cover
Contact Name
Mufarizuddin
Contact Email
zuddin.unimed@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
zuddin.unimed@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
ISSN : 2655710X     EISSN : 26556022     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a national, multidisciplinary, peer-reviewed, open access journal that promotes the publication of scientific articles in all fields of basic education. As a multidisciplinary journal, the Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) recognizes various approaches, disciplines, methodologies and paradigms. This relates to basic education in general with special attention to improving pedagogical practices, curricular development, and theoretical perspectives.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020" : 18 Documents clear
PEMANFAATAN DAN PEMAKNAAN SITUS SEJARAH TUGU MEDAN AREA DI KOTA MEDAN Andres M Ginting; Ahmad Fakhri Hutauruk
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v3i1.718

Abstract

Penelitian ini menawarkan sebuah penyelesaian dalam tantangan pembelajaran sejarah di Era Globalisasi. peserta didik yang menjadi subjek penelitian sebagai mana yang dikenal dengan generasi milenial memiliki kecenderungan gaya belajar yang berbeda genarasi terdahulu, dimana mereka menuntut keaktifan dari inovasi pembelajaran dengan paradigma terbaru. Dalam gagasan tersebut mencurahkan pembelajaran untuk menjawab tantangan dalam belajar sejarah. Yaitu dengan belajar berbasis sumber belajar lapangan. Pemanfaatan situs bersejarah dapat membawa kedekatan dan pemaknaan yang mendalam mereka terhadap kekayaan sejarah mereka. Pembelajaran ini dibagi dalam 3 langkah kegiatan pembelajaran yaitu orientasi, eksplorasi, dan refleksi. Aktivitas pembelajaran dapat dilaksanakan dimanapun selama dalam bingkai membangun pengetahuan peserta didik
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR Yanti Yandri Kusuma
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v3i1.832

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar.Siswa pada mata pelajaran PKN Pencerminan Satu Nusa dan Satu Bangsa dengan menggunakan model pembelajaran Probing-Promting pada siswa kelas III SDN Tunggal Yunus.Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2020. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 20 orang, dengan jumlah laki-laki 10 orang, dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan dokumentasi. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKN, siklus I tergolong cukup dengan rata-rata 67,8%. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 94,2%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Probing-Promting dapat meningktakan aktivitas belajar PKN siswa kelas III SD Tunggal Yunus.
PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA Dimas Afif Kurniawan
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v3i1.720

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran, sesuai dengan Kurikulum 13 yang mengharapkan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Penelitian yang diawali dengan merumuskan masalah, kemudian menelusuri beberapa hasil penelitian yang revelan untuk dianalisis serta menarik kesimpulan dari hasil penelitian yang sudah ditemukan. 3 hasil penelitian yang telah dianalisis penulis menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta 3 hasil penelitian lain yang telah dianalisis penulis menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran monopoli juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena sebelum melaksanakan permainan siswa diminta untuk mempelajari materi dengan baik. Dari hasil meta analisis yang telah dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran monopoli cukup efektif dan bisa menjadi salah satu pilihan guru untuk dijadikan media saat proses belajar mengajar. Dari penggunaan media ini siswa dapat belajar dan bermain sehingga menambah minat belajar siswa
Studi Komparatif Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun yang Mengikuti Pendidikan Non-Formal dan yang Tidak Mengikuti Pendidikan Non-Formal di Tk Se-Kecamatan Logas Tanah Darat Aulia Vendik Nadila; Febrialismanto Febrialismanto; Yeni Solfiah
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v3i1.863

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun anak yang mengikuti pendidikan non-formal, mengetahui kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun anak yang tidak mengikuti pendidikan non-formal, serta perbedaan diantara keduanya dengan objek penelitian di TK- Se-Kecamatan Logas Tanah Darat Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode komparatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan non formal memberikan pengaruh terhadap kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun. Terdapat perbedaan kemampuan keaksaraan awal antara anak usia 5-6 tahun yang diberikan pendidikan non formal dengan anak usia 5-6 tahun yang tidak mengikuti pendidikan non formal.
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA GATOTKACA TERBANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Ahmad Ipmawan Kharisma
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v3i1.828

