JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Articles
198 Documents
Persepsi Konsumen Terhadap Aktivitas Social Media Marketing Di E-Commerce Industry
Nuzul Inas Nabila;
Aida Sari;
Sri Suningsih;
Rinaldi Bursan
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.24772
Tujuan penelitian ini mengukur lima dimensi untuk mengukur SMMA (sosial media marketing activity). Dimensi pemasaran media sosial antara lain interaktif, informatif, personalisasi, trend, dan WOM. Sampel dalam survei ini adalah pelanggan e-commerce di media sosial. Sampel sebanyak 103 responden menggunakan teknik non probability sampling teknik purposive sampling. Hasil pada penelitian ini bahwa ada pengaruh secara simultan interaktif (X1), informatif (X2), personalisasi (X3), trend (X4), dan word of mouth (X5) terhadap sosial media marketing activity. Secara parsial interaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap sosial media marketing, personalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap sosial media marketing, sedangkan informatif tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap sosial media marketing, trend tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap sosial media marketing, dan word of mouth tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sosial media marketing.
Pengaruh Omnichannel Marketing, Product Assortment dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Sociolla
Nyoman Sri Subawa;
Putu Shinta Sri Sindari
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.25338
Penelitian ini ditujukan agar mengetahui bagaimana omnichannel, product assortment dan online customer reviewmampu berdampak secara parsial dan simultan kepada minat beli konsumen Sociolla di Badung. Metode yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat bantu angket yang disebarkan dengan teknik incidental samplingkepada 160 responden dari masyarakat Badung. Data dianalisis melalui bantuan aplikasi SPSS. Diperoleh hasil penelitian seluruh variabel penelitian mempunyai nilai sig < 0,05, berarti seluruh hipotesis di penelitian mampu diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu omni channel marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan pada minat beli konsumen Sociolla di Badung; product assortment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Sociolla di Badung; online customer review mempunyai dampak positif dan signifikan pada minat beli pembeli Sociolla di Badung; omnichannel marketing, product assortment dan online customer review secara bersama-sama mempunyai dampak positif dan signifikan pada minat beli konsumen Sociolla di Badung. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan melakukan studi yang lebih mendalam mengenai variabel-variabel yang bukan menjadi bagian dari studi ini serta melakukan riset di lokasi lainnya ataupun dengan lingkup yang lebih lebar. Hasil dari penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan terkait dalam meningkatkan niat beli konsumen. Strategi yang diterapkan Sociolla bermanfaat bagi seseorang dalam memenuhi kebutuhan mereka, baik dalam mencari informasi dan menemukan produk yang dicarinya melalui berbagai saluran.
Implementasi Digital Marketing Melalui Social Media Campaign Strategy (Studi Kasus: Tokopedia)
Shaffa Arindra Tuffahati;
Isna Nugraha
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.26406
Social media campaign ini memiliki tujuan meningkatkan interaksi dengan potential audiences dan meningkatkan brand awareness produk Tokopedia. Implementasi Digital Marketing dilakukan menggunakan metode Social Media Analytics (SMA) yang merujuk pada pengumpulan informasi dari media sosial dan mengevaluasi informasi tersebut untuk membuat keputusan bisnis. Berdasarkan data tersebut, dilakukan campaign bernama “Man in Sports” dengan menargetkan laki-laki berusia 18-35 tahun. Melalui Instagram, Facebook, dan TikTok Tokopedia, campaign ini dilakukan dalam lima poin utama yaitu historical data insights, target marketing and pesona, social media campaign strategy, content production, dan data-driven content dengan asumsi jangka waktu 3 bulan mulai bulan Oktober hingga bulan Desember. Dalam kampanye ini KPI yang ingin diraih yaitu meningkatkan followers Instagram sebesar 10%, meningkatkan jumlah followers Facebook sebesar 10%, meningkatkan jumlah followers TikTok sebesar 7% serta meningkatkan engagement rate Instagram Tokopedia dari 0,08% menjadi 0,2%.
Does store atmosphere support consumers' desire to shopping?
