cover
Contact Name
Wagino
Contact Email
ginouniska@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ginouniska@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Technologia: Jurnal Ilmiah
ISSN : 20866917     EISSN : 26568047     DOI : -
Core Subject : Science,
Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April)" : 10 Documents clear
PENERAPAN METODE WATERFALL PADA PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI JASA DAN PENJUALAN DENGAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK Jauhari Maulani
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.436 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i2.2779

Abstract

Pada butik husna busana semula hanya menyediakan usaha jasa pembuatan pakaian, kini sudah merambah juga dalam usaha penjualan. Sebelumya sistem informasi yang telah berjalan pada butik tersebut hanya untuk transaksi jasa pembuatan pakaian saja, yang mana pada penelitian sebelumnya pembuatan sistem informasi jasa pembuatan pakaian melakukan transaksi proses pendataan pelanggan data pelanggan, data ukuran pakaian pelanggan, progres pakaian dibuat atau sudah selesai serta perhitungan periode pendapatan hasil transaksi dibuat dalam laporan perperiode pelaporan. pada masa digunakannya aplikasi sistem informasi jasa pembuatan pakaian masih terdapat adanya kekurangan proses yang bisa lebih meningkatkan performa aplikasi tersebut, maka perlunya pengembangan aplikasi sistem informasi pada butik husna busana agar adanya sistem yang saling terintegrasi antara transaksi jasa dan penjualan barang. Dalam pengembangan aplikasi sistem informasi jasa dan penjualan pada butik husna busana akan diterapkan metode waterfall, yang mana penerapan tersebut dilakukan muilai dari tahapan perencanaan, analisis, perancangan, implementasi dan penggunaan serta dilaksanakan dengan pemodelan berorientasi objek yang mana antar pihak butik dan pelanggan saling berinteraksi memberikan informasi terhadap satu sama lainnya. Dari hasil penerapan metode waterfall pada pengembangan aplikasi sistem informasi jasa dan penjualan dengan pemodelan berorientasi objek menghasilkan kemudahan dan keringkasan dalam hal transaksi dan Pengolahan pendataan penjualan lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Sistem Informasi, waterfall, jasa dan penjualan
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BARCODE PADA SMP NEGERI 11 BANJARMASIN Hayati Noor; Fakhriani Ekawati; Dwi Agung Wibowo
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.513 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i2.2781

Abstract

Perpustakaan yang ada di sekolah merupakan sebuah wadah yang digunakan oleh siswa untuk mencari referensi dan memperoleh berbagai informasi.Dalam perpustakaan terdapat pengelolaan terhadap data buku, data anggota, serta pengelolaan transaksi peminjaman dan pengembalian buku. Dari perancangan system informasi perpustakaan ini mempunyai tujuan untuk menyelesaikan permasalahan sistem manual yang masih ada di perpustakaan SMP Negeri 11 Banjarmasin, merancang, membangun, dan kemudian mengimplementasikan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Menggunakan Barcode pada SMP Negeri 11 Banjarmasin. Jenis penelitian yang peneliti gunakan merupakan jenis penelitian terapan, yaitu jenis penelitian yang mengembangkan dari penelitian yang telah ada kedalam aplikasi baru.Untuk teknik pengambilan data yang digunakan terdiri atas observasi (observation), wawancara (interview), dan studi pustaka.Sedangkan dari segi analisis sistem yang digunakanya itu analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, dan Services).Adapun Hasil penelitian ini menunjukkan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Menggunakan Barcode pada SMP Negeri 11 Banjarmasin yang memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pengolahan data perpustakaan berbasis Web dengan system komputerisasi sehingga meningkatkan pelayanan perpustakaanKata Kunci :Perpustakaan, SistemInformasi, Web, PIECES
PENERAPAN SISTEM INFORMASI STOK GUDANG DAN PENJUALAN PT.USAHA NIAGA INDAH BANJARMASIN Agus Alim Muin; Sri Purniawati
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (873.016 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i2.2782

Abstract

Sistem komputerisasi sendiri mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi serta proses yang mendukung dan efisiensi tenaga. Oleh sebab itu, diperlukan perbaikan sistem dan diharapkan dapat mengatur dan memanajemen data-data stok barang yang tersedia dan juga data transaksi setiap harinya tanpa adanya kesalahan. Untuk itu dirasa sangat penting untuk pembuatan sebuah aplikasi yang terkomputerisasi dengan baik agar memberi kemudahan untuk mendata barang-barang yang tersedia serta diharapkan dapat memudahkan dalam pembuatan laporan data stok barang dan juga transaksi penjualan yang masuk pada PT Usaha Niaga Indah. Metode pengumpulan data yang dilakukan selama Penelitian adalah dengan cara wawancara,pengamatan,literatur ,Aplikasi yang dibangun dapat membantu karyawan khususnya Admin dalam menginputkan semua data yang ada serta dapat dengan mudah dan efisien dalam mengelola setiap data yang diinputkan dan menghasilkan laporan yang akurat. Keyword: Delphi,penjualan,system informasi,stok
APLIKASI PENDUKUNG TAMAN BACAAN ANIME BANJARBARU Adani Dharmawati
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1406.838 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i2.2783

