cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Pena Literasi
ISSN : -     EISSN : 26148226     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pena literasi merupakan jurnal nasional yang berbasis penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): Pena Literasi" : 7 Documents clear
NILAI PENDIDIKAN RELIGIUS DALAM NOVEL HAFIZHAH KARYA KHOIRUNNISA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Pingkan Cahyani; Mulyono Tri; Afsun Aulia Nirmala
Pena Literasi Vol 4, No 2 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.2.108-116

Abstract

Hadirnya sebuah karya sastra memberikan banyak manfaat yang diperoleh para pembaca, melalui sebuah karya sastra penulis akan menyalurkan beberapa gagasan dan ide disertai dengan sebuah maksud yang ingin disampaikan. Karya sastra novel merupakan sebuah karya sastra yang memiliki nilai-nilai yang dapat diteladani oleh pembaca, nilai pendidikan religius adalah nilai yang akan membuat para pembaca mendekatkan diri dengan Tuhan dan akan menjadi pribadi yang lebih baik. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan nilai pendidikan religius yang terdapat dalam novel Hafizhah karya Khoirunnisa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini berupa kutipan yang terdapat dalam novel Hafizhah karya Khoirunnisa yang mengandung nilai pendidikan religius di dalamnya. Berdasarkan hasil analisis data terdapat nilai pendidikan religius dapat diambil kesimpulan yaitu sebagai berikut. Pertama, hubungan manusia dengan Tuhan yaitu salat, bersyukur, bertakwa, berserah diri, dan berdoa. Kedua, hubungan manusia dengan manusia yaitu menolong, menyayangi, dan memaafkan. Ketiga, Hubungan manusia dengan alam
PENERAPAN PRINSIP MAKSIM KERJASAMA SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA Nini Ibrahim
Pena Literasi Vol 4, No 2 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.2.99-107

Abstract

Bentuk pengembangan kemampuan bercerita ialah pembacaan cerita berantai. Siswa mengalami kesulitan membacakan cerita berantai. Siswa juga mengalami kebingungan ketika meruntutkan isi cerita secara sistematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan maksim kerjasama dalam pengembangan kegiatan berbicara di kelas X di SMAN 99 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Observasi dilakukan dengan cara mengamati kegiatan pembacaan cerita berantai melalui rekaman. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, display, dan penarikan simpulan. Hasil dalam penelitian menerangkan bahwa penerapan maskim kerjasama dalam pembacaan cerita berantai yang dilakukan siswa terdapat maksim kuantitas sebanyak 24 buah, maksim kualitas sebanyak 8 buah, maksim cara sebanyak 2 buah, dan maksim relevansi sebanyak 13. Simpulan hasil penelitian yaitu siswa kerap kali melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap prinsip maksim kerjasama saat membacakan cerita berantai. Pelanggaran tersebut lebih banyak terjadi pada maksim kuantitas, yaitu siswa sering kali membacakan cerita berantai ini secara berlebihan.
RAGAM BAHASA MAHASISWA UMJ DALAM PEMBELAJARAN DARING Ratna Dewi Kartikasari; Wika Soviana Devi; Khaerunnisa Khaerunnisa; Indah Nur Amalia
Pena Literasi Vol 4, No 2 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.2.117-127

Abstract

Penelitian ini membahas tentang ragam bahasa mahasiswa UMJ ketika pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan jenis pembelajaran yang dilakukan secara tidak tatap muka melainkan melalui dunia maya. Bahasa sangat berperan dalam hal komunikasi. Bahasa memiliki banyak ragam misalnya ragam lisan dan tulis, ragam baku dan tidak baku, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang ragam bahasa mahasiswa saat kuliah daring. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif ialah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa katakata tertulis atau lisan dari hal-hal yang diamati, yakni ragam bahasa mahasiswa UMJ saat perkuliahan daring. Dalam penelitian kualitatif, peneliti adalah instrumen kunci. Hasil penelitian ini diemukan ragam-ragam bahasa sebagai berikut, diantaranya: (1) ragam lisan dengan bahasa baku; (2) ragam lisan dengan bahasa tidak baku; (3) ragam tulis dengan bahasa baku dan tidak baku.Kata kunci: ragam bahasa, kuliah daring, penelitian kualitatif.  
PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA DUA TAHUN PADA TATARAN LINGUISTIK Washadi Washadi
Pena Literasi Vol 4, No 2 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.2.128-136

