cover
Contact Name
Mufarizuddin
Contact Email
zuddin.unimed@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
zuddin.unimed@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
ISSN : 2655710X     EISSN : 26556022     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a national, multidisciplinary, peer-reviewed, open access journal that promotes the publication of scientific articles in all fields of basic education. As a multidisciplinary journal, the Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) recognizes various approaches, disciplines, methodologies and paradigms. This relates to basic education in general with special attention to improving pedagogical practices, curricular development, and theoretical perspectives.
Arjuna Subject : -
Articles 31 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021" : 31 Documents clear
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN IKIP GUNUNGSITOLI PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KONSTRUKSI Aprianus Telaumbanua
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v4i1.1903

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada matakuliah manajemen konstruksi melalui penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 Pendidikan Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli TA 2020/2021 sebanyak 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Sedangkan teknis analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran cooperatif learning tipe STAD pada matakuliah manaemen konstruksi dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar.
ANALISIS KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGENAI MATERI BILANGAN BULAT DI KALANGAN SD PADA MASA PANDEMI Adzra Afifah Mahmuda; Maylinda Dwi Astuti; Akmal Hisyam Mikdadi; Achmad Ryan Ma'sum Saputra; Darmadi Darmadi
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v4i1.1827

Abstract

Filsafat ilmu dan Pendidikan memiliki peran yang besar dalam membentuk karakteristik media pembelajaran matematika. Dalam filsafat ini terdapat beberapa aspek dan dimensi yang menjadi landasan pembuatan media pembelajaran matematika yaitu aspek ide dan fakta, serta dimensi abstrak dan konkret baik secara teoritis maupun praktis. Dalam pembelajaran matematika sedikit banyaknya siswa yang masih kesulitan dalam belajar berhitung dan kekeliruan dalam menyelesaikan soal cerita, apalagi dimasa pandemi COVID-19. Maka dampak pandemi COVID-19 ini siswa menjadi kesulitan menerima Pendidikan karakter secara langsung dari guru-gurunya di sekolah. Kesulitan yang sering dialami oleh siswa yaitu kebingungan saat menentukan operasi hitung yang akan dipakai dan kesulitan saat mengerjakan soal cerita karena kurang mampu memahami maksud soal. Maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan siswa SD kelas IV dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat dan solusi pemecahannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap Sekolah Dasar Negeri 01 Kartoharjo Kota Madiun Jawa Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Bedasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam pembelajaran Operasi Bilangan Bulat, siswa masih belum mampu mengerjakan dengan baik, masih kuang teliti dalam mengerjakan, dan masih terkesan sangat buru-buru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, alternatif yang diberikan pada saat penelitian adalah memberikan bimbingan untuk memaknai isi dari soal yang diberikan, setelah siswa dapat memaknai isi dari soal kemudian siswa diminta untuk menyelesaikan soal tersebut.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS ANEKDOT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS VI SD NEGERI 071078 HILIWETO GIDO Dameria Harefa
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v4i1.1941

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan siswa menyusun teks anekdot melalui model pembelajaran cooperative script di kelas VI SD Negeri 071078 Hiliweto Gido tahun pembelajaran 2020/2021. Kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 071078 Hiliweto Gido tahun pembelajaran 2020/2021 berjumlah 20 orang. Laki-laki sebanyak 8 orang dan perempuan sebanyak 12 orang. Hasil tes kemampuan menyusun teks anekdot terendah pada siklus I rata-rata nilai = 54,42%, dan tertinggi pada siklus II rata-rata = 89%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama = rata-rata 53,33% predikat “Kurang” dan pertemuan kedua rata-rata = 65,55% predikat “cukup”. dan siklus II pertemuan pertama = rata-rata 78,33% predikat “Cukup”, sedangkan pada pertemuan kedua rata-rata = 89,44% predikat “Baik”. Hasil observasi peneliti pada siklus I pertemuan pertama rata-rata 58,20%, dan pertemuan kedua rata-rata 60,52 %, dan pada siklus II pertemuan pertama meningkat rata-rata 71,01%, dan pada pertemuan kedua rata-rata 80,26%. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) ada peningkatan kemampuan menyusun Teks Anekdot melalui model pembelajaran cooperative script siswa kelas VI SD Negeri 071078 Hiliweto Gido tahun pembelajaran 2020/2021; 2) aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui model pembelajaran cooperative script meningkat karena melalui pembelajaran ini melibatkan siswa berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Saran yang diajukan penulis: 1) diharapkan para pendidik dapat memilih model pembelajaran cooperative script sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa; 2) sebaiknya setiap guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan
HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN KEDISIPLIAN GURU DI TK DURI KECEMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS Winda Pratiwi; Zulkifli N; Yeni Solfiah
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v4i1.1665

