cover
Contact Name
Muhammad Anjar Nugraga
Contact Email
muhammadanza23@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jpg@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Published by Universitas Subang
ISSN : 25985930     EISSN : 26154803     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada jenjang SD, SMP, ataupun SMA. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Maret dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)" : 25 Documents clear
MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PENGELASAN MELALUI KONSELING EKLEKTIF DENGAN PERILAKU ATTENDING Sukiyem Sukiyem
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik konseling Eklektif dengan pendekatan attending dalam peningkatan semangat belajar, tanggung jawab siswa sebagai pelajar, mengentaskan permasalahan belajar siswa, serta meningkatkan kemampuan guru untuk membimbing siswa. Teknik Konseling Eklektif merupakan penggabungan dua pendekatan Direktif dan Non-Direktif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model Sprandley. Dalam penelitian tindakan kelas siklus I, II, dan III yang dipergunakan peneliti dan guru untuk mengambil keputusan. Maka dari hasil analisis data; Hasil Observasi Kegiatan Guru dan Data Hasil Observasi Kepribadian Klien pada situs I, II, dan III diperoleh hasil 30,83 presikat kurang sekali, siklus II = 41,66 predikat kurang dan pada siklus III = 61,66 predikat sedang/cukup baik. Bimbingan Konseling terhadap siswa A, yang bermasalah tidak berhenti pada siklus III, tetapi masih berkelanjutan melalui upaya attending konselor selaku guru, juga peneliti sekaligus sebagai kepala sekolah memantau terus perkembangan tingkah laku klien agar klien lebih mantap untuk bertindak positif.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Eny Prihatiningsih
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar kelas X dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching.Proses pendidikan terarah pada peningkatan penguasaan pengetahuan kemampuan ketrampilan, pengembangan sikap, dan nilai-nilai dalam rangka pembentukan dan pengembangan diri peserta didik, sehingga tujuan pendidikan tidak hanya untuk mengembangkan pengetahuan anak tetapi juga sikap kepribadian serta aspek sosial emosional disamping ketrampilan-ketrampilan lain. Adapun data dikumpulkan melalui metode tes, observassi, dan catatan lapangan. Dalam pandangan pembelajaran kuantum, lingkungan fisikal-mental dan kemampuan pikiran atau diri manusia sama-sama pentingnya dan saling mendukung. Karena itu, baik lingkungan maupun kemampuan pikiran atau potensi diri manusia harus diperlakukan sama dan memperoleh stimulan yang seimbang agar pembelajaran berhasil baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran Pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi materi pokok, pokok bahasan teks anekdot Kelas X Tehnik Informatika 2 SMKN 3 Merauke. Terjadi peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II melalui penerapan pembelajaran Pembelajaran Reciprocal Teaching. Berdasarkan hasil observasi, dan tes diperoleh perbandingan hasil aspek antar siklus yang disajikan.
POLA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS XII PADA POKOK BAHASAN HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA MELALUI PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE Yuliana Pande
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran yang dipersiapkan untuk mewujudkan pendidikan yang berorientasi kecakapan hidup seperti tersebut haruslah pembelajaran yang aktif melibatkan Peserta didik baik secara kelompok maupun individual dan disamping itu peran model pembelajaran juga sangatlah penting.Upaya itu sudah di sadari si peneliti yaitu dengan penerapan metode pembelajaran yang tepat agar kesulitan siswa dalam memahami materi tidak menjadi kendala. Metode yang digunakan peneliti dengan metode pendekatan Model Pembelajaran VCT. Dimana peserta didik aktif dan guru juga aktif, Hasil penelitian menunjukan Semua peserta didik mampu mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh. Dalam hal mengumpulkan tugas tepat waktu baru mencapai 93,55% dan masih ada 6,45% yang belum mengumpulkan tugas sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan rata-rata nilai tugas sebesar 90 dan dapat dikatakan bahwa banyak siswa yang sudah mampu untuk memahami materi yang diberikan. Pembelajaran Value Clarification Technique mampu merangsang pesert didik untuk mengemukakan pendapat walaupun masih ada 6,45% siswa yang masih pasif terhadap aktivitas
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER Lono Mulyoharjono
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing sepak bola dengan metode kooperatif tipe Numbered Head Together kelas XI Asisten Keperawatan SMK Negeri 3 Merauke. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Merauke Jalan Kamizaun Mopah Lama. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Asisten Keperawatan SMK Negeri 3 Merauke yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam hasil belajar terdapat tiga aspek yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen peneletian yang digunakan yaitu: format aspek penilaian aspek afektif, LKS, format penilaian aspek psikomotor. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe number head together yang ditambah alat berupa bola karet dapat meningkatkan hasil belajar passing sepak bola pada siswa kelas XI Asisten Keperawatan SMK Negeri 3 Merauke, yang ditandai dengan meningkatnya pemahaman hasil belajar siswa pada tiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 60,54 dengan ketuntasan 32,35% yang berada pada interval 53-62 atau termasuk dalam kategori kurang baik. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat yaitu sebesar 78,15 dengan ketuntasan 85,29% yang berada pada interval 73-82 atau termasuk dalam kategori baik.
PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM Permenas Taidi
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pendidikan terarah pada peningkatan penguasaan pengetahuan kemampuan ketrampilan, pengembangan sikap, dan nilai-nilai dalam rangka pembentukan dan pengembangan diri peserta didik sehingga tujuan pendidikan tidak hanya untuk mengembangkan pengetahuan anak tetapi juga sikap kepribadian serta aspek sosial emosional disamping ketrampilan-ketrampilan lain. Peran metode pembelajaran quantum dapat meningkatkan kesulitan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan menggunakan II siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Mesin. Adapun data dikumpulkan melalui metode tes, observassi, dan catatan lapangan. Dalam pandangan pembelajaran kuantum, lingkungan fisikal-mental dan kemampuan pikiran atau diri manusia sama-sama pentingnya dan saling mendukung. Karena itu, baik lingkungan maupun kemampuan pikiran atau potensi diri manusia harus diperlakukan sama dan memperoleh stimulan yang seimbang agar pembelajaran berhasil baik. Kualitas pemahaman materi Teknik Permesinan Frais pada siswa kelas X Teknik Mesin SMKN 3 Merauke dapat meningkat dengan penerapan pembelajaran dengan model Quantum yang di tunjukkan dengan hasil tes dari siklus I yang tuntas sebanyak 14 siswa dengan presentase sebesar 56% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan presentase ketuntasan sebesar 80%.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY Yoyoh Sutianah
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Darmaga II dalam materi Hak dan Kewajiban ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan harian pada materi yang telah dipelajari sebelumnya tersebut masih rendah, ternyata hanya 7 siswa (28,57%) dari 28 siswa yang dinyatakan lulus, dan 20 siswa lainnya (71,43%) dinyatakan belum lulus KKM sekolah sebesar 70, karena siswa belum bisa memanfaatkan hak dan melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas V dalam memahami materi hak dan kewajiban masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri Darmaga II semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam memahami materi hak dan kewajiban?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri Darmaga II semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam memahami materi hak dan kewajiban melalui penerapan model pembelajaran two stay two stray. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi hak dan kewajiban dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siswa pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata sebesar 69,64 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 42,86% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,21 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 92,85%. Jadi nilai post test siswa mengalami peningkatan sebesar 9,64.
PENERAPAN MEDIA GAMBAR KEBUDAYAAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA Elis Kurnia
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam kenyataan seringkali siswa masih melakukan diskriminasi terhadap teman sekolahnya yang tidak satu suku dengannya, terlihat dari dalam melakukan pertemanan masih pilih kasih, tidak berteman dengan suku lain, tidak mau belajar kelompok dengan teman dari suku lain, dan sikap negatif lainnya. Hal itu karena siswa tersebut belum memiliki sikap yang positif terhadap keberagaman suku bangsa seperti saling menghormati, saling membantu, adil, jujur, kerjasama sesama teman, dan yang utama adalah sikap toleransi khususnya toleransi terhadap perbedaan suku dan budaya bangsa. Prestasi belajar siswa kelas III A SD Negeri Darmaga II dalam materi Keberagaman Suku dan Budaya Bangsa ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan pada materi Keberagaman Suku dan Budaya Bangsa yang sudah dipelajari sebelumnya masih rendah, ternyata hanya 9 siswa (25,00%) dari 36 siswa yang dinyatakan lulus, dan sisanya sekitar 27 siswa (75,00%) dinyatakan belum lulus dari KKM sekolah sebesar 72. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi keanekaragaman suku dan budaya bangsa melalui penerapan media gambar kebudayaan di kelas III A SD Negeri Darmaga II semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi keanekaragaman suku dan budaya bangsa dapat dilakukan dengan menerapkan media gambar kebudayaan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai nilai rata-rata 69,17 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 47,22% dan pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata post test menjadi 81,94 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 91,67%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,77.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS Titin Titin
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Penjumlahan dan Pengurangan melalui penerapan Model Pembelajaran Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas pada siswa kelas II SD Negeri Darmaga II Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian terdiri dari 22 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada pertemuan ke 1 dan ke 2 tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,75 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,91. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,16 ( 16,13%). Dengan demikian pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA AKU ANAK SOLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) Anah Nurhasanah
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengenal Asmaul Husna melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperative tipe Think Pairs Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri Darmaga II Kecamatan Sarangpanjang Kabupaten Subang Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 28 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pada 2 pertemuan pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,93 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 81,07. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,14 (17,61%). Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA BERMAIN BOLA VOLI MINI MELALUI PENERAPAN METODE DRILL Aam Amalia
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari hasil tes keterampilan pada materi bermain bola voli mini yang sudah dipelajari sebelumnya pada siswa kelas V masih rendah, ternyata hanya 7 siswa (25%) dari 28 siswa yang dinyatakan lulus, dan sisanya sekitar 21 siswa (75%) dinyatakan belum lulus dari KKM sekolah sebesar 72. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah keterampilan siswa kelas V dalam materi bermain bola basket masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan metode bermain lempar tangkap bola tenis dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas V SD Negeri Darmaga II semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dalam bermain bola basket?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain bola voli mini melalui penerapan metode Drill di kelas V SD Negeri Darmaga II semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan siswa dalam bermain bola voli mini dapat dilakukan dengan menerapkan metode Drill Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil test keterampilan siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test keterampilan siswa pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata sebesar 69,82 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 46,43% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,71 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 89,29%. Jadi nilai tes keterampilan siswa mengalami peningkatan sebesar 10,89.

Page 1 of 3 | Total Record : 25