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa proses pembelajaran di sekolah guru hampir tidak pernah menggunakan alat peraga yang dapat digunakan sesuai dengan konsep yang akan diajarkan. Bahkan, siswa lebih bersemangat ketika guru menggunakan alat peraga, terutama dalam matematika. Masalah yang diteliti adalah "Apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga terbang Gatotkaca pada hasil belajar matematika pada siswa kelas tiga?" Dan tujuan yang ingin diperoleh untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga Gatotkaca terbang terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas III. Jenis penelitian adalah peneliti kuantitatif dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dan jenis tes awal dan akhir, menggunakan sampel penuh dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling untuk menentukan kelas kontrol dan eksperimen. Populasi penelitian adalah semua kelas III di SDN Dukuh Menanggal II/425 Surabaya, sampel yang digunakan kelas III A dan III B terdiri dari masing-masing 26 siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Dari hasil yang diperoleh validitas data RPP sehubungan dengan beberapa aspek yang dinilai dapat dikategorikan baik. Sebelum melakukan tes, peneliti menguji normalitas dan menguji homoginitas kelas eksperimen dan kelas kontrol, peneliti dapat membuktikan bahwa baik kelas normal maupun homogen. Kemudian untuk hasil uji t diperoleh t hitung atau 2,12> 1,67 Jadi, H0 ditolak, dapat dinyatakan, karena H1 diterima, artinya alat peraga Gatotkaca terbang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas III SDN Dukuh Menanggal II/425 Surabaya.
HUBUNGAN POSITIVE PARENTING DENGAN KEKERASAN TERHADAP ANAK DI TK CENDANA RUMBAI KOTA PEKANBARU Yandestri Simorangkir; Yeni Solfiah; Febrialismanto Febrialismanto
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v3i1.864

Abstract

Penelitian ini didasar oleh peneliti di TK Cendana Rumbai Kota Pekanbaru. Pengamatan yang dilakukan ialah mengenai kekerasan terhadap anak, dimana tingkat kekerasan terhadap anak tiap tahun persentase selalu bertambah dan sering terjadi di lingkungan rumah. Dalam mengurangi kekerasan terhadap anak diperlukan parenting yang tepat. Positive parenting merupakan pengasuhan berdasarkan kasih sayang, saling menghargai, membangun hubungan yang hangat antara orang tua dan anak, serta menstimulasi tumbuh kembang anak agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian ini dilakukan di TK Cendana Rumbai Kota Pekanbaru dari bulan Februari sampai Maret 2020 dengan menyebarkan angket/kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang tua di TK Cendana Rumbai Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket/kuisioner . Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan menggunakan SPSS Windows Ver. 20. Dari hasil analisis data diperoleh thitung 3,222 karena nilai (Sig.2-tailed) = 0,000
PENGARUH PERMAINAN ROULETTE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA PEKANBARU Theresia Maranatha Simanjuntak; Daviq Chairilsyah; Yeni Solfiah
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v3i1.829

