cover
Contact Name
Muh Jaelani Al Pansori
Contact Email
jaelan_alpan@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
sebasa.jurnal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Hamzanwadi
ISSN : -     EISSN : 26210851     DOI : -
SEBASA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah berkala ilmiah yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Hamzanwadi. Jurnal ini menerima artikel dari dosen, peneliti, mahasiswa, atau pemerhati yang berupa hasil penelitian, hasil pemikiran, telaah kritis atau tinjauan akademik tentang topik di bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Jurnal ini terbit dua tahun sekali, yaitu Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 146 Documents
Pengembangan Perangkat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Berbasis Aplikasi Android Sebagai Media Penguatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Yulianti, Uki Hares; Puspito, Danang Wahyu
SEBASA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): Jurnal SeBaSa
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.034 KB) | DOI: 10.29408/sbs.v1i2.1035

Abstract

Bangsa Indonesia saat ini sedang krisis kebahasaan. Krisis kebahasaan ini tentunya harus segera disikapi dengan bijak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, merancang, dan menentukan keefetifan aplikasi uji kemahiran berbahasa Indonesia berbasis android sebagai media penguatan pembelajaran bahasa Indonesia. Teori yang digunakan adalah media pembelajaran, android, pemeringkatan UKBI, materi UKBI. Metode yang digunakan yaitu  research and development. Data yang dianalisis ini adalah (1)  informasi tentang tingkat kebutuhan produk, (2) materi uji kemahiran berbahasa Indonesia, (3) hasil penilaian ahli, dan (4) data uji keefektifan atau uji coba terbatas. Instrumen penelitian yang digunakan (1) kuesioner analisis kebutuhan, (2) instrumen uji ahli, (3) instrumen uji terbatas. Hasil penelitian yaitu aspek tampilan dan layout media perangkat uji kemahiran berbahasa Indonesia berbasis aplikasi android sebagai media penguatan pembelajaran memperoleh skor rata-rata 79. Aspek isi dan keefektifan perangkat uji kemahiran berbahasa Indonesia berbasis aplikasi android sebagai media penguatan pembelajaran bahasa Indonesia memperoleh skor rata-rata 83,3 berkategori sangat baik.Kata Kunci: aplikasi, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), berbasis android 
Dari Anonim Kembali ke Anonim Saptiawan, Itsna Hadi
SEBASA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): Jurnal SeBaSa
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.125 KB) | DOI: 10.29408/sbs.v1i2.1036

Abstract

Konteks komunikasi massa terkini di Indonesia khususnya di media sosial menunjukkan konstelasi berita yang mengarah kepada perang hoaks serta bertebarannya akun-akun palsu (bot). Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara normatif peran historis teks yang melatarbelakangi munculnya karakteristik anonim ini berikut pola-pola terkini yang disajikan olehnya di ruang publik. Internet sebagai laboratorium komunikasi merupakan subjek utama content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki potensi perluasan dan penyebaran komunikasi yang lebih intens dan massif bila dibandingkan dengan medium internet lainnya.Kata kunci: anonim, hoaks, komunikasi 
Relasi Antara Budaya Sasak dan Islam: Kajian Berdasarkan Perspektif Folklor Lisan Sasak Fakihuddin, Lalu
SEBASA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): Jurnal SeBaSa
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.906 KB) | DOI: 10.29408/sbs.v1i2.1037

