Technologia: Jurnal Ilmiah
Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol 11, No 3 (2020): Technologia (Juli)"
:
11 Documents
clear
SISTEM INFORMASI BINA KELUARGA BALITA (BKB) DESA PULOREJO PURWODADI BERBASIS WEB
Liana Qoni’atul Khoiriyah;
Azizah Fatmawati
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 3 (2020): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (785.785 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v11i3.3280
AbstrakMasalah kesehatan Desa Pulorejo di kelola oleh Gerakan Bina Keluarga Balita (BKB). Selama ini data kesehatan balita Desa Pulorejo di catat secara manual, dimana semua data di tulis dalam sebuah buku sehingga untuk pengelolaannya kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Bina Keluarga Balita (BKB) Desa Pulorejo Purwodadi berbasis Web. Pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall yang terstruktur dari analisis kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program dan penerapan program. Berdasarkan hasil pengujian black box yang telah dilaksanakan, sistem dapat berjalan sesuai dengan fitur yang telah dirancang sejak awal. Sistem dapat melakukan pencatatan data penimbangan balita tiap bulan. Sedangkan hasil dari pengujian System Usability Scale (SUS) diperoleh nilai rata-rata 77.3 yang menunjukkan bahwa sistem masuk dalam kategori Usable. Kata Kunci : Balita, Desa, Penimbangan, Sistem Informasi.
PROTOTYPE APLIKASI PENGELOLAAN KEGIATAN PRAKERIN (PRAKTEK KERJA INDUSTRI) DAN PKL (PRAKTEK KERJA LAPANGAN) BERBASIS WEB
Gita Ayu Syafarina;
Rusdina Rusdina
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 3 (2020): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (526.577 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v11i3.3281
AbstrakSetiap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baik yang Negeri ataupun Swasta selalu mengirimkan siswa nya untuk PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) Pada sebuah perusahaan atau pun perorangan seperti toko, swalayan dan sebagainya. Untuk menunjang kegiatan tersebut maka kami membuat Aplikasi/perangkat lunak berbasis web yang bisa memudahkan operator/bagian HRD perusahaan untuk mendata dan mengelola para siswa yang akan dan sedang melakukan kegiatan PRAKERIN dan PKL. Jika selama ini untuk data siswa masih didata secara semi komputerisasi memakai micrososft Office yaitu Excel saja. Maka kami merancang sebuah aplikasi berbasis web yang bisa diakses secara online maupun offline dengan menggunakan pemrograman berbasis PHP . Dengan adanya aplikasi Pengelolaan Kegiatan Prakerin (Praktek Kerja Industri) dan PKL (Praktek Kerja Lapangan) ini, maka pengelolaan data akan lebih mudah dan efesien. Kata Kunci : Excel, PHP,PRAKERIN,PKL, Web
APLIKASI PEMETAAN DAN PENCARIAN BENGKEL BANJARMASIN BERBASIS ANDROID
Sefto Pratama
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 3 (2020): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (629.012 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v11i3.3282
Abstrak Informasi fasilitas bengkel dan tambal ban menjadi hal yang sangat penting apabila ingin atau sedang berpergian, kondisi dan kelayakan kendaraan yang kita gunakan dalam berpergian menjadi alat transportasi utama kita, seringnya terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh rusaknya mesin maupun ban kendaraan yang bocor berpengaruh kepada peningkatan jumlah kecelakaan di jalan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat jumlah kecelakaan yang terjadi selama periode Januari hingga November 2018 meningkat di banding dengan tahun 2017 yaitu pada tahun 2018 sebanyak 5400 kejadian, sementara pada tahun 2017 5140. Sulitnya dalam mencari bengkel atau tempat tambal ban ketika kita sedang berada di tengah perjalanan dan mengalami masalah pada kendaraan kita. Maka dari itu peneliti memilih untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu kita dalam mengetahui letak bengkel dan tambal ban terdekat dari posisi kita, selain itu aplikasi ini menyajikan informasi lengkap tentang bengkel yang tersedia. Tujuan jangka panjang dari aplikasi ini adalah agar dapat membantu masyarakat Banjarmasin khususnya pengguna smartphone dalam mencari bengkel di area Kota Banjarmasin secara mudah cepat dan tepat sesuai dengan informasi yang tersedia. Keywords: Aplikasi Pemetaan, Pencarian, Bengkel, Tambal Ban, Android
