cover
Contact Name
Muhammad Anjar Nugraga
Contact Email
muhammadanza23@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jpg@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Published by Universitas Subang
ISSN : 25985930     EISSN : 26154803     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada jenjang SD, SMP, ataupun SMA. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Maret dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2021): JPG (JURNAL PENELITIAN GURU)" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF BERDASARKAN POTENSI WILAYAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY DI KELAS IX B SMP NEGERI 2 JALANCAGAK Rana Setiaputra
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 2 (2021): JPG (JURNAL PENELITIAN GURU)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kenyataan di dalam kelas hasil ulangan harian materi Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat pada siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Jalancagak masih rendah, dimana hanya 8 siswa (25%) yang mendapat nilai KKM 75 dari 32 siswa, sedangkan 24 siswa yang lain (75%) hanya memperoleh nilai di bawah KKM. Berdasarkan hasil ulangan harian tersebut diperoleh suatu kesimpulan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, karena siswa belum memahami materi tersebut dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami materi Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui penerapan model pembelajaran Discovery Inquiry pada siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Jalancagak. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Jalancagak yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Inquiry di kelas IX B. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata post test siklus I mencapai 71,72 dengan ketuntasan 50% dan pada siklus II hasil rata-rata post test meningkat menjadi 85,16 dengan ketuntasan 93,75%.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL MAPEL IPS DI DUNIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY DI KELAS IX I SMPN 1 SAGALAHERANG Lestari Sudiartuti
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 2 (2021): JPG (JURNAL PENELITIAN GURU)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami materi Perdagangan Internasional melalui penerapan model pembelajaran Discovery-Inquiry pada siswa Kelas IX I SMPN 1 Sagalaherang. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX I SMPN 1 Sagalaherang yang berjumlah 33 siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi Perdagangan Internasional dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery-Inquiry di kelas IX I. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata post test siklus I mencapai 71,21 dengan ketuntasan 51,52% dan pada siklus II hasil rata-rata post test meningkat menjadi 86,06 dengan ketuntasan 93,94%.
PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN MATERI NORMA DAN KEADILAN SISWA KELAS VII-E SMP NEGERI 1 CIMENYAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Emah Nurhikmah
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 2 (2021): JPG (JURNAL PENELITIAN GURU)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Untuk bisa belajar dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Metode Talking Stick dinilai sebagai salah satu metode belajar yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif dan menyenangkan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kompetensi dasar memahamai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Talking Stick dan bagaimana peningkatan hasil belajar dengan penerapan metode Talking Stick pada mata pelajaran PPKn materi norma dan keadilan pada siswa kelas VII-E SMPN 1 Cimenyan tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Talking Stick pada mata pelajaran PPKn materi norma dan keadilan pada siswa kelas VII-E SMPN 1 Cimenyan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilasanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas VII-E SMPN 1 Cimenyan tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 40 siswa. Dari hasil analisis data ketuntasan belajar siswa maupun dari rata-rata kelas mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I presentase ketuntasan belajarnya sebesar 63,50 % dan rata-rata nilai sebesar 63 sedangkan siklus II ketuntasan belajarnya sebesar 91,00 % dan rata-rata kelas sebesar 83,07. Ini berarti ketika kegiatan pembelajaran PPKn dengan penerapan metode pembelajaran Talking Stick terdapat perbaikan yang positif pada hasil belajar PPKn siswa kelas VII-E SMPN 1 Cimenyan tahun pelajaran 2019/2020.
PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 RANCAEKEK Euis Hasanah
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 2 (2021): JPG (JURNAL PENELITIAN GURU)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan; apakah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi PLSV?. Keberhasilan dalam penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar yakni sebesar 72,38 dengan ketuntasan klasikal 76,19% dan peningkatan persentase keaktifan belajar matematika pada setiap siklusnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 3 Rancaekek dengan jumlah 30 peserta didik. Data diperoleh dengan metode observasi, dokumentasi dan tes. Setelah itu, data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan dihitung rata-rata nilai, persentase keaktifan dan ketuntasan belajar. Disimpulkan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4,53 poin. Hasil belajar peserta didik telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ketuntasan belajar peserta didik meningkat sebesar 14,29%. Pada aspek keaktifan belajar, terdapat peningkatan persentase sebesar 13%. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dinilai dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI HAK ASASI MANUSIA: (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri Ekanugraha Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018) Neng Oneng Suryamah
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 2 (2021): JPG (JURNAL PENELITIAN GURU)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil ulangan pada materi Hak Asasi Manusia yang hanya 5 (31,25%) siswa yang memenuhi nilai KKM sekolah 69, sementara 11 (68,75%) siswa belum lulus KKM karena kurang memahami dan memanfaatkan nilai-nilai Hak Asasi Manusia dalam kehidupannya di sekolah. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas VI dalam memahami materi Hak Asasi Manusia masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Ekanugraha semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dalam memahami materi hak asasi manusia?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Ekanugraha semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dalam memahami materi hak asasi manusia melalui penerapan model pembelajaran mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi hak asasi manusia dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai nilai rata-rata 69,69 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 56,25% dan pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata post test menjadi 88,75 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 87,50%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,50.
USAHA MENGHINDARI KESULITAN BELAJAR SENAM RHYTMIK DI SEKOLAH DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL Agus Mulyana
JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG Vol. 4 No. 2 (2021): JPG (JURNAL PENELITIAN GURU)
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul ”Usaha menghindari kesulitan belajar senan Rhytmik di Sekolah dengan metode pemecahan masalah (Problem Solving) melalui penggunaan media audio visual”. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Subang pada siswa kelas X MIPA 1 semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan karena berdasarkan hasil pengamatan pada saat pelajaran olah raga senam banyak ditemui bahwa para siswa mengalami kesulitan untuk melakukan gerak rangkaian antara gerak kaki dan gerak tangan. Permasalahan yang diajukan adalah “Apakah metode pembelajaran pemecahan masalah ( problem solving ) melalui penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan gerak siswa dalam melakukan rangkaian gerak langkah kaki dan ayunan lengan pada senam rytmik“?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan gerak siswa dalam melakukan rangkaian gerak langkah kaki dan ayunan lengan pada senam rytmik.Data dikumpulkan melalui observasi guru, siswa, dan catatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum tindakan penelitian sebesar 58,4 % (pree-test), dan nilai rata-rata sesudah tindakan sebesar 73,9 % (post-test). Hasil tersebut menunjukkan adanya korelasi peningkatan ketrampilan gerak senam rhytmik melalui koordinasi gerak kaki dan gerak ayunan lengan selama latihan sebesar 73,9 % melalui pendekatan metode pembelajaran pemecahan masalah pada siswa SMAN 3 Subang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6