cover
Contact Name
Tri Hariyati Nur Indah Sari
Contact Email
pmat@uniba-bpn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pmat@uniba-bpn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota balikpapan,
Kalimantan timur
INDONESIA
de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Balikpapan
ISSN : 26216078     EISSN : 26217309     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal de Fermat adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Terbit dalam dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2018)" : 7 Documents clear
ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BALIKPAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT TAHUN AJARAN 2014/2015: ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA BALIKPAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT TAHUN AJARAN 2014/2015 Ganjar Susilo
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.727 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v1i2.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMA Negeri 8 di Kota Balikpapan dalam menyelesaikan permasalahan tentang persaman kuadrat dan fungsi kuadrat serta mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang mampu dalam menyelesaikan permasalahan tentang persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat. Metode penelitian mengunakan pendekatan kualitatif, subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Balikpapan. Hasil penelitian ini siswa tidak mampu menyelesaikan permasalahan persamaan kuadrat yang telah disusun serta menggunakan cara penyelesaian yang tidak benar walapun jawaban yang diberikan benar. Siswa mampu memahami dengan baik masalah persamaan kuadrat yang memiliki akar-akar yang nyata atau riil. Siswa tidak mampu memahami dan menyelesaikan masalah persamaan kuadrat dan menyusun persamaan kuadrat barunya. Siswa tidak mampu melukiskan fungsi kuadrat dan menentukan sumbu simetri dari fungsi kuadrat yang diketahui. Siswa tidak mampu memhami dan menentukan koordinat titik ekstrem atau koordinat titik balik dari fungsi kuadrat yang diketahui. Kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran matematika yang diberikan dikarenakan menganggap pelajaran matematika pelajaran yang susah dipahami serta tidak adanya keinginan siswa untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan oleh guru.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KALKULUS DIFERENSIAL BERBASIS ANIMASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEARIFAN LOKAL Anik Novianti; Ali Shodikin
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.007 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v1i2.20

Abstract

Lambatnya adaptasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika perlu menjadi perhatian yang serius untuk menghasilkan lulusan yang kompeten. Banyak penelitian menunjukkan kelebihan bahan ajar berbasis animasi, pendekatan kontektual maupun kearifan lokal. Namun dalam pembelajaran matematika khususnya kalkulus diferensial, belum ada bahan ajar yang menggambungkan ketiganya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar kalkulus diferensial berbasi animasi dengan pendekatan kontekstual dan kearifan lokal. Dilakukan uji validasi kepada ahli dari segi konten materi, grafis-animasi dan keterbacaan, serta respon peserta didik terhadah bahan ajar yang dikembangkan. Diperoleh hasil bahwa bahan ajar ini layak untuk digunakan dengan kriteria sangat baik dan memperoleh respon positif mahasiswa dalam hal penggunaan bahan ajar yang digunakan, materi yang diajarkan, dan minat dalam mengikuti pembelajaran. Bahan ajar berbasis animasi ini bisa digunakan sebagai alternatif bahan ajar yang menarik minat mahasiswa. Penelitian pengembangan serupa perlu dilakukan dan dilanjutkan oleh para peneliti dan pengembang media untuk mata kuliah yang lain atau mata pelajaran di sekolah.
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SIKAP OPTIMIS DAN PESIMIS SISWA SMA Lenny Kurniati; Asef Umar Fakhruddin
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.872 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v1i2.22

Abstract

Pessimism is the attitude or perspective of an individual who is depicted by uncertainty, despair, and there is no hope for something faced. Conversely, optimism is the attitude of someone who sees things positively. This study aims to find out how students who have optimistic and pessimistic attitudes, and find out the differences in students' mathematics achievement between optimistic and pessimistic students, and if there are better ones. This research was conducted in 4 (four) State High Schools in Semarang City, and 498 XII graders has been chosen randomly. The result is that 55% of students are pessimistic, and 45% are optimistic. The research hypothesis that there are differences in mathematics learning achievement between optimistic and pessimistic students has been proven in the results of this study. Significant differences were also confirmed through the results of statistical calculations, and can be indicated by the average score of the optimistic students is higher than pessimistic students. Further discussion is needed on the implications of the results of this study on mathematics education broadly.
PENGARUH METAKOGNISI DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018 Azizah Amatur Rohman; Suci Yuniarti; Besse Intan Permatasari
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.51 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v1i2.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metakognisi dan kreativitas secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, apakah terdapat pengaruh metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan apakah terdapat pengaruh kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berasal dari 215 siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Balikpapan. Peneliti menggunakan cluster random sampling dan mendapatkan 62 siswa yang terlibat sebagai sampel. Peneliti menggunakan tes dan angket sebagai instrumen penelitian. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis nol diterima pada kedua uji, yaitu uji F dan uji t. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh metakognisi dan kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa baik secara bersama-sama maupun secara parsial.
PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DAN TEORI VYGOTSKY Sukiyanto Sukiyanto
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.415 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v1i2.24

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Sunan Drajat Lamongan, jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tiga tahapan utama yang dimodifikasi dari Borg & Gall (1989), yakni : 1) Pengumpulan data awal dan perumusan tujuan, 2) Pengembangan RPP Awal, dan 3) Pelaksanaan (Validasi, Revisi, serta Uji keterlaksanaan I dan Uji keterlaksanaan II). Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah ; 1) uji keterlaksanaan I dan uji keterlaksanaan II; 2) angket yang telah divalidasi oleh ahli bahasa, ahli pembelajaran dan ahli materi (judgement experts). Selanjutnya, data yang diperoleh berupa hasil angket dianalisis secara kuantitatif dan saran atau masukan dari ahli bahasa, ahli pembelajaran, ahli materi, dan praktisi dideskripsikan secara kualitatif. Pada penelitian ini masing-masing validator menyatakan layak sesuai dengan jawaban penyekoran yang ada di angket pada masing-masing ahli yaitu ahli bahasa, ahli pembelajaran dan ahli materi, sedangkan hasil review dari praktisi juga menyatakan layak sesuai dengan hasil jawaban penyekoran yang ada dalam angket dan efektif berdasarkan nilai ketuntasan belajar siswa pada tes kognitif dan penilaian afektif pada uji keterlaksanaan I dan uji keterlaksanaan II. Dengan demikian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara keseluruhan mendapat penilaian dan tanggapan yang baik dari para ahli, praktisi, maupun siswa, sehingga dapat dikatakan layak digunakan sebagai rencana pembelajaran matematika sekolah menengah kejuruan di kelas
PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018 Dina Astuti; Ganjar Susilo; Tri Hariyati Nur Indah Sari
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.706 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v1i2.25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi penelitian yaitu 294 siswa yang melibatkan 76 siswa sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner konsentrasi belajar, kuesioner kemandirian belajar dan tes hasil belajar matematika. Analisis data dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada uji F nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 = yang berarti terdapat pengaruh konsentrasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. Selain itu, pada uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 = yang berarti terdapat pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan tahun ajaran 2017/2018 dan terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018.
PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018 Fitri Maulinda; Rahayu Sri Waskitoningtyas; Husnul Khotimah
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.021 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v1i2.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan ex post facto. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan yang berjumlah 284 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 77 siswa, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner disiplin belajar () 20 pernyataan, tes kemampuan berpikir kreatif () 4 soal uraian materi trigonometri, dan tes hasil belajar (Y) 5 soal uraian materi trigonometri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Persamaan regresi yang diperoleh Y= 20,322 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan dan parsial pada kemampuan berpikir kreatif dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Balikpapan tahun ajaran 2017/2018.

Page 1 of 1 | Total Record : 7