Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar
Computer Science Scientific Journal is published 2 (two) times in a year with the frequency of publication every 6 months in March and September. This journal contains research articles, scientific studies and social services related to Computer Science.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 8 No 1 (2022): Edisi April"
:
10 Documents
clear
ANALISIS PENERAPAN KONSEP FINITE STATE AUTOMATA DALAM PROSES PENJURUSAN MENGGUNAKAN APLIKASI AUTOMATIC SKILLS ANALYSIS TOOLS ( ASA ) PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK ) BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Hamdan Hamdan
JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 8 No 1 (2022): Edisi April
Publisher : LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35329/jiik.v8i1.194
Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang pesat. Teknologi tersebut dapat membantu mempermudah aktivitas manusia. Perkembangan teknologi berpengaruh pada hampir seluruh bidang kehidupan. Salah satu contohnya adalah bidang Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Keahlian Teknologi Informasi. Sekolah dapat menggunakan teknologi untuk menemukan Potensi dalam diri siswa agar nantinya tidak salah jurusan untuk masa depannya. Salah satu aplikasi yang dapat membantu sekolah dan pendidik untuk menemukan potensi diri adalah Automatic Skill Analisys Tool (ASA). Automatic Skill Analisys Tool (ASA) merupakan aplikasi yang dapat membantu sekolah dalam menentukan, memetakan potensi yang ada dalam diri siswa
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMILIH KOMPUTER BERDASARKAN SALAH SATU KEBUTUHAN KONSUMEN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING
Aditama Kadek;
I Nyoman Tri Anindia Putra;
I Gede Iwan Sudipa;
Ketut Sepdyana Kartini
JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 8 No 1 (2022): Edisi April
Publisher : LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35329/jiik.v8i1.206
Griya IT merupakan salah satu toko penyedia barang elektronik seperti komputer, laptop, handphone dan lain lain. Saat ini komputer menjadi salah satu sarana yang tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari seperti mengerjakan pekerjaan kantor, mengerjakan tugas sekolah atau kuliah serta sebagai sarana hiburan. Berkembang pesatnya teknologi komputer membuat banyaknya pilihan yang seringkali membuat konsumen bingung untuk menentukan komputer yang tepat bagi kebutuhan dirinya. Maka dari itu perlu dirancangan sistem pendukung keputusan yang ditunjukan bagi konsumen agar mampu menentukan alternatif prioritas komputer yang di inginkan. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, data diambil berdasarkan banyaknya permintaan akan kebutuhan konsumen dalam penggunaan komputer, serta menentukan kriteria-kriteria yang menjadi pertimbangan untuk memilih komputer. Kriteria yang menjadi bahan pertimbangan oleh konsumen yaitu budget yang disiapkan oleh konsumen(C1), garansi dari komputer (C2), spesifikasi dari komputer (C3), dan budget perangkat pendukung. Metode yang digunakan yaitu Simple Addiitive Weighting (SAW) untuk menghasilkan nilai bobot kriteria, skoring nilai budget dan garansi komputer serta perhitungan nilai akhir menggunakan proses normalisasi Cost dan Benefit. Hasil penelitian dalam penerapan metode Simple Addaitive Weighting (SAW) untuk menentukan nilai bobot kriteria dengan tiga alternatif yaitu komputer All In One (AIO), komputer gaming dan komputer design menghasilkan alternatif komputer gaming sebagai alternatif terbaik bagi pelanggan dalam pemilihan komputer dengan bobot sebesar 0,85.
PENERAPAN APLIKASI SIMULASI VENDING MACHINE MENGGUNAKAN KONSEP FINITE STATE AUTOMATA UNTUK BARANG INVENTARIS SEKOLAH
Wuri Tirtawati
JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 8 No 1 (2022): Edisi April
Publisher : LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35329/jiik.v8i1.208
Di setiap sekolah menengah, biasanya sulit dalam pendataan peminjaman barang inventaris. Siswa biasanya meminjam barang inventaris tanpa seizin guru atau staf sarana dan prasarana, melainkan langsung mengambil dari ruang barang inventaris. Dalam mengumpulkan data peminjam barang inventaris bisa jadi sulit terdata dan bermasalah. Hal ini dikarenakan siswa biasanya tidak mengembalikannya ke ruang barang inventaris saat meminjam, dan tidak mengisi data peminjam yang nantinya mereka gunakan. Sehingga saat dibutuhkan, barang inventaris hilang atau tidak berada pada tempatnya. Hal ini menjadi masalah karena menyulitkan siswa lain untuk menggunakan barang inventaris tersebut. Ada beberapa barang inventaris yang biasanya sering digunakan seperti: laptop, proyektor, kabel rol, mic dan toa speaker, peralatan olahraga dan peralatan kesenian. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konsep Finite State Automata (FSA) sebuah Vending Machine (VM) pada penyedian barang inventaris sekolah yang memanfaatkan scan barcode pada aplikasi sebagai alat transaksi utama, dengan cara ini pengumpulan data pinjaman akan dicatat oleh sistem dan dapat digunakan untuk tinjauan dan referensi untuk pengembangan aplikasi serupa lainnya.
AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMIK STIKES SALSABILA MENGGUNAKAN COBIT 5 DOMAIN DSS
Brahmantya Adi Saputra;
Fatihaeny Nabilah Kurnia Illahi;
Siti Mukaromah
JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 8 No 1 (2022): Edisi April
Publisher : LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35329/jiik.v8i1.209
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan dan kapabilitas kinerja teknologi informasidalam penerapan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) di STIKES Salsabila. Terdapat beberapa hal pentinguntuk kemajuan organisasi, salah satunya adalah kemajuan teknologi informasi. Semakin berkembangnyateknologi informasi maka harus dilakukan tata kelola teknologi informasi sesuai standar yang sudah ada dan harusdievaluasi secara berkala. Ada beberapa cara untuk mengevaluasi tata kelola teknologi informasi, salah satunyaadalah dengan melakukan audit teknologi informasi dengan framework COBIT. Dalam penelitian ini pengukuranteknologi informasi menggunakan COBIT 5 pada domain Deliver, Service & Support (DSS). Hasil yangdidapatkan adalah rekomendasi untuk memperbaiki permasalahan yang ada selama SIAKAD digunakan danmeningkatkan kapabilitas sistem informasi akademik sehingga proses bisnis sesuai dengan tujuan bisnis yangdiinginkan.
THE MEASUREMENT OF RECEIPT OF DIGITAL FUND TECHNOLOGY DURING THE COVID-19 PANDEMIC USING THE UTAUT MODEL
Brahmantya Adi Saputra
JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 8 No 1 (2022): Edisi April
Publisher : LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35329/jiik.v8i1.210
Perubahan yang terjadi pada masa pandemi ini, membuat pemerintah mengambil beberapa kebijakan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan mengurangi transaksi dengan uang tunai lalu menerapkan transaksi dengan dompet digital yang lebih efektif dan efisien. Dengan harapan dompet digital memberikan peran positif bagi pencegahan penularan Covid-19, karena meminimalisir kontak langsung saat bertransaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menguji tingkat penerimaan teknologi dompet digital Dana dengan model UTAUT di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi yang di targetkan adalah pengguna dompet digital Dana di Kota Surabaya. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang akan mengisi kuesioner melalui google form. Metode analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini adalah variabel habit dan hedonic motivation berperan positif dalam penggunaan dompet digital Dana di masa pandemi covid-19. Karena kemudahan dalam penggunaan aplikasi dapat membuat pengguna merasa senang saat bertransaksi.
PROTOTYPE ALAT UJI KEBISINGAN DAN EMISI GAS PADA KNALPOT KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN ARDUINO UNO
Nuraida_Latif Ida
JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 8 No 1 (2022): Edisi April
Publisher : LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35329/jiik.v8i1.211
Transportation from every era has always been a special concern for the government in Indonesia. This is inseparable from the increasing number of motorcycle users, so that the increase in the number of vehicles clearly has a negative impact on health, especially from smoke pollution which contains carbon monoxide (CO) compounds produced or from the noise. This study aims to determine the level of noise and gas emissions in vehicle exhaust. The tool used to measure gas emissions is MQ-2 while noise is measured by a sound sensor which is then processed on the Arduino and then displayed on the LCD. This type of research is exploratory observation and data analysis is described descriptively. The results of the study are a tool that is able to detect gas emissions and noise in the motorcycle exhaust with a sound sensor response of 2-3 seconds while the Mq2 sensor with a response time of 5-6 seconds takes longer.
IDENTIFIKASI PENYAKIT LEAF MOLD PADA DAUN TOMAT MENGGUNAKAN MODEL DENSENET121 BERBASIS TRANSFER LEARNING
Nani Awalia
JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 8 No 1 (2022): Edisi April
Publisher : LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35329/jiik.v8i1.212
Penyakit leaf mold pada daun tomat merupakan penyakit bercak daun yang disebabkan oleh jamur Cladosporium fulvum. penyakit tersebut biasanya terjadi pada tomat yang dibudidayakan dalam lingkungan lembab. Gejala penyakit yang sulit terdeteksi secara manual, dapat menyebabkan penurunan kualitas dan hasil panen tomat selama 10 tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit leaf mold pada daun tomat menggunakan pre-trained model convolutional neural network. Model tersebut yaitu DenseNet121 dengan teknik transfer learning. Penelitian ini menggunakan sebanyak 2.283 dataset citra daun tomat, yang terdiri dari 3 jenis kelas prediksi diantaranya yaitu penyakit leaf mold, daun tomat sehat, dan penyakit tomat lainnya yang dimasukan kedalam kelas prediksi penyakit lainnya. Hasil penelitian diperoleh model A sebagai model terbaik diantara 3 model yang diuji coba, dengan nilai akurasi, precision, dan recall yang dihasilkan yaitu sebesar 92,6%, 93,3%, dan 93%.