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengungkap secara cermat kaitan antara kebudayaan Sasak dan Islam ditinjau dari perspektif folklor Sasak. Kecuali itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat Sasak, khususnya masyarakat akademik terkait dengan kebudayaan Sasak. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif-interpretatif. Rancangan ini dipilih karena sesuai dengan tujuan dan sifat data penelitian, yakni:a (1) menggunakan dokumen karya sastra, yakni dokumen/mitos, teks cerita rakyat Sasak, dan hikayat sebagai objek kajian utama, (2) data penelitian ini berupa data tertulis, yakni berupa sekuen-sekuen tertentu yang saling terkait dari teks mitos, cerita rakyt, dan hikayat yang mengandung relasi kebuayaan Sasak dengan  nilai-nilai Islam, (3) fokus penelitian ini adalah makna sebagai nilai, dan (4) proses penelitian ini didasarkan pada signifikansi interpretatif.  Secara metodologis data penelitian dianalisis menggunakan pendekatan hermeneutik, yakni menginterpretasikan sebuah tes, sehingga dapat dimengerti oleh banyak orang pada zaman yang berbeda. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Instrimen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrumen). Hasil penelitian ini, yaitu kebudayaan Sasak, khususnya folklor sulit dipisahkan dari Islam. Fakta-fakta yang disajikan menunjukkan bahwa Islam disebarkan melalui media kebudayaan daerah. Sebaliknya, Kebudayaan daerah Sasak, khususnya folklor lisan (mitos, cerirta rakyat, dan hikayat) juga merupakan internalisasi  ajaran Islam atau nilai-nilai keislaman. Hubungan Islam dan Kebudayaan Sasak ini tentu saja tidak terbatas pada hal-hal yang telah disajikan, tetapi juga tampak pada wujud kebudayaan Sasak lainnyam, seperti Rudat dan tradisi nyair.Kata Kunci: relasi, budaya Sasak, Islam, folklor lisan. 
Peningkatan Kinerja Guru Melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Bahasa Indonesia di SMPN 1 Labuhan Haji Tahun 2016/2017 Islahuddin, Islahuddin
SEBASA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): Jurnal SeBaSa
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.005 KB) | DOI: 10.29408/sbs.v1i2.1038

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru Bahasa Indonesia dalam (1) merencanakan pembelajaran, (2) menerapkan strategi pembelajaran, (3) mengelola kelas, dan mengevaluasi pembelajaran melalui pelaksanaan MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran ) di SMPN 1 Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan dengan  dua siklus. Obyek penelitian ini adalah 15 guru Bahasa Indonesia 15 guru Bahasa Indonesia yang menjadi anggota MGMP Bahasa Indonesia  Rayon Tengah yang kegiatannya dipusatkan di SMPN 1 Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes pengetahuan kinerja guru, pedoman observasi, wawancara, penilaian portofolio. Pengujian hipotesis dilakukan dengan melihat peningkatan kinerja guru persiklus. Rata-rata skor tes kinerja meningkat dari 53,2  hingga mencapai 68,9 pada siklus II. Karena skor kinerja telah mencapai 68,9 ( dibulatkan menjadi 70 ), maka Hipotesis alternatif  (Ha) yang menyatakan pelaksanaan MGMP di SMPN 1 Labuhan Haji dapat meningkatkan kinerja guru dalam merencanakan pembelajaran, menerapkan strategi pembelajaran, pengelolaan kelas, dan mengevaluasi pembelajaran diterima. Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan MGMP di SMP N 1 Labuhan Haji dapat meningkatkan kinerja guru Bahasa Indonesia dalam merencanakan pembelajaran, menerapkan strategi pembelajaran, mengelola kelas dan mengevaluasi pembelajaran. Dengan demikian pelaksanaan MGMP yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip manajemen sumberdaya manusia dapat meningkatkan kinerja guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan pada guru, kepala sekolah, dan pengawas pendidikan agar memberdayakan MGMP MGMP yang ada terutama di sekolah karena dapat meningkatkan profesionalisme guru.Kata kunci: kinerja guru, MGMP, bahasa Indonesia
Perangkat Pembelajaran Naskah Drama Untuk Peningkatan Karakter Nilai Budaya Waraulia, Asri Musandi; Saputro, Agung Nasrulloh
SEBASA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): Jurnal SeBaSa
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.415 KB) | DOI: 10.29408/sbs.v1i2.1039

