cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
MEDIA STUDI EKONOMI
ISSN : 14104814     EISSN : 25026690     DOI : -
Core Subject : Economy,
Media Studi Ekonomi adalah media untuk publikasi ilmiah, yang memuat artikel mengenai hasil penelitian, kajian dan pemikiran tentang ilmu ekonomi, baik ekonomi Makro dan Mikro, Administrasi Bisnis, Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, Manajemen Strategi dan Bidang Lain yang masuk dalam Lingkup Ekonomi. Media Studi Ekonomi diterbitkan secara teratur dua kali dalam setahun. Pertama, periode Bulan Januari-Juni dan Kedua, periode Bulan Juli-Desember. Diterbitkan oleh Prrogram Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 48 Documents
PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PERSEPSI MEREK TERHADAP KEINGINAN PEMBELIAN ULANG PRODUK DENGAN PERSEPSI NILAI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK ORIFLAME DI JAKARTA. Lukiyana Lukiyana; Abdul F Silitonga
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 20, No 1 (2017): MEDIA STUDI EKONOMI (JANUARI-JUNI 2017)
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.942 KB)

Abstract

ABSTRAKKesadaran terhadap sebuah penampilan dirasa sangat penting dewasa ini, baik bagi kaum wanita maupun kaum pria. Kecantikan sangat luas artinya, dapat berarti perawatan kulit tubuh maupun wajah ataupun hanya dekoratif atau tata rias pada wajah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari persepsi harga, persepsi merek, persepsi nilai terhadap keinginan pembelian ulang pada produk oriflame yang pada pelnggan oriflame di kota Jakarta.Populasi dari penelitian ini adalah semua pelanggan produk Oriflame di kota Jakarta dengan jumlah N = 100 responden. Pengambilan sampel pada penelitian ini akan menggunakan pendekatan non-probability sampling kriteria yang digunakan adalah customer yang sudah melakukan pembelian produk lebih dari 3 ( tiga ) kali pembelian dalam kurun waktu Desember 2013 – Desember 2014.Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda, Uji T atas variabel X1 ( persepsi harga ) menghasilkan nilai Thitung sebesar 2,518 dengan nilai signifikan kurang dari 0,05, dan T hitung > T tabel ( 2,518 > 1,661 ), sehingga dapat disimpulkan bahwa secara individu ( parsial ) variabel X1 ( persepsi harga ) berpengaruh signifikan positif terhadap variabel Y ( keinginan Pembelian Ulang ). Uji T atas variabel X2 ( persepsi merek ) menghasilkan nilai T hitung sebesar 4,259 dengan nilai signifikan kurang dari 0,05, dan T hitung> T tabel ( 4,259 > 1,661 ), sehingga dapat disimpulkan juga bahwa secara individu ( parsial ) variabel X2 ( persepsi merek ) juga berpengaruh signifikan positif terhadap variabel Y ( keinginan pembelian ulang ).Uji T atas variabel Z ( persepsi nilai ) menghasilkan nilai T hitung sebesar 5,742 dengan nilai signifikan kurang dari 0,05 , dan T hitung> T tabel ( 5,742 > 1,661 ), sehingga dapat disimpulkan juga bahwa secara individu ( parsial ) variabel Z ( persepsi nilai ) sangat berpengaruh positif yang sangat signifikan terhadap variabel Y ( keinginan pembelian ulang ).Uji F nilai F hitung adalah 136,629 dengan tingkat signifikan kurang dari 0,05, karena nilai 136,629 > 2,70 ( F tabel ), maka dengan demikian dapat disimpulkan juga ketiga variabel independen memiliki pengaruh yang baik atau positif terhadap variabel dependen.Kunci : Pengaruh persepsi harga, persepsi merek, terhadap keinginan pembelian ulang di intervensi oleh persepsi nilai.ABSTRACTAwareness on of an adult appearance is extremely important when this time. Both for women and men found. A beauty very broad meaning which means skin care, body and face or just decorative or cosmetology face. The purpose of this study to determine the effect of price perception, brand perception, the perception of the value of the desire to re-purchase the product at pelnggan oriflame oriflame in the city.Sample population of this study is all Oriflame products customers in the city of Jakarta, the nominal of sample N = 100 respondents. The selection of the sample in this study will use a non-probability sampling approach. Customer limit used is the customer who purchases the product has more than three times the purchase in the periode December 2013 to December 2014 only.Hypothetical calculations using multiple linier regression, T test on the variable X1 ( price perception ) produce T value of 2,518 with a significant value less than 0,05 and T table ( 2,518 > 1,661 ), so it can be concluded that the individual ( Partial ) variable X1 ( perception of price ). T test the variable X2 ( brand perception ) produce T value of 4,259, with significant values of less than 0,05, and T value >T table ( 4,259 > 1,661 ) so that it can be concluded also that the individual ( partial ) variable X2 ( brand perception ) is also significant positive effect on the variable Y75( intense to repurchase ). F test value count is 136,629 with a significant level of less than 0,05, because the value of 136,629 > 2,70 ( F table ) then it can be concluded thus also three independent variables have a good or positive effect on the dependent variable.Key : The effect of price perception, the perception of brand, to re-purchase desirein intervention by perception of value.
KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN JOB INSECURITY TERHADAP INTENSI TURNOVER KARYAWAN (STUDI PADA PT SRIWIJAYA AIR DISTRIK JAKARTA RAYA) Kustiadi Basuki; Nugroho Wisnu Tunggal
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 19, No 2 (2016): Vol 19. No.2 MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.181 KB)

