cover
Contact Name
Meria Octavianti
Contact Email
meria.octavianti@unpad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ira.mirawati@unpad.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Komunikasi
ISSN : 25483242     EISSN : 25490079     DOI : -
Jurnal Manajemen Komunikasi ISSN 2548-3242 and eISSN 2549-0079 contains articles written from research and study reports on Communication Management. Jurnal Manajemen Komunikasi incorporate with Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Pengda Jawa Barat. JMK is published twice annually (October and April) by the journal editors from the Communication Management Study Program Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran.
Arjuna Subject : -
Articles 105 Documents
KOMUNIKASI ORGANISASI PADA BADAN EKSEKUTIF SISWA TELADAN (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL AMANAH BANDUNG) Syeftiani Nur Fadhillah
Manajemen Komunikasi Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Komunikasi Vol.1 No. 2 April 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.932 KB) | DOI: 10.24198/jmk.v1i2.12142

Abstract

Badan Eksekutif Siswa Teladan (BEST) merupakan program keorganisasian yang diselenggarakan oleh SD Islam Al Amanah yang bertempat di Jl. Raya Cinunuk no. 186 Cileunyi, Bandung. Kegiatan diluar jam pelajaran ini dilaksanakan sebagai upaya yang dilakukan lembaga pendidikan dalam menunjang peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan sikap, serta memberikan pengalaman kognitif kepada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui komunikasi organisasi yang terjadi dalam BEST yang terdiri dari penjabaran proses, pesan, serta keadaan saling tergantung dalam organisasi. Berdasarkan hasil pengelolaan data, maka dapat diketahui bahwa komunikasi organisasi yang terjadi dalam BEST belangsung dan bergerak secara sistematis namun tetap dinamis dari pembina kepada anggota organisasi termasuk ketika anggota menangani suatu masalah. Kemudian selama menjalankan aktivitas organisasi, BEST kental akan penanaman nilai-nilai yang ditanamkan, sehingga anggota mampu mentransformasikan nilai tersebut menjadi pembiasaan diri yang berujung pada tercapainya tujuan dari organisasi. Selain itu, ketercapaiann tujuan tersebut pada akhirnya mampu menciptakan kestabilan dalam ruang lingkup organisasi dan sekolah.
KARAKTERISTIK DAN PERAN KYAI DALAM SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI PESANTREN Uud Wahyudin; Agus Setiaman
Manajemen Komunikasi Vol 3, No 2 (2019): Accredited by Republic Indonesia Ministry of Research, Technology, and Higher Ed
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.002 KB) | DOI: 10.24198/jmk.v3i2.20637

Abstract

Penelitian yang berjudul faktor-faktor karakteristik dan peranan kyai dalam sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan pesantren ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan peranan kyai dalam sosialisasi PHBS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menguji hubungan antar variabel untuk memperoleh hubungan antara faktor-faktor internal, faktor-faktor eksternal, pengetahuan dan sikap kyai terhadap PHBS dengan tingkat peranannya dalam sosialisasi PHBS di pesantren. Data diperoleh dengan penyebaran angket ke sejumlah kyai di beberapa pesantren di Kecamatan Jampang Tengah dengan menggunakan teknik sampling strata proporsional. Dari penelitian ini diharapkan akan muncul beberapa hubungan antara karakteristik dan peranan kyai dalam sosialisasi PHBS di pesantren. Sehingga memberikan gambaran mengenai kondisi kyai dalam peranannya sebagai komunikator sosialisasi PHBS di pesantren yang kemudian pada gilirannya gambaran ini diharapkan dapat dijadikan rujukan pengambil keputusan bidang kesehatan dalam melakukan kampanye komunikasi PHBS di institusi pendidikan/ pesantren secara lebih baik agar dapat menjadi komunikator kesehatan yang lebih persuasif.
MOTIF ANGGOTA KOMUNITAS HIP HOP BANDUNG Achwan Noorlistyo Adi; Dedi Rumawan Erlandia; Antar Venus
Manajemen Komunikasi Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Manajemen Komunikasi Vol. 1 No.1 Otober 2016
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.579 KB) | DOI: 10.24198/jmk.v1i1.9584