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan perangkat pembelajaran naskah drama yang berorientasi pada pembentukan karakter nilai budaya. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model tahap Borg dan Gall. Tahap ini terdiri dari sepuluh tahap pengembangan, yaitu tahap penelitian awal dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap awal pengembangan format produksi, uji awal, tahap revisi produk, uji lapangan, tahap revisi produk, uji lapangan, akhir revisi produk, dan diseminasi dan implementasi. Dalam penelitian ini hanya sampai tahap revisi produk akhir tanpa termasuk diseminasi dan implementasi karena waktu penelitian terbatas. Penelitian ini menghasilkan Silabus, RPP, dan buku teks naskah drama yang berorientasi pada pembentukan karakter nilai-nilai budaya. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa validasi perangkat pembelajaran dinilai oleh dua validator, validator bahasa dan validator desain grafis. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku pelajaran termasuk dalam kategori baik karena persentasenya ≥ 75%, hasil percobaan awal diujicobakan terbatas pada tujuh siswa SMP yang dihasilkan oleh data observasi, wawancara, dan kuesioner siswa. Data observasi dapat dianalisis bahwa pembelajaran menulis naskah drama dengan perangkat pembelajaran naskah drama berorientasi pada pembentukan karakter nilai budaya berhasil dan kelas sangat aktif. Berdasarkan data wawancara yang disampaikan oleh guru secara positif, maka dapat dianalisis bahwa pembelajaran menulis naskah drama dengan alat pembelajaran yang berorientasi pada naskah drama berorientasi pada pembentukan karakter nilai budaya berhasil. Berdasarkan data kuesioner siswa yang memiliki pendapat positif, dapat dianalisis bahwa pembelajaran menulis naskah drama berorientasi pada pembentukan karakter nilai budaya yang berhasil.Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, naskah drama, dan nilai budaya
Aspek Gramatikal dan Leksikal Pada Lirik Lagu “Aku Cinta Allah” Group Band Wali Sari, Intan Purnama; Setyorini, Ririn
SEBASA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): Jurnal SeBaSa
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.945 KB) | DOI: 10.29408/sbs.v1i2.1040

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana bentuk kohesi gramatikal pada lirik lagu “Aku Cinta Allah” Group Band Wali, dan (2) bagaimana bentuk kohesi leksikal pada lirik lagu “Aku Cinta Allah” Group Band Wali. Hasil dan pembahasan menemukana adanya aspek gramatikal yang ditemukan adalah pengacuan (Referensi) dengan ditemukan kata kau,  pelesapan (Elipsis) dengan ditemukan kata setiap, dan konjungsi (Perangkaian) dengan ditemukan kata dan.aspek leksikal yang ditemukan adalah repetisi (Pengulangan) dengan ditemukan kata Yang Kau, Aku, Tolong dan Setiap, dan sinonimi (Padanan Kata) sayang, cinta, lemah, dan tak berdaya. Kata kunci: lirik lagu, leksikal, gramatikal.
Analisis Implikatur Percakapan dalam Pembelajaran pada Mahasiswa IAIN Surakarta Isnaniah, Siti
SEBASA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): Jurnal SeBaSa
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.362 KB) | DOI: 10.29408/sbs.v1i2.1041

Abstract

Bahasa memegang peran penting dalam berkomunukasi. Peranan ini akan berdampak pada penerimaan lawan tutur terhadap penuturnya. Dalam proses interaksi pembelajaran, bahasa digunakan sebagai media transfer ilmu antara guru dengan siswanya. Kadang fungsi bahasa yang dituturkan dalam bentuk yang berbeda. Artinya, apa yang dituturkan dengan apa yang dimaksudkan tidak selalu sama. Kajian inilah yang akan dibahas dalam implikatur percakapan. Konsep implikatur percakapan digunakan untuk menerangkan perbedaan yang sering terjadi antara apa yang diucapkan dengan apa yang diimplikasikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di IAIN Surakarta. Sumber data penelitian adalah informan, peristiwa, dan dokumen.  Pengumpulan data diperoleh dengan menerapkan metode wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah ditemukannnya implikatur dalam percakapan dalam pembelajaran, hal itu terjadi karena adanya pelanggaran maksim relevansi, maksim kuantitas, maksim kualitas, dan maksim cara. Masing-masing implikatur memiliki maksud dan tujuan tertentu oleh setiap penuturnya.Kata kunci: prcakapan, implikatur, maksim. 
Register dalam Komunikasi Waria di Kembang Kuning Surabaya Damayanti, Rini
SEBASA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 1, No 2 (2018): Jurnal SeBaSa
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.412 KB) | DOI: 10.29408/sbs.v1i2.1042

