cover
Contact Name
Vivi Irzalinda
Contact Email
jpa.fkip.unila@gmail.com
Phone
+6285716597464
Journal Mail Official
jpa.fkip.unila@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG-PAUD Universitas Lampung Gedung B Jalan Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145 Telp. (0721) 704624, Fax (0721) 704624.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
Published by Universitas Lampung
ISSN : 27754367     EISSN : 25809504     DOI : 10.23960/jpa
Core Subject : Education,
Focus and Scope of Jurnal Pendidikan Anak (JPA) is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, positive parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, ,learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak" : 10 Documents clear
Bermain Simbolik Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Rika Risanti; Lilik Sabdaningtyas; Ari Sofia
Jurnal PG-PAUD Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Symbolic Play Increasing Children Ability to Count. The Problem in this research was children low ability to count at Tunas Harapan Kindergarten Sidowaras. The purpose of this study was to determine the correlation between symbolic play and ability to count. This study was used quantitative research and research method was correlational. The population of this study was all children Tunas Harapan kindergarten. The samples were 30 children that consisted of 18 boys and 12 girls. Sampling technique was purposive sampling. Data was collected by observation and documentation. Data was analyzed by using product moment correlation. The result of this study showed that there was a significant of correlation between symbolic play and ability to count with a coefficient r of 0.52.Abstrak: Hubungan Bermain Simbolik dengan Kemampuan Berhitung Anak. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung anak pada TK Tunas Harapan Sidowaras. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bermain simbolik dengan kemampuan berhitung anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Tunas Harapan Sidowaras. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok B berjumlah 18 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara bermain simbolik dengan kemampuan berhitung dengan koefesien r sebesar 0.52.Kata Kunci: anak usia dini, bermain simbolik, kemampuan berhitung
Pengenalan Geometri Anak Usia Dini Melalui Media Manipulatif Ridha Mentari Dwansi; Riswandi Riswandi; Maman Surahman
Jurnal PG-PAUD Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research problem was children low development in knowing the form of geometry. This study aimed to determined the influence of manipulative media on children geometry development aged 4-5 years in kindergarten Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. The research method was used pre-experimental with one group pretest-posttest designed. Samples technique was total sampling with 30 student sample. Data were collected by observation and documentation. Data was analyzed by using simple linear regression. The results showed that there were an influences of manipuatif media toward children geometry development.Masalah penelitian ini adalah rendahnya perkembangan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain media manipulatif terhadap perkembangan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. Metode penelitian bersifat Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara aktivitas bermain media manipulatif terhadap perkembangan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.Kata Kunci: anak usia dini, media manipulatif, geometri permulaan
Bermain Sensorimotor Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Via Adeliana Putri; Ari Sofia; Diah Utaminingsih
Jurnal PG-PAUD Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Problem in this research was children low creativity at Tunas Harapan Kindergarten Sidowaras. The purpose of this study was to determine the correlation between sensorimotor play and children creativity. This study was used quantitative research. Research methodology was correlational. The population of this study was children aged 5-6 years old in B group. The samples were 30 children that consisted of 18 boys and 14 girls. Sampling technique was purposive sampling. Data was collected by observation. Data was analyzed by using product moment correlation. The result of this study showed that there was a correlation between sensorimotor play and children creativity by 715 %.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak pada TK Tunas Harapan Sidowaras. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bermain sensorimotor dengan kreativitas anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metodologi penelitian menggunakan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 Tahun kelompok B. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok B berjumlah 18 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan bermain sensorimotor dengan kreativitas sebesar 715 %.Kata kunci: anak usia dini, bermain sensorimotor, kreativitas.