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemerolehan bahasa pada anak usia dua tahun pada tataran linguistik, yaitu fonologi, sintaksis, dan semantik. Peneliti mengamati subjek penelitian seorang anak berusia dua tahun dalam pemerolehan bahasanya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk pemerolehan bahasa anak usia dua tahun pada tataran linguistik, yaitu fonologi, sintaksis, dan semantik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk memaparkan hasil penelitian dalam bentuk penjabaran hasil dari penggambaran penelitian yang telah dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik simak yang meliputi sadap, simak libat cakap, rekam, dan catat. Hasil yang diharapkan dalam penelitian adalah anak usia dua tahun sudah mampu mengujarkan huruf vokal dan konsonan.
PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BIPA BERBASIS NILAI MODERASI ISLAM Lutfi Syauki Faznur; Ahmad Fadly; Fadhia Alfiana Nufus
Pena Literasi Vol 4, No 2 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.2.92-98

Abstract

Pemelajar BIPA memerlukan buku digital yang memudahkan mereka dalam memahami bahasa Indonesia. Peneliti ini tertarik mengembangkan buku digital yang sekaligus mencakup nilai moderasi Islam. Nilai itu diintegrasikan dengan buku agar pemelajar dapat menggunakannya sehingga kompetensi pengetahuan dan sikap diperoleh sekaligus. Dengan menggunakan penelitian pengembngan (RnD) dan menggunakan prosedur ADDIE, peneliti ini mengembangkan produk berupa buku digital. Respons mahasiswa asing dan kelayakan buku digital sangat baik.
PENGARUH NOVEL TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DAN MINAT BACA REMAJA DI TANGERANG SELATAN Aryani Aryani; Misbah Priagung Nursalim; Zaky Mubarok
Pena Literasi Vol 4, No 2 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.2.68-79

Abstract

ABSTRAK Minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Masuknya era digital seharusnya dapat membuat masyarakat mudah untuk mengakses bahan bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk : Pertama, mengetahui minat baca siswa terhadap karya novel bagi pembacanya. Kedua, mengetahui pengaruh novel dalam membentuk karakter siswa. Peneliti melakukan penelitian pada delapan siswa sekolah di Kota Tangerang Selatan. Peneliti menggunakan metode quasi experimental design dan non-equivalent control group design. Pada desain ini, subjek penelitian tidak dipilih secara random. Peneliti membagi subjek menjadi satu kelompok eksperimen (diberikan bacaan novel remaja) dan satu kelompok kontrol diberikan bacaan (non-karya sastra). Pada kedua kelompok ini, peneliti melakukan pretest dan posttest kepribadian. Hasilnya minat baca remaja lebih tingga daripada hobi membaca. Remaja lebih menyukai bacaan digital daripada bacaan cetak Kata kunci : Novel, Pengaruh, Minat Baca
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS MEDIA NEARPOD DALAM MATA KULIAH BAHASA INDONESIA Didah Nurhamidah
Pena Literasi Vol 4, No 2 (2021): Pena Literasi
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/pl.4.2.80-91

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran berbentuk instrumen penilaian berbasis Nearpod dalam rangka meningkatkan penguasaan konsep dan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan pengembangan digunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas produk dan ujicoba kepada mahasiswa, hal tersebut dilakukan untuk mengukur efektivitas produk dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Hasil validasi oleh validator ahli materi diperoleh nilai 84% dengan kategori layak dan validasi oleh ahli media diperoleh nilai 88% dengan katengori layak. Media Nearpod dalam mengukur kemampuan mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia diterapkan pada kelas eksperimen, hasil uji coba produk dengan menyebar kuesioner memperoleh nilai 88% dengan kriteria sangat baik. Pengembangan instrumen penilaian berbasis media Nearpod sangat layak dan efektif meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia mahasiswa dan dapat membantu mereka dalam belajar secara mandiri di rumah.   Kata Kunci: instrument penilaian; nearpod; Bahasa Indonesia 

Page 1 of 1 | Total Record : 7