cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Pena Literasi
ISSN : -     EISSN : 26148226     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pena literasi merupakan jurnal nasional yang berbasis penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019): Pena Literasi" : 7 Documents clear
Representasi Kehidupan Religius Masyarakat Islam Kejawen Di Yogyakarta Pada Tahun 1868 M – 1912 M dalam Novel Dahlan: Sebuah Novel Karya Haidar Musyafa Naufal Iman; Eggy Fajar Andalas
Pena Literasi Vol 2, No 1 (2019): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.2.1.30-38

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi kehidupan religius masyarakat Islam kejawen di yogyakarta yang terjadi pada tahun 1868 M – 1912 M dalam novel Dahlan: Sebuah Novel karya Haidar Musyafa. Dalam menjawab permasalahan yang ada di dalam novel Dahlan: Sebuah Novel yaitu menggunakan teori pendekatan tujuh unsur kebudayaan universal antropologi C. Kluckhohn. Pendekatan ini menggunakan pendekatan antropologi sastra. Sumber data penelitian ini adalah novel Dahlan: Sebuah Novel karya Haidar Musyafa proses pengumpulan data dilakukan dengan metode simak-catat dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, pertama masyarakat masih mempercayai hal-hal yang berhubungan dengan Tahayul-Bid’ah-Churafat, kedua masyarakat menjalankan ajaran sadranan dan oburampe yang tidak ada dasar dalilnya di Al-Quran dan Hadits.Kata kunci: Tujuh elemen kebudayaan antropologi, Tahayul-Bid’ah-Churafat, kejawen, sadranan, oburampe.
Representasi Konsep Ketuhanan: Analogi Cerita dalam Novel Semua Ikan di Langit karya Ziggy Z Ila Rohmatin Shofa
Pena Literasi Vol 2, No 1 (2019): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.2.1.8-17

Abstract

Novel Semua Ikan di Langit menceritakan kisah berbagai perjalanan sebuah Bus Damri dan berbagai macam penumpangnya. Salah satu karakter dalam novel ini yaitu Beliau, Beliau lah yang memimpin perjalanan sebuah Bus dalam kota dan ikan julung-julung di luar Angkasa. Tokoh Beliau bisa jadi adalah metafora dari Tuhan yang mengenalkan dunia dan seisinya kepada sebuah bus. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana konsep Ketuhanan dan makna simbolik Ketuhanan  yang disajikan dalam novel Semua Ikan di Langit. Tujuan dari penelitian ini yaitu, mendeskripsikan konsep Ketuhanan dan makna simbolik Ketuhanan dalam novel Semua Ikan di Langit. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Semiotika. Hasil penelitaian akan menunjukkan konsep Ketuhanan yang di representasikan melalui cerita-cerita dari berbagai perjalanan Beliau,ikan julung-julung. Bus damri dan yang lainnya. Dari perjalanan Beliau dan rombongan dapat ditemukan beberapa sifat Beliau yang mirip bahkan sama dengan Tuhan. Beberapa sifat Tuhan yang juga dimiliki Tokoh Beliau yaitu, Maha Mendengar, Maha Kuasa, Maha Mengetahui dan juga Zat yang abadi. Kata kunci: Ketuhanan, Analogi, Representasi
Pemanfaatan Media Visual dalam Menulis Cerita Pendek pada Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU Oktavia Lestari Pasaribu
Pena Literasi Vol 2, No 1 (2019): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.2.1.39-46

Abstract

Pemanfaatan Media Visual bertujuan sebagai alat bantu dalam membantu  mahasiswa menulis cerpen (cerita pendek). Disisi lain media visual juga dapat memudahkan mahasiswa dalam menemukan inspirasi atau gambaran untuk tokoh-tokoh yang akan mereka ciptakan dalam cerpen, serta membuat mahasiswa lebih percaya diri atas cerita yang mereka ciptakan, sehingga cerpen yang ditulis menjadi lebih menarik. Jika dikaitkan dengan menulis, maka dapat dinyatakan bahwa pemanfaatan media visual merupakan sebuah proses yang memudahkan mahasiswa untuk menemukan inspirasi dalam menulis cerpen. Jadi, pemanfaatan media visual dapat digunakan dalam setiap proses pembelajaran, terutama ketika nantinya mahasiswa akan menjadi seorang guru bisa mempraktikkan dengan siswa-siswi  di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media visual dalam proses menulis cerpen pada mahasiswa semester V pada Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU dengan menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yang telah dijabarkan pada bab sebelumnya, dapat dikatakan pemanfaatan media visual pada mahasiswa Semester V FKIP UMSU berada pada kategori baik di mana nilai rata-rata siswa 83,84. Kata kunci : media visual, menulis, dan cerpen
Representasi Dominasi Penguasa dalam Novel Pasar karya Kuntowijoyo Wiwin Kurnia Widyanti
Pena Literasi Vol 2, No 1 (2019): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.2.1.55-63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam aktualisasi diri dari tokoh yang ingin mencapai sebuah kekuasaan dengan cara menguasai sebuah pasar. Masalah yang difokuskan dalam penelitianm ini adalah bagaimana tokoh memimpin masyarakat terhadap lingkungan dan perkembangannya yang tergambar dalam cerita kehidupan pasar Gemolong secara sosial dan politik. Kuntowijoyo ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologi sastra. Metode ini digunakan sebagai pemecahan masalah yang dilakukan dengan menggambarkan suatu keadaan objek dan subjek penelitian. Dengan menggunakan teori sosiologi sastra yang terbagi atas beberapa komponen diantaranya komponen sosial, masyarakat, dan politik, tulisan ini menganalisis proses pemertahanan kepemimpinan tokoh terhadap lingkungan dan masyarakat. Hasil penelitian membuktikan/menunjukkan bahwa tokoh memimpin wilayah pasar dengan cara melakukan strategi kepemimpinannya yang berbeda dan menciptakan salah satu bentuk pertahanan dari kepemimpinan tokoh.Kata kunci: Sosial, Politik, Penguasa
Penggunaan Bilingualisme pada Masyarakat Yang Berwirausaha Ratna Dewi Kartikasari
Pena Literasi Vol 2, No 1 (2019): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.2.1.47-54

