cover
Contact Name
Hidayatul Khusnah
Contact Email
hidayatul.khusnah@unusa.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
hidayatul.khusnah@unusa.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Accounting and Management Journal
ISSN : 25799609     EISSN : 24799614     DOI : https://doi.org/10.33086/amj
Core Subject : Science,
Accounting and Management Journal is a scientific peer-reviewed journal published by Faculty of Economics and Business, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia. Since Established in 2017, AMJ is intended Provide a medium for dissemination of original and quality research on various topic in Accounting and management. The Journal calls for articles reporting the research result on accounting and management to be published two times a year (July and December).
Arjuna Subject : -
Articles 105 Documents
ANALISIS KEBIJAKAN DIVIDEN DI INDONESIA TAHUN 2013-2017 Ninnasi Muttaqiin
JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 3 No 1 (2019): Accounting and Management Journal
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/amj.v3i1.1181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen pada perusahaan non-keuangan di Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini adalah return on equity (ROE), current ratio (CR), debt to equity ratio (DER), ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan free cash flow (FCF), sedangkan variabel dependen yaitu kebijakan dividen diproksikan dengan penggunaan variabel dividend payout ratio (DPR). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan non-keuangan yang terdaftar di BEI selama tahun 2013 hingga 2017. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang menghasilkan sampel berjumlah 12 perusahaan. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah SPSS versi 21. Penelitian ini memberikan hasil bahwa ROE berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen. CR, DER, dan FCF berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen. Ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen.
Dampak Realisasi Tax Amnesty Terhadap Industri Pasar Modal melalui Dana Repatriasi In’am Widiarma
JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 3 No 1 (2019): Accounting and Management Journal
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/amj.v3i1.1187

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kebijakan pengampunan pajak secara efektif melalui aliran dana yang masuk ke industri Pasar Modal. Dengan adanya beragam instrumen investasi di Pasar Modal sangat memungkinkan sebagai penampungan dana atau harta kekayaan wajib pajak yang ada di luar negeri untuk melakukan repatriasi yaitu pembalikan dana ke Indonesia. Pada tahun 2018 keterbukaan informasi perpajakan dan perbankan (Pertukaran Informasi secara Otomatis) secara internasional agar tidak ada satu negarapun di dunia yang bisa menyembunyikan harta kekayaan wajib pajak yang ada diluar negeri atau sebaliknya. Dana yang besar masuk ke industri Pasar Modal dapat meningkatkan likuiditas di bursa maupun di lembaga-lembaga keuangan di pasar modal. Akibat dari hal tersebut elemen-elemen yang ada di pasar modal seperti emiten BUMN, emiten swasta maupun pemerintah dapat melakukan financing atau pendanaan yang hasilnya diperuntukan untuk modal usaha, membuka lapangan pekerjaan dan pembangunan perekonomian negara. Oleh karena itu dengan adanya repatriasi merupakan kontribusi nyata warga indonesia untuk membangun bangsa Indonesia yang bermartabat.
Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tegowati Tegowati
JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 3 No 1 (2019): Accounting and Management Journal
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/amj.v3i1.1188

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh desain produk, kualitas produk, promosi dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian konsumen. Sampel yang digunakan yaitu pengguna smartphone Samsung sebanyak 100 yang berlokasi di mall Plaza Marina Surabaya. Teknik Samplingnya menggunakan nonprobability sampling, yaitu accidental sampling. Teknik data menggunakan Structural Analysis Modelling (SEM) dengan software AMOS 22. Berdasarkan pembahasan terhadap hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, maka kesimpulannya adalah sebagai berikut: 1) Tidak terdapat pengaruh positif antara desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini disimpulkan berdasarkan output koefisien parameter yang TIDAK SIGNIFIKAN pada 0,001 (p = 0,130) dengan standardized koefisien parameter sebesar -0,389. 2) Tidak terdapat pengaruh layanan purna jual terhadap keputusan pembelian. Hal ini disimpulkan berdasarkan output koefisien parameter yang TIDAK SIGNIFIKAN pada 0,001 (p = 0,681) dan nilai standardized koefisien parameter sebesar -0,098. 3) Terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Kesimpulan ini berdasarkan nilai standardized koefisien parameter sebesar 0,740 dengan nilai p yang SIGNIFIKAN yaitu p 0,001 (p = ***). 4) Tidak terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. kesimpulan ini berdasarkan output koefisien parameter yang TIDAK SIGNIFIKAN pada 0,001 (p = 0,012) dan nilai standardized koefisien parameter sebesar 0,676.
PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI CV. SURYA PRIMA SOLUSINDO SURABAYA Wisnu Priambodo
JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 3 No 1 (2019): Accounting and Management Journal
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/amj.v3i1.1189

