cover
Contact Name
Muhammad Anjar Nugraga
Contact Email
muhammadanza23@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jpg@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Published by Universitas Subang
ISSN : 25985930     EISSN : 26154803     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada jenjang SD, SMP, ataupun SMA. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Maret dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)" : 30 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI KHIWAR “AL-BAYAANATU ASYAKHSIYAH” DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X-IIS 3 MAN 1 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SITI SUAEDAH
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.559 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa kelas X-IIS 3 Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) 1 Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dalam mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan khiwar “Al-Bayaanatu Asyakhsiyah” menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian 38 orang siswa yang heterogen. Dari data yang dikumpulkan yaitu hasil ulangan siklus 1 dan siklus 2, lembar penilaian aktivitas siswa, angket dan refleksi bersama observer terlihat bahwa kemampuan belajar siswa meningkat begitupun dengan minat belajarnya. Kemampuan siswa dalam mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal 75, pada siklus I penelitian tindakan kelas ini dilakukan, yang mencapai nilai KKM hanya 29 siswa (76%) meningkat pada siklus II menjadi 38 siswa (100%).Minat belajar siswa pada siklus I menunjukan 6 orang kriteria kurang berminat mencapai 16 % dan 32 orang krteria berminat mencapai 84% dan pada siklus II menjadi 100% siswa berkriteria sangat berminat.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan media audio visual terbukti dapat meningkatkan minat dan kemampuan belajar siswa kelas X-IIS 3 MAN 1 Subang tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran bahasa arab pokok bahasan khiwar “Al-Bayaanatu Asyakhsiyah
MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI SEMESTER 1 MAN PURWAKARTA MELALUI METODE ROLE PLAYING TAHUN PELAJARAN 2011/2012 JAHRUDIN JAHRUDIN
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.983 KB)

Abstract

Permainan merupakan sarana bagi anak untuk menjelajahi dunia­nya. Oleh karena itu dalam dunia pendidikan, permainan dapat digunakan dalam pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami bahan pelajaran yang disajikan. Permainan dapat memiliki dua fungsi penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pertama, berbagai macam permainan dan lagu-lagu dapat digunakan untuk mengajar bahasa Inggris, seperti kosakata (vocabulary), pengucapan (pronunciation), dan kelancaran (fluency). Kedua, permainan dan lagu dapat memperkenalkan masyarakat dan budaya pemakai bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk melatih siswa agar dapat berbicara dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul, dianalisis mulai dari reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Purwakarta tahun ajaran 2011/2012 dengan diberi tindakan kelas berupa penerapan pembelajaran bahasa Inggris melalui permainan dan dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan melalui tahapan-tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melaluipermainan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris ternyata lebih meningkatkan keterampilan berbicara siswa dari aspek kebahasaan (pronunciation,accuracy, dan vocabulary ) dan non kebahasaan (fluency, keberanian, volume suara). Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai siswa dari setiap kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang dan rendah yang selalu mengalami peningkatan walaupun sedikit. Masing-masing kelompok terse­but berturut-turut mempunyai rata-rata nilai, pada pra tindakan 71,7; 61,7; 46,7 menjadi 78,6; 69; 63,7 pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89,3; 79,8; 73,8.
MENING KATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS DUA SD NEGERI NYIMPLUNG KECAMATAN SUBANG DENGAN TEKNIK MENCONTOH TULIS TIPIS TULIS TEBAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN AJARAN 2016-2017 YOYOH ROKAYAH
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.876 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas dua SD Negeri Nyimplung Tahun Pelajaran 2016-2017 dengan menggunakan metode pembelajaran mencontoh tulis tipis tulis tebal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, selama empat bulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II semester 2 SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, yang terdiri dari 33 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Bahasa Indonesia dengan materi tulis tegak bersambung, dengan metode pembelajaran mencontoh tulis tipis tulis tebal.Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan metode mencontoh tulis tipis tulis tebal dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi tulis tegak bersambung, dalam setiap siklus banyak perubahan yang menuju arah perbaikan. Pada prasiklus hanya 2 siswa (06 %) dari KKM yang telah ditetapkan yaitu dengan nilai 70, siklus ke satu 10 siswa atau (30%), siklus ke dua 31 siswa (94%) siswa yang telah memenuhi nilai KKM, 2 orang siswa pada siklus ke dua tidak hadir. Melihat dari hasil nilai pra siklus, siklus satu dan dua, maka dapat dikatakan penelitian ini cukup berhasil.
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MENYUSUN TEKS BERBENTUK PROCEDURE MELALUI MODELPEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS XI.MIA.1 MAN 1 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016 UUS USTARA
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.446 KB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan Model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis teks procedure di kelas XI MA Negeri 1 Subang; (2). Untuk mengetahui hasil Penggunaan Model Pembelajaran Make A Macth dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis Teks procedure di kelas XI MA Negeri 1 Subang.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di kelas XI Mia 1. Hasil penelitian adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran yang mengoptimalisasikan modalitan V-A-K untuk materi reading dilakukan dengan: a) optimalisasi visual, b) Perbaikan proses pembelajaran kinestik dilakukan dengan menggunakan ilustrasi gerakan tangan, badan, sentuhan pada kata atau benda untuk membantu memahami dan mengingat makna kata sulit ataupun pola kalimat, memberikan kesempatan siswa untuk belajar mengingat dan memahami makna text maupun pola kalimat dengan deminstrasi, dan menggunakan kalimat-kalimat action yang berasosiasi dengan kata-kata sulit ataupun untuk membedakan pola kalimat. c) Perbaikan pembelajaran auditorial dilakukan dengan memberikan penekanan-penekanan pada S-P-O-K dan memberi kesempatan siswa bersikusi mengemukakan pendapat dan mempertahankan pendapat, memberikan suara-suara audio yang berasosiasi dengan kata maupun pola kalimat dalam text, dan memberikan kesempatan siswa untuk berbicara dalam memahami dan mengingat materi. Terjadinya peningkatan proses pembelajaran yang mengoptimalkan modalitas V-A-K diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa dari pra pelaksanaan penelitin sampai pada siklus II. (2) Optimalisasi modalitas V-A-K dalam pembelajaran reading mampu meningkatkan prestasi belajar reading siswa kelas XI MAN 1 Subang dengan peningkatan nilai rata rata dari pra penelitian tindakan yang hanya hanya 6,8 meningkat menjadi 7,4 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 7,9 pada siklus II, dimana nilai rata-rata pada siklu II sudah lebih tingi dari KKM yang ditetapkan.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS MATERI KEWAJIBAN BERDAKWAH NUNUNG NURLIAH
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.842 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XII MIA MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits materi kewajiban berdakwah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XII MIA MA Al-Istiqomah Tanjungsiang semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 peserta didik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar dan ketuntasan belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal tes pada setiap akhir pertemuan dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian menggunakan metode pembelajaran diskusi dapat diperoleh peningkatan pada setiap siklus. Dari data hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 78,61 dan siklus II adalah 96,67. Rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I adalah 72,22% dan siklus II 100%. Dari data tersebut terlihat jelas bahwa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan yang signifikan. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XII MIA MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits materi kewajiban berdakwah.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI LEMBAGA NEGARA REPUBLIK INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING CUCU ROHANAH
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.3 KB)

