cover
Contact Name
Mufarizuddin
Contact Email
jurnalpgsd.up@gmail.com
Phone
+6282165028412
Journal Mail Official
jurnalpgsd.up@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tuanku Tambusai No 23 Kabupaten Kampar Provinsi Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
ISSN : 2655710X     EISSN : 26556022     DOI : https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4136
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning models, learning methods and learning media in education.Journal of Review of Education and Teaching (JRPP) is published four times a year in March June September and December. As our commitment to the advancement of science and technology, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) follows an open access policy that allows published articles to be available for free online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1,401 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR Siti Hajar; Yenni Fitra Surya
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v1i1.169

Abstract

Masalah dalam  penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA sebesar 58,3% atau 14 siswa dari 24 siswa yang mencapai tingkat ketuntasan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menerapkan model Kooperatif Two Stay Two Stray. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata komponen aktivitas siswa secara klasikal sebesar 8,8 dengan persentase siswa aktif 73% (kategori cukup), siklus II komponen aktivitas klasikal meningkat sebesar 1,7 sehingga menjadi 10,5 dengan persentase siswa aktif meningkat sebesar 14,5% sehingga menjadi 87,5% (kategori aktif). Adapun rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 75,3 (kriteria baik) dan meningkat sebesar 10,5 sehingga siklus II menjadi 85,8  (kriteria baik). Dengan demikian, pembelajaran IPA dengan menerapkan model Kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. 
PENERAPAN METODE INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR Lia Herawati
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v1i1.164

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 176 Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan metode integratif. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia aspek pemahaman bacaan dengan penerapan metode integratif pada Siswa Empat Tahun Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru dan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode integratif pada Siswa Empat Tahun Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai 25 Juli / 11 Mei 2018. Untuk mata pelajaran dalam penelitian ini adalah empat siswa kelas dari 176 sekolah siswa Pekanbaru 2017-2018 jumlah siswa 38 orang, terdiri dari 22 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian perhatikan peningkatan hasil belajar siswa dari tindakan sebelumnya, siklus pertama dan siklus kedua. Pada siswa penguasaan pre-action hanya mencapai 44,74% atau 17 siswa yang tuntas, siswa yang lulus siklus I meningkat menjadi 23 orang atau kelengkapan hanya mencapai 60,53%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa pada 33 siswa atau persentase 86,84%. Dengan demikian yaitu penerapan metode integratif untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia dengan penerapan metode integratif pada Siswa Empat Tahun Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru.  
PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN KELAS V SD N MANGUNSARI 06 Nova Dwi Setiana
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 1 (2019): Volume 2, Nomor 1 Juni, 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i1.268

Abstract

Research on the effect of peer tutoring methods in 5th grade learning inSD Negeri Mangunsari 06 Salatiga city aims to find out how improvement in learning in students in using peer tutoring learning methods in the classroom and knowing the effect of peer tutoring learning method in 5th grade learning SD Negeri Mangunsari 06 Salatiga city. The research method used is the interview method. The results of the research that have been conducted are that students more active and creative thinking in the presence of peer tutoring methods. This means that there is an effect of increasing students learning interest with peer tutoring methods in learning. Therefore, in using peer tutoring learning methods more effective and fun for students.
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR Satriana Sitio
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v1i1.165

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar sains pada siswa kelas lima sekolah dasar negeri 004 Hangtuah Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan strategi kuis tipe active learning strategy. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran tipe active quiz team untuk meningkatkan hasil belajar siklus air material sains dan kejadian alam pada siswa kelas lima SD Negeri 004 Hangtuah Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 07 Mei s / d 12 Mei 2018. Untuk mata pelajaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima sekolah dasar negeri 004 Hangtuah kabupaten Kampar tahun ajaran sekolah 2017/2018 jumlah siswa 25 orang, terdiri dari 11 pria dan 14 wanita. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian perhatikan peningkatan hasil belajar siswa dari tindakan sebelumnya, siklus pertama dan siklus kedua. Pada siswa penguasaan pre-action hanya mencapai 40,00% atau 10 siswa yang tuntas, siswa yang lulus siklus pertama meningkat menjadi 17 orang atau kelengkapan hanya mencapai 68,00%. Pada siklus II ternyata kelengkapan siswa pada 22 siswa atau persentase 88,00%. Dengan demikian yaitu penerapan strategi pembelajaran tipe active quiz team untuk meningkatkan hasil belajar sains materi air siklus dan kejadian alam pada siswa kelas lima sekolah dasar negeri 004 Hangtuah Kabupaten Kampar.  
PENGARUH DURASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 LEDOK 006 SALATIGA Bernadetha Titis Wulan Sari
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 1 (2019): Volume 2, Nomor 1 Juni, 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i1.264

Abstract

This study discusses how to learn mathematics which was reviewed in class 5 students of SD Negeri Ledok 06 Salatiga. This research was conducted through qualitative methods. Data sources were obtained through two sources, namely primary data obtained from research subjects by using data retrieval tools directly on the subject of class 5 information sources. Secondary data obtained from other parties indirectly from the subject of information sources namely teacher grade 5. Data collection was obtained using studying 5th grade students while at home, besides using study studios that are used to obtain data consisting of instruments that relate to students who are learning and learning mathematics in class 5. The population in this study offers 13 students divided into 8 women and 5 men male class 5 at SD Negeri Ledok 06. The results of the study show: 1. There is a positive influence between improving learning and mathematics learning outcomes, 2. Students who rank 1-5 have a higher learning duration compared to students who have short learning advantages.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP PADA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI BLOTONGAN 01 SALATIGA Regita Kusuma Dewi
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 1 (2019): Volume 2, Nomor 1 Juni, 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i1.269