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif anggota komunitas memilih musik Hip Hop sebagai musik kesukaannya dan untuk mengetahui motif anggota komunitas untuk bergabung ke dalam komunitas Hip Hop Bandung.Penelitian menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi dari pemikiran Alferd Schutz. Teknik pengumpulan data penelitian yang paling utama digunakan adalah wawancara mendalam kepada 7 (tujuh) orang informan yang merupakan anggota komunitas musik Hip Hop Bandung. Lokasi dalam penelitian adalah basecamp RUN BDG, Black Boi studio, dan Area Car Free Day Cikapayang, Dago Bandung. Adapun pelaksanaan wawancara dilakukan dalam kurun waktu dua bulan, terhitung mulai tanggal 17 Maret 2016 – 28 Mei 2016.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa motif anggota dalam memilih musik Hip Hop adalah terbiasa mendengarkan musik Hip Hop pada masa lalu, adanya keinginan untuk berbeda dengan orang lain, dan memilih musik Hip Hop karena pengaruh dari orang lain. Motif untuk bergabung anggota komunitas Hip Hop terutama RUN BDG dibagi 2, because of motives dan in order to motives. Because of motives berupa ajakan dari pendiri dan in order to motives berupa keinginan untuk meningkatkan kualitas diri, mencari penghasilan, serta menjaga eksistensi komunitas Hip Hop di Bandung.Selain motif, penelitian ini juga menghasilkan makna musik Hip Hop bagi anggota komunitas musik Hip Hop di Bandung. Setiap anggota memaknai musik Hip Hop berbeda-beda sesuatu dengan apa yang dirasakan dan apa yang dilakukan. Makna musik Hip Hop yaitu sebagai simbol protes dan perjuangan, simbol universal, ketegasan dan kelugasan, simbol keasyikan serta simbol kehidupan dan kebebasan berekspresi.Keyword : Motif, Makna, Because of motives, In order to motives, Hip Hop, Komunitas, Musik
PROMOSI KARYA SENI RUPA BERDASAR KATEGORI Teddy Kurnia Wirakusumah
Manajemen Komunikasi Vol 3, No 1 (2018): Accredited by Republic Indonesia Ministry of Research, Technology, and Higher Ed
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.392 KB) | DOI: 10.24198/jmk.v3i1.20659

Abstract

Jenis-jenis karya yang dihasilkan oleh perupa informan terkait bidang seni rupa ternyatasangat beragam. Masing-masing membutuhkan cara promosi yang berbeda. Penelitian dengan judul Promosi Karya Seni Rupa Berdasar Kategori bermaksud untuk memahami bagaimana perupa mempromosikan karyanya berdasarkan jenis karya yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif dengan tradisi Fenomenologi. Subjek penelitian adalah Perupa di Kota Bandung yang dipilih secara purposif sebanyak 13 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam. Sejumlah pertanyaan yang diajukan dibuat dalam bentuk daftar pertanyaan terbuka dan berlangsung dalam suasana informal. Hasil penelitian mengungkapkan: Karya Pribadi dan Karya Kompetisi dipromosikansecara personal sebelum diperkenalkan lewat pameran. Karya tersebut baru dipromosikan di media sosial setelah melalui sejumlah pameran. Sebagian besar jenis karya lainnya dipromosikan di media sosial begitu karya diselesaikan. Karya-karya pesanan jenis khusus memiliki potensi dikembangkan lewat promosi yang disesuaikan dengan target sasaran.
TERPAAN TAYANGAN BERITA MENGENAI KASUS KORUPSI KADER PARTAI DEMOKRAT TERHADAP KEPERCAYAAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS PADJAJARAN KEPADA PRESIDEN RI Azka Haria Fitra; Rubahatie HS Dick; Agus Setiaman
Manajemen Komunikasi Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Komunikasi Vol.2 No.1 Oktober 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.376 KB) | DOI: 10.24198/jmk.v2i1.21278

Abstract

Penelitian dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Padjajaran Jl. Jatinangor-Sumedang Km 21 bertujuan untuk mengetahui bagaimana perhatian, Kapasitas, strategi fokus dan keterlibatan saat menonton berita tentang kasus-kasus korupsi yang menyebabkan kader Demokrat di legislatif yang ditayangkan oleh Metro TV tentang mahasiswa kepercayaan FISIP Unpad kepada Presiden RI. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik deskriptif dan analisis tabulasi silang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan studi literatur. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran angkatan B 2009. Hasil penelitian ini adalah terpaannya berita di Metro TV tentang kasus korupsi yang menjerat kader Partai Demokrat dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan mahasiswa FISIP Unpad menjadi Presiden RI. Dari variabel kapasitas penelitian ini, fokus strategis, serta keterlibatan responden untuk menunjukkan dalam kategori sedang, hanya perhatian yang ada di kategori tinggi. Peneliti menyarankan agar siswa harus lebih berhati-hati dan kritis ketika mereka menonton berita di setiap media. Berpikir kritis memungkinkan kita untuk memilah informasi mana yang perlu kita jelajahi. Penting untuk menghindari dampak buruk jika kita tidak secara selektif menentukan informasi yang kita dapatkan dari televisi
PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN, BUDAYA ORGANISASI, KARAKTERISTIK INDIVIDU INOVATIF DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH Asep Suryana; Duddy Zein; Suwandi Sumartias; Ilham Gemiharto
Manajemen Komunikasi Vol 3, No 2 (2019): Accredited by Republic Indonesia Ministry of Research, Technology, and Higher Ed
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.665 KB) | DOI: 10.24198/jmk.v3i2.20754