Abstract

Dalam pembelajaran Lembaga Negara Republik Indonesia diharapkan siswa dapat memahami hak dan wewenang setiap lembaga negara yang ada di Negara Republik Indonesia. Namun seringkali siswa salah dalam mengartikan fungsi, hak dan wewenang lembaga negara tersebut. Hal itu terlihat dari hasil ulangan pada materi Lembaga Negara Republik Indonesia yang masih rendah. Siswa yang memenuhi nilai KKM sekolah 70, hanya 5 orang (22,72%) dari 22 orang siswa kelas IV dan sisanya sekitar 17 orang dinyatakan belum lulus (77,28%). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tunas Karya semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dalam materi Lembaga Negara Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan metode Mind Mapping. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil tes siklus 1 mencapai rata-rata sebesar 67,27 pada kategori cukup dan pada siklus 2 meningkat menjadi 79,32 pada kategori baik. Jadi hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 12,05.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIElD TRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI SITI JULAEHA
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.332 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, tiap pertemuan terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IIS MA Al-Istiqomah Tanjungsiang semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 peserta didik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar dan ketuntasan belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus. Setelah mengetahui nilai peserta didik pra siklus, maka dilakukan penelitian menggunakan metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran field trip dan diperoleh peningkatan pada setiap siklus. Dari data hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 76,86 dan siklus II adalah 93,29. Rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I adalah 71,43% dan siklus II 100%. Aktivitas peserta didik pada siklus I rata-rata mendapatkan kategori baik dan siklus II rata-rata mendapatkan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I rata-rata mendapatkan kategori cukup dan siklus II rata-rata mendapatkan kategori sangat baik. Dari data tersebut terlihat jelas bahwa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan yang signifikan.Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran field trip dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi.
PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TOTALLY PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SPEAKING DALAM BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X MIA 3 MA NEGERI 1 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 M. TAUFIQ P HIDAYAT
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.816 KB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran speaking dalam bahasa Inggris dengan model pembelajaran Totally Physical Response (TPR) pada siswa Kelas X Mia 3 MA Negeri 1 Subang; (2) Besarnya peningkatan prestasi siswa Kelas X Mia 3 untuk speaking dalam bidang bahasa Inggris setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan model pembelajaran Totally Physical Response (TPR).Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan metode analisis kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di kels X Mia 3. Hasil penelitian adalah: (1) Proses pembelajaran speaking dengan model pembelajaran TPR dilakukan dengan memasukkan aspek respon grakan tubuh, aspek respon koordinasi gerakan dengan lisan, dan aspek respon balikan. Pembelajaran TPR dilakukan dengan memasukkan teknik diskusi, demonstrasi, knowledge sharing, dan problem solving. Pembelajaran speaking dengan TPR diperkuat dengan memasukkan penguatan perbendaharaan kata pada siswa dan tata bahasa pada siswa yang sesuai dengan tema materi pembelajaran speaking; (2) Peningkatan prestasi belajar setelah dilaksanakannya pembelajaran speaking dengan TPR cukup besar, dimana pada pra penelitian tindakan nilai speaking siswa hanya 6,26 dan meningkat sedikit menjadi 6,6 pada siklus I, kemudian meningkat secara drastic menjadi 7,3 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 7,51 pada siklus III. Jumlah siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan, dimana pada pra pelaksanaan penelitian hanya 18 siswa (45%) siswa tuntas belajar, pada siklus I meningkat sedikit menjadi 19 siswa (47,5%) tuntas belajar, pada siklus II meningkat pesat menjadi 28 siswa (70%) tuntas belajar, dan pada siklus III sudah mencapai 33 orang atau 82,5% siswa tuntas belajar. Jumlah ini sudah lebih besar dari target yang ditetapkan guru, yaitu lebih dari 75% siswa tuntas belajar dengan target nilai rata-rata kelas 7,5.
PEMANFAATAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SDN SALEP KEC.SUBANG KAB.SUBANG IRNA INDRAYANI
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.424 KB)