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru dengan Kedisiplinan Guru di TK Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Kompetensi guru merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pedidikan yang dilakasanakan, dan kepribadian guru adalah cermin dalam sikap dan perbuatan guru dalam membina dan membimbing anak didiknya. Sedangkan kedisiplinan guru merupakan sifat dari pertanggung jawab individu untuk melaksanakan segala sesuatunya dengan tepat waktu. Adapun jumlah populasi ini adalah 45 orang guru dengan sampel 45 0rang guru digunakan yaitu korelasi person product moment untuk melihat hubungan variabel kompetensi kepribadian guru dengan kedisiplinan guru. Teknik pengumpulan data yaitu berapa angket dengan mengunakan skala likert. Teknik analisa data menggunakan ujicoba skala dan analisa metode statistik dengan program SPSS for windows ver.23. berdasarkan hasil yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru dengan kedisiplinan guru di TKDuri kecamatan Mandau kabupaten Bengkalis. Hal ini dapat diketeahui dari nilai koefesien sebesar rxy=0,031 dan taraf signifilkasi 0,000
PENGEMBANGAN MEDIAVISUAL OUTDOOR UNTUK KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN Feber D Tarigan
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v4i1.1868

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu berupa media Visual Outdoor untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development Brog & Gall. Prosedur pengembangan terdiri dari beberapa tahap yakni potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk dan revisi produk. Dalam penelitian ini tidak ada uji coba media ke TK dikarenakan pandemi Covid-19. Dari analisis data dapat dilihat bahwa hasil penilaian dari validator ahli materi memperoleh persentase sebesar 82% dalam kategori sangat layak, validasi dari ahli media sebanyak 74%, dinyatakan layak, dengan saran penambahan contoh lebih banyak agar meningkatkan kreativitas anak. Selanjutnya penilaian oleh 5 guru TK yang sertifikasi mendapatkan persentasi sebesar 83% menyatakan sangat layak untuk digunakan di sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Visual Outdoor layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pengenalan bentuk geometri pada anak usia 4-5 Tahun.
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIKULTURALISME AGAMA MELALUI METODE HYPNOTEACHING Yayah Robiatul Adawiyah; Istibsyaroh Istibsyaroh; Aulia Nuriyatir Rofi’ah
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v4i1.1721

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan study lapangan oleh penulis pada bulan November 2020 di Institut Dirosat Islamiyah Al- Amien Fakultas Ushuluddin bahwa dari beberapa mahasiswa pada tahun sebelumnya masih mengalami kesulitan dalam berbahasa khususnya yang berkaitan dengan bahasa Arab pada materi jurusan mereka yang berhubungan dengan hal keagamaan. Problematika ini menurut hemat penulis bersumber pada sistem terpisah dalam pembelajaran bahasa Arab pada materi mereka. Selain itu kandungan isi materi bahasa pada materi jurusan mereka yang berhubungan dengan hal keagamaan masih banyak yang berbasis monokultural. Dari hasil tahap analisis mahasiswa/i membutuhkan bahan ajar dan metode penunjang lain yang lebih interaktif dan inovatif yang mana bisa membantu mengatasi kesulitan mereka dalam pembelajaran bahasa Arab. Berangkat dari kondisi dalam proses belajar mengajar tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti bagaimana proses Institut Dirosat Islamiyah Al- Amien Fakultas Ushuluddin menerapkan pembelajaran bahasa Arab berbasis multikulturalisme agama melalui metode hypnoteaching sebagai solusi dari permasalahan pembelajaran bahasa Arab sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana penelitian kualitatif sebagai metode ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penulis menggunakan teknik sampling purposive untuk menentukan informan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran bahasa Arab berbasis multikulturalisme agama melalui metode hypnoteaching pada Fakultas Ushuluddin pengajaran materi bahasa Arab terpadu ini menuntut mahasiswa/i untuk mempraktekkan keterampilan–keterampilan dalam rangkaian yang tidak terputus–putus. Sehingga pada akhirnya pengajaran bahasa akan menjadi aktif dan komunikatif. Sedangkan kelebihan dari implementasi integrasi tersebut terlihat pada segi kontinuitas,Input sebelum Output, realistik, kritis, analitis, dan ilmiah yang membuat pikiran mahasiswa/i menjadi lebih rileks, nyaman, meditatif, terkendali, dan fokus dengan metode hypnoteaching. Sedangkan kekurangannya adalah masih ditemukan urutan pengajaran keterampilan bahasa yang masih kurang sistematis dalam urutannya juga langkah metode hypnoteaching yang kurang lengkap yang membuat cakupan tujuan dari metode hypnoteaching tersebut kurang lengkap dalam mencetak gol yang dituju.
APLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA MAHASISWA PGSD Karina Wanda; Indah Pratiwi
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v4i1.1919

