cover
Contact Name
Mufarizuddin
Contact Email
zuddin.unimed@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
zuddin.unimed@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
ISSN : 2655710X     EISSN : 26556022     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a national, multidisciplinary, peer-reviewed, open access journal that promotes the publication of scientific articles in all fields of basic education. As a multidisciplinary journal, the Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) recognizes various approaches, disciplines, methodologies and paradigms. This relates to basic education in general with special attention to improving pedagogical practices, curricular development, and theoretical perspectives.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019" : 25 Documents clear
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRAFRASEKAN PUISI “AKU” BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) Arozatulo Bawamenewi
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.631

Abstract

Pengembangan bahan ajar memparafrasekan puisi “Aku” berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil temuan penelitian dan hasil analisis maka penulis mengambil beberapa kesimpulan yaitu: (1). Berdarkan validasi produk ternyata modul menulis parafrase puisi “Aku”yang dikembangkan memenuhi syarat validitas artinya modul memprafrasekan puisi “Aku” yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar di SD Negeri No. 078467 Buhawa Hilimbowo; (2). Berdasarkan pengolahan data dari lembar observasi ternyata modul memprafrasekan puisi “Aku” yang dikembangkan memenuhi syarat praktikalitas artinya modul yang dikembangkan praktis jika digunakan sebagai bahan ajar di SD; dan (3). Berdasarkan pengolahan hasil belajar siswa ternyata modul memprafrasekan puisi “Aku” yang dikembangkan melalui syarat efektifitas, artinya modul memprafrasekan puisi “Aku” yang efektif jika digunakan sebagai bahan ajar di SD.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMHACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP SISWA KELAS I SDN 81 PEKANBARU Muhammad Syahrul Rizal
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.462

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 81 Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan terhadap siswa SDN 81 Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penenelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2018. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I tahun pelajaran 20l7 - 2018 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya15 orang siswa atau 60 %.Sedangkan pada siklus I meningka tmenjadi 18 orang siswa atau 72 %. Pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai 23 orang siswa atau dengan persentase 92 %.Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan metode struktural analitik sintetik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa SDN 81 Pekanbaru.
HUBUNGAN PERSEPSI BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PRAJA IPDN KAMPUS SUMATERA BARAT Dedi Robani; Nevi Yarni
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.485

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kepribadian dalam hal motivasi berprestasi dan persepsi belajar praja IPDN Kampus Sumatera Barat dan mengevaluasi keberhasilan system Tritunggal terpusat, yaitu pengajaran, pelatihan, dan pengasushan dalam mengembangakan kepribadian Praja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data angket persepsi dan angket motivasi dengan populasi penelitian praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat. Populasi Penelitian ini Praja IPDN Kampus Sumatra Barat yang berjumlah 400 orang. Sampel penelitian ini adalah 30 orang Madya Praja tingkat II berjumlah 60.Berdasarkan hasil deskripsi data dan analisis hipotesis, maka diketahui bahwa: terdapat hubungan persepsi dengan motivasi belajar praja IPDN dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan perspsi dengan motivasi belajar parja IPDN kampus Sumatera Barat yang dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 0,857 dengan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa perspsi siswa akan pentingnya belajar juga memiliki peranan dalam tingginya motivasi siswa dalam belajar.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN DI SEKOLAH DASAR Ana Saragih
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.457

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang dapat memotivasi dan mengaktifkan siswa. Guru hanya memberikan penjelasan di papan tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu bilangan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan materi bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 009 Pulau Kecamatan Bangkinang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, angket, dokumentasi dan teknik tes. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pra tindakan presentase yang diperoleh 55,49% dengan kriteria tinggi, meningkat menjadi 66,97% dengan kriteria tinggi pada siklus I, dan meningkat menjadi 80,37% dengan kriteria sangat tinggi pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu bilangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan romawi di kelas IV SDN 009 Pulau Kecamatan Bangkinang.
ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI AUTOGRAPH Yakin Niat Telaumbanua; Pniel Sozawato Zendrato
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.647

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi autograph. Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi autograph merupakan pembelajaran yang dapat melibatkan visual dan keaktifan mahasiswa dalam belajar matematika. Pembelajaran dengan menggunakan autograph merupakan pembelajaran dengan memanfaatkan komputer sebagai salah satu alat bantu yang efektif dan efisien dalam menunjang kualitas pembelajaran. Aplikasi autograph adalah apalikasi yang mempelajari tentang dua dimensi, tiga dimensi, statistik, transformasi, geometri, persamaan, koordinat, differensial, grafik, serta aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP Gunungsitoli. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa : 1) Aplikasi autograph merupakan aplikasi yang mudah dimiliki oleh mahasiswa, 2) Aplikasi autograph mudah dipelajari oleh mahasiswa, 3) Pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi mahasiswa dengan menggunakan autograph, 4) Mahasiswa menjadi termotivasi untuk belajar, 5) Mahasiswa dapat menggambar grafik dan bentuk geometri dengan lebih cepat, mudah dan menarik.
PENGARUH PENGGUNAAN TAKTIK MENGAJAR PUNGGUNG DENGAN PUNGGUNG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SMA SWASTA KRISTEN BNKP GUNUNGSITOLI Novelina Andriani Zega
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.632

