cover
Contact Name
Indah Suryawati
Contact Email
indahsuryawati_2121@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
communication@budiluhur.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Communication
ISSN : 20865708     EISSN : 24427535     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Communication published by the Communication Studies Program, Univ. Budi Luhur, twice a year. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange, knowledge based on development, and the study of Communication Sciences and its relation to various other scientific disciplines.
Arjuna Subject : -
Articles 167 Documents
PERGESERAN MAKNA SELINGKUH DALAM BUDAYA SIRI’ BUGIS-MAKASSAR DI MEDIA ONLINE (Konstruksi Pemberitaan “Suami Pergoki Istri Selingkuh” di Tribune-Timur.com) SURYAWATI, INDAH
Communication Vol 6, No 2 (2015): COMMUNICATION
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.23 KB) | DOI: 10.36080/comm.v6i2.44

Abstract

Suatu peristiwa bisa jadi dikonstruksi dan dimaknai secara berbeda oleh media. Peristiwaperselingkuhan di Makassar ketika dimuat oleh Tribune-Timur.com memberikan konstruksiyang berbeda terhadap makna selingkuh dalam budaya Siri’ masyarakat Bugis-Makassar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi yang dibentuk oleh Tribune-Timur.com terkait pemberitaan perselingkuhan di Makassar. Teori yang digunakan adalahteori Framing Robert N. Entman. Pendekatan penelitiannya adalah kualitatif dengan metodeanalisis Framing Robert N. Entman. Hasil penelitian menunjukkan adanya pergeseran maknaselingkuh dalam budaya Siri’ Masyarakat Bugis-Makassar melalui konstruksi Tribune-Timurdalam pemberitaan perselingkuhan dengan topik ‘’Suami Pergoki Istri Selingkuh’’ periode 6September 2015. Dari proses pemilihan fakta, Tribune-Timur.com tidak menonjolkan aspekbudaya Siri’ masyarakat Bugis meski korban, pelaku dan peristiwa tersebut di Makassar.Sedangkan dari penonjolan aspek, Tribune-Timur.com menekankan pada aspek hukum danaspek moral. Namun dalam aspek moral, tidak memperkuat makna selingkuh sebagaimanayang dipahami masyarakat Bugis-Makassar dalam konsep budaya Siri’.
Resensi Buku: Konvergensi Media; Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme Harahap, M. Alfansyah
Communication Vol 10, No 1 (2019): COMMUNICATION
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (31.187 KB)

Abstract

Pertautan Ideologi Media dan Ekonomi Politik Kekuasaan; M. Alfansyah Harahap; Bagaimana publik membaca pemilik media dan wartawan yang menjadi tim sukses dalam kontestasi politik? Apakah realitas tersebut menandaskan jurnalisme berubah dari pakemnya atau ada bentuk jurnalisme yang lain? Apa maknanya bagi perkembangan demokratisasi di Indonesia? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang ingin dijawab oleh buku berjudul Konvergensi Media; Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme karya Dudi Iskandar. Bahwa keterlibatan pemilik media dan wartawan sebagai tim sukses capres-cawapres dalam kontestasi Pilpres 2019 adalah mengulang kontestasi Pilpres 2014. Empat tahun silam, media terbelah secara jelas, tegas, dan bahkan sarkastis. Kini pada Pilpres 2019, realitas media kembali terbelah.
POLEMIK QANUN ACEH DALAM KONSTRUKSI MEDIA ONLINE ANTARANEWS.COM Fahrimal, Yuhdi
Communication Vol 8, No 1 (2017): COMMUNICATION
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.935 KB) | DOI: 10.36080/comm.v8i1.649

