Technologia: Jurnal Ilmiah
Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)"
:
10 Documents
clear
Analisis Website Sistem Informasi Akademik (SIA) UNISKA MAB dengan Menggunakan Metode Usability Heuristic Evaluation
Abdurrahman Sidik;
Rina alfah
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (428.131 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v10i3.2116
Penerapan IT mempermudah terjadinya transformasi dan peningkatan produktifitas di Perguruan Tinggi, salah satunya adalah Sistem Informasi Akademik (SIA). SIA memberikan kemudahan dalam mengelola informasi dan kegiatan administrasi akademik secara online. Faktor yang diperhatikan tidak hanya meningkatkan mutu informasi, namun juga harus memperhatikan estetika serta usability SIA. Peningkatan mutu SIA dapat diperoleh dari feedback oleh pengguna sistem (mahasiswa). Metode untuk mengukur kemudahan dalam mengakses sebuah website yaitu Usability Heuristic Evaluation (UHE). Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei dan melibatkan 414 mahasiswa yang berasal dari 7 Fakultas di Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari dengan menggunakan instrumen kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan mahasiswa merasa puas dengan fungsi SIA, namun tidak puas dari segi tampilan. Tampilan menjadi salah satu hal yang penting agar memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang disajikan pada SIA.Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Sistem Informasi Akademik, Tampilan Antar Muka, Usability, Website
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI DATA PEMBINAAN SAPI PADA DINAS PETERNAKAN KABUPATEN TANAH LAUT
Dwi Retnosari
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (319.022 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v10i3.2117
Dalam rangka mendukung dan mewujudkan swasembada pangan nasional, maka pada tahun 2017 bidang produksi ternak pada Dinas peternakan Kabupaten Tanah Laut telah melaksanakan program peningkatan populasi dan produktivitas ternak, hal tersebut merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan Dinas Peternakan Kabupaten Tanah Laut yang merupakan Lembaga Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan khususnya di bidang Pembinaan hewan ternak. Proses pendataan pembinaan sapi yang dilakukan di Dinas Peternakan Kabupaten Tanah Laut saat ini dalam penyajian data dan informasi pembinaan sapi oleh peternak masih dilakukan secara manual sehingga terkadang sering terjadi kesalahan dalam proses pelaporan data dan membuat keterlambatan dalam pelayanan pendataan pembinaan sapi. Dari permasalahan yang ada maka diperlukan sebuah Implementasi Sistem Informasi Data Pembinaan Sapi Pada Dinas Peternakan Kabupaten Tanah Laut agar menghasilkan suatu sistem yang dapat mengetahui pendataan secara otomatis serta penyajian data dan informasi yang diperlukan perusahaan secara cepat dan akurat.Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode Waterfall, dan bahasa pemrogramannya adalah bahasa pemrograman Delphi 7 dan MySQL sebagai databasenya. Dengan adanya Implementasi Sistem Informasi Data Pembinaan Sapi Pada Dinas Peternakan Kabupaten Tanah Laut maka diharapkan dapat lebih mudah dalam pendataan pembinaan sapi serta informasi yang diperlukan dapat diperoleh secara cepat dan akurat. Kata kunci : Delphi 7, MySQL, Sistem Informasi Data Pembinaan Sapi
ANALISIS SISTEM PERHITUNGAN RANCANG BANGUN RUMAH BERBASIS WEB
Lilis Anggraini;
Yusri Ikhwani
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (937.33 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v10i3.2118
Pentingnya Komputerisasi merupakan salah satu pendukung berkembangnya teknologi yang telah memasuki hampir ke semua bidang kehidupan. Perkembangan teknologi ini juga didukung oleh industri hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) komputer yang terus berkembang dan semua ini telah memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Dengan pesatnya teknologi tersebut kebutuhan masyarakat akan sebuah pelayanan yang tidak dibatasi ruang dan waktu saat ini mendorong semakin dibutuhkannya suatu sistem maupun perangkat lunak yang akan membantu proses peningkatan kualitas pelayanan terhadap customer (pelanggan). Salah satu contoh kebutuhan masyarakat yang merupakan kebutuhan pokok manusia yaitu tempat tinggal. Tempat tinggal biasanya berwujud bangunan rumah, tempat berteduh atau struktur lainnya yang digunakan sebagai tempat manusia tinggal. Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah sistem yang bisa memperbaiki sistem lama yaitu dengan membangun sistem perhitungan rancang bangun rumah supaya dapat mempermudah masyarakat yang ingin membeli dan membangun rumah dengan mengetahui perhitungan biaya nya melalui pihak developer. Rancang bangun sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Implementasi sistem perhitungan rancang bangun rumah ini berbasis web, sehingga masyarakat dapat lebih mudah dalam menggunakan sistem ini dengan mendatangi developer perumahan.Kata Kunci : Perhitungan biaya, Implementasi sistem, PHP, MySQL, Rumah.
