cover
Contact Name
Wagino
Contact Email
ginouniska@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ginouniska@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Technologia: Jurnal Ilmiah
ISSN : 20866917     EISSN : 26568047     DOI : -
Core Subject : Science,
Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)" : 11 Documents clear
IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA INFORMASI BUAH LANGKA KHAS KALIMANTAN SELATAN Yusri Ikhwani; Mokhamad Ramdhani Raharjo
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.735 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i4.3637

Abstract

Provinsi Kalimantan Selatan terdiri dari 11 Kabupaten dan 2 Kota. Dalam urusan buah-buahan, Secara geografis Kalimantan Selatan teletak di daerah tropis yang memungkinkan berbagai jenis tumbuhan dan buah-buahan dapat tumbuh subur. Keragaman aneka tumbuhan dan buah-buahan merupakan kekayaan alam yang harus dijaga, Provinsi Kalimantan Selatan sangat kaya akan jenis buah-buahan, salah satunya adalah buah kasturi. Ada banyak lagi jenis buah yang aneh dan sungguh sensasional, baik dari segi bentuk dan rasa. Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi yang menggabungkan dunia virtual dengan dunia nyata, dimana pengguna dapat mengeksplor dunia nyata dengan lebih atraktif dan lebih menarik. Pemanfaatan teknologi AR banyak digunakan pada bidang edukasi, kesehatan, militer, iklan, hiburan dan navigasi. Umumnya aplikasi yang menggunakan teknologi AR bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna dengan lebih jelas, real-time, dan interaktif. Pembuatan Augmented Reality ini bertujuan untuk mengenalkan, memberi pengetahuan, dan pemahaman tentang buah-buahan khas Kalimantan Selatan yang sudah mulai langka karena buah tersebut berada di hutan atau pedalaman kalimantan selatan kepada para masyarakat khususnya generasi muda yang sudah mulai melupakan buah-buah khas Kalimantan Selatan tersebut, dengan cara yang kreatif dan inovatif agar lebih menarik minat para generasi muda untuk mengenal buah langka tersebut. Pembuatan aplikasi Augmented Reality ini akan menggunakan Unity sebagai komponen utama ditambah library Augmented Reality terbaru yaitu Vuforia. Kemudian menggunakan Blender 3D sebagai software perancang model objek. Implementasi teknologi Augmented Reality dalam pembuatan aplikasi berbasis Android ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang pengenalan berbagai jenis buah-buahan yang ditampilkan dalam bentuk 3D. Kata kunci: Kalimantan, Buah, Langka, Augmented Reality, Informasi, 3D
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG MENGGUNAKAN METODE AVERAGE (STUDI KASUS TOKO NAZAR BANJARMASIN) Muhammad Rasyidan; Zaenuddin Zaenuddin
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.458 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i4.3638

Abstract

Semakin besarnya jumlah persediaan barang mengakibatkan terjadinya permasalahan dalam hal pengelolaan dan pencatatan jumlah stok barang serta  kelancaran penjualan menjadi terganggu, kebutuhan pelanggan menjadi tidak terpenuhi sehingga perusahaan akan kehilangan kesempatan memperoleh laba. Metode average atau disebut juga metode rata-rata tertimbang adalah metode yang digunakan untuk menghitung biaya perunit persediaan berdasarkan rata-rata tertimbang dari unit yang serupa dan biaya unit yang dibeli selama suatu periode. Sistem informasi persediaan barang dengan metode everage ini berfungsi sebagai pencatatan, pemantauan, sampai pengolahan data sehingga barang dapat terkontrol dengan baik dan dapat dibuat dalam suatu laporan yang cepat dan akurat, guna untuk meningkatkan kelancaran jalannya perusahaan. Kata kunci: Sistem Informasi, Persediaan Barang, Metode Average
SISTEM KEAMANAN BAGI KENDARAAN DENGAN RFID BERBASIS ARDUINO UNO Ibrahim Ibrahim; Arafat Arafat
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.258 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i4.3639

