cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Pena Literasi
ISSN : -     EISSN : 26148226     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pena literasi merupakan jurnal nasional yang berbasis penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): Pena Literasi" : 7 Documents clear
KEMAMPUAN MENULIS MAKALAH ILMIAH MAHASISWA PRODI INFORMATIKA UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA Hafizah Hafizah
Pena Literasi Vol 4, No 1 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.1.12-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Prodi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dalam menulis makalah ilmiah; (2) untuk mengetahui kendala yang dialami mahasiswa Prodi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dalam penulisan makalah ilmiah. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa Prodi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Bhayangkara yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021.Sampelnya sebanyak 35 mahasiswa yang dipilih secara acak (random sampling). Data berupa makalah ilmiah dikumpulkan pada akhir perkuliahan Bahasa Indonesia dan dianalisis menggunakan instrumen penelitian berupa tabel analisis. Hasil dari penelitian ini diperoleh 9 mahasiswa atau  25,72% mendapatkan nilai baik, 18 mahasiswa atau 51,42% mendapatkan nilai cukup, 7 mahasiswa atau 20% mendapatkan nilai kurang, dan 1 mahasiswa atau 2,86% mendapatkan nilai sangat kurang. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis makalah ilmiah mahasiswa berada pada tataran cukup.
ANALISIS PENANDA HUBUNGAN SINONIMI DAN HIPONIMI PADA PUISI “MEMBACA TANDA-TANDA” KARYA TAUFIQ ISMAIL Novhira Putri Paino; Dita Dewi Safira Hutagaol; Artha Uli Sagala
Pena Literasi Vol 4, No 1 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.1.%p

Abstract

Penelitian dalam artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan relasi makna sinonimi dan hionimi yang terdapat dalam puisi “Membaca Tanda-Tanda” Karya Taufiq Ismail. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari google tentang puisi “Membaca Tanda-Tanda” Karya Taufiq Ismail. Data penelitian ini berupa kalimat atau wacana yang terdapat dalam puisi “Membaca Tanda-Tanda” Karya Taufiq Ismail tersebut. Data tertulis merupakan hasil dari metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan bagaimana relasi makna sinonimi dan hiponimi yang terjadi puisi “Membaca Tanda-Tanda” karya Taufiq Ismail. Teknik data menggunakan tiga teknik yaitu (1) teknik pustaka, (2) teknik simak, (3) teknik catat. Teknik data dalam penelitian ini adalah pencatatan semi struktur mengumpulkan data, yakni mencari puisi dari Google, mencari referensi yang berhubungan dengan judul, dan mencatat serta menyeleksi kata-kata yang mengandung unsur relasi makna sinonimi dan hiponimi. Adapun langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah melakukan data, reduksi data, penyajian data, dan tahap penyimpulan. Hasil analisis data yang digunakan dengan cara memahami data tentang hubungan relasi makna sinonimi dan hiponimi pada puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail dan mengidentifikasikannya sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian. dan mencatat serta menyeleksi kata-kata yang mengandung unsur relasi makna sinonimi dan hiponimi. Adapun langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah melakukan data, reduksi data, penyajian data, dan tahap penyimpulan. Hasil analisis data yang digunakan dengan cara memahami data tentang hubungan relasi makna sinonimi dan hiponimi pada puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail dan mengidentifikasikannya sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian. dan mencatat serta menyeleksi kata-kata yang mengandung unsur relasi makna sinonimi dan hiponimi. Adapun langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah melakukan data, reduksi data, penyajian data, dan tahap penyimpulan. Hasil analisis data yang digunakan dengan cara memahami data tentang hubungan relasi makna sinonimi dan hiponimi pada puisi Membaca Tanda-Tanda karya Taufiq Ismail dan mengidentifikasikannya sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian.Kata kunci : Relasi Makna, Sinonimi, Hiponimi, Puisi.   
PENGARUH METODE INKUIRI BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X Sindi Maya Safitri; Aida Sumardi
Pena Literasi Vol 4, No 1 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.1.45-56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran inkuiri berbantuan media prezi terhadap kemampuan menulis teks biografi. Penelitian ini dilaksanakan pada masa covid-19 (coronavirus disease), penerapan pembelajaranya mewajibkan untuk jarak jauh pada siswa kelas X SMK Waskito, sampel pada penelitian yaitu kelas X Multimedia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Multimedia 2 sebagai kelas kontrol. Metode pembelajaran yang digunakn dalam penelitian ini yaitu metode inkuiri berbantuan media prezi. Metode ini menerapkan pada proses berfikir kritis, analitis, dan imajinatif. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh kemampuan menulis teks biografi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode inkuiri berbantun prezi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode inkuiri berbantun media prezi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan menggunakan true eksperiment yaitu sampel yang digunakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil secara acak. Teknik yang digunakan yakni posttes only control design. Data penelitian diperoleh dari hasil tugas siswa. Hasil penelitian ini menujukan bahwa metode pembelajaran inkuiri berbentuan media prezi dapat berpengaruh pada kemampuan menulis biografi siswa kelas X SMK Waskito. Hal ini dibuktikan hasil nilai kelas eksperimen mean yang dihasilkan yaitu 83,04545, median 82 dan modus 80. Sedangkan hasil kelas kontrol mean yang dihasilkan yaitu 64,72, medianya 65 dan modus 65.
GEJALA BAHASA DALAM KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMAN 9 BANDAR LAMPUNG Hesti Hesti; Roni Mustofa; Ida Wati
Pena Literasi Vol 4, No 1 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.1.20-28

