cover
Contact Name
Andi Nimah Sulfiani
Contact Email
ilagaligo.unanda@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ilagaligo.unanda@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal I La Galigo : Public Administration Journal
ISSN : 26544776     EISSN : 26849933     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal I La Galigo adalah Jurnal pada bidang administrasi publik meliputi kebijakan publik, manajemen publik, pelayanan publik, kepemimpinan, birokrasi, perencanaan pembangunan dan hal-hal yang berkaitan dengan bidang ilmu administrasi publik.
Arjuna Subject : -
Articles 85 Documents
KINERJA PEGAWAI DI DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA PALOPO andi ni'mah Sulfiani
Journal I La Galigo : Public Administration Journal Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.343 KB) | DOI: 10.35914/ilagaligo.192

Abstract

Kinerja merupakan salah satu indikator penting dalam melihat keberhasilan suatu organisasi. Fokus penelitian ini yaitu pada kinerja pegawai di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo. Penelitian ini penting dilakukan untuk melihat sejauhmana kinerja pegawai yang ada di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo sudah berjalan dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat dengan rata- rata persentase penilaian responden pada keenam indikator pengukuran kinerja munurut Sendow ini sudah berada di atas 82,72% dan semua indikator pengukuran kinerja sangat baik karena berada 76-100%, namun masih ada beberapa kekurangan terutama di indikator Cost-effectiveness  dan Interpersonal Impact, hasil ini dikarenakan masih ada pegawai yang belum mendapatkan pelatihan akibat kekurangan dana dan belum adanya kedekatan antara pimpinan dan bawahan. Sehingga diharapkan dalam mengefesienkan sumber daya organisasi mesti diadakan pelatihan yang lebih maksimal lagi dan pihak pimpinan harus lebih mengakrabkan diri dengan bawahaannya.
EVALUASI PROGRAM BANTUAN 1000 KANDANG UNGGAS LOKAL UNGGULAN DI KELURAHAN BALANDAI KOTA PALOPO Darmawati Darmawati
Journal I La Galigo : Public Administration Journal Vol 1, No 1 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.287 KB) | DOI: 10.35914/ilagaligo.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam apakah program pembangunan 1000 kandang ayam khususnya di Kelurahan Balandai berhasil atau gagal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penulis menemukan bahwa pelaksanaan program 1000 kandang unggas lokal unggul di Kelurahan Balandai Kota Palopo belum berjalan secara optimal. Hal ini dikarenakan salah satu bagian dari input yaitu anakan ayam yang disalurkan kepada Masyarakat atau penerima bantuan tidak dapat bertahan lama. Namun, disamping itu sebahagian unggas yang disalurkan kepada Masyarakat tersebut telah dimanfaatkan oleh Masyarakat seperti untuk dikonsumsi. Sementara faktor kegagalannya yaitu pertama, kurangnya pemantauan serta evaluasi dari pihak penyelenggara kepada masyarakat sebagai pihak yang menirima bantuan kandang unggas. Kedua, adanya penyakit unggas yang menyebabkan banyaknya unggas yang tidak bertahan lama di lokasi tempat pemeliharaan.
PENGARUH KEPEMIMPINAN CAMAT TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR CAMAT WARA UTARA KOTA PALOPO Riska Firdaus
Journal I La Galigo : Public Administration Journal Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.749 KB) | DOI: 10.35914/ilagaligo.188

Abstract

Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan atau kekuatan dalam diri seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam hal bekerja, dimana agar tercapai target (goal) organisasi yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan camat terhadap kinerja pegawai kantor camat Wara Utara Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan teori oleh Veithzal (2004) tentang kepemimpinan dan Fadel (2009) tentang kinerja. Dengan demikian penelitian ini hanya menggambarkan bagaimana pengaruh kepemimpinan camat terhadap kinerja pegawai di Kantor Camat Wara Utara Kota Palopo. Berdasarkan temuan di lapangan bahwa kepemimpinan Camat Wara Utara Kota Palopo masih kurang melakukan koordinasi terhadap bawahannya seperti halnya apabila camat ada tugas kedinasan di luar kantor, para pegawainya kurang tahu mengenai kedatangan camat kembali di kantor sehingga apabila ada masyarakat datang ingin bertemu kepada camat sering kali kecewa karena tidak berada di tempat, dan kurang dimanfaatkannya sumber daya yang ada di kantor berdasarkan letak dan fungsinya.
KONTEN KEBIJAKAN SEBAGAI FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN IMPLEMENTASI PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) DI KABUPATEN LUWU Riska Firdaus
Journal I La Galigo : Public Administration Journal Vol 1, No 1 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.876 KB) | DOI: 10.35914/ilagaligo.99