E-LAPOR DAN SISTEM PENDATAAN DAMKAR ATAU BARISAN PEMADAM KEBAKARAN (BPK) KOTA BANJARMASIN
Mokhamad Ramdhani Raharjo;
Ihda Innar Ridho;
Yusri Ikhwani
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 3 (2020): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (618.238 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v11i3.3283
ABSTRAK Kota Banjarmasin selain terkenal akan wisata pasar terapung dan kota seribu sungai, julukan Kota Banjarmasin juga terkenal dengan 1000 personel anggota pemadam kebakaran (damkar) atau sering disebut juga Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) .Banyaknya jumlah pemadam kebakaran karena atas kesadaran masyarakat Kota Banjarmasin yang sering terjadi musibah kebakaran rumah , hal ini dikarenakan wilayah Kota Banjarmasin padat akan pemukiman penduduk serta banyaknya rumah semi permanan yang terbuat dari kayu.Akan tetapi Banyaknya jumlah BPK ternyata tidak semuanya terdaftar resmi di Pemerintahan Kota Banjarmasin diperlukannya sistem aplikasi yang bisa mendata BPK resmi atau yang belum resmi sehingga membantu dinas terkait untuk memonitor dan mengetahui apakah Barisan Pemadan Kebakaran tersebut masih aktif beroperasi atau tidak aktif serta memberikan penyuluhan. Pada penelitian ini mengembangkan aplikasi berbasis website untuk mendata seluruh.Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) beserta personil anggota pemadam kebakaran. Beradasarkan hasil dari penelitian ini membantu dinas terkait dalam memonitor persebaran Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) di Kota Banjarmasin serta membantu masyarakat untuk lokasi dan melaporkan ke BPK apabila terjadi musibah kebakaran.Kata Kunci : Barisan Pemadam Kebakaran (BPK), DAMKAR, Website, Monitoring, E-Lapor
ALGORITMA DECISION TREE C4.5 UNTUK KLASIFIKASI TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN BANK SAMPAH DI KABUPATEN BANJARMASIN SELATAN
Agus Setiawan
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 3 (2020): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (542.117 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v11i3.3284
Abstrak “Program Bank Sampah adalah salah satu program kementrian lingkungan hidup. Pembangunan bank sampah ini harus menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk memulai memilih, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah karena sampah mempunyai nilai jual yang cukup baik sehingga pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan menjadi budaya baru di Indonesia” (Kementrian lingkungan hidup, 2012). Kelurahan Pemurus Baru adalah wilayah yang padat penduduk dan berdekatan dengan TPS (Tempat Pembuangan Sementara). Ketika peneliti melakukan kunjungan ke lokasi, sebagian masyarakat yang bermukim di wilayah tersebut membuang sampah langsung ke TPS dan hanya sedikit yang memanfaatkan Bank Sampah. Metode yang dilakukan merupakan penerapan metode data mining menggunakan Algoritma Decision Tree C4.5 dari Segi Pengetahuan, Pendidikan dan Usia seseorang. Setelah dilakukan pengujian, hasilnya menunjukkan performance accuracy sebesar 99.34%. Dengan demikian, masyarakat masih belum atau tidak memanfaatkan bank sampah sehingga perlu di tingkatkan lagi sosialisasi terhadap masyarakat untuk bisa memanfaatkan bank sampah dengan baik. Keywords : Bank Sampah, Data Mining, Decision Tree
PROTOTYPE APLIKASI PEMESANAN DAN PENGIRIMAN SERBUK KAYU OLEH CV.USAHA BERSAMA SEBAGAI SUPLIER PT.FUMAKILLA
Muhammad Rusdi;
Haji Sirajudin;
Muhammad Amin
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 3 (2020): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (458.166 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v11i3.3285