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat yang sudah jarang memakai bahasa monolingual (1 bahasa). Namun dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak masyarakat yang memakai dua bahasa (bilingual). Setidaknya masyarakat yang menggunakan bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di daerah Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong. Hasil penelitian menunjukkan situasi kebahasaan pada masyarakat tutur daerah Jawa, Mandailing, Padang, dan Sunda di daerah Cilodong ditandai dengan adanya kontak bahasa yang menjadikan masyarakat tutur Jawa, Mandailing, Padang, dan Sunda di daerah Cilodong sebagai masyarakat yang bilingual. Data dari peristiwa tutur dalam berbagai ranah pada penelitian ini memperlihatkan bahwa kode yang berwujud bahasa yang dominan digunakan dalam komunikasi pada masyarakat tutur Jawa, Mandailing, Padang, dan Sunda di daerah CIlodong terdiri atas beberapa kode. Kode tersebut berupa Bahasa Indonesia (BI), Bahasa Jawa (BJ), Bahasa Mandailing (BM), Bahasa Padang/Minang (BP), dan Bahasa Sunda (BS).Kata kunci: bilingualisme , masyarakat tutur , kode bahasa.
Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII-1 SMP Dharma Karya Ut Aida Sumardi
Pena Literasi Vol 2, No 1 (2019): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.2.1.1-7

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP DK UT. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis teks narasi dengan menggunakan media kartu bergambar. Kartu bergambar yang digunakan yaitu kartu bergambar tentang nilai nilai karakter manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 24 orang. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencaanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskripif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar meningkatkan ketearmapilan menulis narasi pada siswa SMP kelas VII SMP DK UT. Pada pratindakan rata rata nilai keterampilan menulis siswa 63,29 dan meningkat pada siklus 1 dengan nilai rata rata 72,29. Pada siklus 2 nilai rata rata siswa juga meningkat 79,70 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 23 siswa dari 24 siswa. Untuk 1 siswa yang belum tuntas peneliti dan guru memberikan tindakan khusus dengan pengayaan dan berlatih menulis lagi. Kata kunci: media, kartu bergambar, menulis, narasi
Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Melaui Kegiatan Menulis Berita Siswa Kelas X MA Pembangunan UIN Jakarta Muttaqillah Muttaqillah
Pena Literasi Vol 2, No 1 (2019): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.2.1.18-29

Abstract

Penelitian yang bersifat tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis eksposisi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah UIN Jakarta. Upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis tersebut dilakukan melalui kegiatan menulis berita. Kegiatan menulis berita merupakan salah satu kegiatan untuk menggairahkan siswa dalam menulis karangan eksposisi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Sebelum dilakukan tindakan, kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X belum memuaskan yaitu bawah KKM, sebesar 64, sedangkan KKM yang ditentukan sebesar 65. Lalu pada langkah berikutnya dilakukan tindakan dengan kegiatan menulis berita. Selama dilakukan tindakan,  peneliti melakukan pengamatan untuk melihat motivasi, dan antusiasme siswa dalam kegiatan menulis berita. Lalu peneliti mewawancarai siswa untuk memberikan jawaban maupun tanggapan atas kegiatan menulis berita yang sudah dilakukan. Jawaban atas kegiatan menulis berita dengan menyatakan ya, dan tidak. Pada umumnya mereka menyatakan ya atas pertanyaan yang bersifat santai, senang, tergugah, dan puas. Demikian juga atas pertanyaan sangat senang, senang dan kurang seanag. Pada umumnya mereka menyatakan senang Sebelum dilakukan tindakan, nilai yang diperoleh siswa sebesar 48,85. Setelah peneliti melakukan tindakan siklus pertama, dapat diperoleh nilai kemampuan menulis seksposisi sebesar 66. Pada siklus kedua perolehan nilai sebesar 81. Peneliti juga melakukan pengolahan data  kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Secara kualitatif maupun kuantitatif, peningkatan kemampuan menulis eksposisi melalui kegiatan menulis berita di kelas X MA UIN Pembangunan Jakarta mengalami peningkatan.Kata kunci: Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi, Berita

Page 1 of 1 | Total Record : 7