Articles
13 Documents
Search results for
, issue
"Vol 6 No 2 (2019): JUTI"
:
13 Documents
clear
ANALISIS ALGORITHMS SUPPORT VECTOR MACHINE DENGAN NAIVE BAYES KERNEL PADA KLASIFIKASI DATA
Hanna Willa Dhany
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 2 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (518.949 KB)
Penelitian ini membahas tentang Support Vector Machine (SVM) dan Naive Bayes dalam penambangan data. Banyak peneliti melakukan dan mengembangkan metode untuk meningkatkan akurasi dan klasifikasi data dalam hasil yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan percobaan pada jenis bunga. Dalampenelitian ini, disimpulkan bahwa kinerja Naïve Bayes lebih baik daripada Support Vector Machine, Naïve Bayes memiliki hasil yang sangat baik yang berjanji untuk membantu mengklasifikasikan nilai-nilai terbaik untuk mendapatkan pengelompokan data. Support Vector Machine lebih besar dengan nilai 89.66% dari Naïve bayes yang menghasilkan 89.29% yang memiliki selisih 0.37 % dari kedua algoritma tersebut. Sedangkan Class Recall yang dihasilkan Naïve Bayes mencapai 89.29% dan Support Vector Machine 92.86% dan dengan perbedaan nilai akurasi mencapai 3.22% dari perbandingan performa kedua algoritma tersebut.
KAJIAN LITERATUR MASALAH PADA MATA KULIAH APLIKASI MOBILE
Rian Farta Wijaya
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 2 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (462.396 KB)
Mata Kuliah Aplikasi Mobile adalah mata kuliah yang berisi informasi mengenai pengenalan aplikasi mobile atau aplikasi perangkat bergerak, pembuatan aplikasi mobile, dan lainnya yang berkaitan. Selama ini Mahasiswa diajarkan untuk membuat aplikasi moble dengan menggunakan teknik pendekatan diskusi, danpraktek. Pendekatan yang diberikan selama ini belum dapat memberikan hasil maksimal. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk masalah tersebut adalah dengan membuat sebuah aplikasi berbasis mobile untuk medukung pembelajaran siswa dikelas dengan menyisipkan informasi didalamnya yang terkait dengan materi kelas.
MEMBANGKITKAN DIGITAL SIGNATURE DENGAN ALGORITMA MD5 DAN ALGORITMA RSA UNTUK MEMASTIKAN KEASLIAN FILE
Arpan
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 2 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (519.807 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk menjaga keaslian file untuk memberikan jaminan kepada si penerima bahwa data tersebut bebas dari modifikasi yang dilakukan oleh pihak lain. Jika terjadi suatu modifikasi terhadap file tersebut, maka si penerima akan mengetahui bahwa file tersebut sudah tidak lagi terjaga keasliannya,sehingga penerima file terhindar dari penggunaan data yang salah. Untuk menjaga keaslian data digunakan teknik digital signature dengan menggunakan algoritma MD5 sebagai algoritma fungsi hash untuk menghasilkan message digest, dan algoritma RSA sebagai algoritma kunci publik yang membentuk digital signature dari message digest. Kombinasi dari kedua algoritma tersebut akan menghasilkan digital signature dari setiap file yang dapat memastikan keaslian dari file.
PERANCANGAN KOMBINASI DUA SISTEM KEAMANAN PADA KENDERAAN BERMOTOR
Herdianto
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 2 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (637.346 KB)
Masalah pencurian dari dahulu hingga sekarang tidak pernah ada habis-habisnya berbagai macam cara dilakukan pencuri untuk mengelabui petugas ataupun korban sehingga dapat saja terjadi diberbagai tempat seperti rumah, perparkiran hingga perkantoran. Untuk mengatasi permasalahan ini telah dilakukanpenelitian yang mengkombinasikan dua system keamanan kenderaan bermotor yaitu dengan GPS dan Sidik Jari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah aplikasi demonstrasi. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan diketahui bahwasan nya rancangan dua system keamanan beroperasi dengan baik dengan tingkatkeberhasilan operasi mencapai 100%.
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT ASMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES
Winke Nasrani Sitepu
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 2 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (741.279 KB)
Asma merupakan gangguan penyakit kronis disebabkan peradangan saluran pernapasan. Penderita asma di dunia akan terus bertambah setiap tahun, peradangan ini membuat sesak nafas terutama pada malam hari dan pagi, penyakit ini ditandai dengan jalan bernafas menyempit dan kurangnya udara mengalir ke paru-paru dan semakin mempersempit ruang saluran pernapasan. Untuk menanggulangi penyakit asma ditengah masyarakat berupa pemantauan, sosialisasi tentang penyakit asma. Sistem ini digunakan untuk mendeteksi penyakit asma. Penelitian ini mempermudah pekerjaan seorang ahli atau sistem pakar untuk mendiagnosa asma dan memberikan solusi penggobatan dan mencegah terjadi nya penyakit asma. Proses diagnosa dilakukan dengan menjawab pertanyaan yang dialami pasien, setiap jawaban dengan nilai masing-masing dapat diambil kesimpulan berdasarkan aturan rumus perhitungan. Proses ini menggunakan metode teorema bayes dan jenis penyakit yang dialami pasien untuk menentukan solusi yang tepat dan saran pengobatan.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN GURU DAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING) STUDI KASUS SMAS ISLAM ALULUM TERPADU MEDAN
Chairul Rizal
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 2 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (459.999 KB)
Sekolah merupakan salah satu dari lembaga formal yang berisikan akan sumber daya manusia-sumber daya manusia yang tentunya mempunyai kinerja yang berbeda-beda. Kinerja tersebut seharusnya diukur untuk diambil penilaian kinerjanya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Perlu adanya suatu sistem yangbisa menjembatani permasalahan ini, dan sistem tersebut dinamakan Sistem Pendukung Keputusan. Metode yang digunakan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini merupakan suatu metode yang mencari penjumlahan terbobot dengan studi kasus SMAS Islam Alulum Terpadu Medan. Pengukurannya terdapat empat kriteria yaitu prestasi, aktif, peduli lingkungan dan sehat. Setiap alternatif (guru dan pegawai) akan memiliki kriteria-kriteria tersebut. Dalam hal ini untuk menentukan guru dan pegawai terbaik dilakukan dengan cara menjumlahan bobot dari rating kinerja pada setiap alternatif untuk semua atribut. Nilai yang lebih besar akan mengindikasikan bahwa alternatif lebih terpilih. Sebelumnya diSMAS Islam Alulum Terpadu Medan menggunakan satu kriteria untuk satu orang dan akan dikembangkan menjadi empat kriteria untuk satu orang, setelah diuji dengan sistem hasilnya sama. Dengan demikian sistem ini mampu menangani perhitungan penilaian guru dan pegawai terbaik di SMAS Islam Alulum Terpadu Medan sehingga tidak akan kesulitan dalam menentukan guru dan pegawai yang terbaik.