SISTEM PEMINJAMAN BARANG INVENTARIS MEDIA PERKULIAHAN BERBASIS QRCODE SEBAGAI PENDAMPING SISTEM KONVENSIONAL UNTUK PENGELOLAAN BARANG
Agus Setiawan;
zaenuddin zarenuddin
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (608.975 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v10i3.2119
Fasilitas yang disediakan oleh UNISKA atau Fakultas Teknologi Informasi harus menyesuaikan jumlah mahasiswa. Sebagian kelas memang telah terpasang alat media perkuliahan seperti LCD/LED televisi, tapi masih ada kelas atau ruangan yang belum ada fasilitas tersebut. Sebagai pengganti LEC/LCD maka fakultas menyediakan proyektor, kabel hdmi, kabel vga dan stop kontak. Permasalahan yang terjadi adalah pihak fakultas tidak bisa memonitoring jika terjadi kehilangan barang inventaris tersebut. Sistem yang sedang berjalan adalah penggunaan pencatatan biasa media kertas yang ditulis manual dengan variabel nama peminjam, alat yang dipinjam atau dibawa, semester berapa yang meminjam. Berdasarkan sistem tersebut permasalahan yang terjadi adalah sering hilangnya barang yang tidak dikembalikan khususnya kabel hdmi, vga, dan colokan kabel karena belum ada sistem yang khusus untuk memonitoring barang yang telah dipinjam. Maka dari itu perlunya suatu sistem yang mengelola sistem peminjaman alat media perkuliahan yang kemudian semua alat inventaris akan dibuatkan identitas qrcodenya masing-masing sehingga mudah untuk pendataan barang. Pihka peminjam akan mengisi nama ketua kelas yang bertanggung jawab, kemudian menginput durasi atau lama waktu peminjaman alat tersebut. Jika dalam durasi tersebut barang belum dikembalikan maka akan keluar notif agar barang tersebut segera dikembalikan. Kata Kunci : barang, inventaris, peminjaman, pengembalian, qrcode
SISTEM INFORMASI DAN ADMINISTRASI RT (SIPAKRT) BERBASIS WEB
Andie Andie
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (820.463 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v10i3.2120
Sistem Informasi Pak RT (SIPAK RT) merupakan aplikasi yang akan dirancang dan dibuat untuk mempermudah pekerjaan Ketua Rukun Tetangga (RT), template dibuat berdasarkan surat yang dibutuhkan, warga bisa mengisi form pembuatan surat berdasarkan data dirinya dirumah, setelah data berhasil masuk Ketua RT akan mendapatkan pemberitahuan dan dapat segera memvalidasi data dan memprint surat langsung dan segera menandatanganinya. Apabila surat sudah selesai, akan ada pemberitahuan ke warga bahwa surat sudah dapat diambil. Aplikasi SIPAK RT berbasis online dan dapat digunakan dimana pun dan kapan pun. Masing-masing kepala keluarga akan mendapatkan Username dan password. Aplikasi juga dapat dibuka menggunakan berbagai device termasuk handphone warga masing-masing.Keyword : sistem, informasi, rt, online, handphone.
RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID
Devi Afriyantari Puspa Putri
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (561.92 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v10i3.2230
AbstrakBahasa merupakan hal yang mendasar bagi kehidupan manusia, selain untuk saran komunikasi juga untuk media penyerapan ilmu. Dewasa ini, kebutuhan penguasaan bahasa asing semakin meningkat karena banyaknya informasi yang beredar dalam bahasa asing, termasuk bahasa arab. Dalam proses belajar bahasa arab terdapat beberapa kendala yang muncul baik secara linguistik ataupun non-linguistik serta metode pembelajaran yang masih menggunakan cara konvensional. Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka teknologi dirasa dapat menjadi solusi dari permasalahan yang timbul dalam pembelajaran bahasa arab. Hal ini dikarenaka teknologi dapat membuat media pembelajaran yang interaktif khususnya aplikasi pembelajaran yang berbasis android. Proses pembuatan aplikasi menggunakan software buildbox serta android studio. Hasil dari penelitian menunjukkan dari 30 responden, presentase rata-rata tingkat kepuasan pengguna sebesar 92,8%, dan sebesar 95,3% menyatakan bahwa aplikasi media pembelajaran bahasa arab yang dirancang dapat membantu proses belajar mengajar. Kata Kunci : Android, Buildbox, Media Pembelajaran, Bahasa arab
APLIKASI REKAPITULASI KUESIONER HASIL PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA STMIK INDONESIA BANJARMASIN MENGGUNAKAN JAVA
Muhammad Saidi Rahman
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (768.647 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v10i3.2231
ABSTRAKKuesioner adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden. Di STMIK Indonesia Banjarmasin kuesioner digunakan untuk memberikan penilaian terhadap kualitas dosen dan fasilitas ruang proses belajar mengajar agar nantinya dapat membantu meningkatkan kualitas akademik. Perhitungan atau rekapitulasi kuesioner di STMIK Indonesia Banjarmasin masih menggunakan program Microsoft Excel, sehingga untuk membuat laporan kuesioner masih memerlukan waktu dan masih kurang efektif. Program yang digunakan adalah Java 2 Standard Edition, dengan kompiler IDE Netbeans, dan untuk membuat laporan menggunakan iReport yang dibangun menggunakan library JasperReport. Perhitungan kuesionernya yang digunakan untuk merekapitulasi adalah perhitungan Skala Likert. Dengan adanya aplikasi Rekapitulasi Kuesioner Proses Belajar Mengajar ini bisa digunakan untuk mengurangi masalah dalam perhitungan rekapitulasi kuesioner proses belajar mengajar dan pembuatan laporan. Sehingga diharapkan akan mempermudah pihak yang terkait dalam proses perhitungan rekapitulasi kuesioner dan dapat pula membuat laporan secara mudah cepat dan akurat. Kata Kunci : Kuesioner, Skala Likert, IDE Netbeans, Java, JasperReport, iReport
APLIKASI DATA PASIEN DAN PENENTUAN GIZI IBU HAMIL PADA PUSKESMAS SUNGAI TABUK
Mayang Sari
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (452.666 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v10i3.2232
ABSTRAKPenelitian ini dilakukan dengan maksud untuk Mempermudah dan mempercepat analisa sehingga puskesmas dapat dengan cepat menentukan langkah dan kebijakan dengan berdasarkan hasil pelaporan dan terorganisirnya setiap kegiatan baik dari data pasien , data KIR, data rujukan dan perhitungan gizi ibu hamil yang dilakukan oleh puskesmas tersebut. Puskesmas Rawat Inap Sungai Tabuk merupakan puskesmas pembantu yang terletak di Kecamatan Sungai Tabuk, kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Puskesmas ini memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di sekitar wilayah Sungai Tabuk maupun di sekitarnya. Puskesmas ini didirikan untuk membantu masyarakat di daerah Sungai Tabuk dan sekitarnya . Puskesmas tersebut memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan sistem pengobatan rawat jalan. Untuk menciptakan pendataan pasien, diperlukan pengelolaan yang baik pula dari bagian yang menangani hal tersebut. Di luar masalah teknis operasional, pengelolaan data pasien yang baik disuatu instansi kesehatan umum dapat ditentukan dari mekanisme administrasinya. Mekanisme administrasi yang baik dan menciptakan kemudahan dan efisiensi dalam proses pencatatan maupun pengambilan informasi. Dengan kemudahan dan efisiensi tersebut, diharapkan informasi yang ada dapat diguakan secara optimal, diolah sedemikian rupa, sehingga akan sangat membantu dalam menentukan tindakan-tindakan medis yang harus dilakukan. Kata Kunci : Puskesmas, Gizi, Kehamilan, Sungai Tabuk
Aplikasi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Pada Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Kota Banjarmasin
Wagino Wagino;
Silvia Ratna;
Fathur Rahman
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (489.519 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v10i3.2260