Abstract

Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) adalah program pemberdayaan kelompok masyarakat miskin dengan pemberian modal usaha melalui program Bantuan Langsung Pemberdayaan Sosial (BLPS) untuk mengelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten kebijakan dalam menentukan keberhasilan implementasi Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kabupaten Luwu. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan teknik pengumpulan data, observasi langsung di lokasi, melakukan wawancara terhadap beberapa informan, dan dokumentasi. Untuk teknik pengelolaan data, penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknis analisis data Miles dan Huberman yaitu: Reduksi Data, Display Data, dan Penarikan Kesimpulan. Lokasi penelitian ini adalah Kantor Dinas Sosial Kabupaten Luwu dan Usaha Penerima Bantuan KUBE di Desa Lauwa Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten kebijakan sebagai determinan penentu implementasi program KUBE di Kabupaten Luwu belum menunjukkan keberhasilan. Hal ini disebabkan karena mekanisme yang dijalankan masih mengalami berbagai masalah seperti sosialisasi yang belum dilaksanakan secara rutin, penentuan kelompok sasaran yang tidak sesuai kriteria, ketidaksesuaian modal dengan jenis usaha, penyuluhan keterampilan berusaha tidak dilakukan secara kontinue, proses pendampingan/pembimbingan tidak rutin dilaksanakan.
PELAYANAN PAJAK MELALUI SISTEM E-REGISTRATION DI KANTOR PAJAK PRATAMA PALOPO Darmawati Darmawati
Journal I La Galigo : Public Administration Journal Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.255 KB) | DOI: 10.35914/ilagaligo.189

Abstract

Pelayanan publik adalah suatu bentuk jasa pelayanan pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi pemerintah yang dapat mempermudah. Sistem elektronik yang berbasis teknologi informasi inilah yang dapat dimanfaatkan dalam pelayanan. Sistem elektronik juga diterapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk pewajib pajak dalam melakukan pelaksanaan perpajakan. Sistem elektronik perpajakan ini terdiri dari e-Registration. Sistem elektronik pelayanan perpajakan diharapkan wajib pajak dapat menghitung dan melaporkan pajaknya sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan sistem elektronik perpajakan yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Palopo tiap tahunnya mengalami kenaikan melalui penggunaan e-Registration . Bisa dikatakan sistem elektronik pada KPP Pratama Kota Palopo tidak terlepas dari adanya faktor pendukung dan penghambat di dalamnya, maka perlu kerja sama pemerintah dengan wajib pajak.
SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALOPO Burhanuddin Nur
Journal I La Galigo : Public Administration Journal Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.759 KB) | DOI: 10.35914/ilagaligo.193

Abstract

Sistem informasi manajemen merupakan faktor penting dalam berjalannya proses administrasi dalam organisasi . Masalah dalam penelitian ini yakni dijumpai pegawai yang belum memiliki keahlian yang maksimal dalam mengoperasikan perangkat komputer. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang malakukan pengumpulan data dengan menggunakan observasi. wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan adanya ketidakmampuan operator atau kurangnya Sumber Daya manusia dalam mengoperasikan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) pada Dinas Kepepndudukan dan Catatan Sipil Kota Palopo.
EFEKTIVITAS PELAPORAN MONITORING & EVALUASI PROGRAM PEMBANGUNAN PADA BAGIAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN SEKRETARIAT DAERAH KOTA PALOPO andi ni'mah Sulfiani
Journal I La Galigo : Public Administration Journal Vol 1, No 1 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.674 KB) | DOI: 10.35914/ilagaligo.98

Abstract

Monitoring dan Evaluasi merupakan dua kegiatan terpadu dalam rangka pengendalian suatu program. Meskipun merupakan satu kesatuan kegiatan, Monitoring dan Evaluasi memiliki fokus yang berbeda satu sama lain. Sehingga dalam pelaksanaannya dituntut agar lebih efektif.  Pada bagian administrasi pembangunan Sekretariat Daerah Kota Palopo yang bergerak di Sub bagian evaluasi dimana sistem yang berjalan masih memiliki beberapa permasalahan seperti keterlambatan waktu pelaporan, penyusunan tidak sesuai dengan format dan kurangnya disiplin pegawai. Oleh karena itu efektifitas pelaporan monitoring dan evaluasi mesti lebih ditingkatkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelaporan monitoring dan evaluasi program pembangunan pada Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Palopo.Informan dalam penelitian ini yaitu (1) Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, (2) Kepala Sub Bagian Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan, (3) Staf, dan (4)  Beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu metode penelitian yang dilakukan melalui pengamatan untuk mendapatkan keterangan- keterangan terhadap suatu masalah tertentu. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  efektivitas pelaporan monitoring dan evaluasi program pembangunan pada Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Palopo, berdasarkan kriteria- kriteria keefektifan organisasi menurut John P Campnell bisa dikatakan masih kurang efektif.
FUNGSI KEPALA DESA SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS PEMBANGUNAN EKONOMI DI DESA LAMASI PANTAI KECAMATAN WALENRANG TIMUR KABUPATEN LUWU Syamjaya SM
Journal I La Galigo : Public Administration Journal Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.728 KB) | DOI: 10.35914/ilagaligo.190