Abstract

ABSTRACTPost-MoU, the conditions for peace in Aceh still remain in a dilemma. This happenedbecause the differentiation principle of self-governement between the central governmentand the Aceh government. One of the problems that unfinished is the Qanun Flag andCoat Aceh. This study aimed to analyze the media construction (antaranews.com) to thepolemic Qanun Aceh. The approach used in this study is a constructivist-critical analysismodel framing. The results showed that antaranews.com constructing the cause ofpolemic occurs because the Aceh Governmet endorsed the Aceh Qanun about flag andemblem Aceh that closely resembles the GAM flag. The Aceh Government placed as theguilty party. As a government-owned media, antaranews.com helped push for theGovernment to revise Aceh Qanun Number 3/2013.Keywords : media construction, polemic of local regulation, framingABSTRAKPasca-MoU Helsinki, kondisi perdamaian di Aceh masih tetap berada dalam posisidilematis. Hal ini terjadi karena masih adanya perbedaan prinsip self-governement antarapemerintah pusat dan Pemerintah Aceh. Salah satu yang masalah yang belum selesaiadalah pengesahan Qanun Bendera dan Lambang Aceh. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis konstruksi media (antaranews.com) terhadap polemik pengesahan QanunAceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivis-kritis denganmodel analisis framing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antaranews.commengonstruksi penyebab polemik terjadi karena Pemerintah Aceh mengesahkan QanunBendera dan Lambang Aceh yang sangat menyerupai bendera GAM. Pemerintah Acehditempatkan sebagai pihak yang bersalah. Sebagai media yang dimiliki oleh pemerintah,antaranews.com ikut mendorong agar Pemerintah Aceh melakukan revisi terhadap QanunAceh Nomor 3 tahun 2013.Kata Kunci : konstruksi media, polemik peraturan daerah, framing
MEMAHAMI KERJA DAN TANTANGAN KEPOLISIAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKASI NUGRAHA, ISKANDAR P.
Communication Vol 4, No 2 (2013): COMMUNICATION
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.23 KB) | DOI: 10.36080/comm.v4i2.62

Abstract

MEMAHAMI KERJA DAN TANTANGAN KEPOLISIAN MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKASI
IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT (Studi Kasus pada Program CSR PT Unilever Indonesia, Tbk Melalui Program Pengembangan Petani Kedelai Hitam Yogyakarta) Suryani, Ita
Communication Vol 3, No 1 (2012): COMMUNICATION
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/comm.v3i1.12

Abstract

            The objective is to find out how the activities of Corporate Social Responsibility Program PT Unilever Indonesia Tbk In Black Soybean Farmers Development in Yogyakarta. The method used in this research that the case study method of research method that uses multiple sources of data that can be used to examine, describe and explain comprehensively the various aspects of individuals, groups, a program, organization or events systematically. The data obtained will be analyzed in a qualitative analysis is conducted to understand and assemble the data that has been collected and arranged systematically, and then draw conclusions. Research results show that with the implementation of Corporate Social Responsibility through community development programs, the organization can be viewed from two sides. First as a for-profit agencies, business organizations are viewed as economic institutions. But on the other hand, business organizations are also viewed as a social institution for bearing the burden of responsibility to society. The second role, namely the economic and social responsibilities that generate profits for the company and form a good image of concrete gains for both parties.
Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT Blue Bird Group Suryani, Ita; Sagiyanto, Asriyani
Communication Vol 9, No 1 (2018): COMMUNICATION
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.513 KB) | DOI: 10.36080/comm.v9i1.624