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk gejala bahasa yang terdapat dalam karangan argumentasi siswa kelas X SMAN 9 Bandar Lampung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini berkenaan dengan gejala bahasa dalam karangan argumentasi siswa kelas X SMAN 9 Bandar Lampung. Gejala bahasa yang dikaji meliputi beberapa aspek; kontaminasi, pleonasme, hiperkorek, diftongisasi, dan gejala bahasa monoftongisasi.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis, yaitu menggunakan analisis kesalahan berbahasayang berdasarkan pada teori tertentu. Data tersebut dikumpulkan, dikoreksi, diklasifikasikan,  dideskripsikan, dievaluasi, dan dibuat kesimpulan. Berdasarkan sejumlah sampel karangan siswa kelas X SMAN 9 Bandar Lampung, didapatkan hasil penelitian bahwa gejala bahasa masih terdapat dalam karangan argumentasi siswa. Gejala bahasa tersebut meliputi; aspek kontaminasi sejumlah 9 kalimat, aspek pleonasme sejumlah 6 kalimat, dan pada gejala hiperkorek, sejumlah 5 kalimat. Pada aspek diftongisasi dan monoftongisasi, tidak ditemukan gejala bahasa dalam karangan argumentasi siswa. Gejala bahasa yang paling banyak ditemukan terdapat pada aspek kontaminasi.  
FONOTAKTIK BAHASA JAWA PADA LINGKUNGAN PERSAWAHAN Agus Milu Susetyo; Rohmad Tri Aditiawan; Siti Nurhaliza
Pena Literasi Vol 4, No 1 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.1.1-11

