cover
Contact Name
fikom uniga
Contact Email
fikom@uniga.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fikom@uniga.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian
Published by Universitas Garut
ISSN : 24610836     EISSN : 2580538X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal komunikasi Universitas Garut diterbitkan bermaksud untuk mengembangkan potensi khususnya bagi dosen ilmu komunikasi Universitas Garut dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan jurnal online. Informasi ini, merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari para pembaca, paraktisi, mahasiswa dan para peneliti. Komunikasi merupakan sebuah disiplin ilmu yang mengadopsi dari berbagai disiplin ilmu seperti sosiologi, antropologi,dan psikologi.
Arjuna Subject : -
Articles 177 Documents
KONVERGENSI SIMBOLIK TENTANG PERCAKAPAN REMAJA LAKI-LAKI DALAM MEDIA SOSIAL GROUP LINE Ditha Prasanti; Sri Seti Indriani
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 4, No 1 (2018): April 2018 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.10358/jk.v4i1.352

Abstract

Abstrak Media sosial group LINE “Bedebah Cinta” merupakan group remaja laki-laki yang melakukan proses komunikasi lebih dominan melalui media sosial group LINE bernama “Bedebah Cinta”. Nama group LINE-nya pun unik, karena mewakili isi percakapan para anggotanya dalam group LINE tersebut. Hal ini menimbulkan ketertarikan penulis untuk mengetahui analisis konvergensi simbolik dalam percakapan para remaja laki-laki tersebut melalui media sosial LINE. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah ketekunan pengamatan, trianggulasi data, dan kecukupan referensial. Hasil penelitian mengemukakan bahwa analisis konvergensi simbolik tentang percakapan remaja laki-laki dalam group LINE “Bedebah Cinta” ini adalah: (1). Adanya tema fantasi yang muncul dalam group LINE “Bedebah Cinta”; (2). Terbentuknya rantai fantasi tentang percakapan remaja laki-laki yang berkelanjutan dalam group LINE tersebut; (3). Adanya tipe fantasi yang unik muncul dalam group LINE “Bedebah Cinta”; (4). Munculnya visi retoris yang berkembang bagi remaja laki-laki dalam group LINE tersebut. Kata Kunci: Konvergensi Simbolik, Percakapan, Remaja, Laki-Laki, LINE Abstract The line group "Bedebah Cinta" is a group of teenage boys who perform more dominant communication process through social media group LINE named "Bedebah Cinta". The name of the LINE group is also unique, because it represents the contents of the conversations of its members in the LINE group. This raises the interest of the writer to know the symbolic convergence analysis in the conversation of the boys through LINE social media. This research uses qualitative approach with descriptive method. Data collection techniques used were interviews, observations, and documentation studies. Data analysis techniques used were observational persistence, data triangulation, and referential adequacy. The result of the research suggests that the symbolic convergence analysis of male teenage conversation in LINE group "Bedebah Cinta" is: (1) The theme of fantasy that appears in LINE group "Bedebah Cinta"; (2). Establishment of a fantasy chain of ongoing male teenage conversations within the LINE group; (3) The unique type of fantasy appears in the LINE group "Bedebah Cinta"; (4) The emergence of a growing rhetorical vision for youth men in the LINE group. Keywords: Symbolic Convergence, Conversation, Youth, Men, LINE Group
PENGARUH SMARTPHONE DAN INTERNET SERVICE PROVIDER TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MASYARAKAT KOTA BATAM Angel Purwanti; Rizal Syah Putra Sitepu
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 2, No 2 (2016): Oktober 2016 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.10358/jk.v2i2.565

