cover
Contact Name
Ensiklopedia Education Review
Contact Email
ensiklopediaeducation@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ensiklopediaeducation@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Ensiklopedia Education Review
ISSN : 26570297     EISSN : 26570289     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal yang menerbitkan artikel di bidang ilmu pendidikan di Indonesiam baik dalam bahasa Indonesia ataupn bahasa PBB. Jurnal terbit selama 3 kali dalam satu tahun, yaitu di Bulan April, Agustus, Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2019): Volume 1 No.2 Agustus 2019" : 11 Documents clear
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 05 VII KOTO SUNGAI SARIAK Melisa F
Ensiklopedia Education Review Vol 1, No 2 (2019): Volume 1 No.2 Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v1i2.271

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya komunikasi interpesonal dan hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 05 VII Koto Sungai Sariak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi interpesonal dengan hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 05 VII Koto Sungai Sariak.  Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik total sampling, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 05 VII Koto Sungai Sariak. Instrumen dalam penelititan ini adalah angket komunikasi interpesonal dengan skala Guttman. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah  uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dengan uji F dan uji hipotesis dengan rumus korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil pengolahan data, pembahasan dan Pengujian hipotesis yang menunjukkan diterima Ha dan ditolak Ho, karena thitung lebih besar dari ttabel2,04>1,684. Dengan demikian terdapat konstribusi komunikasi interpesonal dengan hasil belajar siswa. Dengan koefisien determinasi sebesar 40,97, berarti kontribusi komunikasi interpesonal dengan hasil belajar siswa sebesar 40,97%. Dapat simpulkan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 05 VII Koto Sungai Sariak. Apabila komunikasi interpersonal kelas tinggi SD Negeri 05 VII Koto Sungai Sariak tinggi maka hasil belajarnya juga akan tinggi, namun apabila komunikasi interpersonal siswa kelas tinggi SD Negeri 05 VII Koto Sungai Sariak rendah, maka hasil belajarnya juga akan ikut rendah.Kata kunci : Komunikasi Interpesonal, Hasil Belajar.
PEMBELAJARAN BERNYANYI PADA MATA KULIAH KONSEP PENDIDIKAN SENI 1 SD DI STKIP NASIONAL PADANG PARIAMAN Sari, Winda Febrianti
Ensiklopedia Education Review Vol 1, No 2 (2019): Volume 1 No.2 Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v1i2.401

Abstract

Benyanyi adalah suatu seni dalam berolah vokal atau seni suara yang dikeluarkan dengan nada-nada tertentu yanng menghasilkan alunan yang indah. Pelaksanaan dari pembelajaran bernyanyi pada Mata Kuliah Konsep Pendidikan Seni 1 SD di STKIP Nasional Padang Pariaman adalah dengan merancang RPS. Khusus pada pokok pembahasan seni musik, akan diajarkan terlebih dahulu teori dasar musik, tentunya mereka harus tahu dulu dengan nada, tangga nada, ketukan, dan semua unsur yang ada dalam seni musik. Jika mereka akan main musik dan juga bernyanyi, mereka tidak boleh buta dengan semua unsur musik. Pertemuan selanjutnya pembahasan materi oleh dosen tentang bernyanyi, serta membimbig mahasiswa bernyanyi dengan teknik yang benar. Sebelumnya mereka tidak begitu berminat dengan mata kuliah seni, tetapi dengan penyampaian yang mudah mereka pahami serta mereka paham dan menyadari tugas dari seorang guru SD, dan mereka berusaha dengan giat untuk mengasah bakat seni yang tependam dalam diri mereka masing-masing. Hal ini dibuktikan saat penampilan praktek bernyanyi yang mereka tampilkan dengan baik dan benar, dan dengan hasil yang memuaskan.
PEMBELAJARAN BERNYANYI PADA MATA KULIAH KONSEP PENDIDIKAN SENI 1 SD DI STKIP NASIONAL PADANG PARIAMAN Winda Febrianti Sari
Ensiklopedia Education Review Vol 1, No 2 (2019): Volume 1 No.2 Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v1i2.401