PENERAPAN HAIR RECOGNITION MENGGUNAKAN METODE HAAR CASCADE CLASSIFIER DAN CNN DEEP LEARNING
Teguh Rijanandi;
Andra Aulia Rizaldy;
Adam Nur Kridabayu;
Emmanuel Genesius Evan Devara;
Faisal Dharma Adhinata
JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 8 No 1 (2022): Edisi April
Publisher : LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35329/jiik.v8i1.214
Zaman modernisasi seperti saat ini, proses identifikasi berkembang sangat pesat dan banyak diterapkan di berbagai aplikasi. Teknologi pengenalan rambut menggunakan Artificial Intelligence untuk mengenali rambut seseorang. Penelitian ini menggunakan pengenalan rambut real-time berbasis OpenCV dan algoritma histogram pola biner lokal dan metode Haar Cascade classifier untuk mengklasifikasikan jenis-jenis rambut yang ada. Sistem disini dapat mendeteksi, selain itu mengenali serta serta membandingkan rambut yang ditangkap kamera yang ada didalam database rambut yang sudah tersimpan. Citra rambut yang digunakan adalah citra RGB dengan ukuran 480 x 680 piksel dan berekstensi .jpg atau .png yang dapat diubah kedalam citra grayscale agar dapat melakukan pengkasifikasian jenis rambut. Dengan memodelkan sistem seperti ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengklasifikasikan jenis-jenis rambut.
MANAJEMEN E-SUPPLY CHAIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING PADA HOME INDUSTRI BANDENG DI KOTA SEMARANG
Muhamad Habibi
JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 8 No 1 (2022): Edisi April
Publisher : LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35329/jiik.v8i1.221
Supply chain management merupakan aplikasi pengaturan proses aliran material rantai pasokan dari hulu ke hilir. Dalam penerapannya supply chain menggunakan perhitungan activity based costing, sedangkan untuk memonitor kinerja supply chain menggunakan web electronic. Web electronic digunakan untuk menginput semua aliran data yang terlibat dalam supply chain sedangkan perhitungan activity based costing digunakan untuk menghitung jumlah biaya kebutuhan dan jumlah biaya penjualan pada home industri bandeng presto untuk mengetahui optimasi margin laba. Menurut UU No. 22 Tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil, menengah bahwa home Industri bandeng presto di Kota Semarang merupakan kategori usaha menengah karena mempunyai modal usaha selama satu tahun sebesar Rp 5.660.556.000,00 dan memiliki hasil penjualan tahunan sebesar Rp 6.300.000.000,00. Maka dari data input menunjukan bahwa hasil penelitian usaha home industri bandeng dalam memperoleh optimasi margin laba selama 30 hari sebesar Rp 211.102.000,00.
IMPLEMENTASI MIKROKONTROLER DAN SINAR ULTRAVIOLET PADA ALAT PENDETEKSI UANG PALSU
Muhajirin Muhajirin;
Indri Novia Putri
JURNAL ILMU KOMPUTER Vol 8 No 1 (2022): Edisi April
Publisher : LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Masyarakat mengalami keresahan akibat banyaknya uang palsu yang beredar. Pemalsuan uang dapat dengan mudah dilakukan menggunakan teknologi informasi sehingga hampir tidak dapat dibedakan antara uang asli dengan uang palsu. Korban kebanyakan di kalangan orang tua dan anak-anak. Salah satu metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi terhadap pengedaran uang palsu di masyarakat dan wawancara kepada masyarakat berkaitan dengan peredaran uang palsu. Data dianalisa dengan menggunakan perancangan dan pengaplikasian pada sistem yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa system dapat bekerja dengan baik dalam mengidentifikasi keaslian uang dengan menggunakan mikrokontroler Raspberry Pi, lampu Ultra Violet, buzzer beserta kamera. Aplikasi ini dapat mendeteksi keaslian uang dengan baik menggunakan Template Matching.Hampir semua nominal mata uang dapat teridentifikasi oleh sistem dan sistem itu dapat mengenali asli tidaknya uang dengan baik berdasarkan gambar yang diinput dan diuji. Setelah diadakan pengujian dapat disimpulkan bahwa template dapat terdeteksi pada jarak kamera lebih dari 3 cm. Persentase tertinggi terdapat pada nominal uang 50.000 dan 100.000 dengan nilai persentase 80%. Persentase terendah terdapat pada nominal uang 10.000 dan 20.000 dengan nilai persentase 60%. Alat ini sudah dapat membantu dalam mendeteksi uang palsu