Abstract

Sejauh ini mata pelajaran IPA merupakan salah satu item mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa SD. Hasil belajar siswa dicapai pada tahun-tahun sebelumnya dibawah kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa yang dicapai dapat disebabkan oleh motivasi siswa untuk belajar IPA kurang. Proses pembelajaran atau sarana belajar yang kurang memadai. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA konsep pesawat sederhana, guru harus menggunakan alat peraga.Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa sehingga memudahkan siswa memahami konsep IPA khususnya materi pesawat sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus masing-masing : Siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Pada siklus I menunjukkan peningkatan prosentasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama perlu 40% dan pertemuan kedua 63%. Sedangkan di siklus II pertemuan perlu 63 % dan pertemuan kedua 65%. Hasil belajarpun mengalami peningkatan di siklus I ketuntasan belajar 77% sedangkan siklus II ketuntasan belajar 81%. Di samping itu tanggapan siswa juga positif terhadap pemamfaatan alat peraga siswa merasa senang dengan menggunakan alat peraga ini.Menggunakan alat praga merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penerapan metoda pembelajara dengan menggunakan alat peraga khususnya mata pelajaran IPA didasari kenyataan pada pembelajaran IPA banyak materi pesawat sederhana .Oleh sebab itu dengan menggunakan alat peraga sangat cepat untuk mempermudah ,membantu siswa memahami materinya.Hal ini pula dapat membantu siswa dalam upaya meningkatkan prestasi dalam mata pelajaran IPA. Pelaksanaan ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pertama membuat : 1). Perencanaan yaitu membuat perangkat pembelajaran. 2). Pelaksanaan tindakan. 3). Observasi. 4). Refleksi. Siklus II dilaksanakan sama hanya ada sedikit perbaikan dari kekurangan siklus I.Berdasarkan penelitian tersebut maka alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap konsep pesawat sederhana serta mendapatkan data perencanaan pembelajaran pesawat sederhana dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V SDN Salep
PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DAPAT MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (PTK Di Kelas V SD Negeri Padasuka Kecamatan Subang) CARYATI CARYATI
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 1 No. 02 (2018): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.091 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1)Penerapan model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) 2) Mengetahui kelemahan dan kelebihan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) 3) Meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi Pungsi Alat-Alat Tubuh, IPA kelas lima semester satu. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Padasuka Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, yang terdiri dari 39 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Mengenal Pungsi Alat-Alat Tubuh IPA Kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SD Negeri Padasuka Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, selama Empat bulan. Melihat dari hasil nilai pra siklus, siklus satu dan dua, maka dapat dikatakan penelitian ini cukup berhasil dengan hasil data nilai yang diperoleh mulai dari pra siklus, siklus satu dan dua menunjukan kemajuan kearah yang lebih baik. Pada prasiklus hanya 3 siswa yang mencapai (0.8%) dari KKM yang telah ditetapkan yaitu dengan nilai 70, siklus ke satu 16 siswa atau (42%), siklus ke dua 37 siswa (100%) siswa yang telah memenuhi nilai KKM.

Page 1 of 3 | Total Record : 30