Abstract

Benyanyi adalah suatu seni dalam berolah vokal atau seni suara yang dikeluarkan dengan nada-nada tertentu yanng menghasilkan alunan yang indah. Pelaksanaan dari pembelajaran bernyanyi pada Mata Kuliah Konsep Pendidikan Seni 1 SD di STKIP Nasional Padang Pariaman adalah dengan merancang RPS. Khusus pada pokok pembahasan seni musik, akan diajarkan terlebih dahulu teori dasar musik, tentunya mereka harus tahu dulu dengan nada, tangga nada, ketukan, dan semua unsur yang ada dalam seni musik. Jika mereka akan main musik dan juga bernyanyi, mereka tidak boleh buta dengan semua unsur musik. Pertemuan selanjutnya pembahasan materi oleh dosen tentang bernyanyi, serta membimbig mahasiswa bernyanyi dengan teknik yang benar. Sebelumnya mereka tidak begitu berminat dengan mata kuliah seni, tetapi dengan penyampaian yang mudah mereka pahami serta mereka paham dan menyadari tugas dari seorang guru SD, dan mereka berusaha dengan giat untuk mengasah bakat seni yang tependam dalam diri mereka masing-masing. Hal ini dibuktikan saat penampilan praktek bernyanyi yang mereka tampilkan dengan baik dan benar, dan dengan hasil yang memuaskan.
EUFEMISME DALAM TEKS DRAMA JALAN LURUS KARYA WISRAN HADI Mulya, Jumiatul
Ensiklopedia Education Review Vol 1, No 2 (2019): Volume 1 No.2 Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v1i2.402

Abstract

This study aims to describe the form and meaning of the euphemism contained in the drama text Jalan Lurus by Wisran Hadi. This type of research is descriptive qualitative. Data obtained from drama text Jalan Lurus. The research data was collected using the refer method. This method is continued with the SBLC technique. Data collection is also supported by note taking techniques. Data analysis methods used are the method of distribution and the method of matching. The results of the analysis of the use of euphemisms in the drama text Jalan Lurus by Wisran Hadi show that euphemisms consist of words, phrases, clauses, and sentences. Based on the data that has been analyzed, the most commonly found form of euphemism is in the form of words and the smallest form of euphemism used in the drama Jalan Lurus by Wisran Hadi is in the form of sentences. The meaning of euphemism contained in the text of the drama Jalan Lurus by Wisran Hadi is connotative and affective.
EUFEMISME DALAM TEKS DRAMA JALAN LURUS KARYA WISRAN HADI Jumiatul Mulya
Ensiklopedia Education Review Vol 1, No 2 (2019): Volume 1 No.2 Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v1i2.402

Abstract

This study aims to describe the form and meaning of the euphemism contained in the drama text Jalan Lurus by Wisran Hadi. This type of research is descriptive qualitative. Data obtained from drama text Jalan Lurus. The research data was collected using the refer method. This method is continued with the SBLC technique. Data collection is also supported by note taking techniques. Data analysis methods used are the method of distribution and the method of matching. The results of the analysis of the use of euphemisms in the drama text Jalan Lurus by Wisran Hadi show that euphemisms consist of words, phrases, clauses, and sentences. Based on the data that has been analyzed, the most commonly found form of euphemism is in the form of words and the smallest form of euphemism used in the drama Jalan Lurus by Wisran Hadi is in the form of sentences. The meaning of euphemism contained in the text of the drama Jalan Lurus by Wisran Hadi is connotative and affective.
ANALISIS PERMINTAAN DAN PENAWARAN “SULAMAN SUJI” INDUSTRI RUMAH TANGGA KECAMATAN AMPEK ANGKEK DI KABUPATEN AGAM Ummami, Wage
Ensiklopedia Education Review Vol 1, No 2 (2019): Volume 1 No.2 Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v1i2.403

