cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
EVOLUSI : Jurnal Sains dan Manajemen
ISSN : 23388161     EISSN : 26570793     DOI : -
Core Subject : Science,
The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the fields of science, management and informatics in all settings. The scope of this journal encompasses the applications of the development of science, computer science, the development of infomation systems, informatics management in all setting; projects and Technology innovation. It was first published in 2013. Papers published in the half-yearly (March and September).
Arjuna Subject : -
Articles 232 Documents
SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA SMK NEGERI 2 BANYUMAS Yustina Meisella Kristania - STMIK Nusa Mandiri Jakarta; Ina Maryani - STMIK Nusa Mandiri Jakarta; Iqbal Asyifudin - AMIK BSI Purwokerto
Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Evolusi 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.495 KB) | DOI: 10.31294/evolusi.v5i2.3128

Abstract

Abstract - Website not only can be used as a media of information dissemination, but also as a media for academic process data. With a web-based academic information systems, processing values can be done more quickly, effectively and efficiently and facilitate access for the parties concerned. SMK Negeri 2 Banyumas currently still using manual systems in the process data. This can be risky and less duplicate data provided data security. Students also can only see the value of the time of the Ascension of the class and time to see it limited. The purpose of this research is to create a website that can be used to manage the data of teachers, students and academic data. The research method used i.e. software development using models of the waterfall, observations, interviews, and the study of the literature. The website was built using programming languages HTML, PHP, CSS, Javascript and JQuery. using MySQL as database and Apache as a web server. The existence of this website, is expected to facilitate the dissemination of information, facilitate teachers in the academic process data so as to minimise the occurrence of duplicate data and data security become more assured.Keywords: Academic Information System, SMK Negeri 2 Banyumas, Website.Abstrak - Website tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai media penyebaran informasi, tetapi juga sebagai media untuk mengolah data akademik. Dengan adanya sistem informasi akademik berbasis web, pengolahan nilai dapat dilakukan dengan lebih cepat, efektif dan efisien serta dapat mempermudah akses bagi pihak-pihak yang berkepentingan.SMK Negeri 2 Banyumas saat ini masih menggunakan sistem manual dalam mengolah data. Hal ini dapat beresiko terjadi kerangkapan data dan kurang terjaminya keamanan data. Siswa juga hanya dapat melihat nilai saat kenaikan kelas dan waktu melihatnya pun terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat website yang dapat digunakan untuk mengelola data guru, data siswa dan data akademik. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan perangkat lunak menggunakan model waterfall, pengamatan, wawancara, dan studi pustaka. Website dibangun menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS, Javascript dan JQuery. Serta menggunakan MySQL sebagai database dan Apache sebagai web server. Dengan adanya website ini, diharapkan dapat memuudahkan proses penyebaran informasi, memudahkan guru dalam mengolah data akademik sehingga dapat meminimalisir terjadinya kerangkapan data keamanan data menjadi lebih terjamin.Kata Kunci: Sistem Informasi Akademik, SMK Negeri 2 Banyumas, Website. 
Sistem Informasi Pemesanan Minuman Berbasis Client Server Pada Kampung Dahar Purwokerto Ina Maryani; Ahmad Ishaq; Dennis Slamet Mulyadi
Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Evolusi 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1139.856 KB) | DOI: 10.31294/evolusi.v6i2.4455