Abstract

Abstrak Batam sebagai salah satu daerah industri yang cukup strategis membuat keberadaan industri berkembang cukup pesat, dengan letak geografis yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia dan terletak di selat malaka yang merupakan jalur pelayaran sibuk di dunia, menjadikan Batam menjadi jalur perdagangan barang-barang elektronik khususnya smartphone yang akan di distribusikan ke kota lain di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh smartphone dan internet service provider terhadap komunikasi interpersonal masyarakat Kota Batam. Penggunaan smartphone tidak terlepas dari subscriber identifying module (SIM) card yang digunakan sebagai media untuk mengkoneksikan perangkat smartphone dengan internet. Penggunaan SIM card tersebut akan melibatkan internet service provider (penyedia layanan internet) agar smartphone dapat digunakan sebagai media komunikasi. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan yang menjadi responden adalah masyarakat Kota Batam yang menggunakan smartphone dengan jumlah 400 responden. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh smartphone dan internet service provider terhadap komunikasi interpersonal masyarakat Kota Batam. Hanya 14,6% variabel dependen Komunikasi Interpersonal (Y), dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yaitu Smartphone dan Komunikasi Interpersonal sisanya dari variabel lain. Kata Kunci: Smartphone; Internet Service Provider; Komunikasi Interpersonal; masyarakat Kota Batam Abstract Batam as a strategic industrial areas makes the existence of the industry is growing rapidly, with a geographical location on the border with Singapore and Malaysia and is located in the Malacca Strait which is the world's busiest shipping lanes, to make Batam into trade channels of electronic goods, especially smartphones will be distributed to other cities in IndonesiaThe purpose of this study was to investigate the influence of smartphones and internet service providers to the public interpersonal communication Batam.. The use of smartphones is inseparable from identifying subscriber module (SIM) cards are used as a medium to connect the smartphone to the internet. The use of the SIM card will involve internet service provider (Internet service provider) so that the smartphone can be used as a medium of communication. In this study, data collection techniques used are questionnaires and respondents are the people of Batam using smartphones with the number of 400 respondents. The result of this research is the influence of smartphones and internet service providers to the public interpersonal communication Batam. Only 14.6% of Interpersonal Communication dependent variable (Y), can be explained by the independent variables, namely smartphones and Interpersonal Communication rest of other variables. Keywords: Smartphone; Internet Service Provider; Interpersonal Communication; Batam City community
COMMUNICATION & SUPPORT GROUP THERAPY” DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI RESILIENSI REMAJA DARI KELUARGA SINGLE PARENTS Ummu Salamah
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 1, No 1 (2015): April 2015 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.10358/jk.v1i1.110

Abstract

This research aimed to measured the efficacy of support communication and support group therapy empowering resiliency potentials among adolescent coming from single parents families. This study used case stufy method and the subject of this research were 15 students of SMAN Ciamis. The data was collected using interview and self report and then analyzed using qualitative descriptive analysis. The result reveals that the communication support group therapy has proven successfully enhancing self-concept off all participants. Keywords: Communication, Support Group Therapy and Single Parents
STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN KEPULAUAN TALAUD-SULAWESI UTARA Tulis, Christian; Wijaya, Lina Sinatra
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan salah satu Kabupaten perbatasan di Indonesia bagian utara khususnya di Provinsi Sulawesi Utara. Sebagai daerah kepulauan, Talaud memiliki berbagai tujuan wisata yang sangat potensial menjadi leading sector dalam menggerakkan seluruh sektor lainnya dan menjadi daerah tujuan wisata unggulan di Sulawesi Utara bahkan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi marketing Public Relations (MPR) yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Talaud dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumen dan bahan statistik, serta observasi. Narasumber utama adalah Kepala Dinas dan Kepala Bagian Pariwisata dan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa event merupakan program utama dalam meningkatkan kunjungan wisatawan tahun 2016/2017, kendala utama publication adalah sumber daya manusia dan ketersediaan jaringan internet, sedangkan news, Public Service Activity dan identity media perlu dimaksimalkan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam implementasi strategi MPR sebagai strategi promosi. Kata Kunci: Strategi; Marketing Public Relations; Wisatawan; Talaud Abstract Talaud islands regency is one of the border districts in northern Indonesia, especially in North Sulawesi Province. As an archipelago, Talaud has a variety of potential tourist destinations which can become the leading sector in driving the other sectors which support the turism in North Sulawesi and even in Indonesia. The purpose of the research is to know the marketing public relations (MPR) strategy held by the Tourism and Culture Department of Talaud Islands Regency in increasing the number of tourists in 2016/2017. This is a descriptive qualitative research that uses interview, documents & statistic, and observation for gathering the data. The target of this research is the head of the Tourism and Culture Department of Talaud Islands Regency and the head of the tourism and marketing division. The result of the research shows that holding events is the main program in increasing the tourist in 2016/2017. The obstacles for having publication were lack of human resources and internet connection availability, while news, public service activity and identity media needs to be maximized by planning, implementing and evaluating the implementation of MPR strategy as promotion strategy. Keyword: Strategy; Marketing Public Relations; Traveler; Talaud
PENGARUH GENDER, MOTIVASI EKSTERNAL DAN INTERNAL TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI DALAM MEMILIH KARIER SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK Novie Susanti Suseno
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 4, No 2 (2018): Oktober 2018 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.10358/jk.v4i2.487