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) Taman Bacaan Anime merupakan suatu badan usaha kecil menengah yang bergerak dibidang pelayanan jasa penyewaan komik, novel dan juga majalah komik yang masih menggunakan cara konvensional atau masih dicatat secara manual. Didalam upaya meningkatkan pengolahan, sistem peminjaman dan pendaftaran anggota adalah hal yang perlu ditingkatkan kinerjanya dengan membangun suatu aplikasi alat bantu yang dapat membantu memudahkan pekerjaan atau rutinitas dalam pengolahan data, transaksi peminjaman dan pengembalian dan pelaporan yang cepat tepat, akurat dan dapat dipercaya. Dalam kasus ini akan dibagun Sistem Informasi Taman Bacaan Anime.Keywords :  Taman Bacaan, peminjaman, pengembalian 
APLIKASI GAME EDUKASI LINGKUNGAN AGEN P VS SAMPAH BERBASIS ANDROID MENGUNAKAN CONSTRUCT 2 Indu Indah Purnomo
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.139 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i2.2784

Abstract

Media pembelajaran yang bagus merupakan salah satu sarana penting penunjang kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatya. dengan majunya teknologi saat ini menawarkan pembaharuan dalam pembuatan media pembelajaran. Salah satu bidang penting adalah Pembuatan game edukasi dimana ketika seorang pemain memainkan game ini, secara tidak langsung akan menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitarya. Aplikasi yang bernama construct 2, dimana pada construct 2 kita dapat membuat game 2D dan juga pada construct 2 bisa mengexport game untuk berbagai platform misal seperti OS, windows dan bisa menjadi android. Game edukasi ini diharapkan akan dapat di terima di kalangan masyarakat luas, dan dapat bersaing dengan game game yang sudah banyak di pasaran. Kata Kunci : Android, Construct 2 , Game edukasi, Lingkungn,
PERANCANGAN APLIKASI DATA SERVIS KOMPUTER BERBASIS WEB DI MELLON KOMPUTER BANJARMASIN Ihsanul Fikri; Fauzi Yusa Rahman; Aulia Rizky Muhammad Hendrik Noor Asegaff
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.315 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i2.2785

Abstract

Mellon Komputer adalah suatu toko komuter yang bergerak khusus pada servis komputer, di toko ini menerima berbagai macam kerusakan peralatan komputer baik itu personal komputer, laptop, tablet, printer, dan lain-lain. Pada saat ini pengelolaan data servis hanya bersifat manual, yaitu pelanggan datang untuk memperbaiki komputernya, kemudian data pelanggan dicatat pada sebuah nota, nota terdiri dari dua lembar yaitu lembar putih dan lembar merah. Lembar merah di bawa oleh pelanggan, sedangkan lembar putih disimpan di toko. Apabila sudah selesai maka pelanggan harus menunjukkan nota merah untuk mengambil komputer yang sudah selesai di servis. Hal ini tentu saja memiliki kekurangan, yaitu data servis yang berupa nota tentu saja akan dapat hilang dan rusak, bahkan kesulitan bagi teknisi yaitu bagaimana mengingat data pelanggan dan data kerusakan komputer yang telah lalu, karna tidak adanya media penyimpanan yang baik. Oleh karena itu peneliti akan membuat sebuah aplikasi berbasis web yang akan menyimpan semua data pelanggan yang masuk serta dapat mencetak nota langsung didalamnya. Kata kunci: aplikasi, data, komputer, servis
RANCANGAN APLIKASI PENDAFTARAN SERVICE PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK DAIHATSU BANJARMASIN Hasanuddin Hasanuddin; Andie Andie
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.64 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i2.2793

Abstract

PT. Astra International Tbk. Daihatsu Indonesia adalah salah satu perusahaan swasta yang terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini, diharuskan mempunyai bengkel dengan service center yang bagus, sehingga customer memiliki kepuasan tersendiri pada perusahaan tersebut. PT. Astra International Tbk. Daihatsu Banjarmasin adalah salah satu cabang yang beralamat Jl. A. Yani Km. 7.4 Banjarmasin Kalimantan Selatan. Sebenarnya perusahaan sudah memiliki sebuah aplikasi pendaftaran service yang cukup baik, namun masih terdapat kekurangan pada aplikasi. Proses service dimulai dari pelanggan melakukan pendaftaran service mobil pada Service Advisor (SA), selanjutnya mobil diserahkan kepada mekanik dan bagian sparepart untuk pengecekan selanjutnya. Setelah proses service mobil selesai, maka dilanjutkan dengan proses pencucian mobil. Menurut informasi dari angket kepuasan pelanggan, pelanggan yang meninggalkan proses service tidak merasa puas dengan pelayanan service, karena petugas service seringkali lupa tidak melakukan konfirmasi secara langsung bahwa kendaraan telah selesai diservice. Hal ini seringkali terjadi dikarenakan tidak adanya sistem secara otomatis yang dapat melakukan konfirmasi secara langsung dari step posisi kendaraan yang diservice. Seharusnya setiap perubahan data status service akan di sampaikan langsung ke Handphone pelanggan melalui SMS. Jadi pelanggan dapat mengetahui sudah sampai dimana proses service mobilnya masing-masing.Kata kunci: aplikasi, mobil, servis, SMS, web
PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI Tri Wahyu Qur'ana; Abdurrahman Sidik
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.883 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i2.2794

