cover
Contact Name
Arie Asnaldi
Contact Email
asnaldi@fik.unp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
menssana@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Menssana
ISSN : 2527645X     EISSN : 2527645x     DOI : -
Core Subject : Education,
Penerbitan Jurnal Menssana bertujuan untuk memfasilitasi interaksi, diskusi dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan olahraga di Indonesia. Jurnal Menssana berisi penelitian empiris dalam bidang Pendidikan Olahraga, Pendidikan Rekreasi, dan Kesehatan, Ilmu Keolahragaan serta kepelatihan olahraga.
Arjuna Subject : -
Articles 152 Documents
OptimalisasiPemahamanPembelajaranPendidikanJasmanimelalui Model PembelajaranPeer TeachingMenggunakan Media Audiovisual Gita Febria Friskawati
Jurnal MensSana Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Menssana
Publisher : Pusat Kajian Pendidikan Olahraga, Kesehatan, dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jm.v2i1.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) menggunakan media audio visualterhadap pemahaman pembelajaran penjaspada siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Randomized Pre test Post tes Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Padalarang sebanyak 546 orang. Sampel pada penelitian ini terdiri atas kelompok A (kelompok eksperimen) berjumlah 42 orang dan kelompok B (kelompok kontrol) berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman pembelajaran penjas. Berdasarkan hasil analisis data mengenai perbedaan peningkatan pemahaman pembelajaranpenjas pada model pembelajaran peer teaching dan konvensional pengaruh yang signifikan model pembelajaran konvensional diketahui bahwa nilaiF= 0,000 dengan signifikansi 0,995 Nilai sig > 0,05 maka Ho diterima atau kedua varians adalah sama. Artinya, penggunaan varians untuk membandingkan rata-rata populasi menggunakan t test dengan dasar equal variance assumed (diasumsikan kedua varians sama). Hasilnya didapat nilai signifikansisebesar0,000< 0,05 artinya Ho ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan pemahaman pembelajaran penjas siswa melalui model pembelajaran peer teaching dan konvensional. Dilihat dari rata-rata post test yang diperoleh kedua model pembelajaran, model pembelajaran peer teaching=13,35> model pembelajaran konvensional=11,73. Pemahaman pembelajaran penjas siswa SMA kelas XI lebih meningkat secara signifikan melalui model peer teaching dibandingkan dengan model konvensional.
Perbandingan Adaptasi Lingkungan Bagi Atlet Yang Berlatih Di Daerah Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah Terhadap Vo2max Dan Kadar Hemoglobin Darah Pada Olahraga Anaerobik Deswandi Deswandi; Edwarsyah Edwarsyah; Hilmainur Syampurma
Jurnal MensSana Vol 4 No 2 (2019): Jurnal MensSana
Publisher : Pusat Kajian Pendidikan Olahraga, Kesehatan, dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jm.v4i2.100

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui peredaan adaptasi lingkungan bagi atlet yang berlatih di daerah dataran tinggi dengan dataran rendah terhadap VO2max dan Kadar Hemoglobin (Hb)darah. Jenis penelitian ini berupa eksperimen semu. Data VO2Max diambil menggunakan bleep test, sedangkan untuk prngambilan data hemoglobin (Hb) darah menggunakan metode shahly. Uji hipotesis pada penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap VO2Max atlet yang brlatih di daerah dataran tinggi dengan dataran rendah pada olahraga anaerobik. Tidak terdapat perbedaan terhadap hemoglobin (Hb) darah atlet yang berlatih di daerah dataran tinggi dengan dataran rendah pada olahraga anaerobik.
Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Jump Shoot Atlet Klub Bolabasket Fahd Mukhtarsyaf; Irfan Arifianto; Fahmil Haris
Jurnal MensSana Vol 4 No 2 (2019): Jurnal MensSana
Publisher : Pusat Kajian Pendidikan Olahraga, Kesehatan, dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jm.v4i2.104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai terhadap kemampuan jumpshot pada atlet bola basketkota Padang. Populasi penelitian ini adalah atlet bolabasket kota Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian ini berjumlah 40 orang atlet. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes vertical jump untuk mengukur daya ledak otot tungkai, dan speed spot shooting test untuk mengukur kemampuan jump shot. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis jalur. Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan daya ledak otot tungkai secara langsung berpengaruh terhadap kemampuan jump shoot Atlet Bola Basket Kota Padang, besarnya pengaruh daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan jump shoot melalui kekuatan otot lengan pada Atlet Bola Basket Kota Padang adalah 0,145 atau sebesar 14,5%.
Pengembangan Buku Ajar Ilmu Gizi Olahraga Pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang: Studi Ketrampilan Berpikir Kritis Paulus Rah Adi Pawitra; Sigit Susilo; Wiwik Kusmawati
Jurnal MensSana Vol 4 No 2 (2019): Jurnal MensSana
Publisher : Pusat Kajian Pendidikan Olahraga, Kesehatan, dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jm.v4i2.106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang pada pengembangan buku ajar Ilmu Gizi Olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan buku ajar Ilmu Gizi OLahraga. Pengembangan buku ajar Ilmu Gizi Olahraga ini mengacu pada model 4D yang dikembangkan olehThiagarajan, dkk. (1974) yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate, dimodifikasi untuk disesuaikan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar Ilmu Gizi Olahraga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang.
PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN TEKNIK DASAR SEPAK BOLA PADA MURID KELAS V SDNEGERI 28 KARANG PAUH KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN Delwati Delwati
Jurnal MensSana Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Menssana
Publisher : Pusat Kajian Pendidikan Olahraga, Kesehatan, dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jm.v2i1.11