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gender, motivasi internal, motivasi eksternal terhadap persepsi mahasiswa akuntansi Dalam Memilih karier sebagai akuntan publik pada fakultas ekonomi jurusan akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 7 dan 9 jurusan akuntansi fakultas ekonomi sebanyak 72 orang dan keseluruhannya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan melalui angket (kuesioner) dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis statistik dengan model regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai DW sebesar 2,115, dengan alpha 5%, (melalui tabel Durbin-Watson). Nilai DW (2,115) lebih besar dari du (1,579) dan lebih kecil dari 2,421 (4-du), maka dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi autokorelasi. Nilai sig sebesar 0,005 yang lebih kecil dari alpha (0,05) disimpulkan bahwa secara simultan Gender, Motivasi Eksternal dan Motivasi Internal berpengaruh signifikan terhadap Persepsi. Nilai sig untuk masing-masing variabel penelitian, Gender didapat nilai sig sebesar 0,089 karena lebih besar dari alpha (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Gender tidak berpengaruh signifikan terhadap Persepsi, Motivasi Internal. Nilai sig sebesar 0,013 lebih kecil dari alpha maka dapat disimpulkan bahwa Gender berpengaruh signifikan terhadap Persepsi, maka dapat disusun persamaan regresi P = 18,674 + 0,517G + 0,670MI + 0,446ME. Kata Kunci: Gender, Motivasi Internal, Eksternal, Persepsi, Karier.
JARINGAN KOMUNIKASI DALAM ADAPTASI EKONOMI ETNIS PENDATANG PADA PAGUYUBAN ETNIS SUNDA BABUL AKHIRAT, KOTA BATAM PROPINSI KEPULAUAN RIAU Ageng Rara Cindoswari
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 2, No 2 (2016): Oktober 2016 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.10358/jk.v2i2.558