Abstract

Dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) sejak tahun 2016, perkembangan bisnis di Indonesia, baik yang berkaitan dengan barang (goods) maupun pelayanan (services), memperlihatkan trend yang meningkat dan kompetitif. Keadaan tersebut tidak hanya diperlihatkan oleh perusahaan-perusahaan yang besar saja juga oleh perusahaan menengah dan kecil yang sebut usaha kecil dan menengah (UKM). Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengukur pengaruh strtegi komunikasi pemasaran, budaya organisasi, karakteristik individu inovatif dan komitmen organisasional terhadap kinerja UKM dalam menghadapi masyarakat Ekonomi Asean (MEA0 di Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang bersifat eksplanatoris (explanatory survey). Penelitian ini, diarahkan pada pengungkapan hubungan kausal antar variabel yang diteliti. Objek yang diteliti adalah pemilik dan atau pengelola Industri Skala Kecil dan Menengah yang ada di Jawa Barat, yang merupakan populasi dan sampel diambil secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) komitmen organisasional pelaku bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) secara simultan dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran, budaya organisasi dan karakteristik individu pelaku bisnis UKM. Namun secara individual atau parsial dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran dan budaya organisasi. Dengan demikian maka tinggi rendahnya komitmen organisasional pelaku bisnis UKM dapat ditentukan oleh tinggi rendahnya strategi komunikasi pemasaran dan budaya organisasi. (2) kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) secara simultan dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran, budaya organisasi dan karakteristik individu pelaku bisnis UKM. Namun secara individual atau parsial dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran dan karakteristik individu pelaku bisnis UKM.Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa tinggi rendahnya kinerja UKM tergantung pula pada tinggi rendahnya strategi komunikasi pemasaran dan karakteristik individu pelaku bisnis UKM, (3) Kinerja Usaha Kecil dan Menengah dipengaruhi oleh komitmen organisasional baik secara simultan maupun individu (parsial), Dengan demikian kinerja UKM dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan komitmen organiasional pelaku bisnis UKM, (4) Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) secara simultan dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasaran, budaya organisasi, karakteristik individu pelaku bisnis UKM dan komitmen organisasional pelaku bisnis UKM. Namun deMikian, secara individu atau parsial dipengaruhi oleh strategi komunikasi pemasarandan koitmen organisasional. Dengan demikian, tinggi rendahnya kinerja UKM ditentukan oleh tinggi rendahnya strategi komunikasi pemasaran dan komitmen organisasional pelaku bisnis UKM.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI PENDIDIK TERHADAP PERMENDIKNAS NO 70 TAHUN 2009 MENGENAI PENDIDIKAN INKLUSIF Hartika Putri Mutiarani; Kharisma Nasionalita
Manajemen Komunikasi Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Komunikasi Vol.1 No. 2 April 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.094 KB) | DOI: 10.24198/jmk.v1i2.12088

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh Permendiknas No.70 tahun 2009 mengenai pendidikan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pendidik SMP di Kabupaten Bekasi mengenai Permendiknas No 70 tahun 2009 mengenai pendidikan inklusif. Metodologi dalam penelitian ini bersifat eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 63 orang guru yang mengajar pada sekolah yang menyelenggarakan pendidikan inklusif. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa faktor fungsional dan faktor struktutal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi pendidik di Kabupaten Bekasi terhadap Permendiknas No 70 tahun 2009 mengenai Pendidikan Inklusif.
MOTIF SOSIOGENESIS PASANGAN ROLEPLAY DALAM MEDIA SOSIAL TWITTER Laras Puspa Pratiwi; Assas Putra
Manajemen Komunikasi Vol 2, No 2 (2018): Accredited by Republic Indonesia Ministry of Research, Technology, and Higher Ed
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.799 KB) | DOI: 10.24198/jmk.v2i2.12932

