cover
Contact Name
Vivi Irzalinda
Contact Email
jpa.fkip.unila@gmail.com
Phone
+6285716597464
Journal Mail Official
jpa.fkip.unila@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG-PAUD Universitas Lampung Gedung B Jalan Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145 Telp. (0721) 704624, Fax (0721) 704624.
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
Published by Universitas Lampung
ISSN : 27754367     EISSN : 25809504     DOI : 10.23960/jpa
Core Subject : Education,
Focus and Scope of Jurnal Pendidikan Anak (JPA) is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, positive parenting, management institution of early childhood education, early child development assessment, child development psychology, child empowerment, ,learning strategy, Educational tool play, instructional media, innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Anak" : 7 Documents clear
IDENTIFIKASI CAPAIAN INDIKATOR BIDANG PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA BELAJAR DARI RUMAH DI TK PGRI TANJUNG BATU Anggun Karnita
Jurnal PG-PAUD Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was conducted with the aim of identifying the proportion of development indicators for children aged 5 to 6 years during the implementation of BDR (learning from home) at TK PGRI Tanjung Batu. This type of research is quantitative. Observation data through and interviews. The population of this study was children in group B and a sample of 21 children who were selected based on nonprobability techniques. The results showed that the cognitive proportion of children individually included 5 children with the category developing according to expectations (24%), 1 child with the category developing according to expectations (5%), 9 children with the category starting to develop (43%) and 6 children with the category not yet. developing (28%). The percentage of the classical completeness value of 21 children was 28%.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasikan persentase indikator perkembangan kognitif anak usia 5 sampai dengan 6 tahun selama pelaksanaan BDR (belajar dari rumah) di TK PGRI Tanjung Batu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Populasi dari penelitian ini yaitu anak kelompok B dan sampel sebanyak 21 anak yang dipilih berdasarkan teknik nonprobabilitas. Hasil penelitian menujukkan bahwa persentase kemampuan kognitif anak secara individual meliputi 24% anak ada di kategori berkembang sesuai harapan, 5% anak di kategori berkembang sesuai harapan, 43% anak di kategori mulai berkembang dan 28% anak di kategori belum berkembang. Persentase nilai ketuntasan klasikal dari 21 anak sebesar 28%.Kata Kunci: pengembangan, kognitif, anak usia dini, belajar dari rumah DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22302
Gambaran Kepercayaan Guru Dalam Literasi Anak Usia Dini Gian Fitria Anggraini; Susanthi Pradini; Vivi Irzalinda
Jurnal PG-PAUD Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to describe and analyze the teacher beliefs of early childhood teachers. The research method was used descriptive quantitative. Sampling was done by random sampling as many as 85 teachers. The data analyzed by using descriptive analysis to find the mean, standard deviation, and categorization. The results showed that most of the teachers still belonged to traditional literacy beliefs. Teachers need to be encouraged to build constructivist knowledge and skills so that the implementation of literacy learning in early childhood is more optimal.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis kepercayaan literasi (teacher belief) guru anak usia dini. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling sebanyak 85 orang guru. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mencari nilai mean, standar deviasi, serta kategorisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru masih tergolong pada kepercayaan literasi yang tradisional. Guru perlu didorong untuk membangun pengetahuan serta keterampilan konstruktivisnya agar pelaksanaan pembelajaran literasi pada anak usia dini lebih optimal.Kata Kunci: literasi guru, kepercayaan literasi, anak usia dini.  DOI:  http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22262
Gambaran Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Feti Pratiwi
Jurnal PG-PAUD Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Covid-19 pandemic has an impact on the education sector. The Ministry of Education issued a policy for students to study from home. Online learning protects students from exposure to viruses. However, other impacts will affect student development, especially at PAUD level. Several things related to early childhood development that parents and educators need to pay attention during online learning, namely aspects of the development of religious and moral values, physical-motor, cognitive, language, socio-emotional, and art. The purpose of this study is to describe the development of early childhood in online learning. Through literature study techniques, it is found that online learning affects children's development were some aspects of development have decreased. The level of decline is quite large, namely in the physical-motor and socio-emotional aspects. This is because, early childhood spend more time at home. Fewer opportunities to interact with friends at school or outside the home environment.Pandemi covid-19 berdampak pada sektor pendidikan. Kementrian Pendidikan mengeluarkan kebijakan agar siswa belajar dari rumah. Pembelajaran daring melindungi siswa dari paparan virus. Namun, ada dampak lain yang akan mempengaruhi perkembangan siswa, khususnya pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Beberapa hal terkait perkembangan anak usia dini yang perlu diperhatikan orang tua dan pendidik selama pembelajaran daring yaitu aspek perkembangan nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosi, serta seni. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perkembangan anak usia dini dalam pembelajaran daring. Melalui teknik studi literatur, didapatkan hasil bahwa pembelajaran daring mempengaruhi perkembangan anak dimana sebagian aspek perkembangan mengalami penurunan. Tingkat penurunan yang cukup besar yaitu dalam aspek fisik-motorik dan sosio-emosional anak. Hal ini karena selama masa pandemi, anak usia dini lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Kesempatan untuk berinteraksi dengan teman-teman di sekolah atau di lingkungan luar rumah menjadi berkurang. Kata kunci: perkembangan  anak usia dini, pembelajaran daringDOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22282
Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini Yaniar Yumna Anggraeni; Rizky Drupadi; Ulwan Syafrudin
Jurnal PG-PAUD Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to investigate the influence of family communication patterns on emotional development in early childhood. The quantitative research with expofacto method was employed through survey. Data collection in this study used a questionnaire shown to parents to obtain data on family communication patterns and emotional development. The results showed that family communication patterns had no significant effect on emotional development in early childhood with a significance value of 0.089 (p 0.05), meaning that family communication patterns could not affect emotional development in early childhood; family communication patterns provide an effective contribution of 20.6% to emotional development.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi keluarga terhadap perkembangan emosi anak usia dini. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis studi expo facto dengan pengambilan data secara survey. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang ditunjukkan kepada orang tua untuk memperoleh data pola komunikasi keluarga dan perkembangan emosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan emosi anak usia dini dengan nilai signifikansi 0,089 (p0,05), artinya pola komunikasi keluarga tidak dapat mempengaruhi perkembangan emosi pada anak usia dini; pola komunikasi keluarga memberikan sumbangan efektif sebesar 20,6% terhadap perkembangan emosi.Kata Kunci : pola komunikasi keluarga, perkembangan emosi, anak usia diniDOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22279
Pelaksanaan Pemberian Tugas Bisa Meningkatkan Kemampuan pada Anak TK Negeri Pembina Sungai Raya dalam Mengenal Warna Usnah Usnah
Jurnal PG-PAUD Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to describe the implementation of this assignment to improve the ability of the children of Group B of the Pembina Raya Kindergarten in recognizing colors. The method used in this research is classroom action research (PTK). The research subjects were children of Group B of the Pembina Raya Kindergarten, using data collection tools in the form of observation and assignments. From the results of the given assignments, it was found that the child's ability to recognize colors (pointing, mentioning, and grouping) after being accumulated in cycle I was 31.11%, and cycle II there was 82.22%. This shows an increase in the child's ability to recognize colors on the given task. Thus, the implementation of assigning assignments to Group B Kindergarten Children of Raya Sungai Raya, Kubu Raya Regency in the ability to recognize colors increases.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pemberian tugas ini meningkatkan kemampuan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya dalam mengenal warna. Metode yang digunakan pada penelitian adalah penelitian tindakankelas (PTK). Subjek riset merupakan anak kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi dan pemberian tugas. Dari hasil tugas yang diberikan diperoleh kemampuan anak mengenal warna (menunjuk, menyebutkan, dan mengelompokkan) setelah diakumulasikan pada siklus I terdapat 31,11%, dan siklus II terdapat 82,22%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak mengenal warna pada tugas yang diberikan. Dengan demikian, pelaksanaan pemberian tugas pada anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dalam  kemampuan mengenal warna meningkat. Kata kunci : Meningkatkan; Mengenal warna; Pemberian tugas.DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22275
Table of Contents Jurnal Pendidikan Anak Vol 7. No. 1 Tahun 2021 Vivi Irzalinda
Jurnal PG-PAUD Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Front & Back Cover Jurnal Pendidikan Anak Vol 7, No 1 Tahun 2021 Vivi Irzalinda
Jurnal PG-PAUD Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : FKIP UNILA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 7