Abstract

This study aimed to analyze the effect of (1) the demand and supply Embroidery Suji toward equilibrium prices of clothing materials embroidered suji District of Ampek Angkek Agam (2) the equilibrium price clothing materials Embroidery Suji, consumer income, prices of goods substitution, and the preference for deals clothes Embroidery Suji District of Ampek Angkek in Agam District (3) the equilibrium price suji embroidered clothing materials, production costs and an estimate of the future price significantly influence embroidered dress materials suji deals in District Ampek Angkek Agam. Sources of data are the primary data with the population are entrepreneurs Embroidery Suji many as 127 people (the supply side) and the buyer Embroidery Suji (the demand side). With a sampling technique Cluster Random Sampling been chosen samples for entrepreneurs Embroidery Suji were 96 people who terseber in Nagari Hall Gurah as many as 71 people, Lambah 11 people and 14 people. Meanwhile, on the demand side elected a sample of 96 people with accidental sampling technique. The study concluded that (1) Demand and supply Embroidery Suji significant effect on the equilibrium price embroidered dress materials Suji Agam District of Ampek Angkek. (2) Price balance Suji Embroidery clothing materials, consumer income, prices of goods substitution, and preferences significantly influence demand for embroidered garments Suji District of Ampek Angkek in Agam District. (3) Price balance Suji Embroidery clothing materials, production costs and an estimate of the future price significantly influence embroidered dress materials Suji deals in District Ampek Angkek Agam.
ANALISIS PERMINTAAN DAN PENAWARAN “SULAMAN SUJI” INDUSTRI RUMAH TANGGA KECAMATAN AMPEK ANGKEK DI KABUPATEN AGAM Wage Ummami
Ensiklopedia Education Review Vol 1, No 2 (2019): Volume 1 No.2 Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v1i2.403

Abstract

This study aimed to analyze the effect of (1) the demand and supply Embroidery Suji toward equilibrium prices of clothing materials embroidered suji District of Ampek Angkek Agam (2) the equilibrium price clothing materials Embroidery Suji, consumer income, prices of goods substitution, and the preference for deals clothes Embroidery Suji District of Ampek Angkek in Agam District (3) the equilibrium price suji embroidered clothing materials, production costs and an estimate of the future price significantly influence embroidered dress materials suji deals in District Ampek Angkek Agam. Sources of data are the primary data with the population are entrepreneurs Embroidery Suji many as 127 people (the supply side) and the buyer Embroidery Suji (the demand side). With a sampling technique Cluster Random Sampling been chosen samples for entrepreneurs Embroidery Suji were 96 people who terseber in Nagari Hall Gurah as many as 71 people, Lambah 11 people and 14 people. Meanwhile, on the demand side elected a sample of 96 people with accidental sampling technique. The study concluded that (1) Demand and supply Embroidery Suji significant effect on the equilibrium price embroidered dress materials Suji Agam District of Ampek Angkek. (2) Price balance Suji Embroidery clothing materials, consumer income, prices of goods substitution, and preferences significantly influence demand for embroidered garments Suji District of Ampek Angkek in Agam District. (3) Price balance Suji Embroidery clothing materials, production costs and an estimate of the future price significantly influence embroidered dress materials Suji deals in District Ampek Angkek Agam.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN OPERASI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BUAH BONSAI DI KELAS I SDN 14 PADANG ARO KECAMATAN SANGIR Erfiati, Erfiati
Ensiklopedia Education Review Vol 1, No 2 (2019): Volume 1 No.2 Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v1i2.404