Abstract

Abstract - Information Systems are needed in various fields of the company, including the field of Food and Baverages, where information systems play a vital role in the smooth operation of the Company. This intranet web is made on a client-server basis to make it easier to process data sharing between cashiers and baristas. In making this system using the waterfall method where there are 5 stages, namely software requirements analysis, namely the initial stage to identify all needs in the system design process, the design used is the back-end interface design and front-end, the programming language used is HTML; PHP; CSS; Javascript; and Jquery, testing using blackbox testing, and the support stage can repeat the development process starting from specification analysis to new software changes. The drink ordering information system at Kampung Dahar Purwokerto Beverage Store is expected to facilitate the performance of cashiers and baristas, providing fast and accurate service to customers. Keyword : Information System, Client Server, Integration System,Kampung Dahar Purwokerto Abstrak - Sistem Informasi sangat dibutuhkan diberbagai bidang perusahaan, diantaranya adalah bidang Food and Baverages, dimana sistem informasi sangat berperan vital untuk kelancaran operasional Perusahaan. Web intranet ini dibuat berbasis client-server agar lebih memudahkan proses data sharing antara kasir dan barista. Dalam pembuatan Sistem ini menggunakan metode waterfall dimana terdapat 5 tahapan, yaitu analisis kebutuhan perangkat lunak yaitu tahapan awal untuk mengidentfikasi semua kebutuhan dalam proses perancangan sistem, desain yang digunakan adalah desain antarmuka back-end dan front-end, bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML; PHP; CSS; Javascript; dan Jquery, pengujian menggunakan blackbox testing, dan tahap pendukung dapat mengulangi proses pengembangan mulai dari analisis spesifikasi untuk perubahan perangkat lunak baru. Sistem informasi pemesanan minuman di Kedai Minuman Kampung Dahar purwokerto diharapkan dapat mempermudah kinerja kasir dan barista, memberikan pelayanan yang cepat dan akurat terhadap pelanggan. Kata Kunci : Sistem Informasi, Client Server, Sistem Terintegrasi, Kampung Dahar Purwokerto
Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Batik Berbasis E-Commerce Sunarti - AMIK BSI Jakarta
Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Evolusi 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.765 KB) | DOI: 10.31294/evolusi.v3i1.626

Abstract

Abstract   The development of computer technology is very influential in terms of business. For the moment everything can be found in the intenet, is no exception with an online trading system called e-commerce. In this study made sales website batik-Based E-Commerce. The purpose of this website is to create a website sales and information about batik. Where this website is equipped with a sales transaction system that is practical as well as provide information about batik fairly complete, this website was made using the programming language PHP (Hypertext prepecessor) and MySQL for databases and assisted by the editors for web designing is Adobe Dreamweaver CS4. Data collection methods using secondary data obtained from the web and literature review. The method of system development information system using waterfall method, describe the functional model and ERD (Entity Relationship Diagram) to describe the data model. The purpose of this study was to determine the ease Provides information about the types of produk Batik is up to date and provide information so that the growing variety of batik batik knowledge of areas. With the built website can assist consumers in making purchases online that can be done anywhere and anytime.   Keywords: Information Systems, Batik, E-commerce.
Perancangan Website Jasa Desain Interior Sebagai Media Pemasaran Studi Kasus: CV. Focalpoint Interior Andi Kusniawan; Sardiarinto Sardiarinto
Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Evolusi 2016
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.171 KB) | DOI: 10.31294/evolusi.v4i2.694

Abstract

Abstract - The use of technology is a trend that is currently used one of them is the website. The Internet has become one of the important things in business, especially in marketing or marketing. In the process, a business always associate the website as one of the most effective tools to promote. FocalPoint CV Interior is one of the companies engaged in the field of interior design consultancy services. The marketing system is still simple and still conventional, customers who want to do the design consulting or other services that must come to the office in person. The purpose of the research itself was carried out to establish the website as a marketing medium in the company. Designing a website is done with the waterfall method. Software used to build websites using Adobe Dreamweaver CS.5 as an editor in which there is a programming language PHP, Javascript Jquery, HTML and CSS. While the database used is MySQL. In addition to making the design tampilanya author uses Adobe Photoshop CS.5 and bootstrap. With the website the company is expected to be easier in the promotion, allows visitors to consult a design without having to come to the office in person and on the other hand will be more extensive marketing is not only known by locals only. Keywords: Website, Marketing, Interior Design. Abstrak - Pemanfaatan teknologi yang saat ini sedang trend digunakan salah satunya adalah website. Internet telah menjadi salah satu hal penting dalam bisnis terutama dalam pemasaran atau marketing. Dalam perkembangannya, sebuah bisnis selalu mengaitkan website sebagai salah satu alat yang paling efektif untuk berpromosi. CV Focalpoint Interior adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi desain interior. Sistem pemasaran masih sederhana dan masih bersifat konvensional, Pelanggan yang hendak melakukan konsultasi desain ataupun layanan jasa yang lainya harus datang ke kantor secara langsung. Tujuan dari penelitian sendiri dilakukan untuk membangun website sebagai media pemasaran pada perusahaan. Perancangan website dilakukan dengan metode waterfall. Software yang digunakan untuk membangun website menggunakan Adobe Dreamweaver CS.5 sebagai editornya didalamnya terdapat bahasa pemrograman PHP, Javascript Jquery, HTML dan CSS. Sedangkan Database yang digunakan adalah MySQL. Selain itu dalam membuat desain tampilanya penulis menggunakan Adobe Photoshop CS.5 dan Twitter Bootstrap. Dengan adanya website diharapkan perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan promosi, memudahkan pengunjung dalam berkonsultasi desain tanpa harus datang ke kantor secara langsung dan disisi lain pemasaran akan lebih luas tidak hanya dikenal oleh masyarakat lokal saja. Kata Kunci: Website, Pemasaran, Desain Interior.
PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN PERHIASAN EMAS PADA TOKO MAS DAN PERMATA RENNY MEDAN Eka Rini Yulia
Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Evolusi 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/evolusi.v5i2.2595

