cover
Contact Name
Vivi Irzalinda
Contact Email
jpa.fkip.unila@gmail.com
Phone
+6285716597464
Journal Mail Official
jpa.fkip.unila@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG-PAUD Universitas Lampung Gedung B Jalan Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145 Telp. (0721) 704624, Fax (0721) 704624.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
Published by Universitas Lampung
ISSN : 27754367     EISSN : 25809504     DOI : 10.23960/jpa
Core Subject : Education,
Focus and Scope of Jurnal Pendidikan Anak (JPA) is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, positive parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, ,learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019)" : 8 Documents clear
Pengaruh Kegiatan Bermain Origami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Dina Puspitasari; Ari Sofia
Jurnal PG-PAUD Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem in this study is the fine motor ability of children aged 5-6 years not in accordance with the stage of development. This study aims to determine the effect of origami play activities on children's fine motor skills. The research method used was an experimental method with one group pretest-posttest design. The sample in this study were children aged 5-6 years, totaling 45 children. Data collection techniques used were observation and documentation, while the data analysis used was the Wilcoxon signed rank test. The results showed that children's fine motor skills increased by 23.00% after using origami play activities for three consecutive days. It shows that there is an influence of the use of origami play activities on fine motor skills of children aged 5-6 years. Thus the teacher is expected to use origami play activities as a medium to stimulate the fine motor skills of early childhood. Keywords: early childhood, fine motor skills, origami playing activities Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun belum sesuai dengan tahap perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain origami terhadap kemampuan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 45 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan motorik halus anak meningkat sebesar 23,00% setelah menggunakan kegiatan bermain origami selama tiga hari berturut-turtut. Hal itu menunjukan bahwa ada pengaruh dari penggunaan kegiatan bermain origami terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Dengan demikian guru diharapkan menggunakan kegiatan bermain origami sebagai media untuk menstimulasi kemampuan motorik halus anak usia dini.Kata kunci: anak usia dini, motorik halus, kegiatan bermain origami
Permainan Tradisional Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak di PAUD Cahaya Kartini Bandar Lampung devrizal dev; Riswanti Rini; Nia Fatmawati
Jurnal PG-PAUD Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem in this study was the children's undeveloped find other word motoric skills. This research aimed to determine the corelation between traditional game and children’s motoric skill aged 5-6 years old. The sample in this research was 30 children with total sampling method. Data were collected by observation and documentation. The data was analyzed by using product moment correlation. The results showed that there was a significant relationship between traditional game and children's gross motoric skill of 0.778.Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar pada anak usia dini yang belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan permainan tradisional dengan kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun. Sampel yang digunakan adalah 30 anak dengan menggunakan metode total sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah analisis korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara permainan tradisional dengan kemampuan motorik kasar anak sebesar 0.778.Kata Kunci: anak usia dini, motorik kasar, permainan tradisional
Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Bermain Kartu Scrapbook Putri, Cici Novia; sofia, ari; drupady, rizki
Jurnal PG-PAUD Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem in this research was the children low language ability aged 5-6 years old. The reserach aimed to determine the effect of playing scrapbook cards toward children language development. The research used quasi experimental method with one group pretest-posttest design. The sample in this research were 30 children aged 5-6 years old. Data were collected through observation and documentation, while in analyzing the data is paired sample test was used.The results showed that there was a significant influence of playing scrapbook cards toward children language development.  Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan keterampilan berbahasa  anak usia 5-6 tahun belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain kartu Scrapbook terhadap pengembangan keterampilan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain one group pretest-postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah  anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan  dokumentasi, sedangkan analisisis  data  digunakan   uji  paired sample t-test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam bermain kartu Scrapbook terhadap pengembangan keterampilan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Kata kunci: anak usia dini, kartu scrapbook, keterampilan berbahasa.