Abstract

Kendaraan bermotor merupakan transportasi yang sangat umum digunakan di Indonesia. Namun kendaraan bermotor bukanlah barang yang tergolong murah. Banyak kasus pencurian kendaran bermotor terjadi di Indonesia. Meskipun telah dilengkapi dengan keamanan kunci, dan penutup lubang kunci pada sepeda motor, kasus pencurian masih marak terjadi. Maka dari itu, dibutuhkan sistem keamanan yang lebih canggih.Sistem pengaman kendaraan bermotor menggunakan RFID dapat menjadi solusi. Sistem ini memakai RFID sebagai keamanan tambahan dan mampu memgirimkan pemberitahuan berupa bunyi alarm apabila kendaraan digunakan tanpa sepengetahuan dari pemilik.Untuk mengurangi terjadinya pencurian sepeda motor, dengan alat sistem keamanan ini akan di letakan di bagian kendaraan bermotor yang akan di tambahakan alat, dengan cara menggunakan Keychain, yang menggunakan prangkat arduino. Dengan sistem ini diharapkan bisa mengurangi terjadinya pencurian sepeda motor yang marak terjadi di masa kini, Dengan perancangan sistem pada alat tersebut akan tercipta sebuah alat yang dapat mengurangi terjadinya pencurian sepeda motor dan mengurangi kerugian materi pada pengguna kendaraan bermotor, dan keamanan lebih terjamin dengan angka keamanan mencapai 85%. Kata Kunci: RFID, Arduino, Keychain, Sistem Keamanan
ANALISIS SISTEM PERHITUNGAN RANCANG BANGUN PROPERTY PERUMAHAN BERBASIS WEB Lilis Anggraini; Muhammad Saidi Rahman; Fakhriani Ekawati
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.421 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i4.3640

Abstract

Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi di era globalisasi ini sangat cepat. Begitu juga pemanfaatan web atau internet sebagai alat penyebar atau tukar menukarnya informasi telah tumbuh dengan sangat pesat dan penggunaan komputerisasi juga merupakan salah satu pendukung perkembangan teknologi IT yang hampir memasuki ke semua bidang dalam kehidupan. Dengan pengembangan teknologi sekarang ini membuat kebutuhan masyarakat akan sebuah pelayanan yang tidak dibatasi ruang dan waktu saat ini mendorong semakin dibutuhkannya suatu sistem maupun perangkat lunak yang akan membantu proses peningkatan kualitas pelayanan terhadap customer (pelanggan). Property merupakan suatu kebutuhan pokok manusia berupa tempat tinggal. Tempat tinggal biasanya berupa bangunan rumah atau ruko untuk tempat berteduh, menjalankan usaha atau struktur lainnya selama kurun waktu tertentu. Berdasarkan permasalahan yang ada maka diperlukanlah sebuah sistem yang memudahkan masyarakat yang ingin membeli rumah, ruko atau property lainnya dengan mengetahui berapa perkiraan biaya yang dikeluarkan melalui pihak developer.  Analisa sistem perhitungan rancang bangun ini menggunakan Bahasa pemprograman PHP dan database My SQl. Implementasi sistem ini berbasis web, sehingga memudahkan masyarakat untuk melakukan proses perhitungan biaya untuk memiliki property yang diinginkan. Jadi, dengan adanya sistem ini, pelanggan dapat informasi tentang proses pembangunan rumah sedangkan untuk wirausaha dimudahkan dengan menginputkan data proses perhitungan sudah otomatis di proses oleh sistem.Kata Kunci : Perhitungan biaya, Implementasi sistem, PHP, MySQL, Rumah.
PERBANDINGAN METODE SAW DAN METODE SMART DALAM PEMILIHAN KULINER KHAS KALIMANTAN SELATAN TERBAIK Agus Alim Muin
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.448 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i4.3641