Abstract

Motivasi adalah sebuah tindakan yang mendorong manusia untuk melakukan suatu pekerjaan , motivasi dapat menimbulkan kreatifitas ketika variable ini dimiliki seorang pimpinan maka peningkatan kualitas pemimpin akan terwujud dalam bentuk peningkatan kratifitas maka dapat di aplikasikan dalam bentuk peningkatan pembangunan baik dalam bentuk fiik maupun non fisik . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi kepala desa sebagai motivator dalam meningkatkan kreatifitas pembangunan ekonomi di desa Lamasi Pantai Kecamatan Walenrang Timur Kabupaten Luwu.Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran secara menyeluruh bagaimana fungsi kepala desa sebagai motivator dalam meningkatkan kreatifitas pembangunan ekonomi di desa Lamasi Pantai.Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja pada Kantor Desa Lamasi Pantai yang berjumlah 7 orang.Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi,interview,dan studi pustaka.Data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan kejadian di lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yg bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan fungsi kepala desa sebagai motivator masih belum mampu meningkatkan kreatifitas pembangunan sehingga kedepannya perlu meningkatkan motivasi dan jiwa kepemimpinan dengan cara melakukan pendekatan persuasive  dan menjaga sifat kedaeraan dalam hal ini kearifan lokal terhadap masyarakat
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN E-MUSRENBANG DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN PARTISIPATIF DI KOTA PALOPO ulfa ulfa
Journal I La Galigo : Public Administration Journal Vol 2, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.63 KB) | DOI: 10.35914/ilagaligo.195

Abstract

Perubahan paradigma pembangunan didorong oleh meningkatnya tuntutan masyarakat akan hasil pembangunan. Manajemen pemerintah bergeser dari tertutup menjadi terbuka juga kepedulian dan partisipasi aktif masyarakat meningkat dalam setiap proses pembangunan. Penerapan Elektronik Musyawarah pelaksanaan pembangunan merupakan inovasi sistem komunikasi antara pemerintah dan masyarakat yang diyakini dapat memberikan transparansi dan lebih efektif menyaring usulan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan E-musrembang dalam perencanaan pembangunan pertisipatif di Kota Palopo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan tipe penelitian kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu penyebaran informasi yang belum merata sampai ke tingkat kelurahan, yang menyebabkan sebagian masyarakat tidak mengetahui program e-musrenbang sehingga masyarakat belum dapat mengakses layanan informasi yang ada disitus e-musrenbang. Hasil penelitian menunjukkan implementasi e-musrenbang dapat menghemat biaya dan waktu, dan dapat menjamin pelaksanaan mesrenbang secara cepat, mudah, akurat, dan transparan dan direspon positif oleh masyarakat dan pihak penyelenggara karena dapat memberikan kemudahan, dan keterbukaan informasi mengenai usulan-usulan pembangunan yang di rencanakan masing-masing SKPD, tetapi meskipun aplikasi e-musrenbang telah diterapkan sejak tahun 2015 tetapi penggunaannya belum dapat dioptimalkan dimasyarakat Kota Palopo, karena hanya pihak penyelenggara yang mengakses e-musrenbang, sehingga masyarakat belum dapat mengetahui status usulan, dan informasi apakah usulan tersebut disetujui untuk dianggarkan pada APBD Kota Palopo.
URGENSI NILAI – NILAI PUBLIC SERVICE MOTIVATION PEGAWAI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SAWERIGADING KOTA PALOPO Kiki Reski
Journal I La Galigo : Public Administration Journal Vol 1, No 1 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.72 KB) | DOI: 10.35914/ilagaligo.100

Abstract

Hingga saat ini pelayanan publik bidang kesehatan masih diperhadapkan dengan berbagai permasalahan yang berdampak buruk bagi kualitas pelayanan bagi masyarakat. Motivasi pelayanan publik adalah salah satu hal yang masih kurang dimiliki oleh para penyelenggara pelayanan publik. Motivasi pelayanan publik adalah konsep yang dipandang oleh beberapa ahli sebagai solusi atas permasalahan pelayanan publik yang ada, terdapat empat nilai dalam motivasi pelayanan publik yakni ketertarikan pada pembuatan kebijakan publik, komitmen pada kepentingan publik, rasa empati dan rasa pengorbanan diri. Nilai-nilai inilah yang seharusnya dimiliki oleh organisasi penyelenggaraan pelayanan publik agar dapat memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis urgensi nilai-nilai motivasi pelayanan publik di Rumah Sakit Umum Daerah Sawerigading Kota Palopo.Berdasarkan hasil analisis terhadap empat nilai Public Service Motivation disimpulkan bahwa Dimensi nilai-nilai Public Service Motivation di Rumah Sakit Umum Daerah Sawerigading Kota Palopo adalah komitmen pada kepentingan publik, rasa empati dan pengorbanan diri yang dikategorikan baik, sedangkan nilai ketertarikan pada pembuatan kebijakan publik cukup baik. Dengan demikian diharapkan nilai Public Service Motivation diterapkan dengan baik sehingga hal ini dapat memberikan dampak yang baik pada pegawai untuk meningkatkan kinerjanya sehingga memberi pelayanan yang berkualitas pada masyarakat.