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui proses pembentukan jaringan komunikasi dalam etnis Sunda imigran dari Babul Akhirat Community, (2) Untuk mengetahui struktur jaringan komunikasi pada komunitas etnis Sunda Babul Akhirat (3) Untuk mengetahui hubungan antara jaringan komunikasi (yaitu tindakan berdasarkan tingkat-sentralitas lokal dan sentralitas global) dan tingkat adaptasi ekonomi etnis Sunda di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasi didasarkan pada paradigma penelitian kuantitatif. Desain penelitian jaringan komunikasi adalah jaringan yang lengkap dan fokus penelitian ini adalah pada tingkat sistem. Dalam penelitian ini, peneliti disebut pendekatan nominalis dengan melihat populasi penelitian. Aktor tekad dalam penelitian ini didasarkan pada strategi posisional. Oleh karena itu, populasi penelitian ini adalah etnis Sunda yang tergabung dalam komunitas Babul Akhirat, di Kecamatan Bengkong, Kota Batam, di mana aktor menjadi anggota populasi adalah anggota komunitas Babul Akhirat. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel dari kelompok-kelompok kecil, yang semua anggota komunitas Babul Akhirat sebesar 82 anggota. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik analisis data, termasuk (1) Analisis sociometric, (2) Analisis Struktur Jaringan Komunikasi dengan menggunakan UCINET VI, dan (3) Analisis statistik (mis Rank Spearman). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Jaringan komunikasi dari etnis Sundanes imigran dibentuk dalam asosiasi komunitas etnis Sunda yang berorientasi pada nilai-nilai Islam yang disebut dengan komunitas Babul Akhirat, (2) Jaringan komunikasi ekonomi memiliki struktur jaringan radial, dan (3) Jaringan komunikasi dan tingkat adaptasi ekonomi membentuk korelasi yang sangat signifikan positif. Kata Kunci: Jaringan Komunikasi; Adaptasi Ekonomi; Etnis Pendatang Sunda Abstract The purpose of this study: (1) To know the process of establishing a communications network in Sundanese immigrant from Babul Hereafter Community, (2) To determine the structure of the communication network in the ethnic community Sunda Babul Hereafter (3) To determine the relationship between communication networks (ie action based on the level -sentralitas centrality of local and global) and the level of economic adaptation in society Sundanese. This research is descriptive and correlation based on the paradigm of quantitative research. The study design is a communication network complete network and the focus of this research is at the system level. In this study, the researchers called a nominalist approach with a view of the study population. Actor determination in this study are based on a positional strategy. Therefore, this study population was ethnic Sundanese joining in the community Babul Hereafter, in the District Bengkong, City of Batam, where actors become members of the population are members of the community Babul Hereafter. Sampling used in this study is a sample of small groups, which all community members Babul Hereafter by 82 members. This study uses several techniques of data analysis, including (1). Sociometric analysis, (2). Structure Analysis of Communication Networks using UCINET VI, and (3). Statistical Analysis (eg Spearman Rank). The results showed (1) The communication network of ethnic Sundanes immigrants established in the community association Sundanese oriented Islamic values called community Babul Hereafter, (2) The communication network of economic structure radial network, and (3) Network communication and the level of economic adaptation to form a very significant positive correlation. Keywords: Communication Network; Economic Adaptation; Sundanese Ethnicity of Immigrants
PENGELOLAAN KESAN POLISI PEREMPUAN BERHIJAB Fhuzy Nurul Fatmala; Zikri Fachrul Nurhadi; Hanny Latifah
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 4, No 1 (2018): April 2018 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.10358/jk.v4i1.358

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya perkembangan hijab yang semakin berkembang dan merambat ke berbagai aspek mulai dari hiburan sehingga aparat negara salah satunya yaitu Polisi Perempuan, hal ini disebabkan karena kewajiban seorang muslim perempuan yang harus menutup auratnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana seorang Polisi Perempuan Berhijab di Polres Garut mengelola kesan di panggung depan, tengah dan belakang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan metode Deskriptif kualitatif dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipan, studi pustaka, dan dokumentasi. Adapun informan yang menjadi subyek dalam penelitian ini yaitu sebanyak lima informan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan kesan Polisi Perempuan Berhijab di kehidupan front stage merujuk bahwa penampilan dan sikap polisi perempuan berhijab diatur oleh Kapolri, serta middle stage Polisi Perempuan Berhijab merujuk bahwa persiapan Polisi perempuan mulai dari pakaian, makeup dan aksesoris yang akan dikenakan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Kapolri, dan bagian back stage merujuk bahwa informan menampilkan diri mereka yang asli menjadi seorang ibu rumah tangga dan mahasiswa begitu pula dengan pakaian serta perilaku Polisi perempuan yang terlihat lebih informal. Kata Kunci: Pengelolaan Kesan, Polisi Perempuan Berhijab, Dramaturgi Abstract The background of this research was because of the development of hijab growing and spread to various aspects ranging. The average of police woman was muslim, so they had to cover her private part according to obligation as a moeslim. The purpose of this research is to know how a Policewoman Berhijab manages impression. The research method used in this research was qualitative with qualitative descriptive method and using constructivism paradigm. Data collection techniques were conducted by in-depth interviews, participant observation, literature study, and documentation. There were five informants in this research. The results of the study indicated that the managements of impression of policewoman with hijab in the front stage life, refers to the appearance and attitude of the policewoman with hijab, refers to the appearance and attitude of the police officer of the police officers has been arranged by the Chief of Police, as well as the middle stage Women Police Berhijab, refers that the preparation of female Policemen ranging from clothing, makeup and accessories to be worn according to the rules which has been determined by the Chief of Police, and the back stage, refers to the fact that informants present themselves as natives and housewives as well as the more informal clothing and behavior of female Police. Keywords: Managements of Impression, Police Women Berhijab, Dramaturgi
STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM FESTIVAL JAJANAN BANGO: Studi Kasus PT. Unilever di Sidoarjo Ine Anggraeni
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 2, No 2 (2016): Oktober 2016 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.10358/jk.v2i2.560