AbstrakCV.Usaha Bersama Sebagai Salah satu Suplier perusahan obat nyamuk PT.Fumakilla cabang Banjarbaru selama ini menerima pesanan yang lumayan banyak dari PT.Fumakilla yaitu sekitar 14 ton dalam seminggu. Dalam seminggu mengalami minimal 2x pemesanan dan pengiriman bahan serbuk ulin sebagai bahan dasar untuk campuran obat nyamuk fumakilla dan kayu bakar ulin sebagai bahan bakar pada oven pembuatan obat nyamuk tersebut. Selama ini pemesanan dilakukan secara manual yaitu melalui pencatatan di manual book saja. Maka kami membuatkan Prototype Aplikasi Pemesanan Dan Pengiriman Serbuk Kayu Oleh CV.Usaha Bersama Sebagai Suplier PT.Fumakilla berbasis web dengan menggunakan PHP dan Mysql Kata Kunci : Fumakilla, MySQL,Prototype,PHP, Suplier
PERANCANGAN APLIKASI SERVIS HANDPHONE BERBASIS WEB PADA CENTRA PHONE BANJARMASIN
Fauzi Yusa Rahman;
Zayid Musiafa;
Kholik Setiawan
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 3 (2020): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (811.423 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v11i3.3286
AbstrakCentra phone merupakan toko handphone yang bergerak pada pelayanan servis handphone dengan berbagai merk dan tipe handphone yang memiliki banyak perbedaan, pada toko ini menerima berbagai macam jenis perbaikan pada peralatan handphone baik perbaikan dari perangkat keras ataupun perbaikan dari perangkat lunak. Pada saat ini pengelolaan data servis handphone masih bersifat manual, yaitu pelanggan datang untuk memperbaiki handphonenya, kemudian data pelanggan dicatat pada nota. Hal ini tentu saja memiliki berbagai macam kekurangan, yaitu data servis yang berupa nota mungkin saja hilang atau rusak, bahkan kesulitan bagi teknisi yaitu bagaimana mengingat data pelanggan dan data kerusakan handphone yang telah lalu, karna tidak adanya media penyimpanan yang baik. Oleh karena itu peneliti akan membuat sebuah aplikasi berbasis web yang akan menyimpan semua data pelanggan yang memperbaiki handphone, data kerusakan pada handphone dan data perbaikan yang dilakukan. Perancangan aplikasi servis handphone menggunakan metode waterfall sering dinamakan siklus hidup klasik (classic life cycle), pada metode ini menggambarkan pendekatan yang sistematis dan juga berurutan pada pengembangan perangkat lunak, dimulai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna lalu berlanjut melalui tahapan perencanaan (planning), permodelan (modeling), konstruksi (construction), serta penyerahan sistem ke para pelanggan/pengguna (deployment), yang diakhiri dengan dukungan pada perangkat lunak lengkap yang dihasilkan. Kata kunci: aplikasi, web, centra phone, servis handphone
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI DATA SIMPAN PINJAM BERBASIS SMS GATEWAY PADA DINAS PEKERJAAN UMUM PENATAAN RUANG DAN PERTANAHAN KABUPATEN TANAH LAUT
Dwi Retnosari;
Auliya Rahman
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 3 (2020): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (859.128 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v11i3.3287
AbstrakKoperasi pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Tanah Laut adalah salah satu badan usaha yang bergerak dibidang simpan pinjam yang melayani anggota khususnya dalam bidang pelayanan simpan pinjam, saat ini pengelolaan data simpan pinjam masih dilakukan secara semi manual yaitu dengan menggunakan aplikasi microsoft word dan kemudian dibukukan secara manual, hal tersebut kurang efektif dan kurang effisien karena membutuhkan waktu yang cukup lama pada saat proses pencarian data simpan pinjam, selain itu pada saat melakukan transaksi simpan pinjam kepada anggota juga harus membutuhkan waktu yang cukup lama dan sering terjadi kekeliruan dalam pengolahan datanya sehingga memperlambat dalam proses pelayanan terhadap anggota koperasi sehingga diperlukan suatu aplikasi yang lebih efekif dan efisien dalam mengelola data simpan pinjam di koperasi Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Tanah Laut. Guna meningkatkan pelayanan dan pengelolaan data koperasi yang lebih cepat dan akurat pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Tanah Laut maka perlu dibuat suatu Implementasi Sistem Informasi simpan pinjam Berbasis SMS Gateway. Dalam pembuatan aplikasi ini, menggunakan bahasa pemograman Borland Delphi 7.0. Pada aplikasi ini juga terdapat menu sms gateway yang bertujuan untuk memudahkan petugas dalam mengirimkan informasi melalui sms secara langsung kepada banyak anggotanya sehingga diharapkan aplikasi koperasi simpan pinjam ini dapat digunakan lebih tepat, cepat dan hasil yang lebih akurat. Kata Kunci : Sistem Informasi, Simpan Pinjam, Delphi7
PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGKLASIFIKASI TINGKAT BAHAYA POLUTAN PM10 DI KOTA BANJARBARU
Nur Arminarahmah;
Mirza Yogi Kurniawan;
Al Fath Riza Kholdani
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 3 (2020): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (352.706 KB)
|
DOI: 10.31602/tji.v11i3.3288
AbstrakSalah satu aplikasi Data Mining adalah klasifikasi, kami menggunakan algoritma Naive Bayes untuk mengklasifikasikan tingkat bahaya polutan PM 10 untuk menghasilkan model yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang kondisi polutan PM10. Aplikasi awal menggunakan data dari wilayah kota Banjarbaru karena ada kabut asap dalam beberapa tahun terakhir di Kalimantan Selatan dan studi kasus penelitian ini di kota Banjarbaru karena telah meningkat sehingga mengganggu visibilitas dan menghambat semua kegiatan baik kantor maupun sekolah. Proses klasifikasi dimulai dengan mengolah data PM10 menggunakan atribut suhu, kelembaban dan waktu kemudian data yang diperoleh diklasifikasikan menggunakan algoritma naif bayes untuk menghasilkan kelas tingkat bahaya dari 0 - 4 dengan tingkat akurasi keberhasilan klasifikasi 60%.Kata Kunci : Datamining, Naive Bayes,PM10
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL DAN HISTOGRAM DENGAN PHYTON DAN TEXT EDITOR PHYCHARM
Ratna, Silvia
Technologia: Jurnal Ilmiah Vol 11, No 3 (2020): Technologia (Juli)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31602/tji.v11i3.3289
ABSTRAKCitra merupakan salah satu bentuk informasi yang diperlukan manusia selain teks, suara dan video.Informasi yang terkandung dalam sebuah citra dapat diinterpretasikan berbeda-beda oleh manusia satu dengan yang lain.Citra analog dihasilkan dari alat akuisisi citra analog, contohnya adalah mata manusia dan kamera analog. Gambaran yang tertangkap oleh mata manusia dan foto atau film yang tertangkap oleh kamera analog merupakan contoh dari citra analog.. Citra digital merupakan representasi dari fungsi intensitas cahaya dalam bentuk diskrit pada bidang dua dimensi. Citra tersusun oleh sekumpulan piksel (picture element) yang memiliki koordinat (x,y) dan amplitudo f(x,y). Koordinat (x,y) menunjukkan letak/posisi piksel dalam suatu citra, sedangkan amplitudo f(x,y) menunjukkan nilai intensitas warna citra. Pengolahan citra (image Processing) adalah proses mengolah piksel-piksel di dalam citra digital yang digunakan untuk tujuan tertentu. Awalnya pengolahan citra dilakukan untuk memperbaiki kualitas citra, dengan berkembangnya dunia komputasi yang ditandai dengan semakin meningkatnya kapasitas dan kemampuan komputer memungkinkan manusia dapat Mengambil informasi dari suatu citra.Pengolahan Citra Digital (Digital Image Processing) merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana suatu citra itu dibentuk, diolah, dan dianalisis sehingga menghasilkan informasi yang dapat dipahami oleh manusia, sedangkan Histogram citra adalah representasi grafik yang menyatakan distribusi nilai-nilai warna atau intensitas piksel-piksel di dalam citra. Frekuensi kemunculan nilai intensitas piksel pada suatu citra dapat diketahui melalui 50 Pengolahan Citra histogram citra tersebut. Pengolahan Citra Digital ini menggunakan bahasa pemrograman Phyton dan Phycharm , yang fungsinya melihat hasil perubahan citra, Histogram pada gambar dengan menggunakan Phyton dan phycharm Kata kunci: Citra, Image Processing ,Digital Image Processing, Histogram