Penggunaan Media Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Regista Clody Pionika; Sasmiati Sasmiati; Ari Sofia
Jurnal PG-PAUD Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem in this study is that the majority of children aged 5-6 years still have difficulty in symbolic thinking. This study aims to determine the effect of media use with the ability to think symbolically. This research is a quantitative research using Pre-Experimental Design with a type of One Pretest-Post test Group. The population in the study was 75 children, while the samples taken were 30 children Purposive Sampling. Techniques the date were obtained by using observation and documentation techniques, while data analysis was done by using analysis of tables and analysis of hypothesis testing with Simple Regression formula. The results showed that there was a positive influence between the use of media and the ability of symbolic thinking 3.69. This means that the use of media in learning can stimulate children's development in terms of symbolic thinking. Masalah dalam penelitian ini adalah mayoritas anak usia dini 5-6 tahun masih kesulitan dalam berpikir simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media terhadap kemampuan berpikir simbolik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat Pre-Experimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian sebanyak 75 anak, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 30 anak dengan menggunakan teknikPurposive Sampling. Pengambilan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, uji hipotesis  menggunakan rumus Regresi Sederhana. Dan uji Realibiltas menggunakan rumus Sperman Brwon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media terhadap kemampuan berpikir simbolik sebesar 3,69. Ini berarti bahwa penggunaan media dalam pembelajaran dapat menambah perkembangan anak dalam hal berpikir simbolik.Kata Kunci: anak usia dini, berpikir simbolik, penggunaan Media
Penerapan Program Bilingual dan Penguasaan Bahasa Asing Pada Anak Usia Dini Eka Pentiyas; Sasmiati Sasmiati
Jurnal PG-PAUD Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mastery of foreign languages is needed in the current era of globalization, but not all children cannot speak foreign languages, and mastery of foreign languages, this is due to different parental backgrounds. This study aims to determine the application of bilingual programs and mastery of foreign languages in early childhood at Alexandria School Kindergarden Bandar Lampung. This research is a quantitative descriptive study with an ex post facto approach. Data collection was carried out by interview and observation, while data analysis was done in a qualitative descriptive manner. The results showed that the bilingual program carried out in Alexandria School Kindergarden Bandar Lampung was carried out integrated starting from planning, implementation to evaluation. The bilingual program includes 4 things namely vocabulary, reading, writing and speaking. The application of a bilingual program more or less affects the mastery of foreign languages in children, both in terms of vocabulary, reading, writing and Penguasaan bahasa asing sangat dibutuhkan di era globalisasi saat ini, namun belum semua anak belum dapat berbahasa asing, dan penguasaan bahasa asing, hal ini disebabkan latar belakang orang tua yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program bilingual dan penguasaan bahasa asing anak usia dini di TK Alexandria School Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi, sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bilingual dilakukan di TK Alexandria School Bandar Lampung dilakukan terintegrasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi. Program bilingual dilakukan meliputi 4 hal yakni perbendaharaan kata (vocabulary), membaca (reading), menulis (writing) dan berbicara (speaking). Penerapan program bilingual sedikit banyak berdampak terhadap penguasaan bahasa asing pada anak, baik dalam hal vocabulary, reading, writing dan speaking meskipun belum maksimal.Kata Kunci: anak usia dini, bahasa asing, bilingual, penerapan program.
Hubungan Bermain Peran Mikro dengan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Anak Usia 5-6 Tahun di RA Ma'arif 1 Metro Ita Silvianna; Sasmiati Sasmiati; Een Yayah Haenilah
Jurnal PG-PAUD Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem in this research was the children ability to communicate verbally has not developed as expected. This study aimed to determine the relationship between micro role playing and children oral communication ability. The research method used quantitative research with correlational methods. The sample were 30 children with total sampling design. Data was collected by using observation method. The results showed that there was a relationship between micro role playing and children oral communication ability with correlation of 0.79912. Therefore, playing a micro role can be used as an alternative play to stimulate the children oral communication skills.Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam berkomunikasi lisan belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bermain peran mikro dengan kemampuan berkomunikasi lisan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Sampel yang digunakan berjumlah 30 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara bermain peran mikro dengan kemampuan berkomunikasi lisan anak usia dini dengan korelasi 0,79912. Oleh sebab itu bermain peran mikro bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif kegiatan bermain guna menstimulasi kemampuan berkomunikasi lisan anak usia dini.Kata kunci: anak usia dini, berkomunikasi lisan, bermain peran mikro.
BERMAIN PEMBANGUNAN TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI Nabila J, Nova; Sofia, Ari; Fatmawati, Nia
Jurnal PG-PAUD Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem in this research was children low motor skills aged 5-6 years old. This research aimed to determine the influences of constructive play toward fine motor skills. This research was conducted at Sekar Melati Kindergarten. The method of this study was associative research. The sample of this research consisted of 20 childrens aged 5-6 years old. The sample technique used was total sampling. Data was collected through observation and analyzed by using simple linear regression test. The results of the simple linear regression test showed that there was a significant influences of constructive play toward children fine motor skills.Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan motorik halus pada pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain pembangunan terhadap keterampilan motorik halus. Penelitian dilaksanakan di PAUD Sekar Melati, metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian assosiatif. Sampel penelitian ini berjumlah 20 orang anak usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari bermain pembangunan terhadap keterampilan motorik halus anak.Kata kunci: anak usia dini, bermain pembangunan, motorik halus
Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Nur Asiah; Ari Sofia; Sugiana Sugiana
Jurnal PG-PAUD Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem in this reseach is the  habit using  gadget will have a negative impact on social interaction development to child 5- 6 years old. The purpose of this research was to find relationship between using  gadget to social interaction is 5-6 years old. This study following  a quantitative analysis  approach, this study employed correlation analysis. Population on this study is parents who have child 5-6 years old in the Penengahan village. Techniques sampling by use of simple random sampling. This study have 160 participate. Analysis data using correlation sperman rank model. This study explain that there are correlation between using gadget to  social interaction is 5-6 years old.Masalah dalam penelitian ini adalah kebiasaan menggunakan gadget akan memberikan dampak negatif terhadap perkembangan interaksi sosial pada anak usia 5-6 tahun.  Adapun tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui  hubungan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Desa Penengahan. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 responden. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi sperman rank. Hasil penelitian ini  menyatakan  bahwa terdapat hubungan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun.Kata kunci: anak usia dini, gadget, interaksi sosial

Page 1 of 1 | Total Record : 8