Abstract

The purpose of this study was to describe the application of the 2013 Curriculum Based Jigsaw learning technique and improve student learning achievement. The subjects used were the fifth grade students of Blotongan District Elementary School 01 Salatiga 1st Semester 2019/2020 Year with a total of 25 students. The technique used in this study is class action research or PTK which consists of two cycles. Each cycle consists of the stages of planning, action, observation and reflection. Data retrieval used is a test in the form of test questions and non-tests in the form of observation or direct observation. Data analysis was performed by quantitative techniques. In the first cycle the final score achieved was an average of 71.28. In the second cycle the number of final grades managed to rise with an average value of 79.32. Thus there was an increase of 8.04. Based on the analysis of the results of the study, the Jigsaw method succeeded in increasing the learning achievement of students in the first cycle of 72.35% and the second cycle of 82.50%. The application of the jigsaw learning method is proven to increase the enthusiasm and results of student learning achievemen
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 GUNUNG MALELO Rahmi Andriani Putri
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v1i1.152

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Poblem Based Learning (PBL) dan siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan konvesional pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 005 Gunung Malelo Kec. Koto Kampar Hulu tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan metode post-test only design with nonequivalent group, dan populasi siswa kelas V SDN 005 Gunung Malelo Kec. Koto Kampar Hulu dan sampelnya yaitu kelas VA adalah kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas VB adalah kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvesional).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Data di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata.Untuk data hasil tes diperoleh hasil thitung = 2,04 > ttabel = 1,68. Dalam hal ini H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen lebih dari rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh yang diberikan bersifat positif.
DONGENG DAPAT MEMBENTUK KARAKTER ANAK MENUJU BUDI PEKERTI YANG LUHUR Wahyu Fitriani
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 1 (2019): Volume 2, Nomor 1 Juni, 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i1.270

Abstract

This study aims to describe the benefits of fairy tales in formation child character. This study aims to determine the character formation of children through fairy tales and also the benefits of fairy tales in the formation of children's character. Fairy tales are stories that contain moral and social values that are useful for shaping children's character. Formation of children's character can be done in the school learning environment and home or family environment. The strategy of forming a child's character is done by giving examples, habituating to reading fables, habitual listening to tales, and creating a supportive reading environment. Storytelling is a creative activity of a teacher to convey messages to students, because elementary students cannot understand the pure advice given. They need learning that is not patronizing, so that it creates a cheerful and pleasant atmosphere. Storytelling becomes successful when students can focus on paying attention to the contents of the story and getting to know the characters that are told, then students remember the contents of the story and store it in the memory of the brain which can be taken back when needed. Furthermore, students translate the memory of stories that exist in their brains in the form of behavior that shows positive character and national cultural values.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TIME ACHVIEMENT DIVISION (STAD) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 68 PEKANBARU Camelia Mutiara R
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v1i1.153

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahanya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar Negeri 68 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN 68 Pekanbaru. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model belajar yang memupuk pembentukan kelompok kerja dengan lingkungan positif, meniadakan pembentukan individu dan isolasi lingkungan akademik. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classrom action research), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan dengan jumlah subjek sebanyak 20 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran koperatif tipe STAD terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 068 Pekanbaru, hal ini dapat dilihat dari capaian belajar siswa pada pra tindakan yaitu 50% atau 10 orang yang tuntas, pada siklus I ketutasannya adalah sebesar 70% atau 14 orang yang tuntas, dan pada siklus II persentase ketuntasannya adalah sebesar 90% atau 18 orang yang tuntas. Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti mengajukan beberapa saran sebagai berikut 1) dalam penerapan model pembelajaran ini hendaknya disosialisasikan terlebih dahulu sehingga dalam pelaksanaannya siswa sudah terbiasa dan dapat dengan cepat beradaptasi dan 2) guru hendaknya melakukan pengawasan dan bimbingan yang lebih konferensip dan bersifat menyeluruh.
HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH DASAR Devi Novrizta
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v1i1.168

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat membaca siswa, bagaimana keterampilan menulis karangan narasi siswa, serta untuk mengetahui bagaimana hubungan antara minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Bangkinang Kota. Dalam peneliitian ini terdapat 22 responden yang dijadikan sampel penelitian sedangkan siswa untuk uji coba terdapat 20 responden. Teknik pengambilan sampelnya yaitu sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengggunakan angket minat baca dan tes keterampilan menulis narasi. Uji Validitas menggunakan rumus Product  terdapat 24 atau seluruh  pernyataannya valit karena r tabelnya lebih besar dari 0,30 sedangkan pernyataan yang tidak valit tidak ada, Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan juga analisis statistik. Hasil deskripsi data penelitian bahawa minat membaca siswa dapat dikatakan berkategori baik dengan Persentase 50,00 dan keterampilan menulis narasi siswa juga berada pada kategori baik dengan Persentase 45,45. Hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment maka dapat diketahui tigkat hubungan antara minat membaca dan keterampilan menulis karangan narasi diperoleh nilai r hitung sebesar 0,638. Sedangkan r tabel dengan N=22 pada taraf signifikansi 5%, yaitu sebesar 0,423. Dari hasil demikian terdapatlah nilai r hitung > r tabel, menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SD Negeri 012 Langgini Bangkinang Kota Tahun Ajaran 2018/2019.  

Page 1 of 141 | Total Record : 1401