cover
Contact Name
Muhammad Anjar Nugraga
Contact Email
muhammadanza23@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jpg@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Published by Universitas Subang
ISSN : 25985930     EISSN : 26154803     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada jenjang SD, SMP, ataupun SMA. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Maret dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)" : 27 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE DEMONTRASI DAN EKSPERIMEN NUNUNG NURHAYATI
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.665 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman belajar siswa kelas Tiga SD Negeri Nyimplung dalam pelajaran PAI. Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI materi Bacaan dan Gerakan Shalat dengan metode Demontrasi dan Eksperimen. Penelitian dilakukan di SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang selama tiga bulan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas III semester 2 SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam dengan materi Bacaan dan Gerakan Shalat, dengan metode Demontrasi dan Eksperimen.Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Penerapan metode Demontrasi dan Eksperimen dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Bacaan dan Gerakan Shalat dan 2) Penerapan metode Demontrasi dan Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman dan nilai hasil rata-rata belajar siswa pada setiap siklus.Pada tahapan pra siklus hanya dua orang yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditetapkan, setelah melakukan pembelajaran lagi dengan menggunakan metode Demontrasi dan Eksperimen pemahaman siswa menjadi meningkat, pada siklus ke satu ada 7 siswa yang mendapatkan nilai lebih dari KKM, bila diporsentasekan 28 % yang telah mencapai KKM, dengan nilai rata-rata siswa 42,50 dan pada siklus ke dua 28 siswa yang mendapat nilai lebih dari KKM yang ditentukan, dengan porsentasi ketuntasan 88% mencapai KKM, dengan nilai rata-rata siswa 87,5.Dengan adanya perubahan hasil nilai dari siklus kesatu ke siklus kedua maka dapat disimpulkan dengan melalui penerapan model pembelajaran Demontrasi dan Eksperimen dapat meningkatkan pembelajaran siswa pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Bacaan dan Gerakan Shalat.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEAJARAN MATEMATIKA MATERI SISTEM KOORDINAT MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 2 SUBANG KORI HERAWATI
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.381 KB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika di SMPN 2 Subang saat ini siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Khususnya dalam pembelajaran di dalam kelas, anak diarahkan pada kemampuan cara menggunakan rumus, menghafal rumus, matematika hanya untuk mengerjakan soal, jarang diajarkan untuk menganalisis dan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya, ketika anak didik diberi soal aplikasi atau soal yang berbeda dengan soal latihannya, maka mereka akan membuat kesalahan. Itulah sebabnya dalam pembelajaran diperlukan penerapan metode yang sesuai yang mampu meningkatkan hasil belajar konsep, diantaranya menerapkan pembelajaran dengan metode problem solving. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian adalah “bagaimanakah pembelajaran rpblem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinat di kelas VIII-B SMP Negeri 2 Subang. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinat di kelas VIII-B SMP Negeri 2 Subang dengan pembelajaran problem solving. Penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPN 2 Subang sebanyak 40, terdiri dari 20 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Penelitian bersifat penelitian tindakan (PTK), terdiri dari 2 siklus (tiap siklus terdiri dari dua pertemuan), masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh hasil Siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebanyak 27 orang (67,5 %), nilai tertinggi 90 dan terendah 64,25, pada siklus II sebanyak 38 orang (95 %). nilai tertinggi 90, nilai terendah 50 dengan rata-rata sebesar 75,dan pada tes akhir sebanyak 40 orang (100%), nilai tertinggi 90, terendah 60, dan rata-rata 78,5. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : bahwa pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinat di kelas VIII-B SMP Negeri 2 Subang. Berdasarkan simpulan yang diperoleh dapat disarankan: (1) Kemampuan belajar siswa terus ditingkatkan dengan banyak memperkenalkan berbagai metode dan cara-cara belajarnya, (2) Tingkatkan kemampuan guru dengan pengalaman pembelajaran, melalui aktivitas belajar mengajar dengan menggunakan berbagai media pembelajaran, (3) Sekolah lebih memperbanyak media pembelajaran yang berkaitan dengan upaya peningkatan hasil belajar siswa.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MALIKUL HUSNA
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.2 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Taman Harapan Serangpanjang dengan judul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Mahluk Hidup melalui Model pembelajaran team games tournament (TGT) Penelitian ini diambil karena melihat hasil belajar IPA di SD yang masih belum optimal. Proses pembelajaran yang monoton, aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui aktifitas dalam proses pembelajaran IPA dalam menggunakan Model pembelajaran team games tournament (TGT), 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN Taman Harapan Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang dalam pelajaran IPA setelah menggunakan Model pembelajaran team games tournament (TGT).Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan pokok yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi proses kerja berupa penilaian aktivitas siswa, dan tes evaluasi berupa pre tes dan pos tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajran Discovery Learning pada materi makhluk hidup dalam mata pelajaran IPA di kelas IV dapat meningkatkan rata rata hasil belajar sebesar 67,78 pada siklus I, siklus II menjadi 80,00% , ini berarti bahwa penerapan Model pembelajaran team games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA materi makhluk hidup di kelas IV SDN Taman Harapan Kec. Serangpanjang Kab. Subang.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PERMAINAN BOLA VOLLY DALAM MELAKUKAN SERVIS ATAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DRIIL DAN BERMAIN UKON SUHANDI
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.443 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa bermain bola polly dalam melakukan service atas dengan menggunakan model pembelajaran Drill dan Bermain pada siswa kelas V SD Negeri Megamendung Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 11 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes . pada siklus 1 dapat dipaparkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata peserta didik menjadi 66,36 dengan prosentase ketuntasan 55,45%. Nilai tersebut belum mencapai indikator utama penelitian yaitu minimal 68% ketuntasan belajar.dan siklus II nilai rata-rata peserta didik sudah mencapai 83,63. Dengan nilai terendah 60. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Drill dan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Megamendung Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 pada materi bermain bola polly dalam melakukan service atas.
PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SDN ROSELA INDAH SUBANG TAHUN 2014-2015 IKA HARTIKA
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.893 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran Subtema Keanekaragaman Budaya Bangsaku. (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran pembelajaran Subtema Keanekaragaman Budaya Bangsaku melalui penggunaan multimedia pada siswa kelas IV SDN Rosela Indah Subang. (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Subtema Keanekaragaman Budaya Bangsaku melalui penggunaan multimedia pada siswa kelas IV SDN Rosela Indah Subang.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) untuk mengatasi permasalahan yang ada di dalam kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Rosela Indah tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan pembelajaran Kurikulum 2013. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode untuk analisis data yaitu dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan multimedia pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa siklus 1 sebesar 69,08% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 77,64%. hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 75,46 dimana 22 siswa (68,75%) nilanya dinyatakan sudah tuntas. Sedangkan pada siklus kedua, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,72 dengan 28 siswa (87,50%) nilainya dinyatakan telah tuntas.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING ADE TUTI JUATI
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.044 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Memahami Kebebasan Berorganisasi melalui penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas V SD Negeri Nagrak Kecamatan Ciater Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 20 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada 2 pertemuan pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,50 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 83,00. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 14,50 ( 21,17% ). Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Model Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
MENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMBUAT KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH MELALUI METODE DRILL DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 5 SUBANG AI RUHATI
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.675 KB)

