cover
Contact Name
Vivi Irzalinda
Contact Email
jpa.fkip.unila@gmail.com
Phone
+6285716597464
Journal Mail Official
jpa.fkip.unila@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG-PAUD Universitas Lampung Gedung B Jalan Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145 Telp. (0721) 704624, Fax (0721) 704624.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
Published by Universitas Lampung
ISSN : 27754367     EISSN : 25809504     DOI : 10.23960/jpa
Core Subject : Education,
Focus and Scope of Jurnal Pendidikan Anak (JPA) is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, positive parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, ,learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak" : 9 Documents clear
Profil Kesiapan Masuk Sekolah Dasar Usia 5 – 6 Tahun di Bandar Lampung Susanthi Pradini; Prida Harkina; Vira Sandayanti
Jurnal PG-PAUD Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

School readiness is indicated to determine children ability to participate learning in primary school. The research is aimed to describe school readiness profile in children aged 5 – 6 years old in Bandar Lampung who has been declared ready to participate learning in primary school. The result in the research showed that personal and social aspects (self-awareness, self-autonomy, fine motoric skill, and tracking precisely) has lower score than cognitive and academic aspects. Therefore, the abilities are related to self-awareness, self-autonomy, and the eager to do learn is need to be developed so children can perform optimally. Parents and Teachers has an important role to support children transition to participate learning and rule in school. Children, parents, and teachers should be committed to make a synergy in order to achieve success in school.Kesiapan sekolah diindikasikan sebagai penentu anak mampu mengikuti pembelajaran di sekolah dasar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil kesiapan masuk sekolah dasar anak usia 5 – 6 tahun di Bandar Lampung yang telah dinyatakan siap sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aspek yang berkaitan dengan pemahaman diri, kemandirian, pengendalian motorik halus, kecermatan anak untuk mengamati suatu fenomena memiliki skor yang relatif rendah dibandingkan dengan aspek yang berkaitan dengan kemampuan kognisi dan akademik secara umum. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kemampuan yang berkaitan dengan pemahaman diri, kemandirian, dan rasa untuk berupaya masih perlu ditingkatkan agar anak dapat optimal mengikuti pembelajaran di sekolah dasar. Orang tua dan guru memiliki peran penting untuk mendampingi transisi anak dalam mengikuti pembelajaran dan aturan di sekolah dasar. Baik orang tua, guru, maupun anak perlu berkomitmen untuk bersinergi bersama dalam mencapai kesuksesan anak di sekolah.Kata Kunci: kesiapan sekolah, anak usia dini, sekolah dasar, kesiapan orang tuaDOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20867
Upaya Meningkatkan Kemapuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Big Book Aas Hasanah
Jurnal PG-PAUD Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Speaking ability is one of the language skills that is very important to develop. The purpose of this study is to describe the improvement of children’s speaking ability through the use of big book media. The research used classroom action research in Kober Mentari Cimalaka District, Sumedang Regency. The sample were 14 children aged 5-6 years old. Data were collected by using observation and assignment techniques. The research showed that big books media can improve children’s speaking ability, with the evident in the first cycle of children's speaking ability reached 36% and in the second cycle reached 86%. This shows an increase of speaking ability, so that the big book media can be an alternative to develop children’s speaking ability. Kemampuan berbicara termasuk salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting untuk dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara pada anak melalui penggunaan media big book. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di Kober Mentari Desa Cimalaka Kecamatan Cimalaka kabupaten Sumedang. Subjek penelitian berjumlah 14 anak dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi dan penugasan. Berdasarkan hasil penelitian melalui media big book dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak, hal ini terbukti pada siklus I kemampuan berbicara anak mencapai 36% dan pada siklus II mencapai 86%. Hal ini menunjukan peningkatan kemampuan berbicara yang berkembang sangat baik, sehingga media big book dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak. Kata kunci: kemampuan berbicara, media big book, anak usia diniDOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20863
Pengaruh Model Learning Cycle 7E dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Pemahaman Konsep IPA Saiful Bahri; Adi Apriadi Adiansha
