cover
Contact Name
Muhammad Anjar Nugraga
Contact Email
muhammadanza23@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jpg@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Published by Universitas Subang
ISSN : 25985930     EISSN : 26154803     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada jenjang SD, SMP, ataupun SMA. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Maret dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2021): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)" : 15 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMODELAN RESIPOKAL DI KELAS VII B SMP NEGERI 5 SUBANG KABUPATEN SUBANG Deni Sutisna
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 1 (2021): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan teknik dasar passing pada permainan bola voli melalui media permodelan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Subang Kabupaten Subang, sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII B yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi serta angket/kuesioner yang digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi bola voli. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap hasil penelitian mengenai kemampuan mempraktekan teknik gerak dasar passing pada bola voli siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Subang Kabupaten Subang dengan menggunakan media permodelan dapat ditarik kesimpulan bahwa: Penggunaan media permodelan sesuai untuk meningkatkan kemampuan mempraktekan teknik gerak dasar passing pada bola voli, karena dengan media permodelan siswa akan lebih mudah untuk mempraktekan teknik dasar passing. Penggunaan media permodelan dapat meningkatkan kemampuan mempraktekan teknik gerak dasar passing bola voli siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Subang Kabupaten Subang. Hal tersebut terbukti dengan hasil penelitian sebagai berikut: Prestasi siswa dalam pembelajaran praktek teknik gerak dasar service pada bola voli;Nilai hasil test Siklus I adalah 81.15 % Nilai hasil test Siklus II adalah 87.06 %, Maka kenaikan prestasi siswa adalah 5.91 %. Pengamatan kegiatan siswa pada saat KBM, antara siklus I dan siklus II jelas ada perubahan peningkatan yang signifikan.Pengamatan kegiatan melalui angket terhadap siswa antara siklus I dan siklus II jelas ada peningkatan yang signifikan.Berdasarkan penilaian kinerja guru dalam KBM praktek teknik gerak dasar passing pada pada bola voli terlihat dengan nilai rata-rata antara siklus I dan Siklus II naik secara signifikan sebesar 3,85 %.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKANAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII A SMPN 5 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 E. Hidayatulloh
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 1 (2021): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melihat proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan hasil pembelajaran yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran IPA dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas VIII A SMPN 5 Subang pada materi tekanan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, tahapan dari masing-masing siklus terdiri atas: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VIII A di SMPN 5 Subang yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi digunakan untuk menggambarkan aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah, sedangkan tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran materi tekanan dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 20 (baik) siklus II meningkat menjadi 30 (baik). Hasil analisis data observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 27,5 (baik) siklus II meningkat menjadi 28,5 (baik). Pada siklus I nilai rata-rata kelas yaitu 7,8125 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 78,125 % (tidak tuntas) pada siklus II meningkat menjadi rata-rata kelas yaitu 8,78 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 90,625 % (tuntas). Disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa di kelas VIII A SMPN 5 Subang.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKA METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BLANAKAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Iin Arnesih
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 1 (2021): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Blanakan dalam menulis teks prosedur masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis siswa disebabkan oleh faktor guru dan faktor siswa. Faktor guru muncul dari pemilihan metode yang digunakan oleh guru. Faktor siswa terlihat pada kurangnya motivasi pada diri siswa, kurangnya pembiasaan terhadap kegiatan menulis serta kesulitan siswa untuk menuangkan ide dalam menulis teks prosedur. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur menggunakan metode field trip. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi serta evaluasi dan refleksi dengan menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menulis teks prosedur menggunakan metode field trip siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Blanakan mengalami peningkatan yaitu hasil observasi aktivitas guru siklus I 72,5% kategori cukup baik menjadi 80% kategori baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I 62,5% kategori kurang baik menjadi 90% kategori sangat baik. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 21 orang meningkat menjadi 29 oran pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I 65,62 % meningkat menjadi 87,87% pada siklus II, sehingga dapat dikatakan sudah memenuhi target ketuntasan yaitu 85%.
