cover
Contact Name
Ensiklopedia Education Review
Contact Email
ensiklopediaeducation@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ensiklopediaeducation@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Ensiklopedia Education Review
ISSN : 26570297     EISSN : 26570289     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal yang menerbitkan artikel di bidang ilmu pendidikan di Indonesiam baik dalam bahasa Indonesia ataupn bahasa PBB. Jurnal terbit selama 3 kali dalam satu tahun, yaitu di Bulan April, Agustus, Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021" : 30 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KECEPATAN PENERAPAN MODEL REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) SISWA KELAS V UPT. SD NEGERI 09 BARINGIN Mulyati, Afni
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.700

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi kecepatan sebelum menggunakan model RME (Realistik Mathematics Education) di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. (2) Penerapan model RME ( Realistik Mathematic Education ) dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika materi kecepatan di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. (3) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi kecepatan sesudah menggunakan model RME (Realistik Mathematics Education) di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. Jenis penelitian berupa PTK, dengan subjek penelitian kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. terdiri dari 35 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) hasil belajar sebelum tindakan hasil nilai rata-rata pada pre test adalah 67,72. Siswa yang tuntas adalah 48,57% (17 peserta didik). (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan Model RME (Realistik Mathematics Education) pada siklus I nilai rata-rata menjadi 74 atau sebanyak 65,71% (23 peserta didik) yang tuntas. Sedangkan nilai rata-rata siswa siklus II meningkat lagi menjadi 82,86 atau sebanyak 85,72% (30 peserta didik) yang tunta belajar. .Dapat disimpulkan bahwa Model RME (Realistik Mathematics Education) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi Kecepatan hanya di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KECEPATAN PENERAPAN MODEL REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) SISWA KELAS V UPT. SD NEGERI 09 BARINGIN Afni Mulyati
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.700

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi kecepatan sebelum menggunakan model RME (Realistik Mathematics Education) di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. (2) Penerapan model RME ( Realistik Mathematic Education ) dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika materi kecepatan di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. (3) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi kecepatan sesudah menggunakan model RME (Realistik Mathematics Education) di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. Jenis penelitian berupa PTK, dengan subjek penelitian kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin. terdiri dari 35 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) hasil belajar sebelum tindakan hasil nilai rata-rata pada pre test adalah 67,72. Siswa yang tuntas adalah 48,57% (17 peserta didik). (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan Model RME (Realistik Mathematics Education) pada siklus I nilai rata-rata menjadi 74 atau sebanyak 65,71% (23 peserta didik) yang tuntas. Sedangkan nilai rata-rata siswa siklus II meningkat lagi menjadi 82,86 atau sebanyak 85,72% (30 peserta didik) yang tunta belajar. .Dapat disimpulkan bahwa Model RME (Realistik Mathematics Education) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi Kecepatan hanya di kelas V UPT. SD Negeri 09 Baringin.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SOAL CERITA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III UPT. SD NEGERI 21 LIMO KAUM Harnis, Ben
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.701

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum siswa kurang memahami soal cerita, serta pembelajaran dilaksanakan oleh guru masih secara konvensional. Hal ini mengakibatkan nilai siswa rendah, yakni pencapaian nilai rata-rata siswa secara klasikal adalah 63,45 Untuk itu penulis melalui penelitian ini mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil pembelajaran soal cerita melalui pendekatan CTL. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL mempunyai 7 langkah, yaitu konstuktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Langkah pendekatan CTL tersebut dikombinasikan dengan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam peneitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal dengan rata-rata 63,45 dan pada tes akhir tindakan siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74,48, sedangkan pada tes akhir tindakan siklus II rata-rata nilai siswa yakni 80,69. Hasil pengamatanpun terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penulis mengambil simpulan pada penelitian ini bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SOAL CERITA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III UPT. SD NEGERI 21 LIMO KAUM Ben Harnis
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.701