Abstract

Abstract - Mas Store and Gem Renny Medan is a store that sells various types of gold and gem jewelry. Jewelry is sold directly by the Mas shop and gem renny field to the community, especially terdaerah terrain. The mas shop and the gem of renny medan have obstacles in the process as well as the lack of medium of sale transaction in the gold shop and the gem of renny terrain. By looking at the problems contained in the gold shop and gems field renny, it takes a jewelry sales program. To create a sales program requires a method. The method used is waterfall, as a method of software development. The proposed database design is ERD (Entity Relation Diagram) and LRS (Logical Record Structure), Implementation of program using Microsoft Visual Basic 6.0 with MS database. Access. With the design of sales program in Toko Mas and Permata Renny Medan is the best solution to solve the problems found in the gold shop and gem renny field, and can achieve an effective and efficient activities in supporting activities in this store. Keywords: Sales Program, Mas Store and Gem Renny, Microsoft Visual Basic 6.0 Abstrak - Toko Mas dan Permata Renny Medan merupakan sebuah toko yang menjual berbagai jenis perhiasan emas dan permata. Perhiasan tersebut dijual secara langsung oleh toko Mas dan permata renny medan kepada masyarakat khususnya didaerah medan. Toko mas dan permata renny medan memiliki kendala dalam proses serta kurangnya sarana media transaksi penjualan di toko mas dan permata renny medan. Dengan melihat permasalahan yang terdapat di toko mas dan permata renny medan, maka diperlukan sebuah program penjualan perhiasan. Untuk membuat program penjualan membutuhkan metode. Metode yang digunakan adalah waterfall, sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Perancangan database yg diusulkan berupa ERD (Entity Relation Diagram) dan LRS (Logical Record Structure), Implementasi program menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dengan database MS. Access. Dengan dirancangnya program penjualan penjualan di Toko Mas dan Permata Renny Medan merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang terdapat pada toko mas dan permata renny medan, serta dapat tercapainya suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada toko ini. Kata Kunci: Program Penjualan, Toko Mas dan Permata Renny, Microsoft Visual Basic 6.0
Metode Rapid Application Development (RAD) pada Perancangan Website Inventory PT. SARANA ABADI MAKMUR BERSAMA (S.A.M.B) JAKARTA Oky Irnawati - AMIK BSI Bekasi; Galih Bayu Aji Listianto - AMIK BSI Bekasi
Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Evolusi 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.404 KB) | DOI: 10.31294/evolusi.v6i2.4414

