cover
Contact Name
Muhammad Anjar Nugraga
Contact Email
muhammadanza23@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jpg@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Published by Universitas Subang
ISSN : 25985930     EISSN : 26154803     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada jenjang SD, SMP, ataupun SMA. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Maret dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 33 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)" : 33 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PENERAPAN BERMAIN LEMPAR TANGKAP BOLA TENIS DI KELOMPOK B2 TK DEWI RATIH SUBANG Hawana Hawana
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.685 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan motorik kasar anak-anak di TK Dewi Ratih melalui bermain lempar tangkap bola tenis. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam peningkatan kemampuan motorik kasar di kelompok B2. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang diteliti adalah anak TK Dewi Ratih kelompok B2 yang berjumlah 20 anak terdiri dari 14 perempuan dan 6 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak-anak di kelompok B2 TK Dewi Ratih. Peningkatan dapat dilihat dari observasi yang telah dilakukan, pada kondisi awal keseimbangan anak sebesar 15%, kekuatan 10% dan kelentukan 15%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi keseimbangan 55%, kekuatan 55% dan kelentukan 55%. Pada tindakan siklus II keseimbangan anak telah mencapai 90%, kekuatan 95% dan kelentukan 100%. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian membuktikan bahwa melalui bermain lempar tangkap bola besar dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERCERITA BERPASANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI UNGKAPAN PERINTAH Enen Herawati
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.814 KB)

Abstract

Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas I dalam memahami materi ungkapan perintah masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran bercerita berpasangan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I SD Negeri Cijengkol semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dalam memahami materi ungkapan perintah?” Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi ungkapan perintah melalui penerapan model pembelajaran bercerita berpasangan di kelas I SD Negeri Cijengkol semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi ungkapan perintah dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran bercerita berpasangan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test siklus 1 nilai rata-rata mencapai 66,54 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 46,15% dan hasil test pada siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 81,15 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 88,46%. Jadi prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,6 dari siklus 1 ke siklus 2.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE Rudiyanto Rudiyanto
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.169 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia melalui penerapan Model Pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas V SD Negeri Cijengkol Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian terdiri dari 23 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan membahas pembelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,13 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 83,04. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,91 ( 20,12% ). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Model Pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Cijengkol Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 pada materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MEMAHAMI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIRS SHERE (TPS) Walimah Ratna Dewi
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.07 KB)

Abstract

Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN Tunas Harapan belum optimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang monoton dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Jika hal ini dibiarkan, dikhawatirkan tujuan pembelajaran IPS tidak tercapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penggunaan metode diskusi di SD Negeri Tunas Harapan Sagalaherang Kabupaten Subang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan metode diskusi di SD Negeri Tunas Harapan Sagalaherang Kabupaten Subang. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam setiap siklusnya. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan pada tiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Tunas Harapan Sagalaherang Kabupaten Subang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode diskusi pada pokok bahasan Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi dalam mata pelajaran IPS di kelas IV dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Juga hasil belajar siswa meningkat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dari 13 siswa (46,15%) dengan nilai rata-rata kelas mencapai 69,23 pada siklus I, dan siswa yang tuntas sebanyak 12 orang dari 13 siswa (92,31%) dengan nilai rata-rata kelas menjadi 82,31 pada siklus II. Dengan demikian menunjukkan bahwa penerapan model kooperative learning tipe Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI BERBAGAI KERAGAMAN SUKU DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING Atikah Laelasari
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.199 KB)