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 5 SUBANG Eli Setiawati
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 1 (2021): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi (1) perencanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan metodel demonstrasi; (2) pelaksanaan pembelajaran dalam menulis teks eksplanasi menggunakan metode demonstrasi; (3)hasil keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII C SMP Negeri 5 Subang setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi melalui Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan melalui dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 5 Subang Sebanyak 32 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan minat siswa, berdasarkan hasil observasi prasiklus dari 32 siswa, 10 siswa atau 31,25% aktif dalam mengikuti pembelajaran, selanjutnya pada tahap siklus I meningkat menjadi 22 siswa atau 67,75%, dan pada tahap siklus II jumlah siswa yang aktif mencapai 28 siswa atau 87% siswa. peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dapat diketahui dari hasil rata-rata nilai siswa, pada prasiklus nilai rata- rata siswa adalah 60,9, selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 78 dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85. Nilai tersebut sudah mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI INTERAKSI SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VII-E SMP NEGERI 1 KALIJATI ENING ANINGSIH
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 1 (2021): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi interaksi sosial melalui penerapan model pembelajaran two stay two stray di kelas VII-E SMP Negeri 1 Kalijati. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi interaksi sosial dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII-E SMP Negeri 1 Kalijati dengan dua siklus tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-E yang berjumlah 32 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Dimana hasil tes siklus I mencapai rata-rata sebesar 71,56 dengan tingkat persentase kelulusan 53,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,31 dengan tingkat persentase kelulusan 90,63%.
MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK SUPERVISI KELOMPOK DI SD NEGERI EKANUGRAHA KABUPATEN SUBANG NENG ONENG SURYAMAH
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 1 (2021): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kenyataan yang terjadi di SD Negeri Ekanugraha, ditemukan fenomena, Guru yang sudah lulus sertifikasi dan mendapatkan gelar guru professional belum meningkatkan kinerjanya dan belum bisa merealisasikan gelarnya tersebut. Guru belum mengoptimalkan media teknologi informasi untuk mendukung kegiatan belajar dan masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Jarangnya guru yang melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dan penyusunan perangkat pembelajaran yang belum baik. Guru belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif, menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui penerapan supervisi akademik dengan teknik supervisi kelompok di SD Negeri Ekanugraha Kabupaten Subang. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri Ekanugraha yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Aspek-aspek yang disupervisi adalah Kemampuan merencanakan program belajar mengajar, Menguasai bahan pelajaran, Melaksanakan/mengelola proses belajar mengajar, Menilai kemajuan proses belajar mengajar (Kunandar, 2007:45), 2). Berdasarkan pengolahan data dan pembahasan didapatkan kesimpulan sebagai berikut: Pada aspek profesionalisme guru didapatkan pada siklus I sebesar 60% dengan kategori dukup baik dan pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan kategori sangat baik.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI IBADAH PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAKWA MELALUI PENERAPAN METODE INQUIRY LEARNING DI KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 KALIJATI MIFTAHUL JANAH
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 1 (2021): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi ibadah puasa membentuk pribadi yang bertakwa melalui penerapan metode inquiry learning di kelas VIII-D SMP Negeri 1 Kalijati. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi ibadah puasa membentuk pribadi yang bertakwa dapat dilakukan dengan menerapkan metode inquiry learning. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Dimana hasil post test siklus I mencapai rata-rata sebesar 71,41 dengan tingkat persentase kelulusan 53,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,78 dengan tingkat persentase kelulusan 90,63%.