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan taktik mengajar Punggung dengan Punggung terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi sistem reproduksi di kelas XI SMA Swasta Kristen BNKP Gunungitoli . Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas dan sampelnya ada 2 kelas. Hasil pengujian data diperoleh nilai rata rata untuk hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan taktik mengajar Punggung dengan Punggung 76,59 dan nilai rata-rata yang diberi pembelajaran konvensional 68,12. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,57 > 2,372 pada taraf signifikan α = 0,01 hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar biologi siswa antara kelas Punggung dengan Punggung dan kelas konvensional.
PERBEDAAN INDIVIDU DARI GAYA BELAJARNYA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN Maria Magdalena Zagoto; Nevi Yarni; Oskah Dakhi
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.481

Abstract

Setiap manusia diciptakan oleh Sang Khalik dengan segala keunikan dan karakteristik atau ciri khasnya masiing-masing. Hal ini dinamakan sebagai perbedaan individu (individual differences). Perbedaan individu adalah perbedaan kemampuan dan karakteristik (kognitif, kepribadian, keterampilan fisik, dan lain sebagainya) antar peserta didik pada jenjang usia tertentu dan dalam setiap kelompok tertentu. Melalui praktik dan aktivitas pendidikan, kita dapat mengakomodasi perbedaan individual para siswa. Demikian pula halnya gaya belajar antar satu sama lain juga berbeda. Ada yang gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Pentingnya untuk mengenali gaya belajar anak didik sehingga guru bisa memvariasikan gaya mengajar, metode pembelajaran yang cocok diterapkan dalam proses pembelajaran. Metode analisis yang dilakukan adalah studi pustaka, dengan cara mencari beberapa sumber yang telah diterbitkan oleh penulis/peneliti lain terkait dengan perbedaan individu dari gaya belajarnya. Sebagai pengajar kita harus mampu memilih berbagai cara/teknik yang dapat mengakomodasi perbedaan-perbedaan siswa secara personal dan mengoptimalkan kemajuan maupun kemampuan interpersonal masing-masing peserta didik dalam jangka panjang terutama jika ditinjau dari gaya belajarnya sehingga proses pembelajaran terlaksana secara optimal.
PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DIAN ANDALAS PADANG Malim Soleh Rambe; Nevi Yarni
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.486

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa pada Jurusan IPA SMA Dian Andalas Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Populasi berjumlah 135 orang dan sampel berjumlah 110 orang yang ditentukan dengan teknik proportionate stratisfied random sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dan sederhana dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap prestasi belajar. Kedua, terdapat pengaruh signifikan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar. Keempat, terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar. Kelima, hasil uji determinasi menunjukkan sumbangan relatif gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa sebesar 33,8%. Sumbangan relatif masing- masing terhadap prestasi belajar, yakni: gaya belajar visual 27,4%, gaya belajar auditorial 23,2%, dan gaya belajar kinestetik 27,2%.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Sri Wahyuni; Rizki Ananda; Rusdial Marta
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.455

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan menulis karangan dengan menggunakan media gambar pada siswa Kelas V SDN 004 Bangkinang Kota. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi, refleksi. Hasil penelitian ini diketahui persentase dalam menulis karangan dengan menggunakan media gambar meningkat. Siklus I aspek A (ide yang dikemukakan dalam menulis karangan itu sudah tepat) 58,82%, aspek B (sistem penulisan sudah benar atau perlu perbaikan) 63,52%, aspek C (karangan itu bertele-tele atau terlalu simple) 65,88%, aspek D (penggunaan bahasanya cukup baik atau tidak) 83,52%, aspek E (judul menulis karangan itu sudah tepat atau tidak) 87,05%. Sedangkan siklus II terjadi peningkatan setiap aspek yaitu aspek A (ide yang dikemukakan dalam menulis karangan itu sudah tepat) yaitu 68,23%, aspek B (sistem penulisan sudah benar atau perlu perbaikan) yaitu 70,58%, aspek C (karangan itu bertele-tele atau terlalu simple) yaitu 76,47%, aspek D (penggunaan bahasanya cukup baik atau tidak) yaitu 94,11% aspek E (judul menulis karangan itu sudah tepat atau tidak ) yaitu 95,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SDN 004 Langgini, Bangkinang Kota.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE LISTENING TEAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS XI DI SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Asali Lase
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v2i2.656

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team pada mata pelajaran IPS Terpadu. Subjek penelitian ini adalah siswa di Kelas XI SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdaarkan penelitian diperoleh bahwa: pada siklus ke-I mulai terlihat bahwa kemampuan siswa menguasai materi pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 67,33 dengan tingkat kemampuan cukup. Walaupun demikian masih terdapat siswa yang kurang aktif, kurang kooperatif, kurang termotivasi. Hal ini disebabkan karena penguasaan siswa terhadap materi Pasar masih kurang dan kosentrasi siswa masih kurang. Pada siklus II dengan materi yang sama terlihat hasil belajar siswa lebih meningkat, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,67 dengan tingkat penguasaan materi pembelajaran tergolong baik. Berdasarkan hasil yang didapat ini maka, prestasi kemampuan siswa dalam menguasai materi pembelajaran ada kemajuan yang signifikan.

Page 1 of 3 | Total Record : 25