Dedi Iskamto;
Hendrayani Hendrayani;
Cornelis Dehotman;
Wirdayani Wahab;
Jeli Nata Liyas;
Siti Syahsudarmi;
Asnahwati Asnahwati
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.27344
Store atmosphere is one of the factors owned by the store to attract consumers. Each store has a physical layout that makes it easy and difficult for shoppers to move around in it. Each store has a shop appearance that shapes the atmosphere according to its target market and can attract consumers to buy.This study aims to determine the effect of store atmosphere on consumer decisions in shopping. This study used a quantitative method using SPSS software version 25. Research resultsthat the store atmosphere has a significant effect on consumer decisions in shopping. It was also found that the atmosphere of the store had an influence of 35.6% on consumer decisions in shopping, the remaining 64.4% was influenced by factors not examined in this study.
Faktor-Faktor Budaya Internasional dalam Pemasaran Global
Suhairi Suhairi;
Syahfitri Syahfitri;
Irma Septria Mawarni;
Fadly Abdillah Nafis
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.27532
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor budaya internasional dalam pemasaran global, yaitu dengan memahami bahasa, estetika, pendidikan, agama yang ada di negara yang akan perusahaan masuki, karena pemahaman lingkungan budaya luar sangat penting dalam tahap pemasaran produk secara global karena budayalah yang menjadikan faktor utama dalam menmutuskan apakah produk itu layak untuk dikomsumsi dinegara tersebut ataupun adanya penolakan dengan alasan tertentu yang bisa saja bertentangan dengan budaya, agama dan pengetahuan penduduk disuatu negara tersebut. Penelitian ini menggunakan metode library resources deskriptif analitis, metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui media internet dalam bentuk paper, artikel, jurnal, dan website. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman lingkungan budaya luar sangat penting dalam tahap pemasaran produk secara global karena budayalah yang menjadikan faktor utama dalam menmutuskan apakah produk itu layak untuk dikomsumsi dinegara tersebut ataupun adanya penolakan dengan alasan tertentu yang bisa saja bertentangan dengan budaya, agama dan pengetahuan penduduk disuatu negara tersebut
Strategi Pemasaran Digital Musik Daerah Flores Melalui Platform Musik Digital Spotify
Yohanes Paulus Hanny Wadhi;
Fitri Ciptosari;
Reynaldo Angga Siagian
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 3 (2023): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/jpkpk.v6i3.27791
Perkembangan era digital telah mendisrupsi berbagai bisnis, salah satunya adalah industri musik. Para musisi kini semakin mudah memasarkan musiknya tanpa harus menggunakan jasa label rekaman yang proses seleksinya tidak mudah dan berbiaya mahal. Sementara itu, Pulau Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang menyandang predikat baru sebagai Flores The Singing Island memiliki banyak musisi dengan talenta di bidang seni dan musik. Dengan kemajuan digital, lagu-lagu daerah Flores memiliki peluang untuk maju ke kancah dunia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan informan yang merupakan para musisi asli Flores. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu aplikasi digital yang paling berperan dalam upaya pemasaran musik daerah Flores adalah Spotify. Spotify sebagai aplikasi musik digital yang menawarkan fungsi pemasaran bagi para musisi. Aplikasi ini tidak hanya membantu meningkatkan promosi dari setiap produk musik digital, namun juga memberikan pengakuan atas hak cipta dan earning income melalui transaksi royalti bagi para musisi. The development of the digital era has disrupted various businesses, one of which is the music industry. It is now easier for musicians to market their music without having to use the services of a record label whose selection process is not easy and expensive. Meanwhile, Flores Island in East Nusa Tenggara Province, which bears a new title as Flores The Singing Island, has many musicians with talents in art and music. With digital advances, these folk songs have the opportunity to advance to the world stage. This study used descriptive qualitative method. This research involved informants who were native musicians from Flores. The results of this study indicate that one of the digital applications that has the most role in marketing efforts for Flores regional music is Spotify. Spotify as a digital music application that offers marketing functions for musicians. This application not only helps increase the promotion of each digital music product, but also provides recognition for copyrights and earning income through royalty transactions for musicians.