Abstract

Register merupakan ragam bahasa yang dipergunakan untuk maksud tertentu, sebagai kebalikan dari dialek sosial atau regional (yang bervariasi karena penuturnya) register ini dapat dibatasi menjadi lebih sempit dengan acuan pada pokok ujaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran-gambaran secara deskriptif tentang register, bahasa Waria dalam komunikasi sehari- hari di kawasan Kembang Kuning Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah waria di kawasan Kembang Kuning Surabaya. Teknik yang digunakan pada peneliti ini adalah teknik rekam, transkip/catat yang digunakan untuk mencatat hasil percakapan. Berdasarkan pemaparan hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan terdapat beberapa jenis kalimat yang digunakan oleh komunitas Waria di kawasan Kembang Kuning Surabaya yang meliputi kalimat berita (deklaratif), kalimat tanya (interogatif), dan kalimat perintah (imperatif).Kata Kunci: register, waria
Fenomena Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Angkutan Umum (ELF) Jurusan Sindang Terminal_Harjamukti Cirebon Fauziyah, Ayu; Itaristanti, Itaristanti; Mulyaningsih, Indrya
SEBASA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 2 (2019): Jurnal SeBaSa
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.524 KB) | DOI: 10.29408/sbs.v2i2.1334

Abstract

His study aims to describe the form of transfer and code mixing in public transport (elf) Sindang-Terminal Harjamukti Cirebon Department. The qualitative descriptive approach used in this study is the elaboration of data in the analysis. The results obtained from this study are a form of code switching and code mixing in public transportation (elf) Sindang-Terminal Harjamukti Cirebon Department and its causes. The form of code switching includes internal code switching which includes code switching between languages and code switching between languages and external code switching. The cause of the occurrence of code switching is that the interlocutor has a different language background than the speaker, the speaker has a desire to respect his interlocutor who is older than him, and the limited use of the code. The form of code mixing includes code mixing in the repetition of words and kalusa, mixing code out at the level of phrases and idioms, and mixing mixed codes of baster forms. The reason for code interfering occurs when speakers want to be able to use more popular terms, speakers have a specific purpose and purpose in the conversation, to be just prestigious, and to adjust language use to the topic of conversation.Keywords : the form of code switching; the factors that cause code switching; the form of code mixing; the causes of code interfering.
Transliterasi, Serapan, dan Padanan Kata: Upaya Pemutakhiran Istilah dalam Bahasa Indonesia Hudaa, Syihaabul
SEBASA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2019): Jurnal SeBaSa
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.717 KB) | DOI: 10.29408/sbs.v2i1.1346

Abstract

Bahasa Indonesia memiliki varian pembentukan kata sebagai upaya pemutakhiran kosakatanya. Akan tetapi, tidak banyak masyarakat pengguna bahasa yang mengetahui adanya istilah transliterasi, serapan dan padanan kata di dalam bahasa Indonesia. Hal ini membuat suatu kata diterima tanpa diketahui bentuk kata aslinya. Tujuan penulisan artikel ini untuk memaparkan kosakata yang ditulis dalam bentuk transliterasi, serapan, dan juga padanan kata di dalam bahasa Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan memfokuskan pada teks yang dijadikan objek kajian. Hasil temuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu adanya kosakata dalam bentuk transliterasi, serapan, dan padanan yang sering digunakan dalam komunikasi. Peneliti memberikan penjelasan mengenai suatu kata yang termasuk ke dalam transliterasi, serapan, dan padanan.Kata Kunci: bentuk kata; pemutakhiran bahasa; istilah bahasa

Page 1 of 15 | Total Record : 146