Abstract

Kenyataan di dalam kelas, prestasi belajar siswa kelas V A pada materi berbagai keragaman suku di indonesia ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan materi tersebut yang sudah dipelajari sebelumnya, ternyata hanya 6 siswa (27%) dari 22 siswa yang dinyatakan lulus, dan sisanya sekitar 16 siswa (73%) dinyatakan belum lulus KKM sekolah sebesar 69, karena siswa belum merasakan manfaat keragaman suku yang ada di Indonesia. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas V A dalam memahami materi keragaman suku bangsa masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V A SD Negeri Sagalaherang IV semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dalam memahami materi keragaman suku bangsa?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi keragaman suku bangsa melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping di kelas V A SD Negeri Sagalaherang IV semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran mind mapping dalam memahami materi keragaman suku bangsa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai hasil post test dari siklus 1 ke siklus 2. Nilai post test siklus 1 mencapai rata-rata 69,32 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 50,00% dan pada siklus 2 nilai post test siswa meningkat menjadi 82,27 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 86,36%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,95.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MINI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DRIIL DAN BERMAIN Jojo Suharjo
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.637 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa bermain bola polly dalam melakukan service atas dengan menggunakan model pembelajaran Drill dan Bermain pada siswa kelas V SD Negeri Tunas Harapan Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 16 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Hasil penilaian pratindakan terhadap pembelajaran teknik dasar pasing atas bola voli mini siswa masih rendah, hanya 7 siswa (43,75%) yang telah mampu melakukan pasing atas dengan benar.Pada siklus I hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran diperoleh gambaran tentang hasil belajar siswa, yaitu sebanyak 11 siswa (68,75,) telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan sisanya 5 siswa (28.57%) belum mencapai KKM. Hasil belajar siswa siklus II telah menunjukkan peningkatan sesuai dengan apa yang ditargetkan. Hasil belajar siswa selama siklus II adalah sebanyak 15 siswa (93,75%) telah mencapai nilai KKM dan siswa (6,25%) belum mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Drill dan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tunas Harapan Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 pada materi bermain bola polly dalam melakukan service atas.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK GARIS BILANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD Yani Sarimulyani
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (662.016 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Garis Bilangan melalui penerapan Model model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III SD Negeri Cijengkol Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 23 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 67,61 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 82,17. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 14,56 (21,54%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Cijengkol Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Garis Bilangan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAKAT FITRAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM PEARS SHERE (TPS) Ikah Mudrikah
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.046 KB)

Abstract

Penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus dengan 3 pertemuan tiap siklusnya untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri Sagalaherang V Kabupaten Subang. Yang menjadi subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik Kelas IV SD Negeri Sagalaherang V Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 17 orang. Berdasarkan analisis dan pengolahan data, telah terjadi peningkatan diberbagai faktor baik dari nalai rata-rata, nilai terendah dan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM. Begitupun dan hasil observasi dan angket siswa yang menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran, baik interaksi guru dengan siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan materi pelajaran dan sikap siswa lebih aktif bekerjasama dalarn kelompoknya. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pairs and Share dapat meningkatkan kerena ampuan siswa memahami materi Mengenal Zakat Fitrah pada siswa kelas IV SD Negeri Sagalaherang V Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajanan 2017/ 2018.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA AKU ANAK SOLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW Euis Hodijh
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.691 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengenal Asmaul Husna melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperative Type Jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri Cijengkol Kecamatan Sarangpanjang Kabupaten Subang semester Genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 23 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada 2 pertemuan pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,70 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,87. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,17 ( 17,71% ). Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Model Pembelajaran Kooperative Type Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MEMAHAMI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE MIND MAPPING Harti Sulastri
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.732 KB)

Abstract

Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN Sagalaherang IV belum optimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang monoton dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Jika hal ini dibiarkan, dikhawatirkan tujuan pembelajaran IPS tidak tercapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penggunaan metode Mind Mapping di SD Negeri Sagalaherang IV Sagalaherang Kabupaten Subang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan metode Mind Mapping di SD Negeri Sagalaherang IV Sagalaherang Kabupaten Subang. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam setiap siklusnya. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan pada tiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA SD Negeri Sagalaherang IVA Sagalaherang Kabupaten Subang pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode Mind Mapping pada pokok bahasan Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi dalam mata pelajaran IPS di kelas IVA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Juga hasil belajar siswa meningkat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dari 22 siswa (45%) dengan nilai rata-rata kelas mencapai 68,64 pada siklus I, dan siswa yang tuntas sebanyak 19 orang dari 22 siswa (86,36%) dengan nilai rata-rata kelas menjadi 81,36 pada siklus II. Dengan demikian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Page 1 of 4 | Total Record : 33