Abstract

ABSTRACTOne of the activities of Public Relations is to perfom a communication function in deveoping institutional communication with the public to realize goodwill and mutual understanding. In a crisis situation, Public Relations plays a vital role. The profession demands the ability to design, to protect, and to maintain the company's reputation in the public challenge. Blue Bird's commitment to change is one of the strategies of management crisis known as the "reimagining Blue Bird" program. This program voiced through the "Blue Bird Changing To Change" campaign ad on YouTube. The purpose of this study is to know the strategies of Crisis Management of the Public Relations PT Blue Bird Group (Case Study at PT Blue Bird Group Post Demonstration Riot & Anarchist, March 22, 2016). The method used in this research is a case study method. It uses various data sources that can be used to research, describe and explain comprehensively the various aspects of individuals, groups, programs, organizations or events systematically. The conclusion shows that the Blue Bird "reimagining" campaign program voiced through the "Blue Bird Changing To Change" campaign ad on YouTube has attracted attention and gained sympathy from the public, which in turn can build positive public opinion and impact on Blue Bird's reputation.Keyword: Public Relations Strategies, Crisis ManagementABSTRAKSalah satu kegiatan dari seorang public relations yakni sebagai fungsi komunikasi untuk mengembangkan komunikasi institusi dengan publik agar berjalan dengan baik untuk mewujudkan goodwill dan mutual understanding terhadap publik. Di dalam situasi krisis, Public Relations berperan vital. Profesi tersebut dituntut kemampuan mendesain untuk melindungi dan mempertahankan reputasi perusahaan dalam menghadapi tantangan publik. Komitmen Blue Bird untuk berubah merupakan salah satu strategi manajemen krisis yang dilakukan melalui program “reimagining Blue Bird.” Program ini disuarakan melalui iklan kampanye Blue Bird “Berbenah Untuk Berubah” di YouTube. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT Blue Bird Group (Studi Kasus Pada PT Blue Bird Group Pasca Demonstrasi Rusuh & Anarkis, 22 Maret 2016). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus yaitu metode riset yang menggunakan berbagai sumber data yang bisa digunakan untuk meneliti, menguraikan dan menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek individu, kelompok, suatu program, organisasi atau peristiwa secara sistematis. Kesimpulan menunjukkan bahwa program kampanye “reimagining Blue Bird” yang disuarakan melalui iklan kampanye “Berbenah Untuk Berubah” di YouTube berhasil menarik perhatian dan mendapatkan simpati dari publik, sehingga pada akhirnya dapat membangun opini publik positif dan berdampak terhadap reputasi Blue Bird.Kata kunci : Strategi Public Relations, Manajemen Krisis.
PENGELOLAAN KESAN CALON GUBERNUR BANTEN “WAHIDIN HALIM” PADA MEDIA ONLINE TWITTER DAN FACEBOOK Khaerul Azmi
Communication Vol 8, No 2 (2017): COMMUNICATION
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.043 KB) | DOI: 10.36080/comm.v8i2.636

Abstract

ABSTRACTThis study aims to find out how Wahidin Halim as the candidate for governor of Banten tomanage the impression on Twitter and Facebook as online media?. This research is adescriptive research with qualitative approach and using dramaturgy theory of Erving Goffman in dissecting the findings data. Through operationalization of dramaturgy theory Researchers found that there has been a massive impression management in the nomination process of Banten governor Wahidin Halim in Twitter and Facebook as social media. On the front stageof the impression management, WH is able to introduce himself as an experienced person, has integrity with the incision of his achievements, and convincingly can make changes to Banten with the vision and mission are always in the blow up through social media. In addition, the WH is also consistently able to immerse the memory strong enough in the minds of the audience with a style of dress that never changes during the nomination process, even since it was the mayor of Tangerang.Keyword: Wahidin Halim, Dramaturgy, Twitter, facebook, Online MediaABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Kesan Calon GubernurBanten Wahidin Halim pada Media Online Twitter dan Facebook?. Penelitian ini merupakanpenelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan meminjam teori dramaturgi ErvingGoffman dalam membedah data-data temuan. Melalui operasionalisasi teori dramaturgi Peneliti mendapatkan bahwa telah terjadi pengelolaan kesan yang masif dalam proses pencalonan Gubernur Banten H. Wahidin Halim di media sosial Twitter dan facebook. Di panggung depan WH mampu mengenalkan dirinya sebagai sosok yang berpengalaman, memiliki integritas dengan torehan prestasinya, serta meyakinkan dapat melakukan perubahan bagi Banten dengan visi dan misi yang selalu di blow up melalui media sosial. Selain itu, WH juga secara konsisten mampu membenamkan memori cukup kuat dalam benak khalayak dengan style berpakaiannya yang tidak pernah berubah selama proses pencalonan, bahkan sejak masih menjadi Walikota Tangerang.Kata kunci: Wahidin Halim, Dramaturgi, Twitter, Facebook, Media Online.
COMMUNICATION AND IDEOLOGY CONFLICT IN INDONESIA; POLITICAL IDEOLOGY IN INDONESIA POLITICAL PARTY BASUKI AGUS SUPARNO
Communication Vol 4, No 2 (2013): COMMUNICATION
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.121 KB) | DOI: 10.36080/comm.v4i2.57