Penelitian ini dengan judul “Aplikasi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Pada Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Kota Banjarmasin” bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem atau aplikasi untuk mempermudah kinerja proses perizinan pada Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Kota Banjarmasin.Perizinan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) secara komputerisasi dapat mempermudah dari pihak pemohon untuk mendaftarkan perusahaannya pada BPMPT (Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu) dan juga dari pihak BPMPT untuk meminimalisir SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada dan dalam pengarsipan data dapat lebih rapi dan lebih tahan lama.Sistem Ini dirancang dengan mengguankan Bahasa pemrograman borland delphi 7 dan menggunakan database Microsoft Acces. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini pekerjaan penerbitan SIUP dan pengarsipan pada Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Kota Banjarmasin menjadi lebih mudah dan efektif. Kata Kunci : BPMPT, Aplikasi, Informasi, Perdagangan
APLIKASI MONITORING MATERIAL PERGUDANGAN PADA PT. PLN (Persero) AREA BANJARMASIN
Budi Setiadi
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 10, No 3 (2019): TECHNOLOGIA (JULI)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (619.971 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v10i3.2550
ABSTRAK PT. PLN (Persero) adalah sebuah perusahaan BUMN milik pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyedia sistem ketenagalistrikan nasional yang disalurkan ke seluruh Indonesia. PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan publik yang bergerak dibidang jasa sehingga memiliki tanggung jawab besar untuk mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Pada PT. PLN (Persero) proses monitoring material gudang, baik itu pendataan serta backup-an data material masih dilakukan secara manual. Dimana proses pendataan material yang meliputi stok material masuk hingga material keluar masih dilakukan dengan cara menggunakan microsoft excel. Setelah semua proses pendataan dan transaksi telah selesai, kemudian pada bagian gudang melaporkan semua transaksi data stok material masuk dan material keluar kepada pimpinan untuk diperiksa kembali. Hal ini dapat dikatakan kurang efektif dan efisien, dimana pada sistem tersebut masih terdapat beberapa kelemahan dalam mengolah transaksi data stok material, serta pembuatan rekapitulasi laporan transaksi material masuk dan keluar serta stok material yang masih menyalin dari buku arsip. Dalam penelitian ini memberikan pandangan tentang keakuratan di dalam proses penyampaian suatu data dengan mempergunakan suatu sistem yang telah berbasis database. Dengan adanya sistem yang berbasis database ini, maka akan mempermudah proses pancarian dan mengupdate suatu data untuk sebuah informasi yang lebih akurat dan lebih tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan dan diiginkan oleh pemakai atau user. Kata Kunci : PT. PLN (Persero), Monitoring, Material Gudang, Database, ABSTRAK PT. PLN (Persero) adalah sebuah perusahaan BUMN milik pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyedia sistem ketenagalistrikan nasional yang disalurkan ke seluruh Indonesia. PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan publik yang bergerak dibidang jasa sehingga memiliki tanggung jawab besar untuk mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Pada PT. PLN (Persero) proses monitoring material gudang, baik itu pendataan serta backup-an data material masih dilakukan secara manual. Dimana proses pendataan material yang meliputi stok material masuk hingga material keluar masih dilakukan dengan cara menggunakan microsoft excel. Setelah semua proses pendataan dan transaksi telah selesai, kemudian pada bagian gudang melaporkan semua transaksi data stok material masuk dan material keluar kepada pimpinan untuk diperiksa kembali. Hal ini dapat dikatakan kurang efektif dan efisien, dimana pada sistem tersebut masih terdapat beberapa kelemahan dalam mengolah transaksi data stok material, serta pembuatan rekapitulasi laporan transaksi material masuk dan keluar serta stok material yang masih menyalin dari buku arsip. Dalam penelitian ini memberikan pandangan tentang keakuratan di dalam proses penyampaian suatu data dengan mempergunakan suatu sistem yang telah berbasis database. Dengan adanya sistem yang berbasis database ini, maka akan mempermudah proses pancarian dan mengupdate suatu data untuk sebuah informasi yang lebih akurat dan lebih tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan dan diiginkan oleh pemakai atau user. Kata Kunci : PT. PLN (Persero), Monitoring, Material Gudang, Database,