Bermain A Trip To Fantasy Island dan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Sandi Giska Prakasa; Rochmiyati Rochmiyati; Sasmiati Sasmiati
Jurnal PG-PAUD Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem of this study was most children who have not been able to recognize the symbol of numbers. This research aimed to determine the influence of A Trip to Fantasy Island on children ability to recognize the symbols of number. This type of research was an experimental research, with pre-experimental design. As for the subject in this research were 18 children at TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung age 5-6 years old. Data were collected by using observation and documentation, and was analyzed by using simple linier regression test. The results showed that there was an influence of playing A Trip to Fantasy Island toward children ability to recognize the symbols of number. Therefore learning must be done through play activities.Masalah penelitian ini adalah sebagian besar anak masih belum mampu mengenal lambang bilangan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain a trip to fantasy island terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperimental design. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung usia 5-6 tahun sebanyak 18 siswa. Metode pengumpulan data digunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh antara bermain a trip to fantasy island terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan. Oleh karena itu pembelajaran harus dilakukan melalui kegiatan bermain.Kata kunci: anak usia dini, bermain a trip to fantasy island, mengenal lambang bilangan
Pengenalan Lambang Bilangan Melalui Permainan Bola Rika Ilviantari; Ari Sofia; Riswandi Riswandi
Jurnal PG-PAUD Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem in this research was children low ability to recognize symbol of number. This research aimed to determined the influence of a ball game with children symbol of number ability. The method was used associative research. Sample technique was used purposive sampling with the provisions of sample age between 5 and 6 years old. The samples were 26 students. Data were collected by observation. The research instrument was used observation sheet. Data were analyzed by using simple linier regression. The research showed that there were an influences of a ball game toward children symbol of number ability. The ball game could be an alternative to improve children symbol of numberMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara permainan bola dengan kemampuan anak mengenal lambang bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan ketentuan usia sampel antara 5-6 tahun. Jumlah sampel penelitian berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan bola terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Permainan bola bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak.Kata Kunci: anak usia dini, permainan, lambang bilangan
Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) Fitri Yuliana Dewi; Riswanti Rini; Ari Sofia
Jurnal PG-PAUD Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to describe the learning by using the Beyond Centers and Circle Time (BCCT) approach in Alam Kreasi Edukasi kindergarden. This research used qualitative type. Techniques of collecting data through interviews, observation, and documentation. Data validity used triangulation with different sources and methods. The results showed that the preparation of learning is very good, the implementation of good learning, and evaluation of learning is good enough. Kindergarden strength was a very good planning RPPH while the weakness is the main activities performed do not always use all three types of play.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di TK Alam Kreasi Edukasi. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan berbagai sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran sangat baik, pelaksanaan pembelajaran baik, dan evaluasi pembelajaran cukup baik. Kekuatan TK ialah perencanaan RPPH yang sangat baik sedangkan kelemahannya yaitu kegiatan main yang dilakukan tidak selalu menggunakan ketiga jenis main. Kata kunci: anak usia dini, pendekatan BCCT, taman kanak-kanak
Penggunaan Metode Proyek Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Ratisya Ratisya; Een Haenilah; Maman Surahman
Jurnal PG-PAUD Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is background on the existence of problem on cognitive development of child age 5-6 year at TK Yuridesma Sari Bandar Lampung. Research has a purpose is to determine the effect of the use of project methods on child cognitive development. This research method using pre-experimental with treatment by subject. The sampling technique uses observation and documentation techniques. Data analysis technique using simple Regression test. The conclusion obtained is the influence of the use of project methods on the child's constructive development in TK Yuridesma Sari Bandar Lampung.Penelitian ini berlatang belakang pada adanya masalah pada perkembangan kognitif anak pada usia 5-6 tahun di TK Yuridesma Sari Bandar Lampung. Penelitian memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode proyek terhadap perkembangan kognitif anak. Metode penelitian ini menggunakan pre-eksperimental dengan treatment by subject. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi sederhana. Kesimpulan yang diperoleh ada pengaruh penggunaan metode proyek terhadap perkembangan kontif anak di TK Yuridesma Sari Bandar Lampung.Kata Kunci : anak usia dini, metode proyek, perkembangan kognitif
Perkembangan Kreativitas Melalui Bermain Fun Cooking Putri Fatmawati; Een Haenilah; Riswandi Riswandi