Abstract

Penelitian ini didasari oleh peneliti di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru. pengamatan yang dilakukan ialah mengenai kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak, dimana kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak belum berkembang dengan baik. Kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan salah satu kemampuan yang diajarkan di PAUD dan merupakan kemampuan dasar yang krusial karena akan menjadi dasar bagi penguasaan konsep-konsep matematika selanjutnya dijenjang pendidikan berikutnya. Dalam pengenalan konsep bilangan pada anak diperlukan cara dan stimulasi yang tepat dan menyenangkan, salah satunya ialah dengan kegiatan bermain.. Permainan roulette ialah permainan modifikasi dari permainan judi, dimana permainan ini dirancang sesuai dengan tahap perkembang usia anak, sehingga kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina 2 Kota Pekanbaru dari bulan Februari 2020 sampai dengan bulan Maret 2020 untuk observasi dan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design dengan jumlah sampel sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Teknik analisi data menggunakan uji t-test dengan menggunakan SPSS Windows Ver. 20. Dari hasil analisis data diperoleh thitung 14,916 karena nilai (Sig.2-tailed) = 0,00
HUBUNGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN ADVERSITY QUOTIENT PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK SE-KOTA PEKANBARU Repsi Mei Atalia; Daviq Chairilsyah; Febrialismanto Febrialismanto
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v3i1.866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesejahteraan psikologis dengan adversity quotient orang tua yang memiliki anak usia dini berkebuthan khusus. Jenis penelitian ini adalah bersifat korelasi. Popolasi penelitian ini adalah Orang Tua Yang Memiliki Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus Di TK Se-Kota Pekanbaru. Sampel yang digunakan sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi hubungan antara kesejahteraan psikologis dengan adversity quotient orang tua yang memiliki anak usia dini berkebutuhan khusus di TK se-Kota Pekanbaru dengan arah hubungan yang positif. Persentase pengaruh kesejahteraan psikologis terhadap adversity quotient orang tua adalah sebesar 25,2%, sedangan sisanya dipengaruhi faktor lain.
THE EFFECT OF BOUNCING LETTERS GAME ON THE ABILITY OF THE EIGHTH GRADER STUDENTS ’ IN WRITING NOTICES Afore Tahir Harefa
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v3i1.831

Abstract

Writing the notices becomes one necessary activity before composing the announcements form, displaying information, sharing ideas for the other people, and then putting it into written language form. The Population of this research is the eighth-grader students of SMP Negeri 1 Mandrehe Utara. The eighth-grader's syllabus expected the students to be able to convey something in written notices form. Still, in reality, the students cannot carry something appropriately in the written way of notification. The purpose of this research is to find out whether there is a significant effect of using Bouncing Letters Game on the students' ability in writing notices in the eighth grade of SMP Negeri 1 Mandrehe Utara. The researcher applied quasi-experiment design as a research design. The instrument test that used in this research is an essay test. Then, the researcher did the internal and external validity to validate the instrument test. Afterward, the researcher gave the pretest to both experimental and control classes. The mean mark of pretest for the innovative quality was 63.00 adequate classified while in the control class was 53.50 classified less. The data of pretest for the experimental type was X2 count 3.58 ≤ X2 table 7.82, and in control, the course was X2 count 2.39 ≤ X2 table 7.82 so, both of the data in pretest stated normal distribution. The examination result of homogeneity in pretest was ftable 1.86 ≥ Fcount 1.33 means the sample was homogenous. After did a treatment, the researcher gave a posttest to both experimental and control classes. The mean marks of the posttest for the innovative level are 73.33 classified good, while the control class is 63.67 classified as adequate. The result of hypothesis testing (t-test) was tcount 5,110 ≥ ttable 2.002 so, Ha is acceptable, and H0 is unacceptable. It means that there is a significant effect of using Bouncing Letters Game on students' ability in writing notice in the eighth grade of SMP Negeri 1 Mandrehe Utara in 2013/2014.
PERSEPSI GURU TENTANG PENGGUNAAN LOOSE PARTS DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD SE- KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU Mastuinda Mastuinda; Zulkifli Zulkifli; Febrialismanto Febrialismanto
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v3i1.868

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang penggunaan loose parts dalam pembelajaran di PAUD se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dilakukan di Kecamatan Tampan Pekanbaru yang terdiri dari 42 subyek terdiri dari 35 lembaga PAUD, maka diperoleh kesimpulan bahwa guru PAUD Se-Kecamatan Tampan memiliki persepsi yang kurang baik dalam hal persepsi guru tentang penggunaan loose parts. Berdasarkan hasil penelitian pengetahuan guru PAUD Se-Kecamatan Tampan secara keseluruhan yaitu mendapat persentase 58,60% yang terdiri dari tiga indikator yaitu: menyerap, memahami dan menerapkan/aplikasi. Adapun setiap indikator memiliki persentase, indikator menyerap 56,43%, indikator memahami 59,69% dan menilai dengan persentase 59,06%. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui data primer yaitu dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan menggunakan angket.

Page 1 of 2 | Total Record : 18