Jurnal PG-PAUD Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the 7E Cycle Study Model and Interpersonal Intelligence on the understanding students' science concepts. This research was conducted at SDN Pelita Harapan Jaya 01. The research design used was treatment by level 2x2, with the independent variable being the learning cycle model 7e and conventional, the dependent variable was the understanding of the concept of science, and the moderator variable was interpersonal intelligence. The sampling technique used was cluster random sampling. The results of this study showed the learning cycle 7e model can improve students understanding of the science concept,  so that this strategy can be used by elementary school teachers in energy source material. More over this model affects students understanding of science concepts depending on the level of students interpersonal intelligence. In addition students who have a high level of interpersonal intelligence have a higher science concept score compared to conventional learning.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Model Learnig Cycle 7E dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Pemahaman konsep IPA siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Pelita Harapan Jaya 01. Desain penelitian yang digunakan adalah treatment by level 2x2, dengan variabel bebas adalah model learning cycle 7e dan konvensional, variabel terikat adalah pemahaman konsep IPA, dan variabel moderator adalah kecerdasan interpersonal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling. Hasil penelitian ini adalah pertama model learning cycle 7e  efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA sehingga strategi ini dapat digunakan guru sekolah dasar dalam materi sumber energi.  Kedua, pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA siswa tergantung dengan tingkat kecerdasan interpersonal  siswa. Ketiga, dengan model learning cycle 7e siswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi memiliki skor pemahaman konsep IPA yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : learning cycle 7E, pemahaman konsep IPA, kecerdasan interpersonal DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20866
Peningkatan Kemampuan Menyimak Dasar Melalui Metode Mendongeng Interaktif Komunikatif Acep Saepul Rahmat; Dika Zuchdan Sumira
Jurnal PG-PAUD Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to improve listening skills through an integrated interactive storytelling method in students of group B (5-6 years old),  PAUD Al-Muqorrobin, Cigalontang District, Tasikmalaya Regency. This research was classroom action research using the Kemmis and McTaggart models. Data were collected by using observations of behavior, as well as oral tests in the form of questioning and documentation. Data were analyzed by using quantitative descriptive (percentages and averages). Based on data analysis, it was found that teacher and student activities increased each cycle. The average ability to listen to children in each indicator increased by 46.66%. The average for the lowest score increased by 56.66% and for the highest score an increase of 43.33%. In addition, 90% are said to meet the achievement and exceed the target and declared complete. Therefore the integrated communicative interactive storytelling method affects children listening ability in Almuqorrobin Tasikmalaya PAUD.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode mendongeng interaktif terpadu pada siswa kelompok B PAUD Al-Muqorrobin Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Data dikumpulkan melalui lembar observasi pengamatan perilaku, serta tes lisan berupa pertanyaan menggali dan dokumentasi. Data dianalisis melalui deskriptif kuantitatif (presentase dan rata-rata). Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat setiap siklus. Rata-rata kemampuan menyimak anak pada setiap indikator mengalami peningkatan sebesar 46.66%. Rata-rata untuk skor terendah mengalami peningkatan sebesar 56.66% dan untuk skor tertinggi mengalami peningkatan sebesar 43.33%. Selain itu 90% dikatakan memenuhi ketercapaian dan melebihi target serta dinyatakan tuntas. Oleh sebab itu metode mendongeng interaktif terpadu berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menyimak anak kelas B (usia 5-6 tahun) di PAUD Almuqorrobin Tasikmalaya.Kata Kunci:  metode interaktif terpadu, mendongeng, kemampuan menyimak DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20862
Kelekatan Guru dan Motivasi Membaca Gian Fitria