Jurnal PG-PAUD Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem of this research was the low development of creativity on cognitive aspect through handicraft in children aged 5-6 years old. The purpose of the research was to find out the differences of playing activity before and after given the fun cooking activity and the influence of fun cooking activity play towards creativity development on cognitive aspect through handicraft on children 5-6 years old at Al-Hidayah Kindergarten, Way Seputih. The technique to take samples in this research was multistage random sampling. The research methodology was Pre- Experiment Design and the sample was 30 children. The data collected was using observation and documentation. The data analysis used was Simple Linier Regression and t-test. The result of this research shows that there was a difference of playing activity before and after given fun cooking playing activity and there was the influence of fun cooking playing activity towards creativity development on cognitive aspect through handicraft on children 5-6 years old.Masalah penelitian ini adalah rendahnya perkembangan kreativitas pada aspek kognitif melalui hasta karya pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas bermain sebelum dan sesudah diberikannya aktivitas bermain fun cooking dan pengaruh aktivitas bermain fun cooking terhadap perkembangan kreativitas pada aspek kognitif melalui hasta karya pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Way Seputih. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui teknik sampel acak bertingkat (Multistage Random Sampling). Metode penelitian menggunakan jenis Pre Experiment Design Sampel penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana dan Uji t atau t-test. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan aktivitas bermain sebelum dan sesudah diberikannya aktivitas bermain fun cooking dan adanya pengaruh aktivitas bermain fun cooking terhadap perkembangan kreativitas pada aspek kognitif melalui hasta karya pada anak usia 5-6 tahun.Kata Kunci: anak usia dini, perkembangan kreativitas, aspek kognitif, bermain fun cooking.
Bermain Pembangunan Meningkatkan Kemampuan Meniru Bentuk Woro Puspita Ningrum; Een Yayah Haenilah; Sasmiati Sasmiati
Jurnal PG-PAUD Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem of this research was children aged 5-6 years old faced difficulties in imitating the shape. The purpose of this research was to determine the influence of construction play toward children ability to imitate the shape aged 5-6 years old. The research was conducted in TK insan mandiri Bandar Lampung. This research was used association causal method. The research sample were 22 children aged 5-6 years old that taken from the population of 125 children. The data were collected by using observation and documentation and analyzed by using simple regression experiment. The analysis result showed that there was an influences of construction play toward children ability in imitating the shape at TK insan mandiri bandar Lampung.Masalah penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun mengalami kesulitan dalam meniru bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain pembangunan terhadap kemampuan meniru bentuk pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilaksanakan di TK Insan Mandiri Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal. Sampel penelitian ini berjumlah 22 anak usia 5-6 tahun yang diambil dari populasi sebanyak 125 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh bermain pembangunan terhadap kemampuan meniru bentuk pada anak usia 5-6 tahun di TK Insan Mandiri Bandar Lampung.Kata kunci: anak usia dini, bermain pembangunan, meniru bentuk
Aktivitas Permainan Kartu Huruf Bergambar Meningkatkan Perkembangan Keaksaraan Anak Marsanti Berliyani; M.Thoha B.S Jaya; Maman Surahman
Jurnal PG-PAUD Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Problem in this research was the low literacy development in children group B at TK Negeri Pembina Bandar Lampung. This research aims to determine the effect of card game activity on the literacy development of children group B. The population is all student of B4 group aged 5-6 years at TK Negeri which amounted to 20 children. The sample in technique was used saturated sampling. Data were collected by observation and documentation. The technique of analysis data were used cross table analysis and linear regression test analysis. The result of this research showed there is an effect between card game activity with literacy development children before being given the card game and after being given the activity of card game to literacy development of children.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan keaksaraan pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh aktivitas permainan kartu huruf bergambar terhadap perkembangan keaksaraan anak usia kelompok B. Populasinya adalah semua siswa kelompok B4 yang berusia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Bandar Lampung yang berjumlah 20 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tabel silang dan analisis uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara aktivitas kartu huruf bergambar dengan perkembangan keaksaraan anak sebelum diberi aktivitas permainan kartu huruf bergambar dan sesudah diberi aktivitas permainan kartu huruf bergambar dan ada pengaruh aktivitas permainan kartu huruf bergambar terhadap perkembangan keaksaraan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017.Kata Kunci: anak usia dini, kartu huruf bergambar, perkembangan keaksaraan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10