Abstract

ABSTRACTThis research is the study of the effect of job characteristics and job insecurity (job insecurity) on organizational commitment, and its impact on turnover intention. Job Characteristics and Job Insecurity is exogenous. Turnover intentions as an endogenous variable. Organizational commitment is mediating variables, where the variable as exogenous as well as endogenous variables. Techniques used in the sampling in this research is non probability sampling. Sampling technique used was purposive sampling. Meanwhile, the analytical techniques used are using SEM with PLS program version 3. Respondents were taken ie 97 respondents from a total of 127 employees / employee PT. Sriwijaya Air District Jakarta Raya. The results showed that there is influence between Job Characteristics on Organizational Commitment, there is influence between Job Insecurity against Organizational Commitment, Job Characteristics negatively affect Turnover Intention, Job Insecurity positive influence on Turnover Intention, and Organizational Commitment negatively affect Turnover Intention and Commitment Organization as mediating variable.Keywords: Job Characteristics, Job Satisfaction, Organizational Commitment, Turnover Intention.ABSTRAKPenelitian ini adalah penelitian tentang pengaruh karakteristik pekerjaan dan job insecurity (ketidakamanan pekerjaan) terhadap komitmen organisasi, serta dampaknya terhadap intensi turnover.Karakteristik Pekerjaan dan Job Insecurity adalah variabel eksogen.Intensi Turnover sebagai variabel endogen.Komitmen Organisasi adalah variabel mediasi, dimana variabel tersebut sebagai variabel eksogen dan sekaligus sebagai variabel endogen. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling. Cara pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sedangkan, teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan metode SEM dengan program PLS versi 3. Responden yang diambil yaitu 97 responden dari total 127 karyawan/karyawati PT. Sriwijaya Air Distrik Jakarta Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Karakteristik Pekerjaan terhadap Komitmen Organisasi, terdapat pengaruh antara Job Insecurity terhadap Komitmen Organisasi, Karakteristik Pekerjaan berpengaruh negatif terhadap Turnover Intention, Job Insecurity berpengaruh positif terhadap Turnover Intention, dan Komitmen Organisasi berpengaruh negatif terhadap Turnover Intention serta Komitmen Organisasi sebagai variabel mediasi.Kata Kunci :Karakteristik Pekerjaan, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Turnover Intention.
ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM AND INTELLECTUAL CAPITAL SUPPORT SUSTAINABLE DEVELOPMENT OF MANAGEMENT vienda A. Kuntjoro
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 19, No 1 (2016): MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.414 KB)