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari observasi peneliti yaitu rendahnya hasil belajar PENJASORKES murid Kelas V SD Negeri 28 Karang Pauh Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar PENJASORKES adalah dengan pemilihan pengembangan model permainan yang efektif dan efisien. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengembangan Model Permainan Teknik Dasar Sepak Bola pada Murid Kelas V SD Negeri 28 Karang Pauh Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model. Populasi pada penelitian ini adalah murid kelas V SD Negeri 28 Karang Pauh Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 27 orang. Setelah data didapat, maka teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase dan uji-t. Dari Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Model Permainan dapat Meningkatkan Teknik Dasar Sepak Bola pada Murid Kelas V SD Negeri 28 Karang Pauh Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan terbukti dengan thitung ((115,4593) > t table(2,0560) pada α=0.05
Pengembangan Instrumen Tendangan Dollyo Chagi berbasis Sensor Anton Komaini; Fitra Febrioni Sukma
Jurnal MensSana Vol 4 No 2 (2019): Jurnal MensSana
Publisher : Pusat Kajian Pendidikan Olahraga, Kesehatan, dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jm.v4i2.114

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat desain instumen tes keterampilan tendangan dollyo chagi untuk atlet taekwondo berbasis sensor. Jenis penelitian yaitu Research and devolopment. Adapun langakah-langkah penelitian yang dilakukan adalah: pertama melakukan analisis potensi masalah, selanjutnya desain produk tendangan dollyo chagi, validasi ahli dari produk yang telah dibuat dan uji coba produk kepada atlet taekwondo. Penelitian ini dilaksanakan di FIK UNP Padang. Penelitian ini menghasilkan temuan yakni alat tendangan yang telah dibuat dinyatakan layak digunakan sebagai alat instrumen tes tendangan dollyo chagi . ini ditunjukkan dari hasil nilai validasi ahli dengan Rata-Rata 93,05%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa produk alat yang telah dibuat dinyatakan layak digunakan sebagai alat instrumen tes tendangan dollyo chagi.
Pengaruh Kelincahan, Koordinasi Dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Lokomotor Siswa Usia 7 Sampai 10 Tahun Oktarifaldi Oktarifaldi; Risky Syahputra; Lucy Pratama Putri
Jurnal MensSana Vol 4 No 2 (2019): Jurnal MensSana
Publisher : Pusat Kajian Pendidikan Olahraga, Kesehatan, dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jm.v4i2.117

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih belum baiknya keterampilan gerak siswa Sekolah Dasar khususnya di kabupaten Lima Puluh Kota. Keterampilan gerak dasar anak hanya dapat diperbaiki dan berkembang hingga anak berumur 10 tahun. Lokomotor merupakan elemen gerak dasar yang harus dikuasai setiap anak. Kemampuan lokomotor merupakan fondasi untuk merealisasikan berbagai keterampilan teknik olahraga. Merealisasikan gerak lokomotor didukung aspek fisik diantaranya, kelincahan, koordinasi dan keseimbangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh langsung dan tidak langsung serta pengaruh simultan variabel kelincahan, koordinasi dan keseimbangan terhadap kemampuan lokomotor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian adalah siswa Sekolah Dasar berumur 7 sampai 10 tahun laki-laki dan perempuan di Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Sampel diambil secara purposive sampling dengan jumlah 125 siswa. Data diperoleh melalui tes (1) kelincahan dengan shuttle run, (2) koordinasi dengan cable jump, (3) keseimbangan dengan one-food stand. Lokomotor menggunakan instrumen tes TGMD-2. Hasil penelitian menunjukkan, Kelincahan berpengaruh langsung sebesar 36%, Koordinasi berpengaruh langsung sebesar 9,37%, Koordinasi berpengaruh langsung sebesar 8,06% terhadap kemampuan lokomotor. Selanjutnya Kelincahan melalui keseimbangan berpengaruh sebesar 24,01%, Koordinasi melalui keseimbangan berpengaruh sebesar 32,2% terhadap kemampuan lokomotor. Secara simultan Kelincahan, Koordinasi dan Keseimbangan berpengaruh terhadap kemampuan lokomotor sebesar 31,7%.
Metode Lempar Tangkap Bola Statis dan Dinamis: Implikasinya dalam Meningkatkan Pembelajaran Gerak Dasar Passing Permainan Bola Tangan Ujang Rohman; Ramadhani Hananto Puriana
Jurnal MensSana Vol 5 No 1 (2020): Jurnal MensSana
Publisher : Pusat Kajian Pendidikan Olahraga, Kesehatan, dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jm.v5i1.118