Abstract

Dalam media sosial twitter terdapat sebuah fenomena baru dikalangan penggemar Korea, yaitu roleplay dimana seseorang memerankan tokoh idola yang mereka sukai. Dalam dunia roleplay sendiri terdapat istilah pasangan roleplay dimana roleplayer berpasangan dengan roleplayer lainnya yang menyebabkan munculnya realitas baru di dunia maya yang salah satunya adalah adanya pernikahan virtual antara pasangan roleplay tersebut. Penelitian ini berjudul Motif Sosiogenesis Pasangan Roleplay di Media Sosial Twitter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif sosiogenesis (motif sekunder) dan interaksi yang dilakukan oleh pasangan roleplay di media sosial twitter seperti media yang digunakan dan pengaruh intensiatas interaksi ke dalam hubungannya dan  juga kedalam dirinya sendiri. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan studi etnografi virtual. Serta teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Informan dalam penelitian ini terdiri dari empat orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada tiga motif yang mendasari terjadinya pasangan roleplay dalam media sosial twitter, yaitu motif ingin tahu, motif cinta, dan motif harga diri. Dalam berinteraksi, media yang digunakan oleh pasangan roleplay adalah kakaotalk  dan Line messenger. Selain itu, intensitas interaksi yang dilakukan  oleh pasangan roleplay dapat mempengaruhi kedalam hubungan mereka juga kedalam diri mereka sendiri.
MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL BIGO LIVE DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS TELKOM Gifthera Dwilestari; Dini Salmiyah Fithrah Ali
Manajemen Komunikasi Vol 3, No 1 (2018): Accredited by Republic Indonesia Ministry of Research, Technology, and Higher Ed
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.79 KB) | DOI: 10.24198/jmk.v3i1.12901

Abstract

Pengguna internet di Indonesia cukup tinggi diantara negara lainnya khususnya diantara negara-negara Asia Tenggara lainnya.Hampir seluruh pengguna internet di Indonesia adalah pengguna aktif sosial media.Salah satu aplikasi media sosial yang sedang tren saat ini adalah Bigo Live.Bigo Live merupakan aplikasi live video streaming, dimana penggunanya bisa berinteraksi secara realtime.Popularitas Bigo Live di kalangan pengguna media sosial cukup tinggi karena pada 6 bulan pertama sejak waktu rilisnya, aplikasi tersebut telah menduduki urutan ke-10 pada Top Charts untuk aplikasi gratis di Google Play Store dan urutan ke-4 Top Charts untuk aplikasi gratis kategori sosial.  Keunikan Bigo Live lainnya yaitu Bigo Live memiliki nilai ekonomi dengan adanya sistem poin yang biasa disebut beans yang dapat ditukarkan dengan uang tunai apabila telah mencapai minimal 6.700 beans. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menemukan motif yang mendorong penggunaan media sosial Bigo Live oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Telkom. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif kepada empat orang informan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa motif yang mendorong penggunaan media sosial Bigo Live oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Telkom ini relevan dengan teori motif penggunaan media yang diungkapkan oleh McQuail yaitu, motif informasi, motif identitas diri, motif integrasi dan interaksi sosial dan motif hiburan. Namun keempat motif tersebut tidak semuanya dimiliki informan, motif yang paling sering ditemukan adalah  motif informasi, interaksi dan hiburan.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS INFORMASI PELAYANAN BIDANG AKADEMIK KEPADA MAHASISWA Sutanto Prasetyo Angkoso; Andre N Rahmanto; Yulius Slamet Slamet
Manajemen Komunikasi Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Komunikasi Vol.1 No. 2 April 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.925 KB) | DOI: 10.24198/jmk.v1i2.9563

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akurasi, ketepatan waktu, kelengkapan dan format pada kualitas layanan informasi akademik pada siswa SMA Multimeda Yogyakarta.Populasi penelitian adalah semua siswa yang menerima layanan dalam urusan akademik di Multimedia High School of Yogyakarta.Prosedur sampel adalah Simple Random Sampling yang menghasilkan 106 responden.Metode penelitian adalah penelitian eksplanatori dengan studi publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keakuratan, ketepatan waktu, kelengkapan dan format memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas layanan informasi akademik dengan kontribusi sebesar 38,5%. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kualitas layanan informasi akademik adalah faktor akurasi. 

Page 1 of 11 | Total Record : 105


Filter by Year

2016 2023