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah konsentrasi IPS Prodi PGSD. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran lightening the learning climate. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pada mata kuliah konsentrasi IPS Prodi PGSD dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan dalam tiap siklus terdiri dalam dua pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi PGSD dengan jumlah mahasiswa 40 orang. Sedangkan objek penelitian adalah upaya peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah konsentrasi IPS. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, teknik angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran lightening the learning climate dapat meningkatkan motivasi belajar mata kuliah konsentrasi IPS Prodi PGSD FKIP UMSU. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar mahasiswa dari 25 indikator motivasi sebelum dilakukan tindakan motivasi belajar mahasiswa diperoleh rata-rata 56% berada pada interval 41-60 dengan kategori rendah. Terjadi peningkatan yaitu pada siklus I yaitu 68% berada pada interval 61-80 dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan yaitu 81% berada pada interval 81-100 dengan kategori Tinggi.
ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY , FIRM SIZE DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019 Ike Rukmana Sari; Anita M. Pasaribu; Lena Manalu
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v4i1.1841

Abstract

Penelitian dilakukan guna mengetahui pengaruh, menganalisis, dan juga mendapatkan pemahaman apakah Current Ratio, Debt to Equity, Firm Size dan Kepemilikan Manajerial secara bersama-sama maupun individu berpengaruh terhadap Profitabilitas pada perusahaan Manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Pendekatan Kuantitatif ialah pendekatan yang dipakai dalam penelitian kami. Penelitian asosiatif merupakan jenis penelitian yang kami pakai dalam riset ini, sebab meneliti hubungan atau pengaruh data. Regresi Linear adalah metode yang digunakan peneliti untuk menganalisis hasil dari penelitian kami. Ada 51 populasi perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi tahun 2017-2019 dengan sampel sebanyak 72 perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi periode 2017-2019. Variabel pada penelitian ini juga mempengaruhi variabel independen, Current Ratio, Debt to equity, Firm size dan Kepemilikan Manajerial berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Dari hasil pengujian dapat diketahui besaran nilai R square(R2) sebesar 0,049 atau bernilai 0,49%. Penelitian dicoba dengan tata cara metode regresi linear berganda serta hipotesis uji memakai proses SPSS 26.
PENTINGNYA ADMINISTRASI KAMPUS UNTUK KEMAJUAN PENDIDIKAN DI UPI YPTK PADANG Devi Syukri Azhari
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v4i1.1709

Abstract

Kampus merupakan instansi pendidikan yang terintegrasi antara komponen yang satu dengan yang lain. Salah satu komponen pendukung yang penting dalam instansi pendidikan, dalam hal ini Kampus adalah tenaga administrasi. Peran dari tenaga administrasi Kampus sangatlah penting dalam mendukung kesuksesan dan kelancaran tata administrasi Kampus. Di dalam menangani tata adminsitrasi Kampus dibutuhkan suatu keahlian dan kemampuan yang cukup dalambidang administrasi. Oleh karena itu sumberdaya manusia dalam hal ini tenaga administrasi menjadi komponen yang penting dalam suatu Kampus. administrasi adalah keseluruhan proses pelaksanaan daripada keputusan yang telah diambil dan pelaksanaan itu pada umumnya dilakukan oleh dua orang manusia atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilaksanakan oleh sekelompok orang dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA IBU YANG BEKERJA DAN IBU YANG TIDAK BEKERJA DI TK NURUL YAQIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR Jelfita Jelfita; Daviq Chairilsyah; Febrialismanto Febrialismanto
Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jrpp.v4i1.1666

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal dilapangan ditemukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan motorik halus anak dalam proses pembelajaran, hal ini terlihat ketika sebagian anak belum dapat menyelesaikan tugasnya sesuai arahan dari gurunya, sebagian anak belum mampu berkonsentrasi dalam melakukan tugasnya, sebagian anak belum mampu mengkoordinasikan antara mata dan tangan yang cermat, sebagian anak belum mampu berekreasi dan sebagainya. Teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Berdasarkan analisis pengolahan data hasil kemampuan motorik halus anak usia 5-6 Tahun yang diasuh oleh ibu yang bekerja di TK Nurul Yaqin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar diperoleh jumlah nilai 147 dengan rata-rata persentase 49,00% berada pada kriteria mulai berkembang (MB). Dan hasil kemampuan motorik halus anak usia 5-6 Tahun pada ibu yang tidak bekerja di TK Nurul Yaqin Kecamatan Tapung Kabupaten kampardiperoleh jumlah nilai 230 dengan rata-rata persentase 79,67% berada pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan hasil hipotesis dapat diketahui bahwa kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun pada ibu yang tidak bekerja lebih baik dibandingkan ibu yang bekerja di TK Nurul Yaqin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Page 1 of 4 | Total Record : 31