Analisis Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning pada Restoran Mie Aceh Agam Jaya
Malkan Yahya Abdillah;
Suhairi Suhairi;
Imamsyah Imamsyah;
Yudi Bimantaka
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.27949
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi segmenting, targeting, dan positioning (STP) pada Restoran Mie Aceh Agam Jaya. Metode penelitian yang penulis gunakan berjenis metode deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan pemilik restoran sebagai narasumbernya, hal ini dikarenakan pemilik toko mengetahui segala strategi dan kegiatan yang ada didalam restoran tersebut. Data dari penelitian ini disajikan dengan menggunakan strategi segmenting, targeting, dan positioning (STP). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pihak restoran telah melakukan dan menerapkan strategi STP pada restorannya. Strategi segmenting didasarkan pada 4 segmen, yaitu demografis, geografis, psikografis, dan perilaku. Target konsumen restoran adalah semua kalangan, baik secara gender ataupun umur. Citra produk dan layanan berkualitas diposisikan oleh pihak restoran untuk menjadi daya saingnnya.
Building Satisfaction and Loyalty of Go-Jek User Communities in Cibodas District, Tangerang City
Eneng Wiliana;
Nining Purwaningsih
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.28155
People's mobility is currently increasing, of course, requires transportation facilities that can facilitate movement and movement from one place to another quickly, even though the distance is long. The rapid and practical development of internet-based technology has given rise to an online application-based transportation innovation supported by communication technology via smartphones. This online application-based transportation is a combination of motorcycle taxi transportation services and communication technology. This study aims to examine the effect of service quality on customer satisfaction and loyalty of users of Gojek online motorcycle taxi transportation services, especially the people in Cibodas District, Tangerang City, amidst the many competition of similar companies. This research is a survey research. The population in this study are all customers who use Gojek online motorcycle taxi transportation in Cibodas District, Tangerang City. This research technique uses non-probability sampling. The researcher uses incidental sampling with a total of 150 respondents. The data collection technique uses a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The data analysis technique used is multiple regression. The statistical test results show that customer satisfaction has a positive and significant effect on customer loyalty to gojek. This research also shows how important satisfying service is so that customers have high loyalty and customers do not switch to other online motorcycle taxi applications.y Key : Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty
Pengaruh Brand ammbasador Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi Allianz Cabang Pekanbaru
Siti Syahsudarmi
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.28316
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian Asuransi Allianz Cabang Pekanbaru. Pengambilan sampel sebanyak 93 nasabah pada tahun 2022. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, dimana sampel mencakup seluruh populasi. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif sedangkan model analisis menggunakan regresi linier berganda. Pengolahan data dengan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, thitung lebih besar dari ttabel dan nilai signifikansi lebih kecil dari alpha 0,05. Pada saat yang sama, ditemukan bahwa brand ambassador dan citra produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, nilai F hitung lebih tinggi dari nilai F tabel dan nilai signifikansi lebih rendah dari alpha 0,05. Koefisien determinasi (R-squared) sebesar 0,455 dan 45,5%, yang berarti bahwa variabel X1 (brand ambassador) dan X2 (citra merek) berpengaruh terhadap variabel Y (keputusan pembelian) secara bersamaan.
Efek Mediasi E-WOM Dalam Hubungan Variabel Antara Aktivitas Content Marketing, Electronic Promotion, dan Customer Intention To Buy
Hendra Febrian;
Arnolt Kristian Pakpahan
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32493/jpkpk.v6i2.28461
Penelitian ini mengkaji peran electronic word of mouth (E-WOM) dalam hubungan variabel antara aktivitas pemasaran digital dan niat beli di kalangan pelanggan marketplace. Kegiatan pemasaran digital terdiri dari pemasaran konten dan promosi elektronik (E-Promotion). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner online dari 180 responden. Pelanggan Marketplace dipekerjakan untuk studi kuantitatif melalui Purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan program SPSS dan Amos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Content marketing, electronic promotion, electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap niat beli pelanggan melalui marketplace. Penelitian selanjutnya dapat memperluas penyebaran kuesioner ke seluruh daerah agar data bisa lebih akurat, peneliti selanjutnya dapat memperluas cakupan penelitian diberbagai objek lainnya, dan peneliti selanjutnya dapat melakukan penambahan variabel yang berkaitan pada niat beli pelanggan.