Abstract

Penggunaan lambang dan logo saat ini masih banyak yang tidak sesuai dengan fungsi dan tujuannya dibuat. Apabila mengacu pada pengertiannya, lambang dan logo memiliki makna yang berbeda pula. Penggunaan lambang dan logo juga banyak digunakan pada perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa perguruan tinggi yang menggunakan lambang dan logo yaitu Universitas Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan lainnya. Lambang digunakan untuk kepentingan internal di dalam perguruan tinggi, seperti penggunaan dalam spanduk acara di dalam kampus, skripsi, penulisan tugas dan makalah atau karya ilmiah. Sedangkan logo digunakan untuk kepentingan eksternal yang hubungannya dengan stakeholder perguruan tinggi, seperti kepentingan dengan instansi mitra dan atau alumni. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari hingga saat ini hanya menggunakan lambang dan tidak mempunyai logo. Lambang dan logo mempunyai peran dalam membentuk identitas visual perguruan tinggi. Identitas visual erat kaitannya dengan brand. Tujuan utama dalam membangun identitas visual yaitu agar produk atau jasa yang ditawarkan mampu melekat dengan kuat dalam pikiran dan hati konsumen. Jika dikaitkan dengan penelitian ini yaitu identitas visual perguruan tinggi seperti lambang dan logo berfungsi sebagai pembeda perguruan tinggi dengan yang lainnya, penerapan visi dan misi, kumpulan berbagai atribut fisik, emosi, pemahaman logis, karakteristik, performa, aset, dan janji dari perguruan tinggi itu sendiri. Peneliti melakukan perancangan identitas visual berupa logo Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari untuk memperkuat brand yang telah dibangun agar dapat dikenal masyarakat secara luas.Kata Kunci: Brand, Desain, Identitas Visual, Logo
SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMPN 2 GAMBUT BERBASIS DESKTOP Wagino Wagino; Silvia Ratna; Fathur Rahman
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.63 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i2.2859

Abstract

Penelitian ini dengan judul “Sistem Informasi Akademik Pada SMPN 2 Gambut Berbasis Desktop” bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem atau aplikasi untuk mempermudah kinerja proses pengelolaan Akademik pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gambut yang berada dikabupaten banjar. Pengelolaan proses akademik yang sekarang dilakukan masih manual yaitu masih menggunakan buku besar, dengan adanya Sistem ini proses pengelolaan akademik menjadi lebih mudah,rapi dalam pengarsian dan menjadi terkomputerisasi. Sistem ini dirancang atau dibuat menggunakan Bahasa pemrograman Delphi dan database yang digunakan yaitu Microsoft Acces. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini proses pengelolaan Akademik pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gambut menjadi lebih mudah, efektif dan juga lebih efesien. Kata kunci: Aplikasi, Sistem Informasi, Akademik, Borland Delphi
PEMANFAATAN MOBILE PUSH NOTIFICATION DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PERKULIAHAN MAHASISWA PADA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS ANDROID Muharir Muharir; Nur Alamsyah
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 2 (2020): Technologia (April)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (934.399 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i2.2860

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini menyebabkan kebutuhan akan data atau informasi dituntut disajikan secara cepat dan mudah untuk diakses. Informasi yang disajikan dalam bentuk website memang sudah menjawab sebagian penyajian informasi yang lengkap. Namun di era mobile saat ini, memungkinkan pengaksesan data atau informasi yang lebih praktis, cepat, murah dan efesien. Pendistribusian informasi yang baik telah menjadi kebutuhan yang penting untuk menunjang kegiatan perkuliahan dan belajar-mengajar di Fakultas Teknologi Informasi Uniska. Fakultas Teknologi Informasi saat ini mendistribusikan informasi perkuliahan melalui media Website dan jejaring sosial seperti instagram, whats’app, juga mading fakultas. Namun hal ini dirasa belum cukup untuk pendistribusian informasi yang cepat dan efektif, hal ini dibuktikan dengan adanya sebagian mahasiswa yang tidak mengetahui informasi terbaru yang disampaikan pihak fakultas.Informasi yang disampaikan melalui website atau sosial media  mengharuskan mahasiswa menginstall banyak aplikasi lalu masuk pada group tertentu, selain itu mahasiswa juga masih disibukkan dengan memilah informasi terbaru dengan melihat tanggal postingan group.Kata kunci :  Sistem Informasi, Data,  Push Notification.

Page 1 of 1 | Total Record : 10