cover
Contact Name
Tri Hariyati Nur Indah Sari
Contact Email
pmat@uniba-bpn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pmat@uniba-bpn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota balikpapan,
Kalimantan timur
INDONESIA
de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Balikpapan
ISSN : 26216078     EISSN : 26217309     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal de Fermat adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Terbit dalam dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2019)" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL PADA MATERI PENYAJIAN DATA Savitri Septiara Pratiwi; Ana Setiani; Novi Andri Nurcahyono
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.322 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v2i2.43

Abstract

The purpose of this research are : 1) knowing the process of developing interactive with using Adobe Flash CS3 Professional media, 2) knowing the effectiveness of interactive learning with using Adobe Flash CS3 Professional media, 3). knowing the ability of students' mathematical understanding after using the Adobe Flash CS3 Professional media. The type of research is Research and Development (R & D) with One-Group Pretest-Posttest. The research was conducted at Mardi Waluya 2 Sukabumi Junior High School in the 2018/2019 semester event. The writer take the population of this study is on VII class. The sample used simple random sampling and for the instruments used were validation questionnaires media and tests. Data analysis techniques are using the Likert scale for validation questionnaires media, using the T test to determine effectiveness, and N-Gain to determine the increase in students' mathematical understanding skills. Interactive learning media are valued by media experts and material experts, with the results obtained that are valid so that they can be used in learning. The results of the effectiveness test are Thit (8.78)> T table (1,699) with a significant level used which is 5%. With high criteria of N-Gain test results are 75.61. Based on the results of these studies, interactive learning with using Adobe Flash CS3 Professional media can be effective in learning and can improve students' of mathematical understanding skills.
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman Sindi Maharani Mauji; Yanti Mulyanti; Novi Andri Nurcahyono
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.674 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v2i2.44

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor-faktor penyebab kesalahan siswa serta solusi untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tempat dilaksanakan penelitian ini yaitu di SMK Negeri 3 Kota Sukabumi. Pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Busana Butik SMK Negeri 3 Kota Sukabumi yang terdiri enam orang siswa dengan teknik pengambilan subjek secara purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verivikasi. Setelah data dianalisis kemudian data divalidasi dengan keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi teknik, yaitu dengan membandingkan hasil dari jawaban tes diagnostik siswa pada soal tes dan hasil wawancara pada subjek. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah jenis kesalahan membaca yang dilakukan subjek penelitian pada kesalahan membaca mencapai 3%. Jenis kesalahan pemahaman yang dilakuan oleh subjek mencapai 27%, kesalahan transformasi yang dilakukan subjek mencapai 12%, jenis kesalahan keterampilan yang dilakukan subjek mencapai 20%. Dan jenis kesalahan yang sering dilakukan subjek adalah jenis kesalahan kesimpulan mencapai 38%. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu faktor internal atau faktor yang ada pada dalam diri siswa seperti kurangnya ketelitian dalam menyelesaikan soal, lupa rumus, kelelahan karena selesai praktikkum, dsb. Solusi untuk kesalahan siswa yaitu dengan cara sering memberikan soal yang beragam dan bervariasi tentang materi trigonometri, kemudian guru membimbing dan melatih keterampilan siswa dan ketelitian siswa dan dilatih membiasakan siswa dalam menyelesaikan soal secara sistematis, lalu dibahas bersama agar pemahaman subjek penelitan lebih baik lagi, sehingga akan membuat siswa terbiasa menentukan rumus atau konsep dengan tepat.
PENGARUH GAME INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP Riyan Cahya
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.785 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v2i2.50

Abstract

The study aims to determine the influence of application of interactive game-assisted kahoot applications can improve the understanding of the concept. The method used in Presearch is the research of aniexperiments With The kinds of Experimenoyang Usesthen test T. The results of the research that has been done are and can be concluded that there is a difference or influence of Kahoot application interactive games to improve the understanding of mathematical concepts, the application of a kahoot interactive game is better than learning by using conventional learning in improving the ability to understand the mathematical concepts in working on the problem with Use the app's interactive game from the work of the book.
STRATEGI GURU DALAM PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA Muhammad Munir
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.048 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v2i2.51

Abstract

Salah satu model yang paling cocok dengan pendekatan saintifik adalah model problem based learning (Marsigit,2013).Problem based learning pada intinya memberikan masalah kepada siswa sebagai ganti materi/isi pembelajaran, dan dalam prosesnya, siswa bisa memcahkan masalah tersebut. Sama halnya dengan pendekatan saintifik, dalam problem based learning juga menjadikan guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Sebagai fasilitator, guru harus mempuyai strategi yang baik sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai secara optimum.Menurut Cindy and Barrow (2006), dengan strategi yang terukur, guru dapat memfasilitasi siswa untuk menggunakan penalaran yang efektif dalam proses pemecahan masalah.Sehingga penggunaan PBL yang baik, dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa dalam menemukan konsepnya sendiri
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM UPAYA MENUJU ERA INDUSTRI 4.0 Ilham Rais Arvianto
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.41 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v2i2.52

Abstract

This research aims to develop high quality learning materials (RPS and RPP) in the event of the upcoming industrial era 4.0, from validity, practicality, and effectivity aspects to improve creative thinking ability. This development research consisted of 10 steps, i.e.: (1) research on previous research findings, (2) literary study, (3) designing and developing research instruments, (4) designing and developing products, (5) internal testing of the design, (6) design revision, (7) building research products, (8) limited testings, (9) product revision, and (10) public testings. This research was performed in STMIK Akakom Yogyakarta. The product of this research was regarded as of high quality if the criteria of validity, practicality, and effectivity are met. The data was collected using questionnaire (validity and practicality) and testing (effectivity). The result shows that in the event of the upcoming industrial era 4.0, the learning materials (RPS and RPP) are of hogh quality from validity, practicality, and effectivity aspects so as to be used to improve 31,7% creative thinking ability.
PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING Wanda Nugroho Yanuarto
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.86 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v2i2.54

Abstract

The aim of this research’s are : 1) giving opportunity for asking the material what given by the lecturer, 2) giving the alternative how to solve the problem, 3) giving the stimulus of the student for show and understanding the idea, 4) giving the opportunity for see and find the giving solution of problem and 5) giving the stimulus to take the resk. This research is use the Problem Solving Education for increasing the creativity of study math in Mathematic subject in Muhammadiyah University of Purwokerto. And the result of this research’s are : 1) Reaching the knowledge of understanding the material of mathematic, 2) have the skill of show their suggestion and respecting some suggestion of their friends, 3) have the knowledge to see and problem solving to do the exercise of mathematic, 4) have the ability of showing their suggestion, and 5) have the ability to take a resk and improving their ability for solving some problems in mathematic it self.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI BELAJAR MATEMATIKA Husnul Khotimah
De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.585 KB) | DOI: 10.36277/defermat.v2i2.56

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang cukup sulit dan penting menurut siswa adalah matematika. Berdasarkan hal ini maka perlu adanya penelitian untuk mengatahui faktor-faktor yang memengaruhi belajar matematika siswa terutama tingkat SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif berupa data skor rata-rata dari setiap item kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa skor rata-rata tertinggi yang diperoleh yaitu berkaitan dengan guru. Menurut siswa SMA, keakraban guru dengan siswa merupakan faktor yang sangat memengaruhi belajar matematika. Sedangkan faktor yang memperoleh skor rata-rata terendah yaitu keadaan ekonomi keluarga.

Page 1 of 1 | Total Record : 7