APLIKASI GAME EDUKASI HUKUM DENGAN METODE CAI BERBASIS DESKTOP
Hermansyah
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 2 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (608.744 KB)
Perkembangan teknologi komputer saat ini begitu pesatnya sehingga segala kegiatan manusia yang berhubungan data, kesenangan dan visual dapat diimplemntasikan dalam teknologi komputer. Game merupakan sebuah permainan yang banyak disukai, karena menguji sebuah kemampuan yang kita miliki untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi dalam sebuah permainan. Game ular tangga adalah papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain. Ilmu hukum sebagai ilmu yang mempunyai objek hukum menelaah hukum sebagai suatu gejala atau fenomena kehidupan manusia dimanapun didunia ini dari masa kapanpun. Untuk itu peneliti mencoba merancang dan membuat aplikasi Game Edukasi Hukum Bersama “Putri Keadilan” Berbasis Desktop Menggunakan Adobe Flash. Adapun hasil dari penelitian iniadalah aplikasi game yang dapat menarik perhatian anak-anak untuk memainkan permainan dan dapat memberikan informasi seputar dasardasar hukum yang berlaku di Indonesia.
Pemodelan Sistem E-Voting Pemilihan Presiden Mahasiswa Berbasis Web
Zuhri Ramadhan
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 2 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (523.231 KB)
Electronic voting (e-voting) can be an alternative solution to replace the conventional Student presidential election currently used at Universitas Pembangunan Panca Budi. By using of information technology in the voting process is supposed to resolve existing problems, such as the voters listed and registration, the complexity of counting the ballots. This research it is propose to carry out the elections of Studentpresidential by utilizing web-based technology. Firstly, E-voting can be access only by student who have student identity card as access right to use the system for log in with username and password then register as voters. Secondly, to vote the candidates, the voters only have once chance to choosing candidates by click on one of picture of candidates on web interface. Overall, after the election period is ends. The data from the database of e-voting system can be immediately obtained by election committee and the data is ready to use as real count of election results without any invalid ballots.
ANALISIS SISTEM PENJADWALAN REAL-TIME MULTICORE PADA VIRTUALISASI RT-XEN 2.0
Dhanny Rukmana Manday
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 2 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (430.872 KB)
Virtualisasi telah menyebabkan peningkatan performansi pada prosesor multicore. Integrasi sistem real-time sebagai mesin virtual diatas platform multicore juga menimbulkan tantangan untuk memenuhi persyaratan kinerja penjadwalan real-time. RT-Xen 2.0 sebagai integrasi sistem mesin virtual real-time pada platform multicore menjawab tantangan dalam hal memenuhi kebutuhan suatu sistem agar dapat menjalankan banyak task secara bersamaan tanpa terjadi saling mendahului antar setiap task yang berjalan dengan menggunakan algoritma EDF untuk dynamic-priority schedulling. Algoritma EDF bekerja lebih baik dalam menyelesaikan task secara rtglobal maupun rt-partition.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN FARMASI APOTIK RUMAH SAKIT A.YANI PEKANBARU
Indra Irawan
Jurnal Teknik dan Informatika Vol 6 No 2 (2019): JUTI
Publisher : UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (452.797 KB)
Kompleksitas permasalahan yang dihadapi suatu organisasi mengakibatkan proses pengambilan keputusan semakin rumit. Informasi yang akurat dan tepat waktu akan sangat membantu didalam pengambilan keputusan dan menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempertahankan sebuah usaha.Rumah Sakit Ahmad Yani merupakan Rumah Sakit Swasta yang sampai saat ini terus melakukan pembenahan diberbagai bidang, salah satunya dibidang kefarmasian kesehatan kepada pasien, sehingga berbagai keluhan yang selama ini diterima pihak Rumah Sakit dari pasien dapat diminimalisir. Atas dasar itulah penelitian ini dilakukan sehingga bisa meminimalisir permasalahan yang tengah dihadapi dengan cara mengembangkan suatu Sistem Informasi yang akan digunakan untuk manajemen Farmasi Apotik RS A.Yanimenggunakan Bahasa Pemograman Berbasis Desktop yaitu Visual Basic 6.0 dan DBMS SQL Server 2000. Diharapkan kedepannya system yang dibangun ini bisa dikembangkan lagi sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan perkembangan organisasi dengan perangkat Tenologi Informasi yang terbaru.