cover
Contact Name
Khaeroni
Contact Email
khaeroni@uinbanten.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
oman.farhurrohman@uinbanten.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
ISSN : 24073571     EISSN : 26544245     DOI : -
Core Subject : Education,
IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Arjuna Subject : -
Articles 91 Documents
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA POKOK BAHASAN SUMPAH PEMUDA MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE Humairoh Humairoh; Sabri Sabri
Ibtida’i Vol 3 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengikuti pelajaran PKn di kelas III sehingga hasil belajarnya rendah dan belum mencapai indikator kecapaian yang telah ditetapkan. Salah satu penyebabnya adalah sebagian besar siswa yang menganggap pelajaran PKn cenderung membosankan. Salah satu solusi mengatasi permasalahan tersebut, adalah penggunaan strategi think talk write untuk meningkatkan hasil belajarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan model penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc.Taggart. Sedangkan instrument penggumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisa dari lembar observasi aktifitas belajar siswa dengan menggunakan strategi think talk write siswa dapat menunjukan kemampuannya dalam belajar terutama pada materi pelajaran PKn dengan baik dan mandiri. Di samping itu hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dengan nilai rata-rata mencapai 53,2 dengan persentase ketuntasan 56% dan siklus II dengan nilai rata-rata mencapai 79,2 dengan persentase ketuntasan 84%. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan strategi think talk write pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sumpah pemuda dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Itu dilihat dari kenaikan nilai hasil belajar siswa dari pra siklus sampai ke siklus II mencapai 39,2%.
PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG CAMPURAN Eulis Martiani; Wida Rachmiati
Ibtida’i Vol 3 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masih banyak siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran Matematika, dikarenakan kemampuan siswa dalam memahami matematika masih rendah dan pemahaman yang dimiliki oleh siswa tidak dapat bertahan dengan lama. Oleh karena itu, untuk membangkitkan motivasi anak dalam belajar guna menjadikan memori jangka panjang terhadap pengalaman belajarnya dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika salah satunya adalah melalui model Problem Posing. Hasil belajar matematika setelah menggunakan problem posing pada siswa kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin Sidadung secara bertahap meningkat. Pada siklus I ketuntasan siswa mencapai 67,74% dari target indikator pencapaian materi yang ditetapkan yaitu 75% dengan KKM 65 dan meningkat pada siklus II menjadi 77,74%.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERDIALOG BERDASARKAN TEKS PERCAKAPAN MELALUI METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Iin Inayatul Fauziah; Birru Muqdamien
Ibtida’i Vol 2 No 2 (2015): Desember 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif ketika proses pembelajaran di kelas, siswa acuh ketika guru menerangkan materi pelajaran, dan guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang menarik sehingga tidak menciptakan rasa antusias siswa untuk semangat belajar. Hasil yang diambil dari penelitian ini yaitu di mana rata-rata kelas meningkat dari awalnya hanya 60,62 di pra siklus, menjadi 72,87 di siklus I dan meningkat menjadi 75,59 pada Siklus II. Peningkatan terjadi terlihat juga pada ketuntasan belajar siswa dari awalnya 28,12% menjadi 87,5% di siklus i dan meningkat menjadi 96,87% pada siklus II.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE POSTER COMMENT Sutisna Sutisna; Habudin Habudin
Ibtida’i Vol 3 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia terutama pada materi mengomentari persoalan faktual, hal tersebut dilihat dari jumlah 25 siswa hanya 32% yang mencapai nilai KKM. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut sebagai akibat dari masih berlangsungnya proses pembelajaran yang menggunakan model konvensional sehingga siswa jenuh pada saat mengikuti pembelajaran. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan metode poster comment. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dinilai dari keseriusan, kedisiplinan, keaktivan dalam diskusi, menghubungkan materi pembelajaran, dan menyimpulkan pembelajaran pada siklus I dengan jumlah nilai 7935. Ratarata kelas 317, jumlah rata-rata siswa 66,12 dan persentase 66,04% mengalami peningkatan pada siklus II dengan jumlah nilai 9250, rata-rata kelas 370, jumlah rata-rata siswa 77,08 dan persentase 77,08%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II, hal ini dilihat dari nilai ratarata 68,56 dengan persentase ketuntasan 48% pada siklus I dan nilai ratarata 72,08 dengan persentase ketuntasan 76% pada siklus II. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode poster comment dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI METODE EKSPERIMEN Iin Muslihat; Mansur Mansur
Ibtida’i Vol 3 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses Pembelajaran IPA di kelas V SDN Kesabilan masih menggunakan metode yang konvensional, dan pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya antusias pada saat menerima pembelajaran, serta tidak menggunakan alat atau media dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu hasil belajar siswa tidak tercapai sesuai dengan KKM yang ditentukan. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Eksperimen dan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Kesabilan pada materi tumbuhan hijau dengan menggunakan metode eksperimen. Metode Eksperimen merupakam suatu cara mengajar dimana siswa melakukan suatu percobaan tentang suatu hal, mengamati proses serta menuliskan hasil percobaanya, kemudian hasil pengamatan disampaikan dan dievaluasi dengan teman-temanya. Metode ini yang bertujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan permasalahan serta menjawab persoalan-persoalan yang dihadapinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Eksperimen mengalami peningkatan. Pada tahap siklus I persentase ketercapaian hasil belajar siswa mencapai 27.77%, dan pada persentase ketercapaian hasil belajar siklus II meningkat menjadi 75%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode Eksperimen pada pelajaran IPA materi tumbuhan hijau dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN PADA MATERI MENYAMPAIKAN KEMBALI ISI PENGUMUMAN YANG DIBACAKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE TERSARANG (NESTED) Setiana Solehah; Uyu Mu’awwanah
Ibtida’i Vol 2 No 2 (2015): Desember 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Sirih Lor adalah kurangnya keterampilan siswa dalam kegiatan mendengarkan dan kesulitan dalam menangkap topik yang diajukan oleh guru untuk diceritakan kembali khususnya dalam pembelajaran menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan. Hal tersebut disebabkan penggunaan model pembelajaran yang variatif. Permasalahan tersebut perlu adanya suatu cara atau model pembelajaran yang dianggap menarik, menyenangkan serta bervariatif sehingga diharapkan terjadi peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar keterampilan mendengarkan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada hasil belajar yang awalnya pada prasiklus hanya mencapai nilai rata-rata 42 dan setelah peneliti menggunakan model Pembelajaran Terpadu Tipe Tersarang (nested) siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran khususnya dalam keterampilan mendengarkan. pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 60,90 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilairata-ratanya mencapai 76,81.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK DI KELAS I MAKKAH MI AL-KHAIRIYAH PIPITAN Novi Andini; Supardi Supardi
Ibtida’i Vol 2 No 2 (2015): Desember 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang terjadi di MI Al-Khairiyah Pipitan adalah masih rendahnya hasil belajar siswa.Hal ini disebabkan karena rendahnya minat dan motivasi belajar siswa, kurangnya aktivitas siswa dan guru sebab pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru. Salah satu solusi masalah ini adalah penerapan media big book.Hasil pada pembelajaran di kelas I Makkah MI Al-Khairiyah Pipitan bahwa presentase ketuntasan aktivitas siswa pada siklus I (40.54%), Siklus II (75.7%). Persentase ketuntasanaktivitas guru siklus I (76.4%), Siklus II (97%). Persentase ketuntasan hasil belajar pada pra siklus (46%), siklus I (70%), Siklus II (83.78%).
PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI MENGENAL PERMASALAHAN SOSIAL DI DAERAHNYA Lilis Sunarsih; Akrom Akrom
Ibtida’i Vol 3 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan pembelajaran mind mapping pada kompetensi dasar permasalahan sosial di daerahnya, dan menganalisis hasil belajar IPS materi permasalahan sosial di daerahnya menggunakan model pembelajaran mind mapping. Penelitian dilakukan di SDN Barengkok Kec.Padarincang kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata penerapan model pembelajaran mind mapping pada aktivitas pembelajaran guru memperoleh skor 2,5 pada siklus I dan 3,61 pada siklus II; dan aktivitas belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 2,5 pada siklus I dan 3,09 pada siklus II. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran mind mapping siklus I nilai rata-rata mencapai 65,83 dengan persentase ketuntasan 56,66%, dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 74,66 dengan persentase ketuntasan 90%, terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dibandingkan siklus II sebesar 8,83 dengan persentase 33,34% Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan model mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENGGUNAAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK Nalfiyah Nalfiyah; Asep Saefurohman
Ibtida’i Vol 3 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPA pada materi perubahan lingkungan fisik di kelas IV SDN Kriyan Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Serang. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa hanya menerima informasi dari guru dan kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Maka diperlukan perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Sebagai alternatif solusi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA, yaitu metode Buzz Group. Penggunaan metode Buzz Group diharapkan dapat merubah hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pada materi perubahan lingkungan fisik dengan menggunakan metode Buzz Group di kelas IV SDN Kriyan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu mencapai 64 dengan persentase ketuntasan belajar 50%, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 75,68 dengan persentase ketuntasan belajar 81,82%. Dapat disimpulkan bahwa metode Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan fisik.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL MELALUI METODE COOPERATIVE TIPE TWO STAY TWO STRAY Arini Herawati; Akrom Akrom
Ibtida’i Vol 2 No 2 (2015): Desember 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang sesuai antara metode dengan materi pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa adalah merupakan alasan pentingnya penelitian ini. Oleh karena itu penelitian ini bermaksud menerapkan metode cooperative tipe two stay two stray diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model PTK MC Taggart di mana, langkah penelitian menggunakan perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan didapatkan bahwa: 1). Aktivitas guru meningkat dari tiap siklusnya presentase nilai siklus I yaitu 3,09% meningkat pada siklus II yaitu 3,76%, 2). Aktivitas belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya presentase nilai pada siklus I yaitu 2,80% meningkat pada siklus II yaitu 3,14%, 3). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata dari tiap siklusnya. Nilai rata-rata pada siklus I yaitu 57,88% meningkat pada siklus II yaitu 79,44%. Proses pembelajaran melalui metode cooperative tipe two stay two stray pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas V dalam materi mengomentari persoalan faktual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karenanya metode cooperative tipe two stay two stray dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan sebagai kegiatan pembelajaran.

Page 1 of 10 | Total Record : 91