Abstract

Kedudukan bahasa Jawa sebagai bahasa daerah di Indonesia dijamin keberadaannya berdasarkan UUD 1945 Bab XV pasal 36. Dalam pasal ini dijelaskan bahwa bahasa-bahasa daerah yang masih dipakai sebagai alat perhubungan yang hidup dan dibina oleh masyarakat pemakaiannya dihargai dan dipelihara oleh Negara. Penelitian ini mengambil fokus pada fonotaktik Bahasa Jawa di Lingkungan Persawahan. Adapun tujuannya adalah (a) untuk mengetahui variasi fonologi bahasa Jawa lingkungan persawahan. (b) Untuk mengetahui penggunaan fonem vokal dan konsonan bahasa Jawa lingkungan Persawahan Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Data yang diambil adalah tuturan yang mengandung kosakata yang kerap digunakan dalam kontek atau lingkungan persawahan dari petani sekaligus penutur yang ada di lokasi penelitian. Data ini dikumpulkan dengan cara simak libat cakap. Proses analisis data memberikan beberapa hasil penelitian. (a) Terdapat variasi fonologi pada huruf vokal dari data yang diterima peneliti. Fonem /a/ memiliki satu alofon saja [a]. Fonem /e/ memiliki 3 jenis alofon yaitu /∂/, [ε], [e]. Fonem /i/ memiliki 2 alofon yaitu [i], [I]. Fonem /o/ memiliki 2 alofo yaitu [೧], [o]. Fonem /u/ memiliki 2 alofon yaitu [U], [u]. (b) Fonem huruf mati atau konsonan juga terdapat variasi. Fonem /b/ digunakan pada kosa kata /baw೧n/, /l೧mb೧?/, /ngobat/. Fonem /t/ terdapat variasinya yaitu [t’], [t] misalnya pada kata /ndaUt’/, /mbabat’/, /timun/, /timbaηan/. Fonem /η/ terdapat pada kata /gal∂η/, /kacaη/, /jagUη/. Fonem /d/ digunakan pada kata /dis∂l/, /kadal/, /d∂dak/. Fonem /k/ terdapat dua alofon yaitu [k], [k’]. Penggunaan pada dua alofon ini terdapat pada kata /kacaη/, /kadal/, /k೧l/, /kaηkUη/, /d∂dak’/, /gubUk’/. Fonem /l/ digunakan pada kata misalnya kadal/, /k೧l/, /walaη/. Fonem /g/ digunakan pada kata misalnya /gal∂η/ , /jaηg∂l/. Fonem /?/ digunakan pada kata /l೧mb೧?/. Fonem /c/ digunakan pada kata /ceboη/, /macol/. Fonem /j/ digunakan pada kata. /jaηg∂l/, /kinjeη/. Selain itu, terdapat juga beberapa fonem konsonan yang lain yang digunakan pada kosakata dilingkungan persawahan antara lain: /s/, /h/, /m/, /n/, /r/ dan /t/. Deret alofon ini digunakan pada kata misalnya /susukan/, /l∂mah/, /tampar/, /susukan/, /damen/, /aRit/, /tampaR/, /ngarIt/. Selain fonem vokal dan kosonan tersebut, terdapat juga fonem yang tersusun oleh gugus huruf yaitu /mb/, /nd/. Dua gugus huruf ini digunakan pada kata misalnya /mbabat/, /mbεdeεη/, dan /ndaUt/. 
PENDIDIKAN KARAKTER UNGGUL MELALUI KUMPULAN PUISI NADYA KISAH DARI NEGERI YANG MENGGIGIL KARYA ABDURAHMAN FAIZ Sri Widayati; sumarno sumarno
Pena Literasi Vol 4, No 1 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.1.%p

Abstract

Era digital banyak berpengaruh negatif terhadap karakter anak. Di era tersebut, anak cenderung tidak peduli, kurang bertanggung jawab, dan tidak jujur. Rasa cinta terhadap tanah air pun mulai memudar pada diri anak-anak selaku penerus bangsa. Untuk itu, diperlukan sebuah penelitian. Karya Abdurahman Faiz dapat digunakan sebagai karya yang dapat membantu dan memotivasi siswa untuk berkarakter lebih baik. Kumpulan puisi karya Abdurahman Faiz yang berjudul Nadya Kisah dari Negeri yang MenggigiL dipilih dalam penelitian ini. Metode yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, yaitu kumpulan puisi Nadya Kisah dari Negeri yang Menggigil karya Abdurahman Faiz dapat digunakan sebagai materi ajar karena memiliki nilai pendidikan karakter seperti yang dikehendaki kurikulum 2013. Puisi-puisinya dapat dipakai sebagai materi ajar untuk pembentukan karakter unggul bagi siswa SD.
PENGARUH MODEL RECEPTION LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN PUISI BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS X Lukman Hakim; Ratna Dewi Kartikasari
Pena Literasi Vol 4, No 1 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.1.29-36

Abstract

Puisi menjadi salah satu cara menyalurkan pikiran dan perasaan dalam bentuk karya sastra. Peneliti menggunakan model reception learning dan media teka-teki silang sehingga dapat merangsang dan menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design dengan menggunakan desain posttest-only control design. Model reception learning berbantuan media teka-teki silang ini memberikan pengaruh terhadap pembelajaran puisi, khususnya pada analisis unsur pembangun puisi siswa kelas X jurusan Matematika dan ilmu alam (MIA) 2 di SMA Nusantara Plus. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil uji t dengan menggunakan SPSS 21, diperoleh nilai signifikansi < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut diartikan bahwa model pembelajaran reception learning berbantuan media teka-teki silang berpengaruh terhadap pembelajaran puisi. Dengan menggunakan model dan media tersebut, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,52., sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,28. Dapat disimpulkan bahwa nilai kelas eskperimen lebih besar dibandingan dengan nilai kelas kontrol.

Page 1 of 1 | Total Record : 7