Abstract

Abstract - PT. S.A.M.B (Sarana Abadi Makmur Bersama) is a distributor and logistics company engaged in Modern Trade (MT) for fast moving consumer goods (FMCG) in Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). In addition to distribution, SAMB also provides services for companies seeking logistics and transportation services for modern trade within the designated area. The inventory design system is one of the most important factors in meeting the needs of consumers in a timely and demanding manner. There are still many companies that use desktop applications especially on PT. Sarana Abadi Makmur Bersama. Employees often complain about the performance of the used desktop app. Not all desktop applications can run on all operating systems, while web applications can run in all operating systems as long as there is a browser and an internet connection, it makes it more practical. With web-based asset inventory data item can be used relatively fast, relatively accurate, and relatively more accurate data. . Keywords: Rapid Application Development, Web-Based Inventory Program Design Abstrak - PT. S.A.M.B (Sarana Abadi Makmur Bersama) adalah perusahaan distributor dan logistik yang bergerak dalam bidang Modern Trade (MT) untuk fast moving consumers goods (FMCG) di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Selain distribusi, SAMB juga menyediakan layanan bagi perusahaan yang mencari jasa logistik dan transportasi untuk perdagangan modern dalam area yang ditentukan. Perancangan sistem inventory menjadi salah satu faktor yang paling penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen dalam waktu yang tepat dan sesuai dengan permintaan. Masih banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan aplikasi desktop terutama pada PT. Sarana Abadi Makmur Bersama. Para karyawan sering mengeluhkan kinerja dari aplikasi desktop yang dipakai. Tidak semua aplikasi desktop dapat berjalan di semua Sistem Operasi, sedangkan aplikasi web dapat berjalan disemua Sistem Operasi selama ada browser dan koneksi internet, itu membuatnya lebih praktis. Dengan berbasis web, data inventori asset barang dapat digunakan relatif cepat, relatif tepat, dan relatif data lebih akurat. . Kata Kunci: Rapid Application Development, Perancangan Website Inventory.
PENERAPAN SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI PENYAKIT BERBASIS ALGORITMA GENETIKA Chandra Kesuma
Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Evolusi 2013
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1358.673 KB) | DOI: 10.31294/evolusi.v1i1.2265

Abstract

Identifikasi penyakit yang akurat sangat diperlukan guna mengetahui penyakit yang sedang diderita. Kesalahan diagnosa dapat mengakibatkan seseorang menderita sakit yang berkelanjutan. Pemberian obat kimia yang tidak sesuai juga dapat mengakibatkan timbulnya penyakit baru. Obat herbal merupakan obat yang dinyatakan aman untuk dikonsumsi guna menyembuhkan penyakit serta hanya menimbulkan sedikit efek samping. Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yaitu bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan oleh manusia. Untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berfikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia. Dalam merancang bangun Aplikasi Herbal Expert System ini penulis menggunakan bidang Artificial Intelligent (AI) yaitu Sistem Pakar (Expert System). Expert System adalah suatu sistem yang digunakan untuk meniru kepakaran dari seseorang. Di dalam penulisan ini dilakukan penelitian mengenai penggunaan bidang Artificial Intelligent (AI) dengan Expert System yang diterapkan pada Identifikasi Penyakit. Pada Aplikasi Herbal Expert System menggunakan algoritma genetika sebagai penyelesaian aplikasi untuk mendapatkan hasil yang lebih detail dan akurat. Algoritma genetika merupakan algoritma pencarian yang didasarkan pada mekanisme seleksi ilmiah dan genetika ilmiah yang digunakan sebagai algoritma pencarian parameter - parameter optimal. Hasil pengujian menggunakan Uji Produk dan Uji Manfaat. Uji Produk yang dilakukan pada 3 (tiga) kali pengujian mendapat nilai diatas batas yang telah ditentukan (>70) dan dinyatakan berhasil. Sehingga Aplikasi Herbal Expert System dapat dibangun dan berhasil diuji kinerjanya berdasarkan Dimension of Quality for Good. Sedangkan hasil dari Uji Reliabilitas Statistic pada Uji Manfaat yang dilakukan pada 2 (dua) kali pengujian menunjukkan nilai Croanbach Alpha diatas 0,7 yaitu 0,822 dan 0,822 sehingga dapat dinyatakan kedua belas item pernyataan pada kuisioner terbukti reliabel. Kata kunci: Kecerdasan Buatan; Sistem Pakar, Identifikasi Penyakit, Algoritma Genetika
Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Pada SMU XYZ Imam Soleh Ma'rifati - AMIK BSI Purwokerto
Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Evolusi 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.003 KB) | DOI: 10.31294/evolusi.v3i2.650