Abstract

Penelitian ini bertujuan merumuskan penerapan metode pembelajaran lempar tangkap bola statis dan dinamis dalam meningkatkan gerak dasar passing permainan bola tangan. Objek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Angkatan 2017 yang memprogram Mata Kuliah T/P Bola Tangan. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan one group preetest-posttest design. Hasil analisis pada taraf signifikasi (Sig.0.05) menunjukkan t-test metode lempar tangkap bola statis p > Sig.0.05 (2.506 >1.732) dan metode lempar tangkap bola dinamis p > Sig.0.05 (2.614 > 1.732) berarti implikasi kedua metode lempat tangkap bola dapat meningkatkan gerak dasar passing permainan bola tangan. Hasil analisis perbedaan peningkatan antara kedua metode diperoleh p > 0.05 (7.140 >2.201) berarti implikasi metode lempar tangkap bola dinamis lebih baik peningkatannya dibandingkan metode lempar tangkap bola statis dalam pembelajarn gerak dasar passing permainan bola tangan.
Pengaruh Koordinasi Mata-Tangan, Body Mass Index dan Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Objek Kontrol Siswa PAUD Syahrial Bakhtiar; Zainul Johor; Akli Anwari Pulungan; Oktarifaldi Oktarifaldi; Risky Syahputra; Lucy Pratama Putri
Jurnal MensSana Vol 5 No 1 (2020): Jurnal MensSana
Publisher : Pusat Kajian Pendidikan Olahraga, Kesehatan, dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jm.v5i1.119

Abstract

Berdasarkan studi awal, masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan objek kontrol siswa PAUD di Kota Pariaman yang masih rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh banyak factor, penulis menduga beberapa factor yang berpengaruh adalah koordinasi mata-tangan, body mass index dan jenis kelamin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh koordinasi mata tangan, body mass index dan jenis kelamin terhadap kemampuan objek kontrol anak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa PAUD di Kota Pariaman. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling yang berjumlah 95 anak. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data mengenai koordinasi mata tangan siswa adalah dengan tes M-ABC, body mas index dengan antropometri, jenis kelamin dan kemampuan objek kontrol dengan instrument Test of Gross Motor Skill Second Edition (TGMD-2). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh koordinasi mata tangan, body mass index dan gender terhadap kemampuan objek kontrol siswa dengan nilai signifikan (Sig) sebesar 0,006 lebih kecil dari probabilitas 0,05 dan nilai regresi Y= 18.11+0.280X1+0.093X2+0.265X3. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa siswa PAUD di Kota Pariaman dipengaruhi oleh koordinasi mata tangan, body mass index dan gender yang mereka miliki. Semakin baik kriteria koordinasi mata-tangan, body mass index yang dimiliki serta gender akan semakin baik pula kemampuan objek kontrol siswa tersebut.
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BOLAVOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PENILAIAN AUTENTIK Ernawati Can
Jurnal MensSana Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Menssana
Publisher : Pusat Kajian Pendidikan Olahraga, Kesehatan, dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jm.v2i1.12

Abstract

Berdasarkanpengamatanpenulis di SMP Negeri 2 Pekanbarupembeljaran PJOK padamateri bola volikurangmenarik.Tidakmenariknyapembelajaran PJOK terutamapadamateribolavoliperluditinjauulang, karenahasilbelajarsiswabelumbisadikatakankegagalandalam proses pembelajaran yang dilakukan. Penelitianinibertujuanuntukmelihatimplementasipendekatansaintifikdengan proses penilaianautentikpadapembelajaranbolavoli di SMP Negeri 2 Pekanbaru. Metodepenelitianiniyaitupenelitiantindakankelas (PTK) yang merupakansuatupencermatanterhadapkegiatanbelajar, Sebagaisubjekpenelitianiniadalahkelas VIII. 3, tahunpelajaran 2014/2015 denganjumlahsiswasebanyak 36 orang, terdiridari 15 laki-lakidan 21 perempuan. Adapunlangkah-langkahpelaksanaan PTK secaraprosedurnyaadalahdilaksanakansecarapasrtisipatifdandilanjutkandenganpenyusunanrencanatindakan, danpelaksanaantindakandalamsiklus. Berdasarkanhasilpenelitian yang dilakukanTerdapatpeningkatanketerampilan bola volimelaluipembelajarandenganpendekatansaintifikdengapenilaianautentikpadapelajar SMP Negeri 2 Pekanbaru Riau. Hal initerbuktidarihasiltindakansikluspertama yang termasukkategorirendahartinyasebagaipelajar yang mampumelakukanteknikdasarketerampilan bola voli. Sedangkanpadasiklusketigaketerampilanberadapadakategoritinggi, yang berartijikadilihatdarijumlahpelajarkeseluruhanpeningkatanketerampilan bola volisudahterlihat. Terdapatpeningkatan yang sangatberartidalamperkembanganteknikdasar bola volidenganpembelajaranpendekatansaintifik.

Page 1 of 16 | Total Record : 152