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang berbagai Kuliner tradisional masyarakat Khas Kalimantan Selatan. Makanan sendiri bukan sekedar produk organisme dengan kualitas biokimia yang dikonsumsi manusia, tetapi makanan merupakan bagian dari upaya mempertahankan hidup yang juga ditentukan oleh kebudayaan masing-masing daerah. Keberadaan makanan atau Kuliner Khas Kalimantan Selatan sekarang sudah mulai tidak dikenal oleh generasi muda seiring dengan masuknya berbagai produk makanan impor. Generasi sekarang sudah tidak lagi memahami makna dan kearifan lokal dari makanan daerah. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada beberapa makanan atau kuliner Khas Kalimantan Selatan yang masih berkembang, berdasarkan hasil wawancara dan angket adalah 4 kriteria: Harga (C1), Rasa (C2), Kemudahan Akses Ke Lokasi (C3), Daya Tahan Makanan (C4) dan produk makan yang digunakan adalah 4 Alternatif: Soto Banjar (V1), Nasi Itik Gambut (V2), Ketupat Kandangan (V3), Lontong Orari (V4). Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Metode SAW didapatkan kuliner Soto Banjar menempati urutan pertama dengan nilai sebesar 0,889. Lontong Orari menempati menempati urutan kedua dengan nilai sebesar 0.847, Ketupat Kandangan urutan ketiga dengan nilai sebesar 0,816, dan Nasi Itik Gambut sebagai urutan keempat dengan nilai sebesar  0,797 dan Hasil perhitungan dengan menggunakan Metode SMART di dapatkan kuliner Soto Banjar menempati urutan pertama dengan nilai sebesar 0.7, ketupat kandangan menempati urutan kedua dengan nilai sebesar 0.51, Lontong Orari menempati urutan ketiga dengan nilai sebesar 0,37, dan Nasi Itik Gambut sebagai urutan keempat dengan nilai sebesar  0,3 Keyword: Kuliner Khas Kalimantan Selatan, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW),Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) 
PERANCANGAN APLIKASI KREDIT POIN PESERTA DIDIK TERHADAP PELANGGARAN PERATURAN SEKOLAH MENGGUNAKAN SMS GATEWAY Muhammad Saidi Rahman; Hoiriyah Hoiriyah; Lilis Anggraini
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.385 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i4.3643

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri 2 Barito Kuala adalah salah satu sekolah yang memiliki visi untuk menjadikan peserta didik yang beriman dan bertaqwa, berprestasi dan mandiri. Tentu untuk tercapainya visi sekolah tersebut diperlukan langkah-langkah yang tepat salah satunya dengan melaksanakan peraturan dan tata tertib sekolah untuk mendidik peserta didik. Untuk mengurangi terjadinya pelanggaran terhadap peraturan dan tata tertib sekolah maka setiap pelanggaran akan diberikan sanksi berupa poin. Dalam pelaksanaan ketertiban sekolah di MAN 2 Barito Kuala, setiap tenaga pendidik/guru diberikan satu buku pegangan untuk mencatat  pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik yang nantinya akan menambah poin pelanggaran peserta didik tersebut. Tentu ini memiliki suatu kekurangan dan akan menimbulkan masalah apabila nanti diperlukan perhitungan jumlah poin siswa karena harus menghitung poin dari buku pegangan semua guru tersebut dan orang tua peserta didik pun akan kesulitan untuk mengetahui pelanggaran apa saja yang telah dilakukan anaknya. sistem ini akan dibuat menggunakan berbasis web dan ditambahkan fitur SMS gateway. Dengan adanya aplikasi kredit poin terhadap pelanggaran tata tertib sekolah menggunakan SMS gateway ini diharapkan dapat membantu permasalahan pihak sekolah mengontrol peserta didiknya, serta mempermudah orang tua peserta didik untuk mengetahui informasi terbaru perkembagan anaknya melalui fitur SMS gateway.Kata kunci : Kredit poin, Peserta Didik, Pelanggaran Peraturan Sekolah, SMS Gateway
APLIKASI ABSENSI SISWA ANDROID SMP NEGERI 11 BANJARMASIN BERBASIS QUICK RESPONSE (QR) KODE Herry Adi Chandra; Yusup Indra Wijaya
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.474 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i4.3644