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN FIELDTRIP DENGAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATERI KEARIFAN LOKAL DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI Nurwati Hertawan
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 1 (2021): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kearifan lokal dalam mata pelajaran sosiologi, hasil belajar siswa pada materi tersebut belum mencapai KKM. Tujuan umum dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode pembelajaran fieldtrip dan role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi khususnya materi kearifan lokal. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas XII IPS 5 SMA Negeri 2 Subang yang berjumlah 37 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, instrumen yang digunakan adalah RPP, lembar soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, teknik observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, terdiri dari tahap reduksi data, sajian data dan verifikasi atau penyimpulan data. Aktivitas guru pada pembeljaran siklus I mencapai persentase 90%. Aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I mencapai persentase 70%, siklus II peningkatan yang dicapai sudah cukup optimal dengan persentase 100%. Dan hasil belajar siswa siklus I persentase keberhasilan siswa mencapai 59,45%, pada siklus II dengan keberhasilan siswa mencapai 78,38%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi kearifan lokal dapat ditingkatkan dengan penggunaan metode pembelajaran fieldtrip dan roleplaying.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP KITAB -KITAB ALLAH SWT: (Penelitian Tindakan pada Mata Pelajaran PAIBP di Kelas V SD Negeri Samudrajaya Blanakan Subang tahun pelajaran 2019-2020) Titin Rozanah
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 1 (2021): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin diketahui dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) pemahaman peserta didik kelas V SD Samudrajaya Blanakan Subang terhadap Kitab -Kitab Allah SWT, (b) guru menyampaikan pembelajaan Kontekstual pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas V SD Negeri Samudrajaya Blanakan, (c) hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Samudrajaya pada mata pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Mengenal Kitab- Kitab Allah SWT. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus tindakan, siklus pertama terdiri dari dua pertemuan, siklus kedua dan siklus ketiga terdiri dari dua pertemuan Penelitian dilaksanakan di SDN Samudrajaya Blanakan, dengan subjek penelitian 40 peserta didik kelas V tahun pelajaran 2019-2020. Dari hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan (a) peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap Kitab-Kitab Allah SWT yang terus meningkat dari satu siklus ke siklus berikutnya dengan pembelajaran kontekstual, (b) guru telah mampu menyampaikan pembelajaan Kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas V SD Negeri Samudrajaya Blanakan, (c) hasil Belajar peserta didik kelas V pada pelajaran PAI-BP materi Mengenal Kitab- Kitab Allah SWT, menunjukkan peningkatan, yaitu pada siklus I nilai rata-rata ketuntasan 72,5 % dengan rata-rata nilai 68,7, pada siklus II nilai rata-rata ketuntatasan sebesar 82,5 % dengan rata-rata nilai 72,5, dan siklus III nilai rata-rata ketuntasan sebesar 90,00 % dengan nilai rata-rata 77,25.
MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI SAMUDRAJAYA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF Iceu Kurniati
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 1 (2021): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin diketahui dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) aktivitas guru melakukan pembelajaran aktif di Kelas II SDN Samudrajaya untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik, (b) aktivitas peserta didik Kelas II SDN Samudrajaya Blanakan Subang dalam mengikuti pembelajaran aktif, (c) peningkatan keterampilan psikomotorik peserta didik Kelas II SDN Samudrajaya Blanakan Subang setelah diberikan pembelajaran aktif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmish and Taggart, dengan tiga siklus tindakan. Penelitian dilaksanakan di SDN Samudrajaya Blanakan, dengan subjek penelitian 39 peserta didik kelas II tahun pelajaran 2019-2020. Dari hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan (a) guru menunjukkan aktivitas yang sangat baik dalam menerapkan pembelajaran aktif di kelas II SDN Samudrajaya untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan kemampuannya dari satu siklus ke siklus berikutnya, (b) peserta didik kelas II SDN Samudrajaya Blanakan Subang menunjukkan aktivitas yang sangat baik dalam mengikuti pembelajaran aktif. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keterampilan yang dimiliki peserta didik dari satu siklus ke siklus berikutnya, (c) keterampilan psikomotorik peserta didik kelas II SDN Samudrajaya Blanakan Subang setelah diberikan pembelajaran aktif menunjukkan peningkatan, seperti meningkatnya jumlah peserta didik yang menunjukkan keterampilan dari satu siklus ke siklus berikutnya.

Page 1 of 2 | Total Record : 15