Abstract

Kinerja Karyawan dapat dilihat dari proses kerja atau hasil kerja. Suatu pekerjaan selalu mempunyai langkah-langkah (prosedur) kerja, prosedur kerja selalu mengarah pada peningkatan hasil pekerjaan yang sesuai dengan tuntutan kerja. Tujuan penelitian ini didasarkan penyataan Menurut Sedarmayanti (2011) mengungkapkan bahwa :“Kinerja merupakan terjemahan dari performance yang berarti Hasil kerja seorang pekerja, sebuah proses manajemen atau suatu organisasi secara keseluruhan, dimana hasil kerja tersebut harus dapat ditunjukkan buktinya secara konkrit dan dapat diukur (dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan)”. Populasi dalam penelitian ini adalah pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di CV SURYA PRIMA SOLUSINDO. Sampel yang diambil adalah sempel punuh Sedangkan menurut Arikunto (2016) “Penentuan pengambilan Apabila kurang dari 100 lebih baik diambil semua hingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Temuan penelitian menunjukan hasil bahwa . didapatkan bahwa signifikkan bernilai 0.030 yang mana α atau sama dengan 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan Ha diterima yang artinya motivasi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kinerja.
PERBANDINGAN LOGO, WARNA DAN KEMASAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK: STUDI PADA EXPO DI UNIVERSITAS NEGERI MATARAM, NTB Reizano Amri Rasyid
JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 3 No 1 (2019): Accounting and Management Journal
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/amj.v3i1.1191

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih seperti sekarang ini, menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi sebuah produk, keadaan tersebut memunculkan persaingan yang semakin ketat. Strategi persaingan agar tetap eksis dan berkembang yaitu dengan memperhatikan Logo, Warna dan Kemasan pada produk tersebut. Perusahaan memerlukan umpan balik dari konsumen untuk melihat seberapa baik logo yang dilakukan, serta apa yang dipikirkan konsumen ketika mereka melihat logo, warna dan kemasan tersebut. Adapun permasalahan yang akan dibahas adalah Pengaruh Logo, Warna dan Kemasan Terhadap Penjualan Suatu Produk Pada Expo Produk UKM di UNRAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh logo, warna dan kemasan terhadap penjualan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pengaruh logo, warna dan kemasan terhadap penjualan. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan metode non probability. Sampel yang diambil 100 responden pelanggan Expo UNRAM. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi sederhana.
DETERMINAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN RETAIL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Ahmad Miftahuddin; Arya Samudra Mahardhika
JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 3 No 2 (2019): Accounting and Management Journal
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/amj.v3i2.1316

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Likuiditas yang di proksikan dengan Current Ratio, Profitabilitas yang di proksikan dengan Return On Equity, dan Leverage yang di proksikan dengan Debt to Equity Ratio terhadap harga saham pada perusahaan Retail periode 2015-2017. Populasi pada penelitian ini adalah semua perusahaan yang masuk di dalam sektor Retail periode 2015-2017. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Current Ratio tidak berpengaruh terhadap harga saham, Return On Equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, dan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap harga saham.
DAMPAK MEDIASI MORAL REASONING PADA PENGARUH ORGANIZATIONAL ETHICAL CULTURE TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI Hidayatul Khusnah; Heni Agustina
JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 3 No 2 (2019): Accounting and Management Journal
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/amj.v3i2.1403

Abstract

The purpose of this study is to investigate the mediating effect of moral reasoning on the influence of organizational ethical culture on the tendency of accounting fraud. This research was conducted at manufacturing companies listed in the guide book PT. SEER. The sample in this study is the financial manager or accounting manager. The number of samples in this study were 63 respondents. Total questionnaires distributed were 78 questionnaires, but as many as 65 questionnaires were returned, there were 2 questionnaires that were not filled out completely, so were excluded from testing. The hypothesis in this study was tested using Structural Equation Modeling (SEM) with an alternative method of Partial Least Square (PLS) using WarpPLS 5.0 software. The results of this study indicate that organizational ethical culture has a positive effect on moral reasoning and the tendency of accounting fraud. The next finding is moral reasoning has a positive effect on the tendency of accounting fraud.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENDAPATAN DENGAN METODE POSTING LANGSUNG : (Studi Kasus: Toko Oong) Marsani Asfi; Suwandi Suwandi; Paulina Heriadi Setiadi
JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 3 No 2 (2019): Accounting and Management Journal
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/amj.v3i2.1406

Abstract

Siklus Pendapatan adalah proses untuk menyediakan barang atau jasa kepada pelanggan dan merubah barang atau jasa tersebut menjadi penerimaan kas. Penerimaan kas perusahaan berasal dari dua sumber utama yaitu penerimaan kas dari penjualan tunai dan penerimaan kas dari penagihan piutang. Toko OONG merupakan salah satu toko yang pendapatannya berasal dari penjualan tunai dan penagihan piutang. Toko OONG bergerak di bidang perdagangan. Toko OONG berdiri tahun 1990 oleh Alm. Oong Effendy beserta istrinya, Nani Hidayati. Pada tahun 2018, Toko OONG dijalankan oleh Nani Hidayati. Toko OONG menjual berbagai jenis sembako seperti sabun, kopi, indomie, terigu, dan kebutuhan pokok lainnya. Toko ini melayani penjualan tunai dan penjualan kredit. Untuk pelanggan yang melakukan kredit hanya untuk daerah sekitar toko. Penelitian ini menggunakan metode posting langsung, dimana nota penjualan kredit akan diposting secara harian ke dalam kartu piutang dan pernyataan piutang sebagai tembusannya. Pembuatan aplikasi diawali dengan tahap analisis dan perancangan sistem yang akan digunakan untuk perancangan dan pembuatan aplikasi dengan metode posting langsung ke dalam kartu piutang dan pernyataan piutang. Hasil akhir dari pembuatan aplikasi ini adalah kartu piutang, pernyataan piutang, jurnal penerimaan kas, jurnal penjualan dan buku besar yang akan digunakan oleh pemilik untuk mengetahui jumlah pendapatan toko dilihat dari penerimaan kas penjualan tunai maupun penerimaan kas penagihan piutang.
PERBEDAAN METODE PRICING, KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PASAR TRADISIONAL Donny Arif; Nikma Yucha; Ratna Ekasari; Wulan Purnamasari
JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 3 No 2 (2019): Accounting and Management Journal
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/amj.v3i2.1407

Abstract

Pasar tradisional merupakan salah satu titik kumpul perekonomian masyarakat. Sedangkan pasar tradisional identik dengan kumuh, bau, kotor dan sebagainya. Perlunya strategi pengembangan pasar tradisional agar pasar tradisional tetap menjadi pilihan pembeli untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Pengembangan pasar memang tidaklah mudah, revitalisasi pasar memakan biaya yang tinggi. Pasar yang ingin berkembang dengan bantuan pemerintah melalui kebijakan revitalisasi pasar hendaknya tidak hanya menghasilkan kemajuan yang tampaknya nyaman secara fisik. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dilokasi penelitian dengan melakukan pengamatan tentang suatu fenomena dalam keadaan ilmiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode pengumpulan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pasar Krisna Madubronto Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi harga, keberagaman produk, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Pasar digital
PENCAPAIAN KINERJA PERUSAHAAN KELUARGA MELALUI TINGKAT KESIAPAN SUKSESOR DAN HUBUNGAN ANTAR ANGGOTA KELUARGA DAN BISNIS Wahyudi Henky Soeparto
JURNAL AKUNTANSI DAN MANAJEMEN Vol 3 No 2 (2019): Accounting and Management Journal
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/amj.v3i2.1412

Abstract

Perusahaan keluarga merupakan salah satu penyumbang produk domestik bruto (PDB) terbesar di Indonesia. Universitas Ciputra memfasilitasi mahasiswa calon penerus perusahaan keluarga dengan membuat guild family business. Rencana suksesi dan komunikasi merupakan hal yang penting bagi perusahaan keluarga. Perusahaan keluarga harus mendidik suksesor yang potensial agar rencana suksesi dapat berlajan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tingkat kesiapan suksesor terhadap kinerja perusahaan keluarga; menguji pengaruh hubungan antar anggota keluarga dan bisnis terhadap kinerja perusahaan keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Family Business Community Universitas Ciputra dengan jumlah sampel yang berjumlah 93 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Tingkat Kesiapan Suksesor berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Perusahaan Keluarga; dan variabel Hubungan Antar Anggota Keluarga dan Bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Perusahaan Keluarga.

Page 1 of 11 | Total Record : 105