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari pengalaman penulis di lapangan ketika pelaksanaan pembelajaran terpaku pada metode ceramah dalam penyampaian materi sehingga siswa-siswa sering mengalami kebosanan dan daya tangkap terhadap materi kurang. Karena itu penulis mencoba menarik minat belajar siswa dengan penggunaan alat peraga berupa buah bonsai untuk membantu penyampaian materi agar siswa lebih bersemangat dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan di Kelas I SDN 14 Padang Aro Kecamatan Sangir? Tujuan Agar siswa lebih memahami pelajaran tentang penjumlahan operasi bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas I SDN 14 Padang Aro, Kec. Sangir Kab. Solok Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, dengan 16 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Dengan menggunakann Teknik Pengumpulan Data berupa tes dan observasi. Sebagai Alat Pengumpulan Data yaitu Butir Soal Tes dan Lembar Observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75% dari jumlah siswa yang sudah mencapai nilai KKM yaitu 55. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data bahwa dengan menggunakan alat peraga buah bonsai berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas I SDN 14 Padang Aro Kecamatan Sangir. Ini dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17.20. sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52 % dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 100 % artinya penggunaan metode alat peraga berupa buah bonsai adalah baik dan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika tentang penjumlahan di kelas I SDN 14 Padang Aro Kecamatan Sangir. Dengan hasil tersebut, maka kesimpulannya model pembelajaran dengan menggunakan alat peraga buah bonsai dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 14 Padang Aro dalam hal penjumlahan bilangan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN OPERASI BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BUAH BONSAI DI KELAS I SDN 14 PADANG ARO KECAMATAN SANGIR Erfiati Erfiati
Ensiklopedia Education Review Vol 1, No 2 (2019): Volume 1 No.2 Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v1i2.404

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari pengalaman penulis di lapangan ketika pelaksanaan pembelajaran terpaku pada metode ceramah dalam penyampaian materi sehingga siswa-siswa sering mengalami kebosanan dan daya tangkap terhadap materi kurang. Karena itu penulis mencoba menarik minat belajar siswa dengan penggunaan alat peraga berupa buah bonsai untuk membantu penyampaian materi agar siswa lebih bersemangat dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan di Kelas I SDN 14 Padang Aro Kecamatan Sangir? Tujuan Agar siswa lebih memahami pelajaran tentang penjumlahan operasi bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas I SDN 14 Padang Aro, Kec. Sangir Kab. Solok Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, dengan 16 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Dengan menggunakann Teknik Pengumpulan Data berupa tes dan observasi. Sebagai Alat Pengumpulan Data yaitu Butir Soal Tes dan Lembar Observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75% dari jumlah siswa yang sudah mencapai nilai KKM yaitu 55. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data bahwa dengan menggunakan alat peraga buah bonsai berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas I SDN 14 Padang Aro Kecamatan Sangir. Ini dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17.20. sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52 % dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 100 % artinya penggunaan metode alat peraga berupa buah bonsai adalah baik dan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika tentang penjumlahan di kelas I SDN 14 Padang Aro Kecamatan Sangir. Dengan hasil tersebut, maka kesimpulannya model pembelajaran dengan menggunakan alat peraga buah bonsai dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 14 Padang Aro dalam hal penjumlahan bilangan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVINISION (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 07 SUNGAI LAMBAI KECAMATAN SANGIR KABUPATEN SOLOK SELATAN Ningsih, Erlinda
Ensiklopedia Education Review Vol 1, No 2 (2019): Volume 1 No.2 Agustus 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v1i2.405

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilatarbelakangi belum optimalnya proses pembelajaran Matematika dimana Siswa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar Siswa. Tujuan PTK ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika Siswa pada materi operasi hitung pecahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SD Negeri 07 Sungai Lambai. Prosedur PTK terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitan adalah Siswa kelas V SD Negeri 07 Sungai Lambai pada semester dua tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 10 orang. Data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil belajar Siswa dan data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi serta dari dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil belajar Siswa pada siklus 1 dengan ketuntasan klasikal 50% meningkat pada siklus 2 menjadi 90% dengan peningkatan hasil belajar sebesar 40%. Maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Siswa pada materi operasi hitung pecahan di kelas V SD Negeri 07 Sungai Lambai Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11