Jurnal PG-PAUD Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research background is the lack of teacher attachment in developing children reading interest. Through a survey approach, this study aimed to describe the conditions of attachment between teacher and child toward children motivation to read. The sample was taken randomly, which consisted of 57 students in grade 3 of elementary school and two teachers. The data was collected by questionnaire and analyzed by using descriptive statistics. The results showed that students' reading motivation based on students' perceptions was in the medium category (40%), while based on teachers' perceptions it was in the low category (82.45%). The positive attachment that occurred was in the low category (63.15%), while the negative attachment was in the low category (78.9%). Teachers need to build positive attachment, especially in increasing students' motivation to read.Penelitian ini dilatarbelakangi dengan minimnya kelekatan guru yang terbentuk terutama dalam mengembangkan minat baca. Melalui pendekatan survey, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi kelekatan atau attachment antara guru dan anak serta motivasi membaca. Sampel diambil secara acak, yang terdiri dari 57 siswa kelas 3 Sekolah Dasar dan dua orang guru.Teknik pengumpulan data yang akan digunakan berupa angket. Adapun data dianalis melalui statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi membaca siswa berdasarkan persepsi siswa termasuk kategori sedang (40%), sedangkan berdasarkan persepsi guru termasuk kategori rendah (82.45%). Kelekatan positif yang terjadi termasuk pada kategori rendah (63.15%), sednagkan untuk kelekatan negatif termasuk kategori rendah (78.9%). Guru perlu membangun kelekatan yang positif terutama dalam meningkatkan motivasi membaca siswa. Kata Kunci: kelekatan, guru, motivasi membacaDOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20865
Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun Yuli Maghfiroh
Jurnal PG-PAUD Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The background of this research is the number of modern games addiction that adversely affect the lives of children. The purpose of this research was to find out the role of traditional games in shaping the character of early childhood. The research methode was literature study. Data were collected by reading various journals and taking notes. Data were analyzed by using three interactive model, namely reducing data, displaying data, and drawing conclusions. Data validity used triangulation process. The results obtained that traditional games have a role in the formation of children's characters, namely honesty, discipline, hard work, creative, independent, communicative, responsibility and so forth.Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus dikarenakan kecanduan permainan modern yang berdampak buruk pada kehidupan anak.Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui peran permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data dari berbagai jurnal dan mencatat. Analisis data menggunakan tiga analisis model interaktif yaitu dengan cara mereduksi data, mendisplay data, dan gambaran kesimpulan. Validitas data menggunakan trianggulasi data. Hasil analisis yang diperoleh adalah permainan tradisional memiliki peran dalam pembentukan karakter anak. Karakter yang dapat terbentuk antara lain jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif, tanggung jawab dan lain sebagainya.Kata kunci: permainan tradisional, karakter, anak usia dini DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20861
Permainan Halang Rintang untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini yang Mengalami Obesitas Syafura Audina; Panggung Sutapa
Jurnal PG-PAUD Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gross motor development becomes important because by mastering the ability to move, children will be able to interact with their environment. The purpose of this study was to determine the effectiveness of Halang Rintang game toward children gross motoric. The effectiveness of Halang Rintang game was evaluated by designing learning activities conducted by quasi-experimental method for 15 children. The results showed that there was a significant increase in obese children gross motoric development by 66.7%.Tujuan Perkembangan motorik kasar menjadi penting karena dengan menguasai kemampuan bergerak anak akan dapat berinteraksi dengan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan halangan terhadap motorik kasar anak. Efektivitas permainan rintangan dievaluasi dengan merancang kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan metode kuasi-eksperimental untuk 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam perkembangan motorik kasar anak usia dini sebesar 66,7%.Kata Kunci: permainan rintangan, motorik kasar, obesitas DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20864 
Front & Back Cover Jurnal Pendidikan Anak Vol 6, No 1 Tahun 2020 Vivi Irzalinda
Jurnal PG-PAUD Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Table of Contents Jurnal Pendidikan Anak Vol 6 No 1 Tahun 2020 Vivi Irzalinda
Jurnal PG-PAUD Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 9