Abstract

Dimasa ini sistem absensi siswa di sekolah masih didominasi dengan cara manual, yaitu melakukan absensi siswa dengan mencatatnya di kertas yang nantinya akan direkap dari setiap data hadir siswa. Karena rekap data hadir siswa yang dilakukan secara manual rentan terjadi kesalahan karena mudah dimanipulasi oleh siswa yang tidak hadir. Informasi seputar rekap absensi hanya terbatas untuk pihak sekolah saja sehingga orang tua/wali murid tidak bisa memantau tingkat kehadiran siswa. Pihak sekolah pun dapat mengalami resiko kehilangan data absensi siswa yang terkadang terselip dengan berkas lain. Hal ini perlu adanya solusi untuk mengatasi masalah tersebut, maka dirancanglah sebuah sistem aplikasi absensi siswa menggunakan kode QR (QR Kode) berbasis android di SMP Negeri 11 Banjarmasin. Dengan aplikasi ini guru dapat melakukan absensi siswa melalui kode QR yang tertera pada kartu pelajar menggunakan smartphone android sebagai pembaca kode QR, sehingga guru tidak perlu lagi mencatat absensi siswa secara manual. Jadi guru dapat meminimalisir resiko kehilangan data absensi siswa yang biasanya terselip dengan berkas lain, selain itu data absensi siswa bisa diolah dan direkap oleh pihak sekolah yang kemudian data tersebut akan dikirim ke setiap orang tua/wali murid melalui E-mail. Kata Kunci : Aplikasi Absensi, Android, Qr Kode
SISTEM INFORMASI BURSA KERJA KHUSUS (BKK) BERBASIS WEB PADA SMK NEGERI 1 BANJARMASIN Fitrah Yuridka
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.378 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i4.3645

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarmasin adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang ada di kota Banjarmasin. Sekolah ini beralamat di Jalan Mulawarman No.45 Banjarmasin. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah kejuruan favorit di kota Banjarmasin karena berhasil mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas dan siap kerja berdasarkan pelajaran yang diberikan di sekolah ini maupun melalui pengalaman yang diberikan sekolah kepada siswa melalui program 'PRAKERIN' (Praktik Kerja Industri) atau sering disebut magang. Sekolah ini sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan baik negeri maupun swasta untuk menempatkan siswa-siswinya dalam praktik kerja industri.Hingga saat ini SMK Negeri 1 Banjarmasin masih menggunakan semi manual dalam melakukan pengolahan data surat menyurat, dimana data yang ada masih dicatat dalam berkas serta membuat arsip surat menyurat masih menggunakan MS.Word dan MS. Excel, proses pencarian data pun masih terbilang sulit karena informasi tidak didokumentasikan dengan baik.Dengan adanya Sistem Informasi Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 1 Banjarmasin pembuatan laporan surat masuk dan surat keluar bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Sitem pengolahan surat masuk dan surat keluar terkomputerisasi adalah sebagai sarana informasi untuk staf tata usaha agar dapat mempermudah dalam pengelolaan surat. Metode yang digunakan untuk pengembangan aplikasi ini adalah metode Waterfall dengan tujuan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.  Kata   Kunci    :    Aplikasi,    BKK,    Surat,    SMKN    1    Banjarmasin,          Sublime text3,              Web.
APLIKASI MONITORING PENGADUAN DAN KELUHAN PELANGGAN PADA PT. PLN (Persero) AREA BANJARMASIN BERBASIS WEB Budi Setiadi; Johan Wahyudi
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.081 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i4.3646