Abstract

Purpose – The purpose of this paper is to recognize the importance of sustainable development of management in firms that is based human resource development activities whereas accounting information system as tools to do data processing with capability of intellectual capital that fit it from certain discipline may drawn quality of life of one country. Design/methodology/approach – this study uses meta-analysis as the explanation approach as finding out the performance of accounting information system with capability of intellectual capital both as the bridges to sustainable development of management through human resource development activities whereas automatically quality of life of one country can be drawn and it may necessary be approved by empirical study for the next future research. Finding – Accounting Information System and Intellectual Capital both will produce the information standards that will be performed by human resource development activities that result on the sustainable development of management than can be fully implemented. Originality/value – The accounting information system and intellectual capital value to perform knowledge that brings quality of life in one country can be counted through human resource development activities to contribute sustainable development of management and all  those characteristics have different kind of situation will affect different information standard that can  be proved by empirical study. Keyword : accounting information system, intellectual capital, human resource development, sustainable development of management.
PENGARUH PENGAWASAN KERJA DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN LINGKUNGAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada CV. Reza Mindi Raya Motor) Putri Wulandani; Hartanti Nugrahaningsih.SE.,MM.
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 21, No 1 (2018): MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.552 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pengawasan kerja dan etos kerjaterhadap kinerja karyawan dengan lingkungan kerja sebagai variabel moderating. Variabel dependen dalampenelitian ini adalah kinerja karyawan. Variabel indipendennya adalah pengawasan kerja dan etos kerja,sedangkan variabal Moderating adalah lingkungan kerja. Metode pengambilan sempel dengan teknik purposivesempling sebanyak 35 responden dengan cara menyebarkan kuisioner secara langsung. Metode analisis datamenggunakan Equestion Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan Software SmartPLS.Tahapan perhitungan PLS menggunakan 2 model yaitu pengukuran model (Outer Loadings) dan pengujian ModelStruktural (Inner Model). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan daripengawasan kerja terhadap kinerja karyawan., terdapat pengaruh yang signifikan dari etos kerja terhadap kinerjakaryawan, terdapat pengaruh yang signifikan dari lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, terdapat pengaruhyang tidak signifikan dari pengawasan kerja terhadap kinerja karyawan yang dimoderasi oleh lingkungan kerja,terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari etos kerja terhadap kinerja karyawan yang dimoderasi olehlingkungan kerja.Kata Kunci : Pengawasan Kerja,Etos Kerja, Kinerja Karyawan,Lingkungan Kerja.ABSTRACTThis study aims to determine the extent to which the influence of work supervision and work ethic onemployee performance with the work environment as a moderating variable. Dependent variable in this research isemployee performance. Independent variables are work supervision and work ethic, while Moderating variablesare work environment. Sempling method with purposive sempling technique is 35 respondents by distributingquestionnaire directly. Method of data analysis using Equestion Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) byusing SmartPLS Software. PLS calculation phases use 2 models of model measurement (Outer Loadings) andtesting of Structural Model (Inner Model). The results of this study indicate that there is a significant influence ofwork supervision on employee performance, there is a significant influence of work ethic on employeeperformance, there is a significant influence of the work environment on employee performance, there is a nonsignificantinfluence of work supervision on employee performance moderated by the work environment, there isan insignificant influence of the work ethic on employee performance moderated by the work environment.Keywords: Work Supervision, Work Ethic, Employee Performance, Work Environment
ANALISIS KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA SOERABI BANDUNG ENHAII CABANG RAWAMANGUN) Lilik Trianah; Diah Pranitasari; Tutut Esti Rahmanasari
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 20, No 1 (2017): MEDIA STUDI EKONOMI (JANUARI-JUNI 2017)
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.837 KB)

Abstract

This research goal is knowing the effect of product quality, service quality, and price toward satisfaction and customers loyalty of Soerabi Bandung Enhaii Rawamangun branch. Sampling technique of this research is purposive sampling with 110 total sample. Data analysis method on this research is path analysis.The result of this research showed that the positive effect of product quality toward customer satisfaction is 0,249. The positive effect of service quality toward customer satisfaction is 0,179. The positive effect of price toward customer satisfaction is 0,192. The positive effect of product quality toward customer loyalty is 0,246. The result of this research showed that service quality has no positive effect toward customer loyalty . The positive effect of price toward customer loyalty is 0,221. The result of research showed that customer satisfaction has no positive effect toward customers loyalty. The effect of product quality, service quality and price toward customer satisfaction together are 0,139. The effect product quality, service quality, price, and customer satisfaction toward customer loyalty together are 0,123.Keyword : Product Quality, Service Quality, Price, Customers Satisfaction and Customers Loyalty
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN LAPTOP LENOVO DENGAN INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERATING Diansyah Diansyah
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 19, No 2 (2016): Vol 19. No.2 MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.019 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study is about the "Influence of Brand Image Product Quality and Customer Satisfaction with Product Innovation Lenovo Laptop as a moderating variable at PT. Maju Dinamika Mandiri (Studies in MDM Store Kios) ". The dependent variable in this research is consumer satisfaction. The independent variables consist of product quality and brand image, while moderating variable in this study is a product innovation. The period of time in the study was four months (March-June 2015). The sampling method with purposive sampling technique with enterprise customers as many as 100 people. The first stage is to explore the theory of literature and data collection of objects researched. The second stage is to test the feasibility of data using validity, reliability test, normality test and regression test analysis of moderation. Next is the stage of research hypothesis testing using individual parameter significance test and simultaneous significance test.The results of this study prove that, variable product quality and significant positive effect on customer satisfaction. Variable brand image and significant positive effect on customer satisfaction. Furthermore, simultaneous two variables: the quality of the product and brand image significantly influence consumer satisfaction. In this research product innovation as a moderating variable strengthen the influence of product quality to customer satisfaction and not significant, product innovation as a moderating variable strengthen the influence of brand image on consumer satisfaction and not significant.Keywords : Product Quality; Brand Image; Customer Satisfaction; and Product Innovation.ABSTRAKPenelitian ini adalah tentang “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Laptop Lenovo dengan Inovasi Produk sebagai variabel Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan konsumen . Variabel independen terdiri dari kualitas produk dan citra merek, sedangkan variabel moderating dalam penelitian ini adalah inovasi produk . Periode waktu dalam penelitian adalah 4 bulan ( Maret – Juni 2015). Metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan pelanggan perorangan sebanyak 100 orang. Tahapan pertama adalah menggali teori dari pustaka dan pengumpulan data dari objek yang diriset. Tahapan kedua adalah uji kelayakan data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan analisis uji regresi moderasi. Selanjutnya adalah tahapan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji signifikansi parameter individual dan uji signifikansi simultan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa, variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya secara simultan kedua variabel yaitu kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Inovasi produk sebagai variabel moderating memperkuat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dan tidak signifikan, inovasi produk sebagai variabel moderating memperkuat pengaruh citra merek terhadap kepuasan konsumen dan tidak signifikan.Kata Kunci : Kualitas Produk; Citra Merek; Kepuasan Konsumen; dan Inovasi Produk.
DETERMINAN MOTIVASI KERJA: TINJAUAN FAKTOR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK DI PT. KALTIM MEDIKA UTAMA BONTANG Hendrick Hernando
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 19, No 1 (2016): MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.264 KB)