Abstract

Abstrak Bango menyelenggarakan special event dengan maksud menjawab tantangan persaingan dan menegaskan posisi Bango sebagai market leader. Sebagai wujud apresiasi dan dalam rangka lebih mendekatkan kepada masyarakat maka Bango meluncurkan program khusus yang diberi nama Festival Jajanan Bango. Penelitian ini dimaksudkan ingin mengetahui bagaimana proses strategi marketing public relations dalam mendukung komunikasi pemasaran Bango, khususnya pada pelaksanaan special event “Festival Jajanan Bango”.Penulis lebih memfokuskan kepada strategi yang meliputi analisis situasi, perencanaan, dan pemrograman. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penulis berusaha mengamati, memahami, dan menganalisis pelaksanaan strategi Marketing Public Relations dalam penyelenggaraan Festival Jajanan Bango. Penelitian tidak sebatas hanya mengumpulkan dan menggunakan data saja, tetapi juga meliputi analisa dengan menggunakan analisis SWOT, konsep WOM, serta pull, push, dan pass strategy.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan studi dokumentasi serta literature. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hal ini merupakan salah satu pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk kepentingan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data. Penulis menemukan bahwa kegiatan special event ini sebagai salah satu Strategi Marketing Public Relations melalui taktik pass strategy. Kegiatan ini juga menghasilkan publisitas untuk produk Bango yang dapat menciptakan awareness terhadap masyarakat. Penulis menemukan bahwa kegiatan Festival Jajanan Bango ini dikemas secara menarik dan disesuaikan dengan karakteristik daerah lokasi penyelenggaraan. Berdasarkan data yang penulis dapat melalui wawancara bahwa special event Jajanan Bango (FJB) telah menimbulkan kesan positif di masyarakat Kota Sidoarjo. Hasil penelitian ini sesuai dengan konsep yang penulis gunakan, yaitu konsep WOM, SWOT , dan pull, push, dan pass strategy. Kata kunci: Strategi; Marketing Public Relations; Special Event; Festiva; Bango Abstract Bango special event organized for the purpose of answering the challenges of competition and assert Bango position as market leader. As a form of appreciation and in order to get closer to the people then Bango launched a special program named Bango Food Festival. This study aimed to know how the process of marketing public relations strategies in support of marketing communication Bango, especially on the implementation of special event "Bango Food Festival" .Penulis more focused on strategies which include situation analysis, planning and programming. The approach taken in this study is a qualitative approach with case study method, the authors tried to observe, understand, and analyze the implementation of the strategy Marketing Public Relations in the administration of Bango Food Festival. The research is not limited to only collect and use data, but also includes analysis using SWOT analysis, concept WOM, as well as pull, push, and pass strategy.Teknik used data collection is in-depth interviews and documentation as well as literature. Data analysis technique in this research is to use triangulation technique source. It is one that utilizes data validity checking something else outside of the data for purposes of checking or as a comparison against the data. The authors found that the activities of this event special as one of the public relations strategy of marketing strategy through tactics pass strategy. These activities also generate publicity for Bango products to create awareness to the public. The authors found that activity Bango Food Festival is attractively packaged and tailored to the characteristics of the venue area. Based on data through interviews that the author can Bango Food special event (FJB) has caused a positive impression on the people of Sidoarjo. The results are consistent with the concept that I use, the concept of WOM, SWOT, and pull, push, and pass strategy. Key words: Strategy; Marketing Public Relations; Special Event; Festival; Bango
Improving Quality of Service Interaction Pattern Related Government, Tourism, and Society Agus Aprianti; Anisah Firli
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 3, No 1 (2017): April 2017 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.10358/jk.v3i1.251