Abstract

Abstract - Revenue is an important part of the financial management of an organization because the income received will be used to finance various purposes within the organization's operational activities. School as a non-profit organization memproleh income, one of which is the acceptance of SPP. As a source of revenue it needs attention and good supervision so that revenues can be more effectively so that the sources of funding for the organization can be met. Accounting information system necessary to administer the acceptance of SPP and as an aid in the control of transactions. Schools can apply the accounting information system to manage the receipt of the SPP so much better. Accounting information system of course need the information technology and accounting application program that fits the needs of the system. In this study, the authors develop these applications using web technologies (intranet). This application is a web-Driven applications that run using a browser. The research method is descriptive method and the method of data collection methods literature. The process of application development refers to the System Development Life Cycle (SDLC). The result is a web-based application for the administration of tuition at the school reception. Keywords: Accounting Information Systems, Non-profit, Acceptance SPP.
Media Pembelajaran Teknik Informasi dan Komunikasi Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tawangmangu Sri Agustinawati - Universitas Surakarta; Bambang Eka Purnama - STMIK Nusa Mandiri
Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Evolusi 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/evolusi.v5i1.1716

Abstract

ABSTRACT – Teaching system using interactive media is one way to deliver learning materials. Very precise delivery of material to assist students in understanding the material presented. Student learning system in SMP Negeri 2 Tawangmangu particularly on the subjects of information and communication technology is still less than the maximum, because the education system is still simple example student worksheets and books - other companion books. To overcome this it is necessary to study media can facilitate teachers in delivering learning material.By using media pemebelajaran expected students to quickly grasp the information and communication technology lessons and facilitate teachers in presenting the material to students. In this study the authors used methods of literature, interview, analysis, design, construct, test the system.Hopefully with this learning medium of teaching and learning can help students in SMP Negeri 2 Tawangmangu. Further expected learning media can be used by teachers of information and communication technology to deliver learning material and can facilitate students in receiving the materialKeywords: Multimedia Learning
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN TAMU PADA HOTEL RENSA JAKARTA Nuzuliarini Nuris; Eka Rini Yulia
Evolusi : Jurnal Sains dan Manajemen Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Evolusi 2018
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.891 KB) | DOI: 10.31294/evolusi.v6i1.3583

Abstract

Abstract - Hotel Rensa in the recording of service users still use conventional information system that is the recording on a book, then recaptured to create a report of service data and payment transactions. The existing system has many shortcomings such as makes some errors, takes a long time in the search process data, as well as in the process of making reports. This research is expected to produce a service information system that is more quickly, effective, expendisious and efficient at Hotel Rensa. In order to support this research, the method of data calculation is done by observation, interview, literature study. The result of this research is data defender, data result, and transaction data report, can minimize error optimize the and data security. Keywords: Information System, Hotel Rensa Service. Abstrak - Hotel Rensa dalam pencatatan pengguna pelayanan masih menggunakan aplikasi secara konvensional yaitu pencatatan pada sebuah buku, kemudian direkap kembali untuk membuat laporan data pelayanan dan transaksi pembayaran. Sistem yang ada tersebut mempunyai banyak kekurangan diantaranya memungkinkan adanya kesalahan, membutuhkan waktu yang lama dalam proses pencarian data, maupun dalam proses pembuatan laporan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi pelayanan kamar yang lebih cepat, tepat guna, efektif dan efisien pada Hotel Rensa. Guna menunjang penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah mempermudah karyawan Hotel Rensa dalam proses pelayanan, membantu dalam proses penginputan data, pencarian data, dan laporan data transaksi, dapat meminimalisasi adanya kesalahan dan mengoptimalkan keamanan data. Kata Kunci: Sistem Informasi, Pelayanan Hotel Rensa.

Page 1 of 24 | Total Record : 232