Abstract

Keragaman ideologi politik dapat diterima atau ditolak dalam sistem politik. Mekanisme yang ada menggambarkan keberadaan terhadap keragaman ideologi politik dalam sistem politik yang menjelaskan proses eksklusi - inklusi. Sistem politik sebenarnya melakukan kontrol untuk perbedaan ideologis melalui pengembangan Model Pengecualian - Inklusi . Model ini telah dimodifikasi sesuai dengan situasi dari Orde Lama ke Orde Baru serta era Reformasi yang mana pemerintah melakukan eksekusi dan mengendalikan konflik yang tumbuh berdasarkan ideologi bahkan ideologi radikalisme. Sejak gerakan Reformasi pada tahun 1998, Indonesia telah berubah dengan mengamankan konflik yang disebabkan oleh ideologi politik atau ideologi agama. Pemerintah sukses mengkonsolidasikan dan menemukan konflik ke dalam lingkup sempit yang tersedia dalam sistem politik . Tetapi pada saat yang sama, atas nama demokrasi dan kebebasan berekspresi , gerakan sosial - agama meningkat. Hubungan dan antar - hubungan antara organisasi agama menciptakan arah baru konflik yang semakin rumit dikarena pengaruh fundamentalisme dan radikalisme.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN MEREK (Studi Kasus Private Label pada Fast Moving Consumer Goods Giant Ekstra Central Business District, Bintaro, Tangerang Selatan) RACHMI KURNIA SIREGAR
Communication Vol 6, No 1 (2015): COMMUNICATION
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.387 KB) | DOI: 10.36080/comm.v6i1.4

Abstract

Retail business related private label products in Indonesia continue racing with increasing needs and desires of consumers who crave quality products at low prices. One of them was intense Giant Ekstra offers a variety of private label products are oriented to customers. Related to this phenomenon, the study aims to examine the marketing communication strategy Giant Ekstra Central Business District (CBD) Bintaro, South Tangerang in building awareness of private label brands in the fast moving consumer goods (FMCG). This study used a retail communication mix of Levy & Weitz Retail (2009) includes communication tap-mouth (WOM), advertising, sales promotion and store atmosphere. Methods of research used a qualitative approach and case studies based on the conceptual framework of private label, fast moving consumer goods (FMCG), brand awareness and retail communications mix. The results of the study, the use of retail communications mix of Levy by Giant Ekstra indicated not make private label as a FMCG Giant Ekstra on top of brands and top of mind. Giant Ekstra advised continuously improve the quality of private label products with intense enhance performance such as WOM marketing communications, sales promotion, advertising and store atmosphere. And more aggressive in communicating private label products in the FMCG by activating the function of personal selling and direct marketing. Also create a database of customers, establish membership and customer communities.   
Konstruksi Keindonesiaan Dalam Film Tjokroaminoto Ahmad Toni
Communication Vol 9, No 1 (2018): COMMUNICATION
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/comm.v9i1.613

Abstract

ABSTRACT This study uses critical discourse analysis method that aims to reveal the meaning of Indonesian keynthones in Tjokroaminoto Guru Bangsa film. The results show that the representation of meaning at Indonesian level at the text level is a representation of the dominance of ethnic or racial tribes of Europe and Arabia and subordinan tribes or races of Javanese, Chinese, Sundanese and do not have citizenship. At the messo level the purpose of the film production system is the goal of Tjokroaminoto's historical reconstruction based on the spirit of Islam as the basis for the struggle. At the macro level shows the construction of national leadership is a rational effort in order to fulfill party politics based on the spirit of keindonesiaan. Keindonesiaan is the essence of the teachings of cultural Islam that upholds human values in order to realize the concept of hijra or civil society in Indonesia. Key Words: Representation of Meaning of Indonesianness, Film of Tjokroaminoto Guru BangsaABSTRAKPenelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis yang bertujuan untuk mengungkapkan konstruki makna keindonesiaan di dalam film Tjokroaminoto Guru Bangsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi makna keindonesiaan pada level teks merupakan representasi dominasi suku atau ras Eropa dan Arab dan subordinan suku atau ras Jawa, Tionghoa, Sunda, dan tidak mempunyai kewarganegaraan. Pada level messo tujuan sistem produksi film merupakan tujuan rekonstruksi sejarah Tjokroaminoto yang didasari oleh semangat Islam sebagai dasar perjuangan. Pada level makro menunjukkan konstruksi kepemimpinan nasional merupakan usaha rasional dalam rangka pemenuhan politik kepartaian yang didasari semangat keindonesiaan. Keindonesiaan merupakan hakikat ajaran Islam Kultural yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan guna mewujudkan konsep hijrah atau masyarakat madani di Indonesia.Kata Kunci: Representasi Makna Keindonesiaan, Film Tjokroaminoto Guru Bangsa

Page 1 of 17 | Total Record : 167