Abstract

Abstract. Indonesia is an archipelago country that has diverse cultures and plentiful natural resources. There is no denying that this gives a special attraction for local and international tourists to see and witness the event held on the unique culture that spread across regions in Indonesia. In addition to the typical Indonesian cultural event, frequently an important event was also held in Indonesia, both events at regional, national, to international. Event held in Indonesia is also very diverse, such as musical performances, sports, cultural tourism, education, and others. There is a fundamental problem that the pattern of interaction between the government, tourists, and society not yet optimal and this study attempts to explore patterns of interaction between the government, tourists and society; obstacles encountered related patterns of interaction between the government, tourists and society; as well as how to improve the quality of tourism services. The methodology used in conducting this study is to collect data from the literature with a qualitative approach (case study in Lombok Tourism). After discovered the pattern of interaction and how improve the quality of service, the next step will be adopted the concept of social media interaction engineering considerations in the digital age that utilize social media among government, tourists, and society. Keywords : Interaction Pattern; Management, Quality of Service;
MAKNA PESAN UPACARA SAWER Iis Zilfah Adnan
Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 1, No 1 (2015): April 2015 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.10358/jk.v1i1.540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos dari upacara pernikahan khususnya pada pesan sawer yang terdapat pada pernikahan adat sunda di Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika dengan menggunakan model Roland Barthes yang didalamnya mengandung makna denotasi, konotasi dan mitos.Hasil penelitian ini adalah bahwa pesan didalam proses Sawer sampai bahan-bahan sawer dalam pernikahan adat sunda dikabupaten Garut. Peneliti menemukan makna denotasi, konotasi dan mitos dalam pesan-pesan pada proses sawer tersebut. Kesimpulan adalah Sawer memiliki makna yang ada di dalam bahan-bahan atau alat-alat yang digunakan dalam prosesi sawer (beras, koneng, uang receh, premen, dan kanjut kudang, paying dan bokor) itu semua memiliki banyak sekali arti dari simbol yang terdapat dalam tradisi pernikahan adat sunda ini. Dan dalam hal ini Sawer sendiri masih dilestarikan namun ada beberapa yang dihilangkan ini mengingatkan bahwa budaya harus dijaga dan diperhatikan. Dan peneliti menemukan adanya ciri khas Sawer di Kabupaten Garut. Ini menunjukkan sebuah kebanggaan dari identitas daerah. Kata Kunci: Komunikasi Verbal Dan Nonverbal, Budaya, Makna, Simbol, Semiotika

Page 1 of 18 | Total Record : 177


Filter by Year

2015 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 1 (2024): April 2024 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 9, No 2 (2023): Oktober 2023 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia Vol 9, No 1 (2023): April 2023 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 8, No 2 (2022): Oktober 2022 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia Vol 8, No 1 (2022): April 2022 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 7, No 2 (2021): Oktober 2021 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia Vol 7, No 1 (2021): April 2021 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 6, No 2 (2020): Oktober 2020 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia Vol 6, No 1 (2020): April 2020 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia Vol 5, No 1 (2019): April 2019 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 4, No 2 (2018): Oktober 2018 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia Vol 4, No 1 (2018): April 2018 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 3, No 2 (2017): Oktober 2017 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia Vol 3, No 1 (2017): April 2017 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 2, No 2 (2016): Oktober 2016 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia Vol 2, No 1 (2016): April 2016 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol 1, No 2 (2015): Oktober 2015 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitia Vol 1, No 1 (2015): April 2015 Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian More Issue