Abstract

PT. PLN (Persero) adalah sebuah perusahaan BUMN milik pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyedia sistem ketenagalistrikan nasional yang disalurkan ke seluruh Indonesia. PT. PLN (Persero) merupakan perusahaan publik yang bergerak dibidang jasa sehingga memiliki tanggung jawab besar untuk mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Pada PT. PLN (Persero) Area Banjarmasin proses monitoring pengaduan dan keluhan pelanggan selama ini masih dilakukan secara manual yaitu datang langsung ke kantor PLN atau menggunakan Telpon 123 yang sering tidak tersampaikan dengan baik bahkan telepon tidak di jawab. Dimana hal tersebut menyebabkan waktu penanganan pengaduan dan keluhan pelanggan menjadi lebih lambat. Hal lainnya yang dapat terjadi dengan pencatatan manual ialah  respon balik terhadap suatu pengaduan atau keluhan dari para pelanggan yang cenderung lambat dikarenakan tidak adanya data yeng terperinci serta terintegrasi dengan komputer yang mengakibatkan sulitnya pencarian data, pengolahan data, serta pelaporan atas keluhan dan pengaduan pelanggan yang lambat karena dipengaruhi oleh banyaknya keluhan terhadap layanan. Oleh karena itu di butuhkan aplikasi yang dapat menangani semua permasalahan yang ada saat ini, yaitu dengan adanya Aplikasi monitoring pelayanan pengaduan dan keluhan pelanggan ini dapat membantu proses keluhan para pelanggan serta mempermudah dalam menangani pengaduan yang di perlukan.Dalam penelitian ini memberikan pandangan tentang keakuratan di dalam proses penyampaian pengaduan dan keluhan pelanggan dengan mempergunakan suatu sistem yang telah berbasis database. Dengan adanya sistem yang berbasis database ini, maka akan mempermudah proses pancarian dan mengupdate suatu data untuk sebuah informasi yang lebih akurat dan lebih tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan dan diiginkan oleh pemakai atau user. Kata Kunci : PT. PLN (Persero), Monitoring, Pengaduan dan Keluhan  
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB UNTUK MADRASAH ALIYAH (STUDI PADA SMIP 1946 BANJARMASIN) Muhammad Rais Wathani; Muhammad Edya Rosadi
Technologia : Jurnal Ilmiah Vol 11, No 4 (2020): Technologia (Oktober)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.083 KB) | DOI: 10.31602/tji.v11i4.3733

Abstract

Dalam melaksanakan pelayanan akademik, Madrasah Aliyah SMIP 1946 telah menggunakan aplikasi atau sistem informasi yang disebut dengan sistem informasi akademik. Aplikasi ini memiliki nilai manfaat yang sangat besar dalam menunjang seluruh kegiatan akademik di sekolah tersebut, mulai dari data guru, data siswa, absensi siswa, nilai ujian, sikap siswa, prestasi siswa, kegiatan penunjang ekstrakurikuler, serta data siswa yang tidak mampu. Sayangnya sistem yang dibangun saat ini masih berbasis dekstop, di mana sistem ini masih memiliki beberapa kelemahan terutama dari sisi aksesibilitas, keamanan data dan lokasi secara fisik. Saat ini banyak perusahaan dan instansi yang mengalihkan seluruh sistem yang dijalankan dari berbasis desktop ke berbasis web, karena melihat segi keuntungan dan kelebihan yang banyak ditawarkan. Dari hasil observasi, perlu untuk melakukan pembaharuan sistem ke arah berbasis web, harapannya dengan adanya sistem informasi akademik yang telah berbasis web, dapat menghilangkan batasan aksesibilitas, jarak, waktu dan tempat, yang memang menjadi kendala dari sistem berbasis desktop. Dari hasil pengujian, sistem informasi akademik berbasis web, efektif dalam penyimpanan data akademik siswa serta dalam pembuatan berbagai macam laporan. Keywords : Akademik, Madrasah Aliyah, Sistem Informasi, Web

Page 1 of 2 | Total Record : 11