi di SMA Kota Malang” dapat teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa status sosial ekonomi sangat berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru. Dalam artian bahwa penelitian ini mampu menjawab kebenaran hipotesis yang diajukan.
PENGARUH PENDIDIKAN WIRAUSAHA DALAM KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA STKIP PGRI LUMAJANG Roni Wiranata; Gati Ayu Likasari
Economics and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 2 (2019): (ECODUCATION) Economic & Education Journal
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP Budi Utomo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (855.926 KB) | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i2.547

Abstract

Semakin maju suatu negara semakin banyak orang yang terdidik, dan banyak pula orang yang menganggur karena sempitnya lapangan pekerjaan. Hal ini menunjukkan semakin pentingnya dunia entrepreneur di dalam perekonomian suatu negara. Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh para entrepreneur yang dapat membuka lapangan kerja karena kemampuan pemerintah sangat terbatas.. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan wirausaha dalam keluarga terhadap minat wirausaha mahasiswa angkatan 2015 STKIP PGRI Lumajang. Teknik pengumpulan data, dilakukan melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Ada pengaruh pendidikan wirausaha dalam Keluarga terhadap minat wirausaha mahasiswa angkatan 2015 STKIP PGRI lumajang, dari hasil perhitungan SPSS nilai signifikansi X terhadap Y (Asym Sig.) = 0.000<0,05; diketahui Pendidikan wirausaha dalam Keluarga memiliki pengaruh terhadap Minat Wirausaha hal ini ditunjukkan dengan peran keluarga dalam memberikan dorongan untuk kreatif dan akan berdampak sikap minat berwirausaha.
PENGARUH FASILITAS BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG FUNGSI PAJAK PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAMBOYA Matius Matti Nunu; Deni Nugroho Setyabudi
Economics and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 2 (2019): (ECODUCATION) Economic & Education Journal
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP Budi Utomo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (879.358 KB) | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i2.548

Abstract

Pengetahuan terhadap materi pelajaran sangat penting dimiliki oleh setiap siswa, karena dengan demikian maka proses belajar siswa membuahkan hasil yaitu perubahan aspek kognitif dari belum paham menjadi lebih paham setelah siswa belajar. Namun, ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya pengetahuan siswa tentang materi pelajaran, antara lain faktor fasilitas belajar, motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak, (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak, (3) mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak, (4) mengetahui pengaruh fasilitas belajar, motivasi belajar, dan kedisiplinan secara simultan terhadap pengetahuan siswa tentang fungsi pajak. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya semester 2 Tahun Ajaran 2017/2018, yang berjumlah 55 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi tersebut ditetapkan menjadi sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kuesioner (untuk mengevaluasi variabel fasilitas belajar, motivasi belajar dan kedisiplinan), serta teknik tes tulis (untuk mengevaluasi pengetahuan siswa tentang fungsi pajak). Data-data penelitian dianalisis secara statistik menggunakan teknik analisis multiple regressions dengan bantuan program komputer (SPSS). Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,028) < 0,05, sehingga semakin lengkap fasilitas belajar yang ada di sekolah maka pengetahuan siswa tentang fungsi pajak juga semakin meningkat. (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,043) < 0,05, sehingga semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa maka pengetahuannya tentang fungsi pajak juga semakin meningkat. (3) kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,000) < 0,05, sehingga tinggi tingkat kedisiplinan siswa dalam belajar maka pengetahuannya tentang fungsi pajak juga semakin meningkat. (4) fasilitas belajar, motivasi belajar, dan kedisiplinan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan tentang fungsi pajak pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamboya, karena nilai Sig. (0,000) < 0,05.
ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI PEDESAAN Novi Eko Prasetyo; Hendra Setiawan; Miftah Rakhmadian
Economics and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 2 (2019): (ECODUCATION) Economic & Education Journal
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP Budi Utomo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (891.754 KB) | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i2.551

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis terkait pertumbuhan ekonomi pedesaan. Penelitian ini termasuk penelitian deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian; Pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan selalu mengalami peningkatan. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan pemerintah pusat dan daerah berupa program dan kebijakan yang bersinergi dengan kebutuhan masyarakat.
PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR DIKELAS PADA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN BENGKAYANG Ressi Nata Sumanda; Yulita Pujiharti
Economics and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 2 (2019): (ECODUCATION) Economic & Education Journal
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP Budi Utomo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (821.725 KB) | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i2.554

Abstract

Guru sebagai pekerjaan professional dengan disahkannya Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada tanggal 15 Desember 2005. Menurut Undang-Undang tersubut, guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi guru dalam mengimplementasikan ketarampilan mengajar didalam kelas pada Sekolah Dasar se-Kecamatan Sungai Raya. Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan alat, media maupun bahan pelajaran di SD yang ada di Kecamatan Sungai Raya. Objek penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar yang telah tersertifikasi maupun yang belum tersertifikasi se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang. Dari berbagai permasalahan yang ada, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut : 1.Bagaimana implementasi keterampilan mengajar guru bersertifikasi dikelas pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang?. 2.Bagaimana implementasi keterampilan mengajar guru yang tidak bersertifikasi dikelas pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang?. 3.Apakah ada pengaruh sertifikasi guru terhadap implementasi keterampilan mengajar dikelas pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang? .Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui implementasi keterampilan mengajar guru bersertifikasi dikelas. 2.Untuk mengetahui implementasi keterampilan mengajar guru tidak bersertifikasi dikelas. 3.Untuk mengetahui apakah ada pengaruh sertifikasi guru terhadap implementasi keterampilan mengajar guru dikelas pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitaf komparatif. Penelitian kuantitaf bermakna data yang dihimpun dalam bentuk konsep pengolahan data langsung dan membandingkanya antara satu kelompok sampel dengan kelompok lain, dikerjakan dilapangan dengan mencatat dan mengidentifikasi masalah yang diolah menggunakan menggunakan SPSS16.0 for Windows. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dilapangan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1.Guru bersertifikasi dalam mengimplementasikan keterampilan mengajar berada pada kriteria terampil dengan rata-rata 76,79562. 2. Guru yang belum tersertifikasi dalam mengimplementasikan keterampilan mengajar berada pada kriteria terampil dengan rata-rata 76,42745. 3.Terdapat pengaruh sertifikasi guru terhadap implementasi keterampilan mengajar dikelas pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang dengan level signifikansi 0,000.
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DESA GIRIPURNO KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU Dwi Handoko; Titik Purwati
Economics and Education Journal (Ecoducation) Vol 1 No 2 (2019): (ECODUCATION) Economic & Education Journal
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP Budi Utomo Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (886.87 KB) | DOI: 10.33503/ecoducation.v1i2.567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja terhadap Pendapatan Masyarakat di Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, sampel yang jadi responden dalam penelitian ini adalah 39 jiwa dari populasi yang berjumlah 433 kemudian diambil 10% dari setiap jumlah jenis pekerjaan maka diperoleh 433 populasi jiwa. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis mengguanakan teknik deskripsif dan teknik analisis Uji Dummy regresi berganda dengan bantuan aplikasi Eviews6. Dari hasil analisis tingkat pendidikan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat secara signifikan. Hal ini ditunjukkan olah nilai probabilitas 0,000 < α 0,05. Nilai ini menjelaskan bahwa antara tingkat pendidikan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat. Hal ini ditunjukkan nilai Fhitung (12,75) > F tabel (3,26). Dari hasil penelitian diperoleh Rsquare sebesar 0,74 atau 74% dipengaruhi oleh variabel yang diteliti sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti yang juga merupakan mempengaruhi pendapatan masyarakat yang bekerja.