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum siswa kurang memahami soal cerita, serta pembelajaran dilaksanakan oleh guru masih secara konvensional. Hal ini mengakibatkan nilai siswa rendah, yakni pencapaian nilai rata-rata siswa secara klasikal adalah 63,45 Untuk itu penulis melalui penelitian ini mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil pembelajaran soal cerita melalui pendekatan CTL. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL mempunyai 7 langkah, yaitu konstuktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Langkah pendekatan CTL tersebut dikombinasikan dengan langkah-langkah menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam peneitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal dengan rata-rata 63,45 dan pada tes akhir tindakan siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74,48, sedangkan pada tes akhir tindakan siklus II rata-rata nilai siswa yakni 80,69. Hasil pengamatanpun terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penulis mengambil simpulan pada penelitian ini bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU & DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS IV UPT. SD NEGERI 21 LIMO KAUM Hamidar, Hamidar
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tema Indahnya Keragaman di Negeriku & Daerah Tempat Tinggalku kelas IV di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus dua pertemuan. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas IV UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif.Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay meningkatkan hasil belajar IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku & Daerah Tempat Tinggalku siswa kelas IV di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Hal tersebut dilihat dari tes hasil belajar siswa mencapai KKM diatas 75%. Pada Pra-siklus nilai rata-rata kelas ialah 69,20 dengan ketuntasan 45,16% Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 74,19 dengan ketuntasan 67,74% .Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 81,94 dengan ketuntasan 87,10% berdasarkan hasil tersebut penelitian dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku & Daerah Tempat Tinggalku siswa kelas IV di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU & DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS IV UPT. SD NEGERI 21 LIMO KAUM Hamidar Hamidar
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tema Indahnya Keragaman di Negeriku & Daerah Tempat Tinggalku kelas IV di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus dua pertemuan. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas IV UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif.Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay meningkatkan hasil belajar IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku & Daerah Tempat Tinggalku siswa kelas IV di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Hal tersebut dilihat dari tes hasil belajar siswa mencapai KKM diatas 75%. Pada Pra-siklus nilai rata-rata kelas ialah 69,20 dengan ketuntasan 45,16% Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 74,19 dengan ketuntasan 67,74% .Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 81,94 dengan ketuntasan 87,10% berdasarkan hasil tersebut penelitian dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku & Daerah Tempat Tinggalku siswa kelas IV di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI PADA SISWA KELAS 1 UPT. SD NEGERI 04 BARINGIN Siswati, Ernineng
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada siswa kelas 1 UPT. SD Negeri 04 Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar UPT. SD Negeri 04 Baringin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I di UPT. SD Negeri 04 Baringin, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes membaca dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan II dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67,50% dan siklus II sebesar 83,13%. Sedangkan hasil tes peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat diukur dari setiap siklusnya, keterampilan membaca siswa pada siklus I sebesar 71,01 (belum mencapai KKM), keterampilan membaca pada siklus II sebesar 82,70 (sudah mencapai KKM). Dengan demikian hasil penelitian siswa kelas 1 UPT. SD Negeri 04 Baringin.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI PADA SISWA KELAS 1 UPT. SD NEGERI 04 BARINGIN Ernineng Siswati
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada siswa kelas 1 UPT. SD Negeri 04 Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar UPT. SD Negeri 04 Baringin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I di UPT. SD Negeri 04 Baringin, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes membaca dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I, dan II dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67,50% dan siklus II sebesar 83,13%. Sedangkan hasil tes peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat diukur dari setiap siklusnya, keterampilan membaca siswa pada siklus I sebesar 71,01 (belum mencapai KKM), keterampilan membaca pada siklus II sebesar 82,70 (sudah mencapai KKM). Dengan demikian hasil penelitian siswa kelas 1 UPT. SD Negeri 04 Baringin.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK SUB TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PESERTA DIDIK KELAS IV DI UPT.SD NEGERI 16 BARINGIN Syafni, Wiswi Ayu
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) hasil belajar pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku b) Penerapan model Two Stay Two Stray pada pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku, c) Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku setelah menggunakan model Two Stay Two Stray kelas IV UPT. SD Negeri 16 Baringin. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa UPT. SD Negeri 16 Baringin kelas IV yang berjumlah 35 peserta didik terdiri dari 19 laki-laki dan 16 perempuan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Pada tes awal (Pre-Test) sebelum menggunakan model Two Stay Two Stray nilai rata- rata peserta didik sebesar 68,29 yaitu 19 orang (54,29%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 16 orang (45,71%) yang belum mencapai ketuntasan belajar, pada siklus I nilai rata- rata kelas yang di dapat sebesar 74,89 jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 26 orang (74,29%) dan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 9 orang (25,71%). Sedangkan tes hasil belajar siklus II nilai rata- rata kelas yang didapat peserta didik sebesar 84,57, peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 31 orang (88,57%) dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas belajar sebanyak 4 orang (11,43%). Maka menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK SUB TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PESERTA DIDIK KELAS IV DI UPT.SD NEGERI 16 BARINGIN Wiswi Ayu Syafni
Ensiklopedia Education Review Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 No.1 April 2021
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/eer.v3i1.704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) hasil belajar pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku b) Penerapan model Two Stay Two Stray pada pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku, c) Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku setelah menggunakan model Two Stay Two Stray kelas IV UPT. SD Negeri 16 Baringin. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa UPT. SD Negeri 16 Baringin kelas IV yang berjumlah 35 peserta didik terdiri dari 19 laki-laki dan 16 perempuan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Pada tes awal (Pre-Test) sebelum menggunakan model Two Stay Two Stray nilai rata- rata peserta didik sebesar 68,29 yaitu 19 orang (54,29%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 16 orang (45,71%) yang belum mencapai ketuntasan belajar, pada siklus I nilai rata- rata kelas yang di dapat sebesar 74,89 jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 26 orang (74,29%) dan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 9 orang (25,71%). Sedangkan tes hasil belajar siklus II nilai rata- rata kelas yang didapat peserta didik sebesar 84,57, peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 31 orang (88,57%) dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas belajar sebanyak 4 orang (11,43%). Maka menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran Tematik Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku.

Page 1 of 3 | Total Record : 30