Abstract

ABSTRACT Expansion of private hospitals in Indonesia has become an interesting phenomenon. Because it offers various alternative options for public society. Obviously private hospitals organizer must be able to operate efficiently without compromising their service quality. If do not, they will lose from their competitors. Therefore, private hospitals need the employees who have high motivation to support overall performance. PT. KMU is a private hospital where located in Bontang and has 254 employees. This study aims to determine the factors that can increase work motivation. Sample in this study are 66 respondents consist of medical and non-medical employees. The result from regression analysis (OLS) show that intrinsic factors (recognition, training and achievement) have significant effects on work motivation. While extrinsics factor in this case are not proven to have significant effects.   Keywords: Hospital, Work Motivation, Intrinsic Factor, Extrinsic Factor   Perkembangan rumah sakit swasta di Indonesia menjadi suatu fenomena yang menarik. Sebab hal ini menawarkan beragam alternatif pilihan untuk masyarakat. Tentunya pengelola rumah sakit swasta harus dapat beroperasi secara efisien tanpa mengurangi kualitas layanannya. Jika tidak, maka mereka akan kalah dengan para pesaingnya. Oleh sebab itu diperlukan karyawan yang memiliki motivasi tinggi untuk menunjang kinerja rumah sakit secara keseluruhan. PT. KMU adalah sebuah rumah sakit swasta di kota Bontang yang memiliki 254 karyawan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan di PT. KMU Bontang. Sampel dalam studi ini berjumlah 66 orang responden yang terdiri dari karyawan medis dan non-medis. Hasil dari analisis regresi (OLS) memperlihatkan bahwa faktor intrinsik (pengakuan, pelatihan dan prestasi) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja karyawan. Sementara itu faktor ekstrinsik dalam hal ini tidak terbukti memiliki pengaruh yang signifikan.   Kata Kunci: Rumah Sakit, Motivasi Kerja, Faktor Intrinsik, Faktor Ekstrinsik
PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERMENT GOVERNANCE TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI BADAN PENGELOAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN DELI SERDANG Ardin Dolok Saribu
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 20, No 1 (2017): MEDIA STUDI EKONOMI (JANUARI-JUNI 2017)
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.535 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empris mengenai pengaruh penerapan prinsip-prinsip Good Governance ( akuntabilitas, transparansi, responsivitas, dan keadilan ) terhadap efektivitas kinerja pegawai di BPKAD Kabupaten Deli Serdang. Hasil penelitian ini pengujian yang dilakukan secara parsial ( uji t ) memperlihatkkan bahwa variabel bebas yaitu akuntabilitas, responsivitas dan keadilan berpengaruh positif terhadap efektivitas kinerja pegawai di BPKAD Kabupaten Deli Serdang, dan transparansi berpengaruh negative di BPKAD Kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan pengujian Koefesiensi Determinasi ( R square ) diperoleh nilai R2 dieroleh sebesar 0,681 yang artinya 68,1% tingkat efektivitas kinerja pegawai BPKAD Kabupaten Deli Serdang dipengaruhi oleh akuntabilitas, trasparansi, responsivitas dan keadilan, sedangkan selebihnya yaitu 31,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini seperti pengendalian internal. Kesimpulan bahwa prinsip-prinsip Good Goverment Governance yaitu akuntabilitas, responsivitas, dan keadilan berpengaruh positif terhadap efektivitas kinerja BPKAD Kabupaten Deli Serdang. Dan Transparansi berpengaruh negatif pada BPKAD Kabupaten Deli Serdang. Untuk itu saran yang dapat dikemukakan penulis adalah diharapkan BPKAD Kabupaten Deli Serdang meningkatkan akuntabilitas, responsivitas, dan keadilan guna memaksimalkan efektivitas kinerja pegawai, dan transparansi harus menjadi prioritas perhatian bagi BPKAD Kabupaten Deli Serdang agar diterapkan dengan baik.Kata Kunci :Efektivitas Kinerja, Good Government Governance
PENGARUH PROFESIONALISME DAN ETIKA PROFESI TERHADAP KINERJA AUDITOR DENGAN STRUKTUR AUDIT SEBAGAI PEMODERASI Riris Rotua Sitorus; Lenny Wijaya
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 19, No 2 (2016): Vol 19. No.2 MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.905 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aimed to examine the effect of professionalism and professional ethics on the performance of auditors with audit structure as a moderator. This research was conducted in KAP North Jakarta.The sampling technique using simple random sampling method. The amount of data was 72 respondents which drawn through questionnaire method of data analysis using the partial least square (PLS). Based on statistical test, the results showed that professionalism significantly affect the performance of auditors, while professional ethics did not significantly affect the performance of auditors. The audit structure has no significant effect on the performance of auditors. Moderation of audit structures had significant influence and strengthen the effect of professionalism on the performance of auditors. Moderation of audit structure had significant influence and strengthen the effect of professional ethics on the performance of auditors.Keywords: Professionalism, Professional Ethics, Audit Structure, Performance of Auditor.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profesionalisme dan etika profesi terhadap kinerja auditor dengan struktur audit sebagai pemoderasi. Penelitian ini dilakukan di KAP Jakarta Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Jumlah data sebesar 72 responden yang diambil melalui kuesioner metode analisis data menggunkan partial least square (PLS). Berdasarkan uji statistik, hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja auditor, sedangkan etika profesi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja auditor. Struktur audit berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja auditor. Moderasi struktur audit berpengaruh signifikan dan bersifat memperkuat pengaruh profesionalisme maupun pengaruh etika profesi terhadap kinerja auditorKata Kunci: Profesionalisme, Etika Profesi, Struktur Audit, Kinerja Auditor
PENGARUH BUDAYA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN DIVISI PRODUKSI PT SMU JAKARTA kustiadi basuki
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 19, No 1 (2016): MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.441 KB)