Abstract

Seperti di sekolah-sekolah lainnya, pembelajaran di SMP Negeri 5 Subang masih banyak yang menggunakan metode konvensional yang memposisikan siswa paif dan menunggu perintah dari guru. Pelajaran prakarya merupakan mata pelajaran yang lebih menuntut siswa bertindak aktif dan proaktif dalam upaya mengembangkan potensi dirinya. Oleh karenanya di dalam pembelajaran prakarya diperlukan satu metode yang memungkinkan siswa bekerja dan berbuat sesuatu untuk kepentingan belajarnya. Bahan limbah sebagai salah satu material yang ada dekat di sekitar keihdupan siswa dapat menjadi sumber yang produktif bagi perkembangan keterampilan siswa, melalui pembelajaran prakarya. Desain penelitian adalah peneilitan tindakan kelas menurut model Kemis and Taggart, berupa rangkaian kegiatan berkesinambungan, perencanaan, pelaksanaan / observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ditetapkan siswa kelas VIII-B SMP negeri 5 Subangh sebanyak 29 siswa, terdiri dari 13 perempuan dan 16 laki-laki. Teknik pengumpulan data digunakan lembar tes, lembar observai dan angket. didesain ke dalam bentuk penelitian tindakan kelas Berdasarkan interpretasi dari hasil analisis, dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode drill dapat meningkatkan keterampilan siswa pada materi kerajinan dari bahan limbah di kelas VIII-B SMP Negeri 5 Subang.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL BELAJAR SAMBIL BERMAIN PERBANTUAN MEDIA MONOPOLI (PTK Matematika Kelas III SD Negeri Nyimplung Tahun 2017) TUTI HARYATI
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.686 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan; 1) Merangsang minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya mengenal nilai mata uang 2) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika dengan metode Belajar sambil bermain menggunakan permainan monopoli dalam materi mengenal nilai mata uang. Penelitian dilakukan di SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, selama tiga bulan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas III semester 1 SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 35 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pelajaran Matematika dengan materi pengenalan mata uang, dengan metode pembelajaran bermain sambil belajar menggunakan media monopoli. Penelitian ini menyimpulkan bahwa:1) Penerapan metode bermain sambil belajar dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan materi mata uang dan 2) Penerapan metode belajar sambil bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman dan nilai hasil rata-rata belajar siswa pada setiap siklus. PTK ini menggunakan metode pengumpulan data dari hasil evaluasi siswa mulai dari pra siklus, siklus satu sampai dengan siklus dua, dengan mengunakan rumus porsentase ketuntasan belajar yang dilakukan di SD Negeri Nyimplung tahun pelajaran 2017-2018 semester satu.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MEMAHAMI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK ROSYID ROSYID
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.203 KB)

Abstract

Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN Megamendung belum optimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang monoton dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Jika hal ini dibiarkan, dikhawatirkan tujuan pembelajaran IPS tidak tercapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penggunaan metode diskusi di SD Negeri Megamendung Sarangpanjang Kabupaten Subang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan metode diskusi di SD Negeri Megamendung Sarangpanjang Kabupaten Subang. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam setiap siklusnya. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan pada tiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Megamendung Sarangpanjang Kabupaten Subang pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode diskusi pada pokok bahasan Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi dalam mata pelajaran IPS di kelas IV dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Juga hasil belajar siswa meningkat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dari 18 siswa (56%) dengan nilai rata-rata kelas mencapai 68,06 pada siklus I, dan siswa yang tuntas sebanyak 16 orang dari 18 siswa (88,89%) dengan nilai rata-rata kelas menjadi 80,28 pada siklus II. Dengan demikian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI BERDIRINYA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD MIMIN KARTINI
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 01 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.259 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Berdirinya Negara RI melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperative Learning Type STAD pada siswa kelas V SD Negeri Mekarsari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 18 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,33 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 82,22. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,89 (20,33%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperative Learning Type STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mekarsari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Berdirinya Negara RI.

Page 1 of 3 | Total Record : 27