Abstract

ABSTRACT This study on the "Influence of Culture and Organizational Climate on Job Satisfaction and Its Impact on Employee Performance Production Division PT. SMU Jakarta, "against the background by the instability of the performance achieved by employees of the production division of PT. SMU Jakarta. The data used in this research is primary data obtained by distributing questionnaires to 90 respondents production division employees as the population and through literature. Sampling using a sampling technique called simple random method (Simple Random Sampling) and determination of the number of samples using Slovin formula, in order to obtain a sample of 73 respondents. The data analysis technique used in this study is multiple regression analysis with SPSS. Results of the analysis proved that in partial organizational culture, organizational climate and job satisfaction have a significant effect on employee performance. Simultaneously variable organizational culture, organizational climate and job satisfaction have a significant effect on employee performance. Key Words : Organizational culture, Organizational Climate, Job Satisfaction, Employee Performance ABSTRAK Penelitian ini mengenai “Pengaruh Budaya dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja serta  Dampaknya pada Kinerja Karyawan Divisi Produksi PT. SMU Jakarta,” dilatar belakangi oleh tidak stabilnya kinerja yang dicapai oleh karyawan divisi produksi PT. SMU Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 90 responden  karyawan divisi produksi sebagai populasi  dan melalui studi pustaka.   Penarikan sampel menggunakan teknik sampling yang disebut metode acak sederhana (Simple Random Sampling) dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh jumlah sampel 73 responden.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah   metode analisis regresi  berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil analisis membuktikan bahwa secara parsial variabel budaya organisasi, iklim organisasi dan  kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara simultan variabel budaya organisasi, iklim organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.   Kata Kunci : Budaya Organisasi, Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan